Juliku WOW : Pengalaman Mendampingi Keluarga Positif COVID-19



Bulan Juli adalah salah satu bulan istimewa dalam hidupku, selain tanggal pernikahan 6 Juli, ulang tahun Panda 15 Juli dan ulang tahun Papa 19 Juli. Qodarulloh, Juli 2021, WOW dihidupku!

Setelah bulan Juni 2021 lalu, kami kehilangan sosok papa yang hari ini tepat 35 harinya meninggalkan kami semua. Semoga husnul khotimah. Aamiin.

Juli ini tidak ada rencana kemana-mana, boro-boro kemana-mana, setiap hari buka media sosial isinya berita duka cita. Menjaga diri, menjaga keluarga terdekat dan menerima berdampingan dengan Corona. Sungguh tahun 2021 dimana harus menguatkan langkah menjadi anak sulung setelah kepergian papa  mertua. Bangga! Mendampingi seorang anak sulung yang siap membagi bahunya untuk 3 wanita di 3 generasi, nanti kalau sudah siap, pasti kuceritakan ya. #DapurManda tempatku berkarya pun ikut pindah, alhamdulillah Panda mendukungku untuk berkarya dimana saja. Akhirnya, anak sulung disiapkan untuk 3 wanita : simbah, mama dan Manda. Peluk sayang untuk lelakiku, semoga sehat selalu dan diberi kemudahan dalam segalanya, berkah dan berlimpah selalu, aamiiin.


Papaku POSITIF COVID-19

Qodarulloh, hari Senin 5 Juli 2021, berita mengejutkanku adalah papaku SWAB Antigen dan POSITIF. Langsung lemes banget, lemesss bangettt, sampai menangis, ku tak sanggup kehilangan......

Doa paling tulus aku panjatkan di 3 ulang tahun, hanya meminta KESEHATAN dan DIPANJANGKAN USIANYA. Sungguh, ketulusan doa yang kita panjatkan adalah kunci dari ketenangan. Melantunkan doa dan memasrahkan kepada Sang Pencipta adalah KOENTJI ketika SOLUSI sebagai MANUSIA tidak bisa diandalkan. Hanya RABB-ku yang memiliki KUASA PENUH atas HIDUP dan MATI makhluk bernyawa. Hasbunalloh wa ni'mal wakil, ni'mal maula wa ni'mannasiir.

19 Juli 2021 : Alhamdulillah hari ini hari ultah papa dan sudah swab, dinyatakan negatif

 

Ternyata corona tidak harus ditakuti berlebihan, melainkan kita yg harus siap hidup berdampingan dengan corona. Saya belajar mendampingi papa yg usianya 68 th dan belum vaksin, serta punya hipertensi. 

Alhamdulillah dokter homecare covid memberikan informasi yg tepat dan kita berusaha patuhi, sedikit saya bagikan di sini ya.


1. Jangan remehkan gejala.

Papa merasakan pusing, lalu panas, dan pilek. sejak pusing obat sudah langsung masuk utk mengobati pusingnya. begitu gejala pilek, langsung swab tes (hari ke-5 dari pusing). Begitu positif langsung obat2an antivirus, antibiotik, vitamin dari dokter.


2. Bagi yg pny penyakit bawaan diabetes hipertensi. 

Obat hipertensi dan diabetes jangan sampai tidak minum, tetap harus mengontrol gejala sakit bawaannya.


3. Dokter menyarankan di rumah sedia : termometer, oksimeter dan tensimeter.

Pemantauan 2x sehari telemedicine, jadi melaporkan saturasi, tensi dan suhu. dan alhamdulillah gejala papa saat itu ringan, jadi tidak ada sesak nafas.


4. Makanan masuk hampir tidak bisa. 

Jangan sampai kosong! Meskipun ga enak makan, tapi lambung/perut papa kala itu bersahabat dengan bubur, jeruk manis, pisang mas, anggur dan pepaya. 


5. Alhamdulillah mama negatif walau serumah.

Mama banyak membaca berita COVID, oleh karenanya ISOMAN berlaku tegas di rumah kami. Mama mendampingi papa sendiri. Mama perawat hebat untuk papa, terharuuuuuu. Semoga mama dan papa selalu sehat, aamiiinn.

Isoman dilakukan papa di rumah depan, mama di rumah belakang, jaga prokes dengan maskeran di rumah, papa tidak keluar kamar, kamar mandi terpisah, alat makan papa terpisah dan dicuci terpisah, baju jg dikumpulkan dulu di kamar sebelah.


Demikian yg bisa saya bagikan, rasanya lega setelah melewati 2 minggu masa isoman. Namun bekas corona tetap masih ada, nafsu makan blm kembali pulih, perlu kesabaran utk bisa normal kembali. Dan masih aras-arasen. Semoga terus membaik.


Semoga kita benar2 tidak lupa untuk menjaga diri dan keluarga di tengah berita yg buruk yg kita dengar tentang corona.


TIPS UNTUK TERHINDAR DARI COVID-19


  1. dobel masker melindungi.
  2. buah dan sayur baik utk tubuh.
  3. vitamin yg sesuai, tak perlu ikut2an org lain krn dosis setiap org berbeda2
  4. berjemur, ganti pakaian, cuci tangan
  5. meminimalisir berhubungan secara kontak, kalaupun terpaksa berhubungan seperti beli gofood atau beli belanjaan, sebaiknya uang disemprot/dijemur panas, dan barang belanjaannya juga.
  6. Menahan diri. Selama sy mengirim bekal utk isoman, bener2 saya taat 2 masker, bawa handspray, hanya diteras, itungan beberapa menit saja, lalu pamit. Benar2 menahan diri adalah cara kita  berdamai dgn keadaan saat ini.
  7. BERDOA.

Salam sehat dan semoga pengalaman saya bermanfaat untuk teman-teman yang sedang menerima arisan covid ini. Semoga Alloh SWT selalu melindungi kita semua dan memanjangkan usia kita supaya bisa menjadi hamba yang bermanfaat di muka bumiNya. Aamiinn.

Salam sehat. Kita BISA lawan Corona.

1 komentar

  1. Peluk.. Peluk..
    Bener-bener ujian yang wow ya. Alhamdulillah bisa melewati. Dan semoga selalu diparingi kesehatan, kesabaran, dan keikhlasan dalam melewati semua yang gak mudah ini.

    BalasHapus