Perempuan Wajib Tahu! Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Halo sahabat Manda, beberapa waktu lalu Manda mengikuti webinar tentang bersih dan sehat saat menstruasi. Ternyata! Banyak ilmu yang menjawab pertanyaan Manda kecil seputar menstruasi. Tapi terlalu banyak bertanya, rasanya tabu di usia Manda dulu. Beruntung ada webinar tentang Sehat dan Bersih Saat Menstruasi sehingga bisa menjadi bahan untuk para ibu menyampaikan dengan cara yang menyenangkan dan menyamankan seputar menstruasi, reproduksi dan hal-hal yang tabu kepada anak.



Pertama kami menstruasi saat promnight kelulusan SD, tahun 1994 kala itu usia Manda 11 tahun. Menstruasi di usia belia yang rasanya malu banget kala itu. Sudah terbayangkan kalau lagi olahraga dan tembus, rasanya malu sekali dan trauma. Belum kalau bocor di seragam sekolah saat duduk, hiks rasanya malu dan bermain dengan pikiran sendiri.



Karena tidak ada pendidikan seks usia dini kala itu, Manda kecil berdoa supaya dikasih mens hanya setahun sekali atau kalau perlu tidak usah mens. Padahal menstruasi penting untuk ovulasi dan penting dalam rangka meneruskan garis keturunan. Itulah efek buruk dari tidak adanya pendidikan usia dini tentang menstruasi, alat kelamin, reproduksi dan hal-hal yang dianggap tabu tapi sebenarnya penting untuk dikenalkan.

Dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi, Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia menyelenggarakan Webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ yang diikuti oleh 1.000 perempuan Indonesia. Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Selaras dengan hal ini, Mundipharma Indonesia juga meluncurkan kampanye #YangIdeal yaitu kampanye edukatif yang mengajak perempuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Menstruasi




Hari Kebersihan Menstruasi diperingati setiap tanggal 28 Mei untuk meningkatkan kesadaran perempuan akan pentingnya MKM, serta mematahkan stigma dan norma sosial negatif terkait menstruasi yang masih dianggap tabu di masyarakat. Peringatan ini menjadi sebuah aksi tahunan yang melibatkan pemerintah, organisasi, pihak swasta dan masyarakat luas.

Siklus bulanan seorang perempuan remaja menuju dewasa, tanda akhil baligh seorang wanita ditandai dengan menstruasi. Dan ternyata, hari kebersihan menstruasi diperingati setiap tanggal 28/5 artinya siklus bulanan selama 28 hari dan biasanya berlangsung selama 5 hari. Ada ceritanya ternyata!

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid mengatakan, “Menstruasi merupakan proses biologis yang normal dialami setiap perempuan. Setiap anak perempuan idealnya mendapat pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mengalami menarke (menstruasi untuk pertama kalinya). Pengetahuan ini sangat penting agar anak perempuan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan selama masa menstruasi, serta tetap bisa beraktivitas dengan nyaman." 

Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus melakukan edukasi mengenai MKM, salah satunya melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang menyasar anak usia sekolah dan remaja. Kami juga mendorong masyarakat luas untuk aktif mencari informasi kesehatan yang benar termasuk mengenai MKM kepada tenaga kesehatan terdekat.”

Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM)


Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH menjelaskan bahwa pada saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina, akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena keberadaan darah haid. Oleh karenanya, perlu diajarkan bagaimana membersihkan organ kewanitaan.


Penting untuk menerapkan MKM, di antaranya :
  1. Membersihkan vagina secara benar, teliti dan berkala.
  2. Menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi.
  3. Menggunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik.
  4. Mengganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali. 
  5. Apabila merasakan gejala yang tidak normal saat menstruasi, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Berbincang Tentang Menstruasi Kepada Anak



Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., memaparkan bahwa anak perempuan yang tak pernah melakukan pembicaraan tentang menstruasi cenderung merasa takut, malu dan bingung saat menarke. Padahal jika ibu meluangkan waktu untuk membicarakan hal ini dengan putrinya, banyak manfaat yang didapat, antara lain kesehatan reproduksi yang lebih baik serta kedekatan ibu dan anak. Tidak sedikit anak perempuan yang mencari informasi sendiri dari teman atau internet, dan mendapatkan info yang tidak tepat, padahal berharap bisa membicarakan hal ini dengan ibunya. 

