Ikhtiar, Doa dan Sabar Adalah Koentji


Halo sahabat Manda, semoga kabar baik di tengah pandemi ya. Semoga kesehatan membersamai kita dan keluarga. Aamiin ya Mujibassaillin. Apa aktivitasnya selama #DiRumahAja ? Sudah multitasking ya pekerjaannya di rumah, sama! Mulai dari chef, gardener, vlogger, dan apa aja yang bisa dikerjakan di rumah dan membuat betah.

Ikhtiar, Doa dan Sabar

Pengen banget berbagi cerita dengan sahabat Manda yang sedang mempunyai hajat. Tentang tiga hal yang membuat Manda dan Panda terdiam pada malam takbir Idul Adha 1441H lalu. Allohu Akbar!

Memulai ikhtiar sejak Desember 2019, tepatnya saat tanggal merah natalan 25 Desember 2019, menyempatkan ke pasar Beringharjo untuk memulai gaya hidup JSR - Jurus Sehat Rasullulloh ala dr. Zaidul Akbar. Apa yang kami ikhtiarkan?


MINUMAN JSR


Sejak Desember 2019, kami tidak lagi mengkonsumsi minuman teh. Hanya sesekali saja, itupun sebulan sekali saja. Kami minum pagi dengan air madu dan sore hari dengan rebusan JSR yang paling sering adalah serai, jahe, kayu manis, cengkeh. Anget di badan dan ternyata menjadi kunci ikhtiar kami setelah melewati beberapa tahun menanti dua garis merah.

Ikhtiar lainnya adalah H I D U P  S E H A T

Di postingan yang bisa diklik di sini, sahabat Manda sudah tahu bagaimana Manda Panda mengubah gaya hidup. Demi apa? Demi bisa berumur lebih panjang berkasih sayang. Rangkumannya adalah

  1. Mengganti beras ke beras merah, awalnya dicampur dengan beras putih. Dan lalu menemukan beras merah organik pulen yang enak banget untuk mendukung gaya hidup sehat.
  2. Mengganti gula pasir ke madu. Kalau ini mah enak-enak aja, yang berat di ongkosnya, hahahaha. Alhamdulillah Alloh selalu ada cara untuk hambaNya yang meniatkan untuk hidup lebih baik. Ketemu dengan @cemilanhikari yang menjual madu dengan harga yang miring dengan kualitas yang baik.
  3. Mengurangi gorengan dengan menggunakan air-fryer dan mengganti minyak goreng ke minyak kelapa (Barco, Kara) dan mengganti garam ke himsalt, serta mengkonsumsi olive oil dan chia seed dalam sarapan. Oh iya, kaldu jamur menjadi menu pelengkap #DapurManda juga.
Kalau tidak lupa, kayaknya ketiga hal tersebut yang menjadi ikhtiar kami selama kurang lebih 7 bulan ini. Dan alhamdulillah, Alloh memberikan hadiah tak terduga yang membahagiakan.

DOA

Tak putus berdoa dan tak putus meminta doa. Karena kita tidak pernah tahu, dari mulut yang mana doa akan dikabulkan. Yang membuat merinding adalah ketika kami diberi rezeki umroh pada bulan November 2019 dan di akhir perjalanan pulang, satu bis mendoakan ikhtiar kami. Masya Alloh.

Ini, adalah salah satu DOA dan IKHTIAR bagi yang sedang mempunyai hajat seperti kami




Alhamdulillah untuk semuanya! Matur nuwun Gusti Alloh. Kesabaran kami pun masih diuji sampai nanti semuanya sudah diijinkan untuk diceritakan dan dimintakan doanya dari sahabat Manda. Semoga semuanya lancar dan sehat. Aamiin.

Manda Panda
31 Juli 2020

Tidak ada komentar