Keseruan Kartini Day di YIS (Yogyakarta Independent School)


Tanggal 21 April merupakan momen spesial bagi seluruh wanita di Indonesia. Tanggal dimana seorang pahlawan wanita dilahirkan, beliau adalah R.A. Kartini yang memperjuangkan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki di Indonesia. Sebagian besar lembaga pendidikan dan sekolah merayakan Hari Kartini untuk memperingati semangat dan nasionalismenya. Orang-orang mengenakan kostum tradisional Indonesia pada hari itu dan mengadakan kegiatan dan/atau pertunjukan budaya. Tak terkecuali YIS (Yogyakarta Independent School) juga memperingati Kartini Day pada hari Senin, 22 April 2024 lalu.


Manda merasa beruntung sekali bisa ikut berkesempatan mengikuti kegiatan Kartini Day di Yogyakarta Independent School yang sangat seru dan menyenangkan. Penasaran dengan keseruan YIS sebagai sekolah internasional di Yogyakarta dalam memperingati hari Kartini? Berikut agenda kegiatan perayaan hari Kartini di YIS yang menyuguhkan banyak acara yang menghibur, diantaranya :


  1. Tarian Jaranan. Tari Jaranan adalah kesenian tari tradisional yang dimainkan oleh para penari dengan menaiki kuda tiruan yang tebuat dari anyaman bambu. Tarian Jaranan yang disuguhkan dalam kegiatan Kartini Day di YIS ditarikan oleh siswa laki-laki dari Grade 1-22.
  2. Pertunjukan Angklung yang dimainkan oleh siswa dari Grade 9. Angklung merupakan alat musik asal Indonesia yang terdiri atas 2 sampai 4 tabung bambu yang digantung dalam bingkai bambu pula dan ikatannya menggunakan tali rotan.
  3. Suguhan Drama yang berjudul Kartini yang diperankan oleh siswa dari Grade 7-8. Para siswa terlihat menghayati peran yang dimainkan walau waktu latihannya sangat singkat karena bersamaan dengan libur lebaran kemarin.
  4. Pertunjukan Pahlawanku, Sumber Inspirasiku dibawakan oleh siswa dari Grade 11-12. Para siswa memegang gambar pahlawan dan lalu menceritakan sedikit kisah tentang foto pahlawan yang dipegangnya.
  5. Hiburan ‘Dendang Nusantara’ yang dimeriahkan oleh siswa dari EY (Preschool + Kinder), PYP Gr. 1+2, PYP Gr. 3+4. PYP Gr. 5+6, Orang tua dan Guru. Mereka menggunakan kostum daerah dan berjalan di panggung yang disediakan sembari mengikuti musik yang dimainkan. Dendang Nusantara merupakan medley dari lagu-lagu Nusantara yang cukup familiar, sehingga seluruh yang hadir bisa menikmati rangkaian medley lagU-lagu yang dinyanyikan dengan ikut menyanyikannya.

Terlihat seluruh siswa, guru dan orang tua siswa sangat menikmati acara Kartini Day yang diselenggarakan di Joglo YIS (Yogyakarta Independent School). Mereka terlihat cantik dan tampan menggunakan baju daerah atau pakaian tradisional, bahkan salah satu orang tua siswa berpenampilan layaknya ibu Kartini, lengkap dengan sanggulnya.

Sekilas tentang YIS

YIS (Yogyakarta Independent School) merupakan sekolah internasional di Yogyakarta, bahkan tidak Cuma sekedar sekolah internasional biasa. YIS merupaka sekolah internasional unggul di Yogyakarta. Sejak awal tahun 1989, ketika YIS pertama kali beroperasi dengan hanya 30 siswa dan empat guru, sekolah ini telah berkembang menjadi unggulan Yogyakarta untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah berdasarkan kurikulum internasional. Menjadi sekolah mandiri, YIS menerima siswa tanpa memandang kebangsaan, jenis kelamin, ras atau agama, dan kami bangga dalam mendidik siswa yang merupakan warga dunia yang penuh kasih.

 

Selama 30 tahun terakhir siswa dari YIS telah diterima di beberapa universitas terkemuka dunia. Mereka telah menjadi dokter, pengacara, desainer, pemilik bisnis, seniman, pemimpin, dan pemikir yang kritis. Tidak hanya bangga dengan prestasi mereka, kami juga bangga menyaksikan mereka beranjak dewasa dan penuh rasa ingin tahu, empati, dan percaya diri; individu yang terinspirasi untuk menavigasi perjalanan mandiri mereka sendiri melalui kehidupan.

VISI YIS

Yogyakarta Independent School menyediakan lingkungan yang membangkitkan semangat bagi kaum muda untuk menjadi pemikir yang peduli, ingin tahu, dan kritis. Kami memberdayakan siswa kami untuk menjadi relevan dan untuk membuat perbedaan di dunia yang berubah cepat dengan mempertahankan rasa hormat terhadap keragaman antar budaya, nilai-nilai kemanusiaan dan integritas profesional. Siswa kami siap untuk membidik tinggi ketika mengejar ambisi pribadi mereka; pada saat yang sama mereka mendukung aspirasi orang lain dengan membagikan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman mereka, dan dengan berkomitmen untuk belajar seumur hidup.

MISI YIS

Yogyakarta Independent School menawarkan kurikulum internasional yang mengintegrasikan prinsip-prinsip dan standar International Baccalaureate (IB) dengan Ujian Nasional (UN). Untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi, sekolah memobilisasi tim guru internasional dan nasional yang berkualitas profesional. Dalam semangat 'mens sana in corpore sano' (pikiran sehat dalam tubuh yang sehat), kampus sekolah memiliki fasilitas ruang kelas yang modern, lapangan olahraga di luar dengan standar Olimpiade, dan kebun raya yang mendekatkan siswa dengan alam.

Berkunjung ke YIS (Yogyakarta Independent School) dalam rangka menghadiri perayaan Kartini Day 2024 sangatlah berkesan untuk Manda. Masuk ke YIS dan disambut oleh staf yang ramah dan melihat asrinya lapangan hijau yang ada di YIS sangatlah adem di mata. Tentunya menyenangkan sekali jika berkesempatan bersekolah di YIS (Yogyakarta Independent School).



Yogyakarta Independent School

Jl. Tegal Mlati No. 1, Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman,

Daerah Istimewa Yogyakarta, 55284, Indonesia

+62 274 5305147 and +62 811 263 2442

info@yis-edu.org

Tidak ada komentar