IBX583577287E51C

Jumat, 05 April 2019

Maltofer, Solusi Kekurangan Zat Besi dengan Rasa Cokelat Swiss yang Enak

Maltofer Suplemen Zat Besi dengan Rasa Cokelat Swiss yang Enak
Maltofer, Suplemen Zat Besi dengan Rasa Cokelat Swiss yang Enak

Perempuan Indonesia harus bebas Anemia ya!


Pada hari Sabtu, 30 Maret 2019 lalu, Manda hadir dalam Maltofer Woman Community yang diselenggarakan oleh Maltofer Indonesia di hotel The Rich Jogjakarta. Maltofer Woman Community adalah sebuah kesempatan bagi kita semua perempuan berbagi informasi mengenai pentingnya zat besi untuk 1000 Hari Kehidupan Pertama dan keluarga. Tak heran jika acara hari ini seru dan meriah dengan kehadiran perempuan-perempuan hebat yang concern terhadap pentingnya zat besi.


Maltofer Woman Community
Maltofer Woman Community

Maltofer Woman Community


Sebelum acara dimulai, sudah tersedia booth untuk kami berfoto. Deretan foto-foto berikut menunjukkan bahwa kami, perempuan Indonesia yang sudah menikah, butuh sehat dan bebas anemia. Kenapa harus bebas anemia dan bebas kekurangan zat besi?

Karena tugas seorang ibu di dalam keluarga memerankan banyak peran dan multitasking. Aktivitas seorang ibu yang sekaligus working at home tentunya butuh untuk tidak lesu, tidak letih, tidak boleh lemah dan tidak boleh lelah.



Menjadi seorang istri sama berat tanggung jawabnya dengan suami. Ketika suami bertugas mencari nafkah, seorang istri bertugas menjaga rumah. Lalu, keduanya bekerja sama dalam menjaga rumah tangga dan keluarganya. Demikian alasan sederhana kenapa suami dan istri herus menjadi partner yang sehat dan tidak boleh kekurangan zat besi.


Setelah kita berfoto-foto ria di booth dan di venue acara, ternyata di event Maltofer Indonesia ini, semua peserta undangan yang hadir mendapat kesempatan untuk cek HB di booth Maltofer Indonesia. Yeaaayy! Dag dig dug sebenernya urusan ceki-ceki kondisi tubuh yang sudah tidak muda lagi. Apalagi bakalan diambil darahnya melalui ujung jari, hiks, badan segede ini tapi saya termasuk cemen urusan suntik menyuntik. By the way, finally lancar jaya. Simbak dari Maltofer Indonesia tidak menyakitku saat mengambil sampel darah yang akan dicek HBnya. Terima kasih ya.

Cek HB di Maltofer Woman Community

Dan, ternyataaaa ....



Petunjuk dari Kadar Hemoglobin

Ukuran kadar hemoglobin tergantung usia dan jenis kelamin. Pada wanita dewasa di atas usia 18 tahun, kadar hemoglobin normal yaitu 12 sampai 15 g/dl. Kemudian, untuk pria dewasa diatas usia 18 tahun, kadar hemoglobin normal yaitu 13 sampai 17 g/dl.

Ketika kondisi hemoglobin seseorang lebih tinggi atau lebih rendah daripada jumlah normal, dapat menjadi tanda adanya gangguan kesehatan. Lantas apa hubungannya hemoglobin dengan zat besi? Hemoglobin adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Setelah sesi cek-cek kadar HB, MC acara Maltofer Woman Comunity pun dibuka dan sebagai narasumber telah hadir dr. Ristantio Soekarno, SPA yang akan memaparkan Peran Penting Zat Besi dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Yuk lanjut membacanya ya.

dr. Ristantio Soekarno, SPA

Fakta Tentang Zat Besi


Zat besi berperan penting dalam perkembangan otak terutama untuk perkembangan motorik dan struktur otak. Oleh karenanya penting bagi seorang perempuan yang sedang hamil untuk terpenuhi zat besinya. Tidak cukup untuk ibu hamil, bagi anak-anak yang sedang masa pertumbuhan dan bagi seorang wanita dewasa, juga membutuhkan kecukupan zat besi dalam tubuhnya. 

