JNE Goll.. Aborasi Bisnis Online di Cilacap

 

Berkah pandemi untuk bisnis online adalah meluaskan jaringan dengan cara digital dan memperkenalkan produk online sampai ke banyak kota dengan menggunakan ekspedisi pengiriman, salah satunya JNE. Berkah pandemi ini membuat pelaku UKM menjadi bersemangat karena secara digital mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

Memasuki era endemi persaingan Usaha Kecil Menengah (UKM) kian kompetitif, pegiat usaha berlomba menghadirkan inovasi terbaru, sejalan dengan digitalisasi. Berbagai upaya dilakukan di berbagai lini media sosial untuk menjadi yang terdepan, tak terkecuali para UKM yang memberikan kontribusi paling signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional.



Tahun ini, JNE kembali menghadirkan JNE Ngajak Online 2022 - Goll..Aborasi Bisnis Online,  perhelatan virtual yang mengumpulkan UKM lokal di 59 kota di Indonesia. Diawali di Kota Cilacap, JNE berupaya mampu meningkatkan daya saing serta mengembangkan kapasitas UKM khususnya di Cilacap baik dalam skala nasional maupun global.

Cilacap merupakan kota pertama dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Gelaran webinar ini hadir untuk memperingati hari jadi kota Cilacap yang ke-166 pada 20 Maret 2022. Setelah Kota Cilacap, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Sukabumi pada 1 April 2022.

JNE Ngajak Online 2022


Marsudi selaku Head Regional Jateng-DIY membuka gelaran ini dengan menyatakan bahwa melalui acara ini semoga laju pertumbuhan UKM bisa bersama-sama tumbuh, menuju perkembangan bisnis 5.0. yang akan bertransformasi secara cepat. Mudah-mudahan JNE bisa memberikan terobosan tidak hanya melayani pengiriman, namun memberikan solusi bagi para pengusaha.

Dari pelaku UKM, turut hadir Sugeng Paijo selaku Direktur Teman Kreasi Cilacap dan Owner Jajanan 
Mamake, serta Arif Hermawan selaku Owner Workshop Ableh 47 Custom (AK47 Project) yang membagikan kiat-kiat sukses berbisnis online di era ini.

Cerita beliau mengawali usaha online sejak 2016, hingga saat ini Sugeng Paijo terus berupaya  menghadirkan konten sosial media soft-selling dalam memasarkan stik sukun buatannya. Meski berjualan, konten yang diproduksi jangan berisikan jualan setiap hari. Saya tidak selalu mengunggah soal stik sukun saya, saya juga mengunggah kegunaan buah sukun, dan informasi lainnya yang menarik dan bermanfaat.

Dengan tidak memproduksi konten hard selling, Sugeng percaya audiens akan lebih nyaman melihat konten brand sehingga pasar baru akan lebih mudah untuk digaet. Dari analisanya tersebut, Sugeng berinovasi untuk memproduksi kemasan full print, berbeda dari yang biasa digunakan kompetitornya.

Tentunya kemasan mampu menjadi daya tarik bagi pelanggan, meski dalam bisnis F&B yang penting adalah rasa, namun kemasan memiliki peranan penting untuk menimbulkan kesan menarik bagi calon konsumen.



Lain lagi cerita dari sektor kriya, Arif Hermawan selaku Owner Workshop Ableh 47 Custom. Value dalam berbisnis jadi hal yang ditekankan Arif. Angan-angannya adalah mampu membangun ekosistem UKM kriya di Cilacap, hal ini berangkat dari keprihatinan Arif melihat banyaknya pengangguran sejak pandemi COVID-19 melanda.

“Banyak tenaga kerja kami yang tadinya menganggur, kita ingin para pekerja bisa berkreasi dan membangun UKM sendiri di Cilacap. Apabila sudah pintar, dipersilahkan membuat workshop sendiri”, ujarnya mas Arif.

