Tips Sehat Menjaga Munculnya Gejala Corona di Masa Pandemi Covid-19

Halo sahabat Manda, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita masih diberi kesehatan di tengah pandemi Corona dan diberikan kelancaran dalam beribadah di bulan Ramadan 1441 H ini. Aamiin. Berbicara tentang Covid-19 atau virus Corona. Tentunya, kedua kata tersebut terdengar familiar dengan kehidupan kita akhir-akhir ini ya. Ya! Hampir 8 minggu, sejak Panda diberlakukan Work From Home dari kantornya, sejak itu pula kita memulai karantina mandiri. Karantina Mandiri yang dilakukan adalah demi mencegah tidak menyebarnya Covid-19, karena gejala Corona yang terkadang tidak kasat mata bagi orang yang mempunyai daya tahan tubuh yang bagus.

gejala corona

Gejala Corona

Mau tidak mau, suka tidak suka, informasi tentang Covid-19 atau virus Corona ini haruslah dibaca. Bagi Manda, membaca fakta tentang Corona membuat saya bisa mengantisipasi hidup sehat untuk keluarga saya. Bukankah mencegah akan selalu lebih baik daripada mengobati? Demikian pedoman saya, sehingga saya perlu untuk mencari tahu tentang apa itu virus Corona, bagaimana gejala Corona, pencegahan yang bisa dilakukan, dan membaca cerita orang-orang yang bisa sembuh setelah dinyatakan positif Corona.


Untuk bisa terhindar dari gejala Corona, Manda mengikuti anjuran pemerintah untuk #DiRumahAja atau bahasanya melakukan karantina mandiri. Melakukan ibadah di rumah dan memasak sendiri masakan dari dapur sendiri. Hikmah pandemi Corona adalah banyak waktu dengan keluarga karena work from home dan meng-upgrade kemampuan menjadi koki di dapur Manda.

gejala corona
Ibadah Ramadan yang Terasa Berbeda
gejala corona
#DapurManda selama pandemi Corona

gejala corona
#DapurManda selama pandemi Covid-19

Yang perlu kita tahu tentang virus Corona atau Coronavirus, dia merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu. Banyak orang terinfeksi virus ini, setidaknya satu kali dalam hidupnya. COVID-19 atau dikenal juga dengan Novel Coronavirus (menyebabkan wabah pneumonia di kota Wuhan, Tiongkok pada Desember 2019, dan menyebar ke negara lainnya mulai Januari 2020. Indonesia sendiri mengumumkan adanya kasus covid 19 dari Maret 2020.

gejala corona
foto dari https://www.halodoc.com/kesehatan/coronavirus

Siapa pun dapat terinfeksi virus corona. Akan tetapi, bayi dan anak kecil, serta orang dengan kekebalan tubuh yang lemah lebih rentan terhadap serangan virus ini. Selain itu, kondisi musim juga mungkin berpengaruh. Di samping itu, seseorang yang tinggal atau berkunjung ke daerah atau negara yang rawan virus corona, juga berisiko terserang penyakit ini. 

Seperti apa Gejala Corona ?

Virus Corona bisa menimbulkan beragam gejala pada pengidapnya. Gejala yang muncul ini ergantung pada jenis virus corona yang menyerang, dan seberapa serius infeksi yang terjadi. Berikut beberapa gejala virus corona yang terbilang ringan:

  1. Hidung beringus.
  2. Sakit kepala.
  3. Batuk.
  4. Sakit tenggorokan.
  5. Demam.
  6. Merasa tidak enak badan.

Walau serupa dengan gejala flu biasa, namun kita tidak boleh lantas panik tentang gejala di atas ya. Ada beberapa kriteria seseorang dinyatakan timbul gejala Corona, diantaranya : 
  1. Apakah pulang bepergian dari negara yang rawan Covid-19?
  2. Apakah baru saja berinteraksi dengan orang yang baru pulang dari luar negeri?
  3. Apakah melakukan kontak dengan penderita positif Covid-19?

Nah ketiga kriteria tambahan di atas yang membuat seseorang dinyatakan sebagai ODP (orang dalam pengawasan) Covid-19 yang selanjutnya akan diisolasi mandiri serta dilakukan tes rapid untuk dinyatakan statusnya positif/negatif Covid-19.