Pentingnya Zat Besi Bagi Ibu Hamil

Pentingnya Zat Besi Bagi Ibu Hamil

1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) sangat penting untuk tumbuh kembang anak terutama perkembangan otak yang normal. Karena nutrisi ibu sangat berperan penting dalam 1000 HPK dan kondisi kurang gizi pada 1000 HPK tidak bisa diperbaiki di masa kehidupan selanjutnya. Kekurangan zat besi pada ibu mempengaruhi status zat besi dan perkembangan otak pada janin, serta memungkinkan terjadinya peningkatan resiko defisiensi besi dan perubahan perilaku bayi. Oleh karenanya, zat besi penting bagi ibu hamil.

Dampak dari anemia defisiensi besi pada kehamilan

Selama kehamilan, kebutuhan penyerapan zat besi akan meningkat secara signifikan. Peningkatan kebutuhan akan zat besi terjadi hampir 10x lipat pada kehamilan trimester ketiga. Biasanya makanan dengan kandungan kaya zat besi saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan. Defisiensi zat besi terjadi hingga 40% pada ibu hamil di trimester ketiga. Mayoritas wanita hamil dengan anemia dikarenakan kekurangan zat besi.

Kapan fase 1000 HPK terjadi? Fase 1000 HPK terhitung dari 270 hari selama kehamilan dan 730 hari dari lahir sampai anak berusia 2 tahun. 

Kebutuhan zat besi pada 1000 hari pertama kehidupan

Karena efek dari anemia yang paling merugikan adalah terhadap perkembangan otak pada bayi yang sifatnya akan permanen, diantaranya : penurunan IQ dan kemampuan akademis di sekolah, fungsi motoric yang buruk, gangguan perilaku sosio-emosional, dan penurunan perkembangan otak akan bersifat permanen sampai remaja.

Maka, saat dinyatakan hamil kebutuhan suplementasi zat besi dibutuhkan sampai 9 bulan. Lalu 3 bulan masa postpartum, kebutuhan suplemen zat besi dikonsumsi 1x1 Maltofer. Bayi cukup bulan (4- 12 bulan) diberikan suplementasi zat besio dengan dosis 2 mg/kg BB/hari dosis max.  Suplementasi zat besi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan akan mempengaruhi kualitas kesehatan, intelektual dan produktivitas pada masa yang akan datang.


Maltofer®Fol Tablet Kunyah

Maltofer®Folic Acid  Tablet Kunyah

Akibat Kekurangan Zat Besi


Tahu kan kekurangan zat besi menyebabkan kita sering merasa mudah lelah, penurunan prestasi di sekolah atau di kantor, menurunnya sistem kekebalan tubuh, dan muncul gangguan tumbuh kembang pada anak. #MaltoferIndonesia #MaltoferWomanCommunity

Kekurangan zat besi adalah kekurangan gizi yang paling umum di seluruh dunia yang hamper mempengaruhi 3 miliar orang. Wanita dewasa, ibu hamil, anak-anak, dan manula memiliki resiko tinggi terkena anemia.

Anemia Bukan Darah Rendah

Anemia adalah sebuah kondisi dimana cadangan besi kosong di dalam tubuh yang pada akhirnya pembentukan hemoglobin (Hb) berkurang. Anemia bukanlah darah rendah, melainkan kurang darah yang biasanya ditunjukkan dengan gejala-gejala sebagai berikut :
  1. Mudah marah
  2. Conjungtive pucat
  3. Ujung jari apabila ditekan terlihat pucat
  4. Sering sakit kepala
  5. Mudah lelah
  6. Kurang nafsu makan

Makanan Kaya Zat Besi (pict by sistasehat)

Apa saja sih makan yang mengandung zat besi?

  1. Daging sapi
  2. Daging ayam
  3. Kacang-kacangan
  4. Sayuran hijau

Nah karenanya, selain makanan yang saya makan mengandung zat besi, saya pun butuh asupan dari suplemen zat besi Maltofer untuk bisa mendukung multi-tasking-nya aktivitas seorang perempuan. Asupan zat besi dapat diperoleh melalui makanan yang tinggi zat besi dan produk suplementasi besi.

Kenalan sama Maltofer Indonesia yuk! Ini suplemen zat besi yang rasa cokelatnya enak banget.

