IBX583577287E51C

Selasa, 20 November 2018

Kenapa Manda Menulis Blog?



Blog, sebuah catatan dunia maya yang sebenarnya sudah ada dimasanya, namun baru popular di zaman sekarang. Awalnya kenal blog di tahun 2007 nggak tahu kenapanya, mungkin karena setelah menikah hobi Manda menulis diary di buku bakalan tak sempat lagi. Terlebih menyadari membawa buku diary yang jumlahnya satu laci almari belajar, rasanya tidak memungkinkan. Empat buku diary di atas adalah diary Manda jaman SMA saja, padahal sejak bisa menulis, Manda sudah membukukan ceritaku di buku diary.

Sedikit cerita di atas adalah pengantar kenapa Manda menulis sebuah blog. Ya, kini blog dan blogger menjadi kata ajaib di dunia maya, banyak orang berlomba mempunyai blog dan merasa populer sebagai blogger. Tidak ada yang salah, justru saya pun turut berbangga sebagai blogger yang sudah lama ngeblog jauh sebelum kata blogger itu populer. 

Sekarang, blogger pun menjamur bak hujan di bulan November Desember. Semoga setiap blogger mempunyai tanggung jawab untuk apa yang ditulisnya di dunia maya yang dibaca banyak orang, dan mungkin bisa menjadi inspirasi seseorang meneladani.

Awal Menulis Blog di Tahun 2008





Apa yang tercatat di dunia maya, abadi. Itulah yang membuat Manda lebih senang dibantu teknologi dibanding ingatan manusia untuk mengingat banyak hal. Teknologi membantu kita mengingat hal-hal yang ingin dikenang dengan rapi dan terstruktur, lihat saja agenda kita di aplikasi, sejak tahun berapa akan tersimpan rapi kan? Demikian pula dengan catatan kenangan yang Manda tulis dalam blog. Tidak terasa, menulis dari awal tahun 2008 di www.piknik-ep.blogspot.com dan lalu menjadi www.tamasyaku.com sudah 8,4 tahun yang lalu. 


Awal menulis blog adalah persiapan menyimpan banyak tulisan perjalanan Manda Panda. Ternyata benar, sesuatu yang diniatkan itu membuat semesta mengaminkan. Dan sebagian cerita perjalanan memang ada di tulisan blog Manda, karena sebagian yang lain masih tersimpan rapi di dalam folder internal maupun eksternal hardisk.

Kenapa Menulis Blog?

Melalui blog, Manda mengenang dan dikenang.

  1. Menjadi blogger adalah cara Manda menyimpan dan sekaligus berbagi banyak hal yang dialami.
  2. Menjadi blogger menuntut saya terus update dan upgrade ilmu, baik menulis, fotografi, resep, teknik video dan menjadi profesional.
  3. Ketika ingin mengingat kembali sesuatu, tidak perlu membuka buku berdebu untuk mencari dan membacanya.kembali, cukup search di google : "ceritamanda + resep + sup + bola“
  4. Menyimpan cerita dengan tidak memakan tempat untuk menyimpan.
  5. Tulisan di blog/web yang kita punya, kita bisa menambahkan banyak hal selain tulisan, melainkan ada foto dan video yang bisa ditambahkan. Bisa dibayangkan, betapa irit tempatnya apabila album foto cetak sudah bisa disimpan di dalam blog kita.
  6. Membagikan pengalaman untuk bisa dibaca orang lain. Semoga menjadi amal jariyah untuk Manda selama tulisan ini abadi di dunia maya (baca : internet). Cerita pengalaman tentang suatu hal bagi seorang blogger adalah hal yang berguna bagi orang lain yang membacanya.
  7. Meringkas pembicaraan apabila ditanya seseorang tentang hal yang butuh membuka kenangan di masa lalu, cukup dijawab, "silahkan baca tulisanku di blog ya, linknya : http://www.ceritamanda.com/2013/06/detik-detik-30-mei-2013-harusnya.html.
  