Hal Terburuk dari Gejala Corona Pada Kelompok Tertentu

Beberapa virus corona dapat menyebabkan gejala yang parah. Infeksinya dapat berubah menjadi bronkitis dan pneumonia (disebabkan oleh COVID-19), yang mengakibatkan gejala seperti : demam yang mungkin cukup tinggi bila pasien mengidap pneumonia, batuk dengan lendir, sesak napas, nyeri dada atau sesak saat bernapas dan batuk. Infeksi bisa semakin parah bila menyerang kelompok individu tertentu. Contohnya, orang dengan penyakit jantung atau paru-paru, orang dengan sistem kekebalan yang lemah, bayi, dan lansia.

Cek Risiko Gejala Corona Melalui Aplikasi Halodoc

Beruntung sekali hidup di era teknologi yang mudah diakses darimana saja. Zaman dimana smartphone benar bisas menjadi telepon pintar yang bisa melakukan banyak hal. Di masa pandemi Corona seperti sekarang, #dirumahaja menjadi pilihan yang keluarga kami pilih untuk menjaga tetap sehat. Bertemulah dengan aplikasi Halodoc yang memudahkan saya berkonsultasi secara online dengan dokter, dimudahkan dalam pembelian obat yang diantar sampai ke rumah dan pastinya saya jadi tenang karena telah mengikuti cek risiko Covid-19 yang saya lakukan dari aplikasi Halodoc.

halodoc gejala corona 


Tips Manda Menjaga Kesehatan Keluarga Selama Masa Pandemi Corona

Siapa saja ingin segera terbebas dari ancaman Covid-19 dan kembali beraktivitas seperti biasa. Pastinya semuanya selalu melantunkan doa baik segera berakhirnya pandemi Corona ini. Melihat banyak hal yang berubah dari kehidupan kita, tentunya banyak hikmah baik yang bisa diambil sebagai hikmah dari pandemi Corona ini. Tentunya, kita tidak boleh abai dengan gejala Corona yang terkadang tidak terlihat mata. Maklum lah ya, virus Corona adalah makhluk mungil yang juga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

gejala corona
Gunakan Masker Kain Jika Diluar Rumah

Berikut tips Manda hidup sehat selama masa pandemi Corona :
  1. Membatasi interaksi dengan karantina mandiri. Menjaga keluarga dari tertular/menularkan virus Corona dengan tidak bertemu dengan orang tua yang sudah lansia, serta tidak melakukan kontak dengan orang-orang secara langsung tanpa jarak. 
  2. Konsekuensi dari karantina mandiri adalah keluar rumah hanya untuk membeli kebutuhan bulanan (baru 3x dalam 8 minggu ini) dan selebihnya mengubah cara belanja melalui sistem pesan-antar online. 
  3. Selama keluar rumah, menggunakan masker, meminimalisir membawa barang (hanya kartu ATM dan HP), membawa hand-sanitizer, dan memanfaatkan tempat cuci tangan yang ada di supermarket. Penggunaan masker kain dicuci setelah digunakan keluar rumah.
  4. Ganti baju dan mandi setelah bepergian dari luar rumah. Walaupun supermarket sudah menyediakan anti-septic untuk cuci tangan dan melakukan pembatasan jumlah orang yang masuk ke dalam toko, serta melakukan pengecekan suhu tubuh, tetapi standar pencegahan gejala Corona di rumah kami adalah ganti baju dan mandi setelah pulang bepergian.
  5. Menjaga jarak. Meskipun pemesanan dilakukan secara online, tetapi kurir yang mengantar ke rumah tetap harus diwaspadai. Manda memberi jarak saat menerima barang, menghindari uang kembalian dan menjemur barang dari luar semalaman di luar rumah atau mengelapnya dengan tissue antiseptic.
  6. Menghindari uang kembalian. Mau tidak mau, kebutuhan sayur dan buah-buahan untuk dapur,  tetap saja harus dibeli setidaknya 2x sehari. Beruntung, ada tukang sayur yang berhenti di depan rumah setiap harinya. Manda akan melakukan pemesanan melalui sms dan membayar dengan uang pas. Kalaupun ada kembalian, saya suruh simpan untuk pembelanjaan berikutnya.
  7. Memesan online ke marketplace. Tidak bisa tidak, pemesanan produk ke marketplace selama masa pandemi ini justru meningkat. Selain menjaga jarak dengan kurir, juga menjaga barang kiriman untuk terbebas dari virus Corona. Caranya dengan mencuci jika itu bisa dicuci, membiarkannya di luar semalaman dan menjemurnya di terik matahari, mengelap dengan tissue antiseptic, dan baru menyimpannya di dalam rumah.
  8. Prosedur barang belanjaan, buah dan sayur juga tidak luput dari usaha antisipasi di rumah Manda. Mencucinya dengan cuka apel untuk sayuran dan buah merupakan salah satu usaha menjaga sayur dan buah higienis. Bahkan Manda membuatkan videonya untuk teman-teman supaya bisa melakukan hal yang sama untuk mencegah tertularnya gejala Corona dari buah dan sayur yang dibeli.