Maltofer

Combiphar merupakan perusahaan consumer healthcare modern terkemuka di Indonesia yang menghadirkan produk Maltofer. Maltofer Iron Polymaltose Complex terpercaya pertama di Indonesia dalam bentuk tablet kunyah, Maltofer dapat dikonsumsi bersamaan dengan makanan maupun obat-obatan dan dapat dikonsumsi dari segala usia (bayi baru lahir maupun ibu hamil. Efek samping minimal dari Maltofer adalah merasa mual & muntah dan konstipasi namun tidak memberikan luka lambung apabila dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Dan yang paling terpenting after taste rasa besi yang minimal dan rasa Cokelat Swiss yang enak.

Maltofer adalah suplemen zat besi yang diperuntukkan bagi pengobatan defisiensi zat besi laten dan anemia (gejala defisiensi zat besi) dan untuk pencegahan defisiensi zat besi dan asam folat pada masa sebelum, selama dan setelah masa kehamilan serta selama masa menyusui.

Maltofer dengan kandungan zat besi jenis Iron (III) Polymaltose Complex yang melepaskan kandungan zat besi secara aktif dan terkontrol sesuai kebutuhan ke dalam tubuh sehingga tidak terjadi penumpukan zat besi.

Saksikan uji tes Maltofer dapat dikonsumsi bersamaan dengan makanan maupun obat-obatan. Saat Woman Maltofer Community di Jogja, uji tes Maltofer dilakukan dengan melarutkannya dalam segelas air teh. Apa yang terjadi bisa dilihat dari video ini ya.



Memilih Suplemen Zat Besi, Kenapa Maltofer ?


  1. Maltofer asli dari Swiss dan sudah ada 50 tahun di dunia
  2. Rasa coklat swiss yang enak
  3. Rasa cokelat yang enak membuat Maltofer enak dikonsumsi dengan lebih baik. Aman saat sendawa (after taste) setelah mengkonsumsi Maltofer.
  4. Aman dikonsumsi bersama makanan dan minuman.
  5. Maltofer tersedia dalam bentuk drops, syrup, chew (tablet kunyah), serta tersedia Maltofer folic acid untuk ibu hamil.
  6. Maltofer mengandung Iron Polymaltose Complex tidak bereaksi secara negatif terhadap makanan, minuman dan obat-obatan lain.
  7. Meminimalkan efek samping dari mengkonsumsi suplemen zat besi.


Maltofer tersedia dalam banyak varian

Pengalaman Manda tentang Suplemen Zat Besi


Pada tahun 2013, alhamdulillah sempat merasakan rasanya mengunjungi dokter kandungan. Ya, kesempatan hamil sampai usia 9 minggu menurut USG. Pada saat itu, karena mengkonsumsi zat besi itu baik untuk ibu hamil, dokter kandungan sudah meresepkan suplemen zat besi ke Manda. Lalu apa yang terjadi?

Setiap kali minum suplemen zat besi, langsung rasanya mual dan tidak hilang-hilang sampai sendawaan yang masih tidak nyaman. Usut punya usut, suplemen zat besi yang diresepkan menurut Manda seperti mengkonsumsi teyeng (baca: karat pada besi). Nah, dari situlah Manda trauma untuk mengkonsumsi zat besi.

Qodarulloh, kenalan dengan Maltofer yang merupakan suplemen zat besi yang body friendly iron karena berbentuk tablet kunyah yang rasanya pun enak, yaitu rasa cokelat Swiss. Serta after taste nya pun tidak meninggalkan rasa besi saat sendawa. Seneng banget tahu ada Maltofer, hamil dan butuh suplemen zat besi? Siapa takut! Terima kasih Maltofer Indonesia dan Combiphar!
Maltofer Indonesia

Karena perempuan Indonesia harus bebas dari kekurangan zat besi. Yuk! Cukupi kebutuhan zat besi dengan suplemen zat besi Maltofer dengan rasa cokelat Swiss enak.


Nah, buat sahabat Manda yang ingin tahu lebih banyak tentang pentingnya zat besi di 1000 HPK atau ingin tahu peran zat besi lebih jauh demi kesehatan seluruh anggota keluarga, baca web Maltofer Indonesia yuk! Di sana tersedia banyak informasi tentang kesehatan yang disajikan secara informatif dan lengkap dengan solusinya. 

