Q&A Hidup Sehat JSR : Terinspirasi dr. Zaidul Akbar #2020Membaik #DapurManda



Selamat Membuka Tahun Baru 2020 yaa!

Alhamdulillah, setelah tahun 2018 mulai KEPO in akunnya dr. Zaidul Akbar, akhirnya di akhir Desember 2019 lalu, meniatkan untuk menyayangi tubuh dengan mengikuti JSR (Jurus Sehat ala Rasululloh atau Jurus Sehat Rimpang atau Jurus Sehat Rempah). 

Tulisan Manda kali ini mengandung banyak disclaimer, diantaranya tidak menerima komentar menyudutkan, komentar tidak etis dan komentar yang mengajak debat kusir. Meniatkan mengikuti hidup sehat JSR yang banyak disampaikan oleh dr. Zaidul Akbar bukan berarti Manda menjadi fanatik terhadap banyak makan yang terhampar di bumiNya selain yang disarankan dalam JSR.

#2020Membaik ala #DapurManda menjadi tantangan baru untuk Manda sebagai istri Panda dan pemilik IG @cerita_dapur_manda menghasilkan makanan sehat yang enak. InsyaAlloh setelah 2018 mengamati, 2019 mencoba sedikit demi sedikit, alhamdulillah 2020 memulai lebih konsisten.


Q&A tentang RESEP JSR ala Manda :

Q : Apa yang harus dipunyai saat seorang Manda memulai gaya hidup JSR?


Akhir Desember 2019, saya dan Panda membeli rimpang-rimpangan di Pasar Beringharjo supaya Panda jadi semangat karena melihat rimpang-rimpangan yang kualitasnya bagus. Pada saat itu, Manda beli : serai, kayu manis, cengkeh, serutan secang, jahe dan kunyit. Setelah melewati seminggu dan melewati banyak aktivitas harian masing-masing. Ternyata di perjalanan lifestyle JSR ini, Manda Panda prefer untuk menyeduh SERAI dan KAYU MANIS.

Bahan lain adalah MADU. Kalau Madu, alhamdulillahnya Manda Panda sudah mengkonsumsi rutin bersama jeruk nipis, jadi madunya tinggal melanjutkan dari yang sudah dipunyai. Nanti Manda cerita tentang madu-madu yang Manda rekomendasikan yang rasanya enak dan pas dibuat untuk minuman dan makanan ala JSR ya.



Karena Manda memantaunya udah lama, ga heran kalau beberapa bahan lain seperti KURMA, CHIA, HIMSALT juga sudah menjadi bahan yang sudah dipersiapkan sedari pulang umroh tengan November 2019 lalu. Alhamdulillah, mestakung.

Menjawab pertanyaan yang pertama, bahan yang Manda awali punya dan konsisten beli lagi adalah SERAI, KAYU MANIS, MADU, KURMA, CHIA SEED dan HIMSALT.


Q : Beli dimana bahan untuk mendukung hidup sehat JSR?

Bersamaan dengan menjawab pertanyaan pertama, Manda pertama kali membeli rimpang-rimpangan di Pasar Gede karena kualitasnya memang super. Jahenya besar, kayu manisnya bersih, serenya jg bagus, cengkeh sudah bersih dan semuanya sudah posisi siap cuci dan seduh.

Selanjutnya, karena Pasar Gede itu jauh, Manda mulai gerilya pasar tradisional dekat rumah, alhamdulillah menemukan tempat beli sere dan kayu manis di tempat penjual bumbon kalau di pasar tradisional. Dan bahan yang cepat habis cuma serai dan kayu manis saja.

Madu beli di Tokopedia aja, rekomendasi Manda di Kebun Kita dan Honey Life official. Atau kalau sekiranya ga sempet, pakai aja madu Nusantara. Manda juga menggunakan madu-madu dari Oriflame Tesso Nilo. Alhamdulillah yakin dengan madu yang dikonsumsi asli. Di Kebun Kita juga menjual chia seed, himsalt, almond, olive oil yang Manda sudah pesan beberapa kali ke sini (Kebun Kita).


Q : Apa menu favorit #DapurManda saat 14 hari menjalani gaya hidup sehat JSR?

Walau belum banyak yang bisa Manda coba, tapi alhamdulillah sudah nemu MINUMAN favorit yang menggantikan teh dan minuman manis lainnya, yaitu : Seduhan Sere Kayu Manis dikasih madu. Duuhh, ini tiap sore pas beberapa hari lalu hujan, rasanya angettttt. Alhamdulillah cara bikinnya juga gampang, cuma 3 menit aja.



Lalu, sarapan yang sehat dan enak, menjadi favorit Manda yaitu pisang, kurma, madu, chia dan olive. Buah-buahannya bebas ya, boleh pisang, alpukat, pepaya, jambu kristal, atau apel. Kalau Manda lebih merasa kenyang dengan pisang dan alpukat.



Q : Gaya hidup JSR #2020Membaik dengan gaya hidup makan enak ala #DapurManda, lebih mahal atau lebih murah?


Sejujurnya! Pertanyaan ini adalah pertanyaan Panda saat membandingkan enaknya soto iso dan soto uritan, daripada menikmati cemilan buah yang diberi chia. hahahahaha. Sesuai disclaimer di atas, Manda Panda tidak menolak soto iso dan soto uritan lho ya, hahahaha. Namuunnnn, selagi bisa mengkonsumsi yang sehat dan enak, yang enak lewat dulu lah..

