Keguguran Bukanlah Prestasi, Tak Layak Dibanggakan

Dan terjadi lagi...

Ibarat episode sinetron tersanjung, maaf pemirsa, lagi-lagi episodenya keguguran.

Iya, alhamdulillah. Penyeimbang bahagiaku dari Rabb ku adalah kehilangan kesekian kali amanah yg hampir dititipkanNya.

April MOP.

Pernah ga sih di prank sama Alloh di tgl 1 April yang dikenal April Mop. Yes, i do. Baru saja diprank sama Alloh di tanggal 1 April.

Tapi kali ini, nggak saja bikin terkejut, melainkan kembali menghadirkan trauma kehamilan untukku.

Allohu akbar.

Hasbunallah wa ni'mal wakiil, ni'mal maula wa ni'mannasiir.

Innalillahi wa inna ilaihi roji'un.

Segala yang bernyawa pasti akan kembali kepadaNya, karena kematian itu pasti datangnya.

  • Terakhir menstruasi, 29 Jan 2024
  • Test pack 24 Februari 2024 dan dua garisnya tegas
  • Dan 1 April 2024, lagi-lagi Alloh lebih sayang pada anakku.

Laa ilaha ilallah
MasyaAlloh Tabarakallah.

Rasanya hancur berkeping-keping. Episode sinetron kehidupanku, terulang lagi. Semacam dejavu menghadapinya.



Kali ini, mepet lebaran. Kurang apalagi coba. Setelah keguguran di tahun 2020 di tengah badai Covid, saya harus kuretase. Dan kini, jelang lebaran 1445H yg harusnya hari bahagia merayakan kemenangan, lagi-lagi saya harus kuretase.


Allohu akbar.
Allohu akbar.
Allohu akbar.

Apa penyebab keguguran kali ini?


Meraba fakta pastinya, dengan didampingi dokter yang sama, dokter Yasmini Fitriati dan dokter Rukmono, Manda akan coba bercerita tentang keguguran kali ini.

  1. Jangan ajari aku untuk istirahat, sejak tahu hamil, otomatis kegiatanku berhenti, nyetir pun tidak diperbolehkan. Hidupku tergantung pada jadwal Panda. Tidak ada aktivitas berat yang kulakukan, FOKUS hanya ke calon debay.
  2. Jangan ajari aku untuk konsul ke dokter. Kehamilan ketiga di usia yang beresiko tinggi sudah pasti membuatku tidak main-main dengan kesehatanku dan bayiku. Konsul ke dokter obsgyn hampir setiap minggu, berselang seling di 2 obsgyn.
  3. Jangan ajari aku dengan obat penguat. Dokter Yasmini tidak mau lagi kecolongan, obat penguat dan trombo aspilet sudah diberikan di tanggal 24 Februari 2024 di saat ketahuan hamil.
  4. Jangan ajari aku berdoa. Alhamdulillah menuntaskan hari ke-40 tahajud tidak terputus sejak 22 Februari 2023. Malam-malam Ramadan juga tidak terlewat untuk bermunajat dan memanjatkan doa prioritas untuk debay. Panda, akung dan utinya pun, tak pernah lepas berdoa. Namun, takdirNya selalu yang TERBAIK, bukan doanya yang tidak dikabulkan, melainkan akan dikabulkan disaat yang tepat menurut Alloh SWT.
  5. Jangan ajari aku konsumsi buah dan sayur. Justru prediksi kehamilan ini dikarenakan aktivitas sehat dari JSR dr Zaidul Akbar, sepeda dan yoga, serta konsumsi madu yang membuatku merasakan kehamilan ketiga ini secara alami. Buah dan sayur alhamdulillah menjadi konsumsi setiap hari, terutama sejak terdeteksi hamil.

Bukan bermaksud sombong dengan memilih frasa *jangan ajari aku", naudzubillah min dzaalik. Frasa itu kupilih karena WIR-warga indonesia raya akan memberi komentar dan saran tanpa diminta untuk lima hal di atas.

Dari lima poin di atas, lalu apa sebabnya keguguran ini terjadi lagi?

- Dalam tubuh manusia ada sistem imun yang menjadi tentara dalam tubuh. Kebetulan tentaraku tidak bisa membedakan ini janin atau benda asing yg mencoba tumbuh. Walhasil, dengan segala cara, tentaraku akan membuat benda asing itu lumpuh dan keluar dari dalam tubuhku.

- nah bagi kondisi khusus yang seperti itu, antisipasi obat suntik, obat penguat dan trombo aspilet tidak boleh terlambat. Begitu ada sign hamil, harusnya langsung testpack, sehingga treatmentnya bisa dilakukan sejak dini.

- Kurang vitamin D, nah nah nah ini hal baru yang ditemukan dokter Yas ketika di konsul terakhir seminggu yll, debay tidak ada pertumbuhan yg signifikan. Lalu saya disuruh tes vit D, dan hasilnya mengejutkan, nilaiku 13 dari minimal 40. Hiks, ternyata saya kekurangan vitamin D. Temen-temen bisa baca lagi tentang kondisi khusus di atas ya.

Writing is healing.

Senang rasanya, sudah berbagi di rumah mayaku. Setidaknya, malam ini aku bisa menuliskan kegusaranky dalam sebuah tulisan yg sangat fresh.

Tawa bahagia dan tangis sedih bisa saja terjadi dalam rentang waktu yang pendek. Jangan bahagia berlebihan dan jangan terpuruk dalam kesedihan terlalu lama.