Ibu perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang cara membicarakan menstruasi. 



Berikut adalah tips untuk mendiskusikan menstruasi dengan anak : 
  1. Ingat bahwa ibu adalah sosok yang diharapkan membicarakan menstruasi, jadi bekali diri dengan informasi yang benar.
  2. Buang pemikiran bahwa bicara menstruasi itu tabu, sebaliknya justru penting melakukannya. 
  3. Jangan berpikir bahwa topik menstruasi bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan, lakukan berulang kali secara bertahap.
  4. Bersikap positif karena isu menstruasi bisa sensitif buat anak perempuan.
  5. Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan, daripada langsung menceramahi.
  6. Jelaskan secara kongkrit dengan gambar dan benda yang digunakan.
  7. Jelaskan pula kepada anak laki-laki, supaya mereka dapat menghormati perempuan yang sedang menstruasi.

Produk Betadine Feminine Care



Mundipharma Indonesia melalui BETADINE® Feminine Care melakukan kampanye edukatif  #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan Dalam hal ini BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik; pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable.

Semoga saja artikel Manda tentang informasi seputar menstruasi dan bagaimana menjaga kebersihan mensstruasi, sedikit banyak bisa menambah keilmuan kita sebagai ibu dan perempuan dewasa yang siap mengedukasi juniornya untuk membahas hal-hal yang bersifat tabu tapi penting untuk kehidupan dewasanya seorang perempuan. Terima kasih IIDN dan betadine yang membuat acara keren dikemas apik dan sarat ilmu tentang menstruasi. Ditunggu ilmu-ilmu selanjutnya seputar kewanitaan.




46 komentar

  1. Kebersihan diri saat menstruasi sangat penting agar kita bisa menghindari dari penyakit berbahaya seperti kanker serviks

    BalasHapus
  2. Nah, ini nih yang penting banget buat anak perempuan, edukasi tentang menstruasi. Juga tentang bagaimana cara menjaga kebersihan saat menstruasi. Penting banget.
    Ortu (utamanya Bunda) kudu memberikan edukasi secara mumpuni.
    jangan sampe anak2 dapat info tidak kredibel ya

    BalasHapus
  3. Bunda dibesarkan sama nenek, jd ketika kedatangan tamu agung si Mens itu yg pertama x ya pastinya diÄ·asih tau dan diberi arahan sekaligus dibantu sm nenek. Blm mengenal yg namanya pembalut bermerek, hanya dibuat sendiri dari potongan handuk karya nenek tersayang. Tapiii...soal kebersihan nenek bunda heibat lho tak kurang dari cara2 yg didpt dr Webinar zaman milenial.Pembalut hrs dicuci sampai bersih baru tdk boleh ada noda bekas mens, kaluuuu...dijemur, keting, disetrika, pakai lg ketika diperlukan. Hehe...Jd aku trapkan cara yg sama pd anak perempuan yg pertama ketika usia 12 pd tahun 1982. Bedanya zaman anakku di usia itu sdh mengenal pembalut yg sehabis dicuci masukkan ke plastik barulah dibuang. Lain zaman jadul lain di zaman milenial.

    BalasHapus
  4. yes edukasi kesehatan menstruasi sangat penting untuk disebarluaskan pada semua wanita remaja baik yang akan merasakan menstruasi ataupun yang ssedang merasakan menstruasi

    BalasHapus
  5. 5 poin penerapan MKM ini penting banget ya Manda buat semua perempuan yang kadang suka lalai juga kalo ganti pembalut pas banyak2nya haid meski baru sejam saja.
    Webinar ini ngereminder kita semua, apalagi buat edukasi bagi anak2 perempuan/laki agar menambah wawasan seputar kesehatan alat reproduksi.
    Jadi inget saat M pertaman Manda lulus SD, aku lulus SMA eaaa..
    Kalo aku tahun 90 jadi Manda kelas berapa, halag wkwkwkw

    BalasHapus
  6. Kalau saya dulu menarke pas kelas 2 SMP, termasuk terlambat karena sebagian besar teman-teman saya udah menarke duluan. Tapi malah jadinya ga kaget lagi karena udah sering dengar mereka cerita. Ditambah lagi emang ibu saya udah ngasih tau sejak jauh-jauh hari tentang menstruasi, dan di sekolah juga diajarin pas ekskul keputriab. Emang ngaruh banget diskusi soal menstruasi sama anak sejak sebelum menarke. Selain buat kesiapan mental, buat ngejaga kebersihannya juga.