33 komentar:

  1. Wah seru ya eventnya. Bersyukur bisa turut hadir. Lengkap sekali ulasannya, Manda. Saya mau sharing tentang hb yang rendah ketika hamil si bungsu, nih. Oya, maltofer bener2 seperti permen. Gak ada amisnya ya. Jadi semangat minum suplemen maltofer ini, dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahh menantii, biar bisa jadi pengalaman banget kalau nanti aku hamil ya mak.

      Hapus
  2. Waaa ini cucoook.. biasanya suplemen zat besi tu ga enak & bikin mual, kalo maltofer kayaknya bakal doyan banget nih. Cuss beli aaah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah ini aku banget, aku trauma minum suplemen zat besi karena rasanya kayak teyeng, skrg minum Maltofer enak banget kayak ngemil cokelat beb.

      Hapus
  3. Selama ini agak susah konsumsi suplemen buat naikin HB karena rasanya yang....yabegitu deeeh. Tapi ini enaaak

    BalasHapus
  4. Beneran kayak lagi nyemilin permen yaaa..enyak2..

    BalasHapus
  5. Aku juga suka banget ngunyah Maltofer. Ga berasa minum suplemen penambah darah krn rasanya coklat swiss. Buat nakanak jg aman....top lah

    BalasHapus
  6. Biasanya suplemen zat besi cuma sirup dan tablet/kapsul, alhamdulillah sekarang ada juga yang seperti permen, bisa dikunyah-kunyah, rasanya coklat enak pula :)

    BalasHapus
  7. Saya kadang-kadang mengkonsumsi suplemen zat besi. Tetapi, baru tau kalau ada rasa coklat. Lain kali beli ini aja. Lagipula biasanya saya cocok dengan produk Combiphar

    BalasHapus
  8. saya dulu hamil rasanya ga pernah dikasih tambah darah ya, kalau ga salah setelah lahiran baru dikasih, tapi ama bidan, dan emang rasanya agak aneh ya.

    Enak banget nih kalau ada suplemen zat besi yang enak :D

    BalasHapus
  9. Anakku minum ini mbaa.. karena HB nya terbilang minus. Aku nggak tau rasanya wkwk tapi moga2 aja memang enak ya, karena si bayi nggak pernah protes kalo ditetesin vitamin ama emaknya :D

    BalasHapus
  10. berarti Maltofer cocok banget untuk bumil dan busui nih yang rentan kekurangan zat besi. Rasa cokelatnya enggak eneg dong, enggak kayak minum obat.

    BalasHapus
  11. Aku gagal fokus sama rasanya nih cokelat swiss hihihi jangan2an bisa nambah terus ya suplementnya, eh gak boleh deh ya. Tapi setidaknya orang yg minum suplemen ini bisa gak perlu khawatir dengan rasanya lagi. Aku pernah baca sih kalau perempuan dan ibu hamil banyak yang kekurangan zat besi

    BalasHapus
  12. Ga hanya ibu hamil dan menyusui ya yang harus dipeuhi kebutuhan zat besinya. Peremouan indonesia harus sehat dan tidak kekurangan zat besiii

    BalasHapus
  13. Aku setuju loh, kalo istri harus sehat dan perempuan itu kelemahannya emang kekurangan zat besi. Jadi harus aware ya soal zat besi ini jangan sampai kekurangan, ntar nggak jalan nih kegiatannya sebagai istri

    BalasHapus
  14. Perlu tambahan zat besi kalau hasil cek Hb nya di bawah normal atau bisa dikonsumsi harian, kak Manda?

    Ingat saat Ibuku selalu wanti-wanti bahwa wanita itu asupan gizinya harus baik, agar tidak cepattua.
    Secara fasenya melewati fase hamil dan menyusui yang memerlukan banyak asupan tambahan.

    BalasHapus
  15. Perempuan adalah calon lahirnya generasi baru. Jadi memang harus dijagadan disayangi. Apalagi ada maltofer ya Manda.

