5 Tips Merawat Motor Supaya Awet dan Tetap Nyaman

 

 

Motor tetap kendaraan favorit yang dipilih di kotaku, Jogja. Sejak bisa mengurus SIM C, motor menjadi piihan kendaraan pribadi yang bersahabat bagi siapa saja penggunanya. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja, ibu muda, bahkan lansia. Tentunya, motor tidak hanya dipakai begitu saja biar awet, melainkan harus melalui tahapan perawatan oleh pemiliknya.

Perawatan Berkala Supaya Motor Awet

Motor sebagai solusi pilihan alat transportasi yang dirasa lebih cepat menuju tempat tujuan di saat jam macet dan padat kendaraan. Kenyamanan berkendara roda dua memang menjanjikan untuk wilayah yang padar penduduknya. Selain bisa sat set wat wet, berkendara roda dua memungkinkan kita bisa parkir dimana saja yang dekat dengan tempat tujuan. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengendarai kendaraan bermotor. Apa itu ?

  • Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, kamu perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Biasanya, biaya yang perlu kamu bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.


Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.


Pemeriksaan ban juga menjadi bagian penting dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, pengendara motor wajib memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

Apa tanda-tanda ban harus ganti? Ban terasa bergoyang saat berbelok, terasa terlalu membal, ada benjolan di permukaan ban, alur kembang menipis dan sejajar dengan Tread Wear Indicator (TWI).

Nah, itu tanda ban harus diganti, supaya tetap tenang dan aman berkendara, terlebih sekarang sedang musim hujan. Paling males kalau harus mendorong motor karena bocor kan? Oh iya, di Planet Ban, selain safety juga menghadirkan produk yang stylish untuk ban, pastinya banyak promo dan gratis pengisian nitrogen.

  • Rem

Rem merupakan salah satu komponen terpenting pada motor. Salah satu masalah yang timbul pada rem adalah munculnya bunyi berdecit saat melakukan pengereman. Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

Untuk menghindari rem tidak berfungsi secara sempurna, selalu cek kondisi rem di Planet Ban ya. Jika memang kampas rem kamu sudah tipis,langsung ke Planet Ban buat ganti yang baru.

  • Filter Udara dan Aki


Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

Perlu juga memeriksa tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

  • Tune Up Motor Rutin


Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.




Kenapa Harus ke Planet Ban ?


Planet Ban merupakan toko suku cadang otomotif roda dua dengan layanan utama Servis Rutin 5.000KM, oli X-Ten yang Tahan Lama dan ban motor sebagai produk dagang utamanya. Planet Ban dengan total lebih dari 900 toko, melayani servis dan penggantian oli dengan oli X-Ten yang Tahan Lama untuk segala jenis dan tipe sepeda motor. Hadirnya oli X-Ten yang Tahan Lama di Planet Ban membuat mesin menjadi bersih, nyaman dan bebas overhear sehingga lebih stabil untuk berkendara. Tersedia juga sparepart sesuai standar pabrikan untuk berbagai spesifikasi motor. 

Untuk sejumlah produk ban unggulan, Anda bisa berbelanja ban motor langsung di toko kami dengan mendatangi lokasi toko Planet Ban terdekat di kota Anda. Tersedia berbagai merk dan tipe ban motor seperti Michelin, Pirelli, Aspira Premio, Corsa, Maxxis, Zeneos, FDR, Kingland, IRC, Battlax, Swallow dan Metxeller serta produk ban motor Planeto serta gratis biaya pasang di seluruh toko Planet Ban.


Planet Ban menyediakan Oli X-Ten dengan kandungan Full-Synthetic Ester sebagai kelas pelumas tertinggi saat ini sehingga lebih Tahan Lama. Oli X-Ten yang Tahan Lama tersedia sebagai oli mesin motor matic, oli mesin motor matic 150cc, oli motor bebek, oli motor sport 150cc dan oli motor 250cc serta oli mesin untuk motor bebek di atas 5 tahun pemakaian. Planet Ban juga menyediakan aki motor RCA, kampas rem brake shoe dan disk pad Aspira, CVT belt X-Part dan X-Ten Coolant Water untuk motor matic.