    BalasHapus
  7. Aku sih setuju dengan menstrual pad yang bisa dicuci, menurutku jauh lebih higienis loh Manda..
    emang sih agak repot karena kan harus dicuci dan setrika tapi kok ya kayaknya iritasi jgua berkurang

    BalasHapus
  8. Produk betadine lengkap banget ya yang bisa dipake daily oleh perempuan di Indonesia.
    belinya juga gampang, tinggal klik aja di shopee dan tokopedia.

    BalasHapus
  9. Masih banyak ortu yang tabu bahas soal isu menstruasi ini dengan anak. Jadinya ya sosialisasi seperti ini tak bisa dilakukan. Edukasi yang harus didukung terus mba

    BalasHapus
  10. Ima termasuk cepat dapat haid nya ya. Aku dulu pas SMP kelas 2, umur 14 thn rasanya. Teman-temanku juga pada dapat pas SMP. Karena telat, jadinya belajar manajemen kebersihan menstruasi dari teman-teman yang udah duluan :D

    Sekarang anak mbak Rien dan ponakan udah pada haid pas masih SD, ponakan malah pas masih usia belum 10 thn :D
    Tapi syukurlah, mereka udah dapat edukasi manajemen kebersihan menstruasi dari sekolah, sejak kelas 4 SD, di kelas keputrian. Mungkin karena sekarang anak-anak cepat ya menstruasinya, jadi edukasinya semakin dini. Mbak Rien malah keduluan ama guru kelas keputriannya hihi.

    Senangnya bisa tahu produk rangkaian kebersihan area kewanitaan dari Betadine, ternyata lengkap, dan bisa dijadikan pilihan untuk menjaga kebersihan area kewanitaan. Tfs Ima.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya makin ke sini anak2 dapat menstruasinya maju, mungkin pengaruh asupan makanan jg kali ya?
      Anaknya teanku skrng malah ada yang kelas 3-4 SDan gtu dah dapet hehe

      Hapus
  11. kalau haid itu sebenarnya serba nggak enak banget ya, mbak. pakai pembalut rasanya risih. pas nyucinya juga aduh itu darah dimana-mana. makanya penting banget edukasi haid dan manajemen kebersihan haid itu dilakukan

    BalasHapus
  12. edukasi MKM wajib bangeti dipersiapkan untuk semua wanita seja usia pra remaja sebelum memasuki masa mens pertamanya...mungkin bs jd salah satu materi ya di pelajaran kesehatan di sekolah untuk anak kelas 4-6 gitu...

    BalasHapus
  13. anak saya tiga perempuan, edukasi sejak kecil sudah saya sampaikan soal mens ini. jadi sudah mulai terbiasa, semisal si kakak atau saya gak shalat anak yang dua udah tahu dan paham, meski pengelaman mens pertama si kakak di sekolah, malah yang beliin pembalut ustadnya, hehehe

    BalasHapus
  14. menjaga kebersihan saat menstruasi sejak dini emang penting banget.. Jadi ntar semakin besar semakin mudah menjaga kebersihannya..

    BalasHapus
  15. kebersihan organ intim ternyata penting sekali di ajarkans ejak dini ya mbak :) dan bukan cuma perempuan aja lelaki juga perlu di ajarkan

    BalasHapus
  16. mudah2an dg makin tersosialisasikannya edukasi MKM ini kesehatan reproduksi remaja juga semakin meningkat ya mba..

    BalasHapus
  17. Bagus sekali acaranya, semoga bisa meningkatkan kesadaran perempuan akan pentingnya MKM, serta mematahkan stigma dan norma sosial negatif terkait menstruasi yang masih dianggap tabu di masyarakat.