Nah teman-teman, menjaga lebih baik daripada mengobati, bukanlah sekedar peribahasa. Memang di masa pandemi ini, kita harus lebih berhati-hati dan menjaga diri. Semoga kita sekeluarga terhindar dari virus Corona dan selalu istiqomah menjaga kesehatan supaya tidak muncul gejala Corona seperti yang tertulis di atas. Aamiin.

44 komentar

  1. Dimasa gini bener bener hati hati ya, untuk keluar rumah, untuk menerima uang kembalian. Tapi disisi lain, jadi lebih khusyu beribadah, jadi lebih kreatif didapur, jadi hobi bikin cemilan daripada jajan.

    Untuk tetap dirumah aja, halodoc keren banget memfasilitasi kita untuk tidak harus ke rumah sakit. Bisa konsultasi. Bisa tebus obat, dan sekarang bisa screening covid jugaa

    Sehat sehat ya manda panda sekeluargaaa. :)
    Tetep kuat bersama lawan corona virus ini kitaa.

    BalasHapus
  2. Sekarang harus lebih ketat lagi ya, Manda. Setiap baru keluar meski cuma sebentar pun langsung cuci baju dan bersih-bersih. Biar hilaang semua virus yang nempel.

    Sehat selalu yaa manda dan panda

    BalasHapus
  3. Untuk kebutuhan bulanan pun, kami ngga berani keluar Mba.
    Pesan online dari Hypermart terdekat. Ga apa-apa deh pake ongkir, yang penting semua aman, semua sehat, semua terjaga. Semoga pandemi ini cepetan berakhirrr

    BalasHapus
  4. Tp sekarang katanya gejalanya macam2 ya mba bisa bermutasi virusnya. Ya Allah seremmm dan lbh aman konsultasi dr rumah dg dokter di halodoc ya

    BalasHapus
  5. Harus instal halodoc jg ini untuk tetap tahu n sehat selama pandemi Covid-19

    BalasHapus
  6. Ini kalo lagi ga pandemi, dapurnya lebih heboh, ya? Semoga berkah ramadan bagi kita semua. Amin.

    BalasHapus
  7. Suka gagal paham deh sama orang2 yang masih pada ngumpul arisan dll di tengah covid-19 ini. Padahal kita kan mesti social distancing ya di manapun berada termasuk di warung sayur hehehe :D Oh iya, aku juga baca2 info tentang corona di Halodoc. Jelas, terperinci dan up to date jadi kita bisa tahu perkembangannya.

    BalasHapus
  8. OOO... baru tau cuci buah dan sayurnya pakai cuka apel kalau mau aman dr virus covid 19 ya. Saya cuma di rendem air garem aja. Ma kasih infonya ya, ilmu baru nih.

    BalasHapus
  9. Lebih ribet ya berbelanja di saat ini, Manda tapi demi perlindungan diri maksimal ya. In syaa Allah akan merasa labih aman dan nyaman.