Planet Ban juga menyediakan pelayanan bebas biaya pasang untuk ganti oli, servis motor, dan ganti ban motor. Semantara untuk isi ulang nitrogen tidak dipungut biaya alias gratis untuk seluruh pengguna motor, baik yang sudah pernah atau belum berbelanja di Planet Ban. Penggantian ban motor Anda akan dilakukan oleh mekanik ahli dengan alat tyre changer dan peralatan yang lengkap, membuat penggantian ban motor menjadi lebih aman. Berbelanja kebutuhan sepeda motor di Planet Ban, tentunya memberi banyak keuntungan. Produk ban motor berkualitas terbaik di kelasnya, tersedia untuk sepeda motor Anda. Selain jaminan keamanan, kenyamanan dan garansi pemasangan ada juga berbagai promo menarik, mulai dari potongan harga, hingga undian berhadiah.


Rawat motor Anda dengan melakukan penggantian oli dengan oli X-Ten yang Tahan Lama dan Servis Rutin 5.000KM di Planet Ban! Dapatkan paket servis motor, oli mesin X-Ten yang Tahan Lama dan produk-produk ban motor berkualitas di toko Planet Ban. Gratis biaya pasang ban dan gratis isi ulang nitrogen selama masa pemakaian ban.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain.


Jika kamu servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Ya, service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Untuk mengetahui dimana Planet Ban berada, cukup banget ketik di Google Maps "PLANET BAN" sudah otomatis kita punya asisten google yang mensolusi dimana planet ban berada.



13 komentar

  1. Memang ya soal service motor kudu diperhatikan betul deh agar awet. Makasih tipsnya Manda...

    BalasHapus
  2. Memang beda ya, kalau servis di Planet Ban? Nanti nyobain ah, biar bisa ngerasain

    BalasHapus
  3. Aku selama ini kalau urusan perawatan motor suka hang heng hong. Untungnya suami rajin deh kalau urusan permotoran. Abis baca ini, jadi tau paling enggak hal hal yang emang perlu banget di cek berkala

    BalasHapus
  4. Motornya udah keren, nyaman pula. Juara banget deh..

    BalasHapus
  5. harganya hemat banget ya.. aku pernah syok maslah servis soalnya heheh.. mksh rekomnya mb.. ntar ta'servis ke Planet Ban

    BalasHapus
  6. Dekat sini ada Planet Ban, Manda. Jarak cuma 1,5 KM dari rumah. Termpatnya bersih banget dan bisa jadi langganan kalau mau ganti oli atau servis rutin.

    BalasHapus
  7. Bengkel planet ban padahal jaraknya kurang dari 1km mba dari rumah tapi aku malah belum pernah coba service disana. Setelah baca postingan ini, aku jadi pengen coba service di planet ban mba besok

    BalasHapus
  8. Saya jg kalau servis ke Planet Ban dan olinya wajib pakai yg X-ten dengan teknologi ester tuh yg bikin makin keren

    BalasHapus
  9. ganti oli maupun ganti ban
    saya sering menggunakan layanan ini
    hasilnya super memuaskan

    BalasHapus
  10. Planet Ban ada di deket rumahku, tinggal ngglinding aja 😅

    BalasHapus
  11. Di deket rumah ada Planet Ban ini seneng banget kalau servis motor deket dan harga terjangkau

    BalasHapus
  12. Wow! Makasih tipsnya Manda.. Jadi inget nih. Udah waktunya service motor juga. Cuss ah ke Planet Ban

    BalasHapus
  13. Ternyata rawat motor itu gak sekedar dicuci, isi bensin, dan ganti oli aja yak, untungnya ada Planet Ban yang bisa kasih harga sangat terjangkau untuk berbagai macam servis. thanks infonya

    BalasHapus