    BalasHapus
  18. Bener banget mba bahwa kita harus membuang anggapan bahwa membahas soal menstruasi itu tabu. PAdahal sebagai orangtua kita yang dharapkan untuk bisa ceritakan ini pertama kali ke anak

    BalasHapus
  19. Aku pernah ngalami bocor waktu kelas III SMP, duhh malu banget. Beruntung punya teman yang baik, nutupin dengan jalan mengelilingiku, diantar ke toilet. Jadi nggak ada anak cowok yang tahu, kayaknya sih, hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah makanya pelru juga anak perempuan diedukasi supaya ga mengolok2 temannya ya pas ada kejadian seperti ini

      Hapus
  20. Dulu aku menarke kelas 2 SMP, tapi teman anakku kelas 4 dan 5 SD sudah pada menstruasi. Kalau degar dari mama-amamnya ada yg gak ngerti anakny saat haid berarti kurang edukasi sejak dini ya

    BalasHapus
  21. dulu mah tabu dan malu banget ya sama pembahasan begini, sekarang sih enak semua informasi terbuka luas untuk kaum hawa.

    BalasHapus
  22. Supaya bisa jadi sumber informasi kredibel buat anak, bunda harus banyak belajar fakta tentang menstruasi nih. Untungnya ikut webinar ini ya, Manda. Jadi ada tambahan ilmu buat bekal bicara menstruasi ke anak atau ponakan.

    BalasHapus
  23. Menjaga area kewanitaan itu penting sekali ya, apalagi saat menstruasi. Perlu edukasi sejak dini kepada anak-anak tentang menstruasi ini, pastinya cara penyampaian juga disesuaikan usia anak.
    Btw produk Betadine ini memang komplit ya, aku mau cobain betadine feminine care nya :)

    BalasHapus
  24. Wah, ada kk kelas hehe.. Aku pertama kali haid waktu akhir kelas 6 tahun 1997 hehe. Itupun nggak tau apa apa, bingung kok celana warna merah hehe.
    Itulah pentingnya edukasi tentang menstruasi ke anak anak, agar mereka lebih siap ketika menstruasi datang.

    BalasHapus
  25. Aku senang dengan Betadine ini
    produknya super lengkap, membantu perempuan menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya saat menstruasi

    BalasHapus
  26. Edukasi MKM memang wajib dan penting sekali ya mbak, bahkan untuk anak laki-laki. Aku jadi teringat waktu awal menstruasi pas awal masuk SMP benar-benar buta banget karena edukasi yang sangat minim. Btw, aku juga pakai Betadine loh mbak, buat membersihkan Miss V, tapi aku baru tau kalau ada yang bentuknya tisu

    BalasHapus
  27. Thank God, aku diajarin sama mamaku dari kecil rajin minum jamu jg salah satunya utk kesehatan area kewanitaan. Plus aku tipe orangnya juga resik, gak betah tuh kotor or lembab dikit.

    BalasHapus
  28. Zaman dulu kayaknya tabu ngebahas masalah menstruasi sama orang tua, kayak malu gitu
    Tapi sekarang mah udah gak bisa gitu lagi, harus dijelasin sejelas2nya tentang menstruasi sama anak perempuan yaaah,terutama bagian MKM supaya bisa terjaga terus kebersihannya

    Waktu anak aku mens pertama, kita udah langsung curhat2an, udah aku jelasin juga tentang resiko berhubungan seksual sih hahahahaha

    BalasHapus
  29. Edukasi ttg menstruasi emang sangat penting banget ya mbak supaya makin banyak yang paham betapa pentingnya menjaga organ kewanitaan. Soalnya kalau gak banyak penyakit mengintai nih huhu.
    Btw aku juga pakai Betadine buat pembersih kewanitaan di rumah :D

    BalasHapus
  30. sampai tua perempuan emang perlu tahu gimana cara menjaga kebersihan menstruasi ya
    sayangnya anakk ulaku sih wkwk tapi mereka juga perlu tahu tentang menstruasi biar paham perempuan bagaimana

    BalasHapus
  31. Wajib banget diajarin semenjak anak mulai nunjukin tanda2 awal pubertas, nih. PR buatku yang punya anak perempuan 10 tahun, Mbak. Semoga nanti aku bisa sharing yang benar caranya membersihkan dan menjaga kesehatan selama menstruasinya.