    BalasHapus
  16. Kurang darah ini kadang diabaikan ya, padahal efeknya kelihatan dan harusnya kita aware kalau ada tanda2 anemia

    BalasHapus
  17. Kurang zat besi nih aku banget. Apalagi tiap haid, udah deh kadang suka pusing. Anemia ya tepatnya. Meski ga keterlaluan sih masih bisa beraktivitas, cuma mesti disupply amunisi. Selama ini aku minumnya obat cair yg baunya bau besi karatan itu wkwkwk. Ampuh banget sih cuma ya baunya aja kurang enak. Kayaknya ke depannya kalo anemia kambuh minum ini aja lah ya yg rasanya lebih ramah di lidah. Dulu sempet mikir, selain obat yg bau besi itu, ada ga sih obat lain yg lebih enak rasanya wkwk. Eh ada ternyata.

    BalasHapus
  18. Baru tahu produk ini, rasanya kayak cokelat Swiss lagi. Hmmm pasti enyaaak ini!

    Alhamdullillah, bertambah lagi nih referensi untuk suplemen zat besi

    BalasHapus
  19. Bagus nih buat ubu hamil ya soale masih banyak bumil yang kekurangan zat besi selama masa kehamilannya padahal penting banget untuk mencegah anemia.

    BalasHapus
  20. Pernah kena anemia pas hamil dan ituuu nggak enak banget. Maunya badan nempel di kasur aja, berat dan lemes kalau dibawa beraktifitas. Dan iyaa, biaya suplemen penambah darah rasanya nggak ada yang enak. Jadi penasaran dong Maltofer ini kok rasa coklat Swiss. So yummy pasti ya Nda.

    BalasHapus
  21. Kekurangan zat besi dan minera penting lainnya memang berbahaya bagi kesehatan ya mba.

    BalasHapus
  22. Woww...HBnya Manda bagus ya, menyentuh angka 15. Aku kaget lho kapan hari test HB ini koq cuma 10 dududuuuu... koq rendah banget. Padahal selama ini berasa baik2 saja dan sehat kuat :)) PR banget nih buat menaikkan HB. Mau minum Maltoferku dulu yaaaa...

    BalasHapus
  23. Zat besi memang sangat dibutuhkan perempuan terutama semasa hamil. So boleh juga nih suplemen zat besi dari maltofer apalagi rasanya juga unik ya. Rasa coklat swiss gitu, mau dong konsumsi suplemen ini kalau hamil lagi, hehe

    BalasHapus
  24. Suplemen tapi rasa cokelat. Jadi ga beban ya mba minum suplemennya hehehe. Oh ya, memang kadang orang suka berpikir kalau anemia itu sama dengan darah rendah ya. Padahal mah beda banget atuh.

    BalasHapus
  25. Wah asyik nih ada suolen rasa seperti makan coklat..

    BalasHapus
  26. Wah eventnya seru mba.
    Beidewei, aku HB nya rendah banget , dibawah 12 lah. Jadi emang lagi nyari2 suplemen zat besi tapi yang baunya gak bikin eneg. Kayaknya layak buat dicoba nih ya mba.

    Oiya, kalo kelebihan hb diatas 15 juga masalah berarti ya mba?

    BalasHapus
  27. Maltofer suplemen penambah zat besi ya? Aku kadang juga minum zat besi ini karena tekanan darahku suka rendah, kadang kalo rendah banget bisa sampai pingsan. Tapi karena gak terlalu suka rasanya, jadi minum suplemennya bolong-bolong. Mau coba ah maltofer ini. Beneran rasanya kayak coklat swiss ya?

    BalasHapus
  28. hamil kali ini tekanan darahku alhamdulillah normal, Mba. Tapi zat besi memang penting banget yaa, apalagi untuk ibu hamil. Selama hamil ini, untuk memenuhi kebutuhan zat besi, saya rajin mengonsumsi ikan, kacang-kacangan dan sayuran seperti bayam dan kangkung :)

    BalasHapus
  29. Dulu anakku yang pertama pernah diresepin Maltofer sama dokter soalnya ada indikasi kekurangan zat besi. Makanya kudu rajin kasih asupan makanan ke anak yang tinggi zat besi. Jadi pengen coba tablet kunyahnya yang rasa cokelat swiss nih.

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah akhirnya jadi makin tahu bahwa zat besi itu ternyata penting banget dan punya pengaruh besr terhadap tumbuh kembang anak ya, Manda. Semoga tulisan Manda ini dibaca banyak orang, jadi mereka semakin aware terhadap dampak buruk defisiensi zat besi ini

    BalasHapus