Menjawab pertanyaan terakhir ini, Manda akan kasih penjabarannya melalui yang biasanya Manda keluarkan dibandingkan dengan JSR ini. Pengeluaran ini diluar pembelian airfryer yang menyelaraskan hidup sehat JSR lho ya.


Asupan Gula Pasir diganti Madu, kalau gula pasir 2,5 kilo sebulan kira-kira 50 ribu gitu ya. Untuk madu, sebotol harganya 110,000 - 175,000 dan habis dalam seminggu, jadi kurang lebihnya 500,000an untuk madu sebagai pengganti gula pasir.

Sarapan pagi Manda Panda biasanya berkisar 25,000 - 35,000 baik itu soto wonosari, soto marto (iso), soto dalbe (uritan), bubur bandung, gudeg, sate lontong, lontong opor, maupun pecel madiun, nyam nyam nyam. Begitu sarapan chia, kurang lebihnya pengeluarannya begini :
  • Kurma Sukari (90,000 per kilo) bisa dipakai untuk 2 minggu.
  • Kurma Medjool (260,000 per kilo) bisa dipakai 1 bulan, kalau beli di Salman Oleh-oleh Haji. Kurma Medjool (65,000 per pack) bisa dipakai 1 minggu beli di IG @buahbaruonline.
  • Chia seed beli tergesa di Jogja kalau pas kehabisan bisa di @kangenwater_jogja atau lebih murah di tokopedia di Kebun Kita. Harga chia seed (26,000 per 100 gram di Jogja, kalau di tokopedia 40,000 per 200 gram). 100 gram untuk 1,5 minggu. Harga himsalt juga sama. 
  • Buah-buahan : pisang 16,000 untuk 2 hari dan alpukat 20,000 untuk 3 hari. Buah-buahan ini Manda pakai untuk cemilan penyelia juga sebelum jam makan. Saatnya beli buah biasanya hari Sabtu dan Kamis, kalau pas kehabisan ya titip Panda di UNY atau di nderesan Jogja.


Memasak ala Manda sejak JSR. Kalau untuk minyak tumis, Manda memang sudah menggunakan minyak Barco yang masuk ke dalam saran dr. Zaidul Akbar. Lalu kemarin beli air fryer untuk memudahkan urusan goreng menggoreng yang sehat dan juga menantang bikin resep sehat yang enak ala #DapurManda. Bismillah.


Hidup sehat dengan mengubah isi piring, yuk!

11 komentar

  1. Menarik..kalau aku baru nyoba yang rendamaan rimpang itu. Tapi belum untuk yang sarapan buahnya. Cuma ngurangi nasi saja (kalau bisa) hihi...efek di tubuh sudah kerasa bedanya belum mb?

    BalasHapus
  2. Wiwin | pratiwanggini.net12:08

    Wahhh.. cocok tu sama suamiku kalo ngomongin sehat dengan rempah-rempah. Doi paling demen, hahaha.. Dia suka bikin sendiri minuman berempah begitu :)

    BalasHapus
  3. Wahhh serai, kayu manis, dan maduuu emang paduan yang sehat dan enakkk mbakkk hmmmm sehat dan yummy

    BalasHapus
  4. Wah, bandingannya sama soto uritan dengan cemilan buah dikasih chia ya? Kalo aku sih, pilih buah yang di atas itu..habisnya terlihat segerrr buanget duh mupeng mbak :)

    BalasHapus
  5. Aku kalau lagi suntuk dan capek biasanya membuat teh ala ala gitu manda, serai dan madu selalu jadi andalan untuk campuran, rasanya emang enak banget. Segerrr...

    BalasHapus
  6. Aku juga suka bikin minuman rempah. Minuman jahe dan serai paling sering soalnya ini yang ada di halaman rumah. Emang agak 'nganu' kalau ngitung biaya untuk 'makanan sehat organik'. Semoga Istiqomah

    BalasHapus
  7. Air fryer beli berapaan manda? Itu goreng bisa ditinggal-tinggal ya? Kalau makan kayak gini terus insyaallah sehat nih

    BalasHapus
  8. Aku masih uji coba dari tahun 2018, tapi juga masih cheating. Kalo sarapan udah lama banget makan buah. Kecuali kalo pas pergi dan susah nyari buah, baru sarapannya ngeteh. Aku masih kadang guldar nya rendah, tensi juga rendah, jadi gak tiap hari minum wedang rempah begini. Ibaratnya menyesuaikan kondisi tubuh

    BalasHapus
  9. Wahhhh jadi pengen coba nih beb, bener-bener asupan makanan masih kacau balau. Nyadar banget, usia udah gak muda lagi, wajibbb jaga pola makan, atau lebih tepatnya membentuk pola makan baru yang lebih sehat. Karena gimanapun, tubuh itu bisa protesss kalau kita sembarangan ngerawatnya

    BalasHapus
  10. Sbnrnya aku udh lama mau coba pola makan gini mba. Aalagi kalo buah2an aku sbnrnya suka bangetttt. Kec kurma, ga tau Napa, aku EMG ga suka dari dulu :p. Apa umroh juga ga kepengen nyentuh kurma yg kata orang enak. Ga cocok Ama lidahku. Jadi palingan kurmanya bakal aku ganti dengan buah lain :D. Chia seed aku seringnya minum pake air hangat. Walo rada2 geli sih, apalagi pas di awal :p. Tp kayaknya mau aku ganti jd ditabur ke buah aja :D.

    BalasHapus
  11. Duh, kerennyaaa, bisa hijrah pola makan kekgituuu.

    BalasHapus