Solusinya Menulis Blog atau Menentukan Tema Blog?


Halo sahabat Manda, kalau di postingan sebelumnya sudah tahu alasan kita ngeblog, selanjutnya adalah mulai membuat postingan dari blog yang dibuat. 

Sudah ngeblog dengan tema apa hari ini? 

Menulis blog, bagi mereka yang menjadikan blog sebagai diary maya, tentunya tidak sulit untuk menuliskan ceritanya di blog. Namun bagi mereka yang menjadikan blog sebagai cerminan keprofesionalitasan dalam hal tulis menulis, tentu berbeda cerita. Ya, tema blog. Kali ini Manda akan berbagi cerita tentang menulis blog dan tema blog sesuai pengalaman Manda.

Menulis atau Menentukan Tema?

Tahun 2008, sewaktu masih awal belajar tentang blog, secara otodidak dengan membeli buku-buku tentang blog, Manda secara tidak langsung sudah menentukan tema untuk blog, yaitu : wisata dan kuliner, dengan nama piknik-ep.blogspot.com. Kalau dibilang menentukan tema dulu baru menulis, ya nggak juga. Waktu itu saya nggak tahu tentang masa depan blogger seperti saat ini. hehehe.

Belajar menulis blog hanya karena alasan ini.

Dari foto di awal, Manda mengkategorikan beberapa tema blog menjadi beberapa, yaitu :
  • Wisata kuliner
  • Fotografi
  • Parenting 
  • Lifestyle
  • Kesehatan
  • Hobby
  • Property
  • Online Shop
  • Pendidikan
  • Investasi
  • Kecantikan
  • Fashion
  • Keuangan
Lalu, jawabannya apa nih? Menulis atau menentukan tema dulu?

Ulik yuk bareng-bareng, dan lalu bikin kesimpulan sendiri sesuai yang nyaman bagi temen-temen.

Menjawab pertanyaan di atas, sebenarnya apa yang dibutuhkan saat kita ngeblog? Sejauh Manda menulis di blog, Manda sempat membundeli beberapa hal terkait tema blog dan hal apa yang dibutuhkan saat Manda berkutat dengan blog di www.tamasyaku.com dan www.ceritamanda.com
  1. Pengalaman
  2. Motivasi ngeblog
  3. Mood dan suasana hati
  4. Passion
  5. Punya cerita
  6. Hal yang disukai
  7. Hobi
  8. Konsisten
  9. Ingat tujuan ngeblog
Kesembilan hal itu yang membuat seseorang yang sudah mempunyai blog melanjutkan kegiatannya dengan memposting tulisan di blog. Bisa memilih satu dari sembilan hal yang bisa membangkitkan cerita yang ingin ditulisnya sebagai postingan di blog. 



Nah, untuk tema fashion, teman-teman jangan khawatir untuk menemukan informasi terupdate tentang fashion dari Hijabenka. Sebagai seorang traveler, saya juga mencari fashion yang sesuai dengan kepribadian saya di hijabenka. Selain modelnya banyak, pilihan ukuran dan infromasi bahan tersedia di sana. Sehingga tidak perlu merasa khawatir lagi saat berbelanja fashion secara online.


Seperti halnya Manda, tema wisata kuliner yang akhirnya mendominasi postingan di www.tamasyaku.com, disebut mendominasi karena ternyata seiring perjalanan, tema blog sempat kehilangan arah dan butuh untuk dikembalikan ke jalurnya, hahahaha. Dan tema lifestyle akhirnya menjadi solusi Manda untuk menuliskan tema gado-gado di www.ceritamanda.com.




Bagaimana? Sudah ada gambaran tentang menulis blog atau menentukan tema blog? Semoga tulisan Manda kali ini bisa memberi solusi bagi teman-teman yang baru pemula membuat blog ya. Ayuk segera bikin postingan ya!

1 komentar

  1. Udah dong mbak hehehe.
    Awalnya dulu malah belum tahu tema apa buat blog, pokoknya nulis dan posting.

    BalasHapus