    BalasHapus
  10. waktu awal-awal aku jadi parno banget, segala terasa mulai jadi terasa tiba-tiba demam sampai sesak napas. Memang harus tenang dan jangan mudah panik yah yang penting menjaga kebersihan dan rajin mencuci tangan aja.

    di Halodoc tersedia informasi seputar kesehatan yang lengkap banget yah, jadi memudahkan kita yang lagi harus di rumah aja

    BalasHapus
  11. Aku waktu awal-awal sempat santai tapi pernah ngerasin parno juga. Yang pasti kita harus menjaga diri agar tidak stress, menjaga kebersihan dan konsumsi makanan yang sehat.

    BalasHapus
  12. setuju mba di masa pandemi seperti sekarang kita harus bisa jaga-jaga seperti menjaga kebersihan, bukan demi untuk diri sendiri tapi demi orang sekitar kita juga

    BalasHapus
  13. Enaknya tuh sekarang bisa konsultasi dengan dokter via Halodoc dulu ya mbak, jadi gak perlu ke rumah sakit hanya untuk sekedar konsultasi.

    BalasHapus
  14. Di era digital seperti sekarang, segala informasi bisa lebih mudah di dapat termasuk layanan kesehatan by aplikasi. Kaya Halodoc ini lengkap juga ya bisa untuk konsultasi seputar kesehatan yang memberi kemudahan dimana pemberlakuan dirumah aja lagi diterapkan di mana2

    BalasHapus
  15. Benerr mencegah lebih baik daripada mengobati. Hari gini memang kita harus jaga kesehatan benar-benar, jangan sampai sakit. Kalau sakit pun lebih baik konsultasi onlen ya, biar nggak usah ke rumah sakit.

    BalasHapus
  16. Pencegahan itu lebih baik dari pada pengobatan. Saat ini memang kita harus jaga kesehatan ya, dan bila sakit sebaiknya konsultasi lewat online saja

    BalasHapus
  17. Kami juga menerapkan hal yang sama Mbak. Setiap dari luar, pakaian langsung direndam dan kita bersih2. Anak saya bilang kaya abis dari melayat orang meninggal saja. Hehehe
    Memang kami membiasakan diri sebelum ada Corona pun kalau sudah melayat orang meninggal, atau dari makam, pakaian semua langsung ganti setelah sampai rumah

    BalasHapus
  18. Semoga kita semua dilindungi dan dijauhkan dari virus corona dan pandemi ini segera berlalu. Halodoc aplikasi komplit ya jd ga khawatir lg dgn layanan kesehatan saat k rs jd hal menakutkan

    BalasHapus
  19. Dapur manda jadi sering ngebul ya selama pandemi ya ,
    Jadi sering masak di rumah, kalau aku sih...

    BalasHapus
  20. Manda... duh, itu masakannya bikin ngiler deh. Aku belom download halodoc sih, coba nanti aku dl, penasaran juga isinya ap

    BalasHapus
  21. Gara2 corona jadi bisa ngluarin buka resep yooo :D
    InsyaAllah kalau udah jaga jarak, keluar pas urgent aja dan pakai masker, juga pas terima paket patuhi tata laksana semprot2 insyaAllah aman yaaa moga2.
    Yg penting makan makanan bergizi dan jaga imun selama di rumah aja

    BalasHapus
  22. Pandemi Corona membuat kita mengubah kebiasaan, dan yang terasa banget yakni mesti di rumah aja. Memang kewasdaan dan kehati-hatian perlu banget kita lakukan biar terhindar dari Corona.

    BalasHapus
  23. Sekarang mau keluar berasa mau perang ya nda. Kostum lengkap kayak super hero hahahaha. Pasang mode waspada dan segera alias cepet-cepet

    BalasHapus
  24. aku mencoba mengambil hikmahnya ajaa amba dan semoga kuat dan semangaat selalu. Memang harus berhati - hatiii karena virus ini bahayaaa

    BalasHapus
  25. Aku juga kalau terpaksa keluar mesti lengkap, pakai masker, sarung tangan, bawa hand sanitizer, trus pulang ke rumah, langsung mandi keramas. Duh semoga corona segera berlalu ya.

    BalasHapus
  26. Mudah-mudahan dengan usaha yang maksimal, kita semua bisa terhindar dari virus ini ya...