Mohon doanya untuk Manda ya sahabat terbaikku, besok on appointment dengan dokter untuk tindakan. Semoga prosesnya dimudahkan, tanpa rasa sakit, lekas pulih fisik mentalnya dan fit jiwa raganya, aamiin YRA. Mohon maaf lahir dan bathin.

Dear anakku, kuikhlaskan kau pulang kepada Rabbmu. Titip salam Manda Panda untuk Segi, Sagi dan akung ya. Semoga Alloh mudahkan kita bisa berkumpul lagi di sorgaNya, aamiin YRA




Love,
Manda

1 April 2024, 23.27

23 komentar

  1. Semoga semua prosesnya dimudahkan, tanpa rasa sakit, lekas pulih fisik mental Kak Ima dan fit jiwa raganya, aamiin.

    BalasHapus
  2. Allah lebih sayang mbak, yang kuat ya. semoga kelak bertemu Dan bersama di Surga. Aamiin, Semoga besok prosesnya dimudahkan, tanpa rasa sakit, lekas pulih Dan sehat ya mbak..

    BalasHapus
  3. Peluk Mbak Ima.

    Semoga prosesnya dilancarkan ya, Mbak. Lekas pulih baik jasmani maupun rohani untuk Mbak Ima dan Panda, semoga kelak Debay-debay nya menjadi penolong Mandan Panda si Surga Nya nanti 🤲🏻

    BalasHapus
  4. Peluk jauh Manda, semoga lekas pulih ya Manda.. semangat selalu buat Manda dan Panda....

    BalasHapus
  5. Ya Allah manda, bisakah aku meluk dirimu yang lama

    BalasHapus
  6. Innalilahi wa innailaihi roojiuun. Turut berduka ya beb. Aku yakin dirimu kuat. Allah sayang banget sama dirimu. Tetap semangat ya. Peluuk dan doaku dari sini.

    BalasHapus
  7. Ikut berduka ya beib.. Semoga Allah mudahkan segalanya.. Semoga Manda dan keluarga diberi kekuatan dalam menerima segala ketetapanNya.

    BalasHapus
  8. Peluk mbak Ima, i feel you mbak. 2 maret 7 tahun lalu juga mengalami kehilangan yang sama. Tak pernah mudah tapi InsyaAllah kuat ya, takdir Allah yang terbaik, semoga segera pulih mbak Ima. Peluk jauh..

    BalasHapus
  9. Innalillahiwainnaillaihirojiun. Ikut berbela sungkawa, Mbak Mand. Allah pasti ganti yang lebih, lebih, lebih dari ini. Semoga Allah permudah segala urusan Mbak Mand dan keluarga.

    BalasHapus
  10. Ratri Shima Stiratara05:26

    Innalillahi Wa Inna Ilaihi Roji'un,turut berduka bu Ima..betul2 ujian dr Allah untuk ibu merasakan lagi,sebegitu sayangnya Allah sama ibu n bapak..Saya yakin dibalik ini semua ada hikmah,ada nikmat Allah yg bisa memberikan rasa syukur lebih..Semangat 😊

    BalasHapus
  11. Dukungan dari jauh Manda. Turut berbelasungkawa. Semoga banyak penguat dan penghibur untuk Manda dan Panda. Semoga hal2 yang indah datang tepat pada waktu-Nya.

    BalasHapus
  12. Anonim08:13

    Peluk sayangku, vit d ini emang penting banget bahkan untuk yg keliatan sehat apalagi ibu hamil, aku juga baru tahu Akhir2 ini, bahkan mood yg amburadul bisa karena kekurangan vit D ternyata, Kapan2 jadi pengen test vit d, Sehat2 ya sayabgku

    BalasHapus
  13. Peluk Manda...turut berdukacita sayangku...

    BalasHapus
  14. Aku mendoakan yang terbaik untuk Mbak Ima. Jadi ingat buku I Am Sarahza yang ditulis oleh Hanum Rais. Yang intinya nggak ada perjuangan yang sia-sia. InsyaAllah nanti Allah Swt kasih yang terbaik di waktu yang pas.

    BalasHapus
  15. Ya Allah ndaaa.. Peluk eratttttt

    BalasHapus
  16. Manda sayang, nderek belasungkawa. Nda ga akan ngajar manda apa2, nggak akan bilang kenapa begini begitu, nda cuma bisa mendoakan terbaik buat panda manda. Pelukkkkkkkk

    BalasHapus
  17. Ya, mau gimana mbak onone gur iso nyemangati dan tetap kudu bersabar, pnya kesabaran yang di atas rata-rata, sek sabar yo mbak :')

    BalasHapus
  18. Mandaaaaaa peluk jauhh ya mandaaaa😭😭😭😭😭

    BalasHapus
  19. Anonim18:48

    Doa terbaik menyertai Bu Ima, sehat selalu & semangat

    BalasHapus
  20. Peluk mba Mandaaaaaaa

    BalasHapus
  21. Peluk manda erat-erat

    BalasHapus
  22. Mungkin Allah ingin Manda jd pribadi yang lebih kuat and sabar. Turut berduka cita ya Manda.. semoga lekas pulih dan tetap semangat ya.

    BalasHapus
  23. Manda orang pilihan Allah, karena Allah tahu manda orang yang kuaaatt dan hati seluas samudra.. Semoga smua di permudah.. Sehat selalu.. Semangaatt

    BalasHapus