Dalam keterangannya Arif juga menekankan pentingnya menyusun strategi pendekatan ke pelanggan. Arif menemui banyak momentum lucu dan unik dalam berhadapan dengan konsumen ibu-ibu, hal ini mendorongnya untuk menyusun pendekatan kepada pelanggan yang santai dan terbuka.

Nah, saya sebagai ibu-ibu sepakat dalam hal ini, oleh karenanya pangsa pasar ibu-ibu menjadi daya tarik saya mengembangkan usaha Daster Cantik Manda yang ditujukan untuk ibu-ibu. Pangsa pasar wanita memang unik, tapi dari keunikannya itu membuat bisnis online menjadi berkibar. Kebutuhan dan keinginan wanita menjadi pendorong pasar bisnis online, seperti halnya jelang lebaran seperti ini, kebutuhan hijab dan baju lebaran serta pernak-perniknya kebanyakan menyediakan pangsa pasar untuk wanita.

Bagus Indra Zulfikar selaku Kepala Cabang JNE Cilacap menambahkan bahwa JNE juga ada program menarik contohnya melakukan seminar kerjasama dengan Pak Sugeng yang temanya kreasi, selain itu ada program khusus yaitu e-fulfillment yang bisa menampung barang apabila teman-teman UKM tidak memiliki gudang. Kita akan sediakan space-nya”ujar Bagus pada JNE Goll..Aborasi Bisnis Online. 

Sebagai bentuk dukungan bagi UKM Cilacap, JNE juga secara aktif menghadirkan pelatihan digital marketing seperti instagram Ads, facebook Ads, atau pelatihan membuat konten yang menarik. Kita disini mendukung secara penuh UKM yang ingin kerjasama, kita senang hati membuka peluang sebesar-besarnya. Terima kasih JNE Ngajak Online 2022, ditunggu hadirnya di kota-kota lain.

24 komentar

  1. Value dalam berbisnis itu penting banget ya Mba
    Apalagi buat penggiat UMKM.
    Alhamdulillah JNE selalu support para pengusaha UMKM ya

    BalasHapus
  2. JNE selalu mendukung UKM makin mau. Keren. Apalagi ada program menarik seperti ini
    Seminar kerjasama juga e-fulfillment yang bisa menampung barang UKM yang tidak memiliki gudang. Wah, keren!
    Sukses buat JNE Goll..Aborasi Bisnis Online!

    BalasHapus
  3. Salut sama JNE dengan komitmen kuatnya dalam mendukung UKM, tidak pernah berhenti, bahkan terus berinovasi.
    Ima juga keren, membuka usaha Daster Cantik Manda dan memanfaatkan internet untuk berjualan online sehinga menjangkau pasar yang lebih luas.
    Sukses selalu buat Ima dan JNE!

    BalasHapus
  4. Setuju dengan caranya Pak Sugeng Paijo dalam memasarkan produk stik sukun secara soft selling di di medsos.Lebih enak melihatnya ya daripada hard selling.
    Sukses untuk JNE Goll

    BalasHapus
  5. Salut untuk JNE yang dukung UKM, mengadakan kegiatan di kota-kota. Kolaborasi ini penting untuk meningkatkan juga perekonomian masyarakat

    BalasHapus
  6. Makin keren aja nih UKM Cilacap yang terus Goll..Aborasi bareng JNE.
    Program Ngajak Online ini nendang banget, saatnya mereka UKM main digital.
    Suka banget sama pelatihan digital marketing seperti instagram Ads, facebook Ads, atau pelatihan membuat konten yang menarik, itu menjadi kunci utama.

    BalasHapus
  7. Seru banget ini acara ya Manda, karena bisa saling support. Selain itu juga ada materi pembelajarannya juga ya, agar UMKM juga lebih paham digital marketing. UMKM nih memang harus memberikan yang beda, tentu dari konten dan juga foto yang menarik.

    BalasHapus
  8. Pandemi memang memporak porandakan ekonomi. Tapi geliat UMKM terus muncul, berinovasi dan lain sebagainya.

    Selain itu bisa dikirim melalui online.

    Salut buat JNE yang menyupport mereka.