    BalasHapus
  27. Ternyata sudah 8 minggu yaa...kita WFH.
    Sungguh gak terasa dan sudah pasrahkan pada Allah.
    Semoga dimudahkan selalu segala urusanNya kak Manda.

    BalasHapus
  28. Yes, setuju sekali. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Menjaga kesehatan dengan pola hidup bersih dan waspada di saat-saat seperti ini memang jadi prioritas.

    Sehat-sehat selalu ya Manda Panda. Semoga corona ini segera berlalu dan kita bisa saling berkunjung kembali seperti sebelumnya.

    BalasHapus
  29. Aku juga gitu setelah keluar apalagi aku masih kerja lgsg deh baju dilepas dan segera mandi biasanya ya malas2an mandi kalau pulang kerja sekarang mah wajib hukumnya heheh

    BalasHapus
  30. Gara2 pandemi aq yg ga pernah masak skg masak dan alhamdulillah beberapa masakan bisa dibuat. Membawa hikmah banget yah hahaha

    BalasHapus
  31. Sudah lama kenal Halodoc sangat membantu deh dan sangat bermanfaat dalam memantau kesehatan anak. Walau di rumah saja tetap bisa konsul ke dokter.

    BalasHapus
  32. Emang cocok banget nih mak Halodoc, apalagi pas mobilitas lagi terbatas kek waktu corona gini. Alhamdulillah bisa nyaman di rumah tapi bisa melakukan banyak kegiatan, termasuk konsultasi kesehatan

    BalasHapus
  33. Huhu sedih melihat data yang teeus bertambah. Tapi kita juga harus tetap jaga kesehata yah mom. Btw aku baru tahu Halodoc update banget soal Corona ini yah

    BalasHapus
  34. Seneng deh lihat timeline medsos Manda selama WFH ini penuh dengan postingan masakan dan resepnya, jadi suka pantengin, saya juga udah donlot halodoc untuk jaga-jaga selama masa di rumah aja

    BalasHapus
  35. Dapurnya bikin pengen ke sana hahaha
    masaknya enak-enak manda.
    Semoga pandemi ini lekas berlalu, kalo ada masalah kesehatan konsul aja dulu ke halodoc emang dipermudah ya jaman now

    BalasHapus
  36. Aku jadi pengen masak masak lagi nih mba. Mhurutku ini buat aku makin tetap happy dan sehat ya mba. Semangat

    BalasHapus
  37. Sekarang tuh kalau hidung beringus dikit, langsung khawatir kena corona. Tapi alhamdulillah aku gak pernah demam. Kalo sampe demam, wah pasti parno banget ya dikira kena corona.

    BalasHapus
  38. Aku lagi sakit nih, dan jujur semua gejala yang disebutkan sekarang sedang aku rasakan. Tapi aku hanya berpositif thinking kalau ini flu biasa karna aku benar2 ga keluar rumah

    BalasHapus
  39. Selalu jaga kesehatan apalagi di tengah pandemi ini mbak, kemarin di kompleks kami udah ada yang positif jadi kami sekarang lebih waspada mbak.

    BalasHapus
  40. Selama pandemi, aku hanya berani keluar rumah ke pasar, supermarket atau apotik. Itupun setelahnya langsung mandi (lagi) atau minimal cuci tangan pakai sabun antiseptik

    BalasHapus
  41. Masakannya enak² banget kak. Awalnya aku malah parno kak kebanyakan baca broadcast covid yang serem². Tapi sekarang hanya waspada. Baca info referensi dari sumber terpecaya seperti halodoc :)

    BalasHapus
  42. Semoga semakin kuat optimisme tubuh kita untuk kuat melawan virus corona , semakin terjauhkan dari gejalanya..aamiin.

    BalasHapus
  43. Selalu jaga kesehatan aja yah pas pandemi ini dan semoga dijauhkan dari segala bahaya deh. Semoga cpt berakhir pandemi ini

    BalasHapus
  44. Swmoga kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan aamiin 🤗. Aplikasi halodoc memudahkan banget buat cek kesehatan tanpa keluar rumah alhaAlhamduli

    BalasHapus