Menantang Hidup Sehat di Januari 2020


Karena resolusi bagi kami sudah menjadi hal yang biasa, biasa tidak tercapai maksudnya. Tahun 2020, aku tidak punya resolusi apa-apa. Lebih menyenangkan menghabiskan akhir tahun dengan mengingat hal baik yang terjadi di 2019 dan kemudian memperbaiki yang belum baik di 2020. 

Saya dan Panda sepakat untuk mengubah gaya hidup kita, terutama soal makanan. #DapurManda #2020Membaik


Bukan apa-apa, tidak ada maksud ikut-ikutan atau mengikuti yang lagi kekinian. Tapi lebih kepada kami ingin saling menemani dalam keadaan sehat sampai nanti tutup usia. Nah, terdengar lebih masuk akal untuk menyegerakan memulai hidup sehat ya.

Baca selanjutnya : Kepo Akun Zaidul Akbar Sejak 2018


Sebuah catatan di Januari 2020 yang akan Manda tuliskan sebagai pengingat sebuah catatan.

  • Sarapan pagi
Aneka sarapan pagi yang berat seperti persotoan berhasil dikendalikan di awal hari, soto marto lengkap dengan iso bacem, soto dalbe dengan sate uritan, dan soto wonosari dengan ayam ungkepnya, berhasil 2x gagal itupun di hari Sabtu. Tergoda soto Dalbe di suatu pagi dan soto Sulung cak Alim saat weekend. Hahahaha.



Kerja keras Manda untuk menghasilkan masakan dari dapur yang enak, serta dukungan Panda untuk membuat misi ini berhasil, adalah kerja sama yang insyaAlloh hanya mengharap pahala sebagai ganjaran dari ibadah kepadaNya. Kerja sama yang bisa mensukseskan bulan pertama di 2020 dengan sarapan sehat BUAH ala dr. Zaidul Akbar. Alhamdulillah.



Jangan selalu menanyakan sudah turun berapa timbangannya? Karena sesungguhnya, kami tidak sedang berdiet, sedang tidak menurunkan berat badan, dan tidak sedang mempersulit hidup kami, hahahaha. Manda sebagai pemilik #DapurManda men-challenge diri sendiri untuk tetap menghidangkan menu yang ENAK tapi SEHAT. Alhamdulillah sarapan paginya berwarna, mulai buah dan sarapan oat. Semoga istiqomah.
  • Makan siang dan makan malam 
Karena kami berdua memiliki aktivitas harian yang berbeda, akan sulit mengontrol makan siang keduanya. Yang saya dan Panda lakukan adalah membatasi asupan nasi putih dan gula. Kalau teman-teman menyimak di tulisan sebelumnya, bisa paham yang kami lakukan.



Makan siang dan makan malam, di salah satu waktu makannya, kami boleh memakan nasi putih. Yeaaaayy! Saatnya memilih yang kita suka untuk dimakan, dalam batas normal tentunya. hehehe.

Tapiii...

Ajaibnya!

Ketika seseorang sudah memutuskan hidup yang lebih sehat, akan sayang rasanya merusak yang sudah kita awali di pagi hari dengan sarapan buah. Oleh karenanya, kita membiasakan untuk memilih makan siang yang juga sehat, misalnya : siomay dan kentang, lotek dan kupat, gado-gado kentang, mie ayam wkwkwkwk.



Baru ketika malam hari, kita pikirkan lagi cara menikmati yang enak untuk menghindari nasi putih, seperti membuat olahan kentang. Tentunya membutuhkan otak yang berpikir fleksibel ketika berada di dapur, oleh karenanya ada airfryer  yang memudahkan tugas Manda dalam menggoreng yang tanpa minyak. Di sepanjang Januri 2020, kami kecolongan makan bakwan jagung, mendoan dan ayam goreng tepung yang emang crispy banget. Kecolongan yang enak seperti makan nasi brongkos endolita, makan soto dan gajihnya, makan iso bacem, dan makan malam cumi gulung. Hahahahaha. Akhir pekan memang membahayakan untuk kami berdua ya!





Alhamdulillah, masih sempat mengingat kesalahan untuk bisa memperbaikinya di bulan Februari 2020 ya. Baiklah, mari mulai lagi untuk awal bulan Februari 2020 yuk! Seecara timbangan tidak ada yang bergeser ke kiri, wkwkwkwkwk. 

  • Minuman
Asupan minuman tanpa gula memang menjadi goal dari menantang hidup sehat Manda Panda di #2020Membaik ini. Tentunya dengan pengganti madu dan kurma. Jangan ditanya ya, madu 1 botol bisa habis dalam waktu 1 minggu, hahaha. Alhamdulillah menjaga kesehatan jauh lebih murah ketimbang kalau nanti sudah sakit. Dan rimpang-rimpangan memberi banyak kesempatan saya dan Panda untuk bisa mengurangi teh yang sudah menjadi minuman hangat selama ini.



Alternatif infused water  juga membuat saya dan Panda merasa terbantu untuk bisa mengkonsumsi hal baik sesuai anjuran dr. Zaidul Akbar di instagramnya. Menu minuman : serai dan kayumanis ditambah cengkeh dan madu, sungguh nikmat dan favorit di #DapurManda.



Oh iya, kamipun berhasil membuat jus bit dan ternyata enak kok.



Nah, teman-teman, dengan gaya hidup 1 bulan di Januari 2020, catatan di cerita Manda ini menjadi sebuah tulisan pengingat sekaligus laporan progress pada sebuah cerita kehidupan untuk bisa dibagikan dan menjadi kompor positif bagi yang membacanya.

Ayuk! Mulai sekarang mau menantang diri sendiri untuk hidup sehat ya!

Tidak ada komentar