    BalasHapus
  9. Top deh JNE..inovasinya gak brenti2 ya selalu ada.. semoga terus menginspirasi dan memberikan layanan terbaik untuk masyarakat termasuk penggunanya

    BalasHapus
  10. keren JNE ya, banyak banget kegiatan membantu UKMKMnya di tahun 2022 ini yaa, nonstop service bener-bener dilakukan yaa. jadi makin suka dan respek deh sama JNE. moga sukses selalu

    BalasHapus
  11. Setuju sekali berkah pandemi bisnis online berkembang pesat, meskipun dilarang keluar rumah akan tetapi ekspedisi ramee banjir pengiriman paket.
    JNe salah satu ekspedisi fav karena cepat sampai biaya standart dan pelayanan oke.

    Sukses selalu Jne

    BalasHapus
  12. Seneng melihat produk manda berkembang. Sukses terus ya nda untuk daster mandanya. Apalagi kolaborasi dengan JNE yang memang terpercaya puluhan tahun

    BalasHapus
  13. Keren banget komitmen JNE bekerja sama menggandeng UMKM untuk maju ya aku belum kesampaian order Daster Cantik nihh, segera ya Manda..

    BalasHapus
  14. Kolaborasi memungkinkan setiap UKM bisa maju dan berkembang bersama.
    JNE mendukung aktivitas positif yang sangat baik bagi perkembangan UKM ke depannya.

    BalasHapus
  15. Aku selalu salut sama JNE ini
    Nggak hanya memberikan pelayanan yang terbaik saja
    Tapi juga sangat mendukung UMKM ya mbak

    BalasHapus
  16. JNE makin lama makin kece deh program-programnya dan sangat mendukung para UMKM untuk terus keep going yaa mengembangkan bisnis

    BalasHapus
  17. JNE ngajak online para UKM supaya semakin luas menjangkau target pasar. Pandemi punya sisi positif seperti ini yah. Trus UKM sekarang itu makin kreatif loh belajar digital marketing. Ga hanya jualan terus, diimbangi konten soft selling.

    BalasHapus
  18. Selalu salut sama program JNE yang ikut membangkitkan usaha UKM, selain produknya makin dikenal banyak orang juga pastinya bisa menjangkau banyak masyarakat ya.
    BErkah selalu untuk Dasternya Nda

    BalasHapus
  19. Seneng banget sih dengan JNE yang selalu support UKM di Indonesia
    Ga hanya itu,, UKM juga dikasih wawasan terkait pemasaran produk juga ya.
    Bakalan berguna sih untuk UKM yang ikut dlm Aborsi Bisnis bersama JNE di kota2 lain

    BalasHapus
  20. Mantap ya dukungan JNE kepada para pelaku UKM. Pandemi ini selain banyak menghempaskan sisi ekonomi, namun di sisi lain memunculkan banyak orang kreatif dan membuka lapangan usaha sendiri. Semoga dengan dukungan dari berbagai pihak, sektor UKM bisa berkembang pesat dan menjadi andalan ekonomi negara.

    BalasHapus
  21. Program kolaborasi dari JNE bagus banget nih, bisa membantu meningkatkan UKM di Indonesia, semoga makin sukses

    BalasHapus
  22. Sejak dulu program JNE selalu mendukung UMKM ya kak, rasanya memang hubungan antara ekspedisi dengan UMKM itu erat sekali. Pantas saja diciptakan goll... Aborasi ini. Semoga makin sukses JNE dan para UMKM di Indonesia

    BalasHapus
  23. Pelaku ekonomi kreatif dan UMKM, memang perlu dukungan dalam hal pengiriman barang supaya barang dan uang bisa berputar dengan mudah, ya. Untungnya, JNE bisa memenuhi itu

    BalasHapus
  24. Wahyuindah14:57

    JNE ada di mana mana ya. Jadi mempermudah pebisnis untuk kirim barang. Btw anugerah bisnis online di bulan Ramadhan nih. Banyak yang sukses jualan online

    BalasHapus