    BalasHapus
  32. Menstruasi saya pertama kali kelas 5 SD. Masih ingat banget bingungnya. Masih bocil banget usianya. Udah gitu, mau nanya ke orangtua juga malu.

    Makanya, sekarang saya duluan yang aja anak untuk bahas menstruasi. Alhamdulillah, dia langsung cerita ke saya ketika dapat menstruasi pertama

    BalasHapus
  33. Jadi kebayang nanti kalau mau ngenalin fase haid yang bakal dilalui anak. Menjaga daerah kewanitaan itu penting banget apalagi biar kita nyaman pastinya

    BalasHapus
  34. Beruntung aku dikasih mens waktu SMP, mental udah lebih siap.
    Ngga kebayang bila SD udah mens, mungkin akan ribet sendiri sepertimu mba.

    Kebetulan anakku perempuan semua mba Dian.
    Bisa jadi bekal persiapanku kelak, supaya mereka lebih siap menghadapi menarke nanti.
    Baru tahu, menstruasi ada manajemen kebersihannya juga

    BalasHapus
  35. Menerapkan MKM ini memang ternyata sangat penting yaa, kak Manda.
    Ada beberapa point aku yang kurang aware. Melalui webinar kali ini, alhamdulillah...jadi paham dan bisa dipraktekkan dengan cara yang benar agar investasi sehat untuk masa depan.

    BalasHapus
  36. seru webinarnya ya mba. banyak ilmu penting.
    Manajemen kebersihan menstruasi penting banget biar terhindar dari berbagai penyakit.
    peran orang tua juga sangat penting ya untuk edukasi anaknya.

    BalasHapus
  37. Semoga remaja kian terbuka dgn ortu dan mau berdiskusi seputar menstruasi ini.
    supaya tdk salah langkah dan bisa melakoni MKM dgn optimal.
    Sehaattt buat semuanyaaa

    BalasHapus
  38. iya mbak, saat menstruasi memang tetap harus bersih yaa dan wangi, agar area intim tetap terjaga kesehatannya terutama kesehatan organ reproduksinya ya mbak.

    BalasHapus
  39. Webinar yang beneran nambah wawasan an ilmu deh yang ini. Banyak banget fakta yang baru aku tahu. Dan aduh, penting banget ternyata menjaga kebersihan dan kesehatan saat menstruasi ini. Soalnya kita riskan kena penyakit ya. Kudu edukasi anak gadisku deh tentang pentingnya hal ini.

    BalasHapus
  40. Artikelnya wajib dibaca semua perempuan nih agar lebih peduli lagi dengan kebersihan saat menstruasi. Aku pun insya Allah sudah menerapkannya, karena gak betah kalo ga bersih saat mens.

    BalasHapus
  41. Aku pakai produk Betadine ini yang foam, bagus produknya foamnya lembut dan wangi hihi tapi yang paling utama efektif banget membersihkan daerah kewanitaan.

    BalasHapus
  42. memang penting banget ya Manda kebersihan saat menstruasi gini. dan sayangnya masih banyak yg gak paham karena kurangnya pengetahuan dan informasi. dengan adanya webinar ini dan teman2 blogger tentunya akan membuat awareness yg baik nih

    BalasHapus
  43. Selain anak, saya juga edukasi ponakan yang sudah beranjak remaja dan semua butuh informasi yang benar mengenai menstruasi dan tidak mengandalkan game
    Sekarang ada tuh game aneh aneh bahkan tutorial melahirkan pun ada

    BalasHapus
  44. Bener banget Manda...bicara menstruasi sering dianggap tahu. Maka perlu sekali webinar seperti ini.
    Manajemen Kebrsihan Menstruasi, agar bisa menjadi bahan untuk para ibu menyampaikan dengan cara yang menyenangkan dan menyamankan seputar menstruasi, reproduksi dan hal-hal yang tabu kepada anak perempuannya dan mengenalkan pada anak laki-lakinya

    BalasHapus