Ngeblog adalah cara Manda berbagi pengalaman, tempat wisata, kuliner enak, resep mudah, tips rumah tangga, dan info kesehatan. Blog menyimpan banyak hal yang mudah sekali dibuka kembali, kapan pun kita mau, detail dengan tanggal kejadian, foto dan kalau ada videonya.

Perjalanan ceritaku, ternyata tidak terhenti hanya pada perjalanan wisata dan kuliner Manda dan Panda. Seiring perjalanan usia pernikahan kami, ternyata banyak sekali hal yang kami pelajari bersama. Menjadi couple traveler yang mempunyai banyak cerita membersamai di cerita Manda. Sebagian cerita yang mengingatkan kami berdua pun, kami tulis di dalam blog ceritamanda.com ini.

Ternyatanya, bangku kuliah tidak cukup menjadi tempat kita belajar. Kehidupan nyata yang dihadapi di keseharian adalah guru terbaik dalam belajar di Universitas Kehidupan. Kita pernah melewati banyak masa dan peristiwa yang mendewasakan.

Perjalanan di ceritamanda.com adalah cara Manda dan Panda belajar di universitas kehidupan. menjadi hamba yang pandai mengambil hikmah dan bersyukur adalah cara kami berbahagia. Create our own happiness.

Nah, kalau ceritaku kali ini adalah dapurnya kenapa Manda menulis blog di www.tamasyaku.com dan www.ceritamanda.com, sekarang giliran teman-teman berbagi di komentar, kira-kira apa yang membuat teman-teman pengin ngeblog juga?

Tulisan ini diikutsertakan dalam challenge #bloggerperempuan #BPN30dayChallenge2018. Ikutan juga yuk!

11 komentar:

  1. Wah, mbak Manda sudah lama ngeblognya. Sudah banyak ceritanya. Aku ngeblog sejak tahun 2009 itupun sempat vakum beberapa tahun. Gak ada alasan, malas aja. Kemudian tahun 2015 mulai aktif ngeblog lagi, ikut komunitas sampai sekarang. Mudah-mudahan istiqomah.

    BalasHapus
  2. 2008 ternyata sudah mulai ngeblog, bener-bener telaten

    BalasHapus
  3. Punya blog itu memang seru banget yaa, nambah ilmu, nambah teman, buka pintu rejeki, laafff banget sama blogging :)

    BalasHapus
  4. Keren, konsisten ya Manda dalam mengelola blognya. Aku baru teratur nulis 2 tahun belakang. Itu saja msh sering bolong2. Kl sekedar punya blog dari tahun 2008 tp ga terurus dan ga ingat lg passwordnya

    BalasHapus
  5. Jujur, awal aku ngeblog itu buat mengeluarkan jatah 20ribu kata perhariku. Mengeluarkan unek-unek yang kependem:( nyaris edan rasanya saat itu, untung ketemu blog, jadi selamat Alhamdulillah

    BalasHapus
  6. Wuiiihhhh.....Manda blogger emang blogger senior yak. Umur ngeblognya hampir sama dg umur anakku, yg mana di zaman itu mah boro-boro aku tau apa itu blog. Kudet lah emang akutu. Wkwkwkwk

    BalasHapus
  7. Ih aku juga suka loh baca lagi tulisan sendiri, terus senyum senyum sendiri 🤣

    BalasHapus
  8. Aku setuju kata manda menjadi blogger menuntut kita buat terus update dan upgrade ilmu, long life learner ya manda

    BalasHapus
  9. Blogger Senioorrr~ Semoga ke depan kualitas nge-blognya makin berkembang yaa.. :)

    BalasHapus
  10. Ternyata manda sudah luama ngeblognya, salute.

    Setuju, dengan ngeblog maka kenangan2 akan menjadi lebih abadi ( selama masih eksis di blog)

    BalasHapus
  11. Apa yang tercatat di dunia maya, abadi. Sepakat kak, akan dikenang sepanjang masa 😍

    BalasHapus