Pages

Kamis, 25 Januari 2018

Tips Menciptakan Rumah Nyaman Ala Manda

HUNIAN NYAMAN
Home Sweet Home

Siapapun orangnya, pasti senang jika tinggal di rumah tinggal yang nyaman. Hunian tempat tinggal yang nyaman bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Rumah yang nyaman emmbuat setiap penghuninya merasa damai, tenang, bisa beristirahat, makan dengan nikmat, beraktivitas dengan lega dan tujuan pulangnya selalu ke rumah. Definisi nyaman bisa berbeda setiap orangnya, ada yang harus tinggal di rumah mewah supaya nyaman. Ada yang cukup tinggal di rumah yang sederhana, namun kenyamanan itu layaknya berada di rumah mewah. Seperti apa tips Manda berbagi tentang menciptakan rumah yang nyaman untuk Manda dan Panda.


Home, a place where people can laugh together.



Baca dulu : Tips Nyaman Tinggal di Perumnas

Keputusan kami melamakan proses ta'aruf sebelum memutuskan menikah adalah menyiapkan tempat tinggal yang nyaman untuk kami. Alhamdulillah, menikah di usia 25 tahun membuat saya punya banyak waktu untuk menyiapkan diri menjadi seorang istri. Renovasi dari tipe perumnas sudah dilakukan direntang waktu tunangan sampai pernikahan (kurang lebih 6 bulan sebelumnya). Perombakan tata ruang, pembaruan dinding dan sekat, cek rangka dan pasang fasilitas pendukung yang ala kami berdua. Kebetulan arsitek pemborongnya adalah teman SMA mamaku, jadi beliaulah yang banyak mengarahkan untuk mensolusi rumah tipe perumnas menjadi rumah nyaman ala Manda Panda. Kurang lebih 9 tahun berlalu, dan rumah ini tetap menjadi rumah yang nyaman untuk kami berdua. Apa saja tips menciptakan rumah nyaman untuk kami?

A place where every face is smiling

Tips Menciptakan Rumah Nyaman Ala Manda Panda
  • Tata ruang yang menghubungkan setiap orang bisa bertatap di dalam rumah nyaman kami. Kebetulan, Manda adalah orang yang bukan pemberani. Makanya, desain tata ruang di rumah kami dibuat saling bisa melihat satu dengan yang lain. Mulai dari dapur yang sekaligus ruang makan, dan lalu ruang keluarga dibuat plong (terbuka) kalau ada acara biar gampang. Ruang tamu dan ruang keluarga yang tersekat fleksibel sehingga membuat rumah makin nyaman bagi kami berdua. 
Ruang Tamu dan Ruang Keluarga yang plong

  • Solusi Pintu Geser. Pintu geser yang fleksibel ini mempinyai fungsi supaya Manda tetap nyaman keluar masuk kamar dan duduk di ruang keluarga atau lalu lalang di dapur dan ruang makan, disaat ada tamu. Dan begitu pula sebaliknya. Selain ruangan terlihat luas saat pintu geser ditutup, solusi pintu geser ini juga solusi untuk rumah berlahan terbatas. Seperti kamar mandi dalam kami juga menggunakan pintu geser. Bahkan, almari pun dipilih yang berpintu geser. Yeay kalau ada endorse-an geser-geser, mudah-mudahan rejeki Manda ya, termasuk Alphard dengan pintu gesernya, aamiinn.

  • Renovasi kecil-kecilan untuk membarukan suasana. Renovasi diperlukan untuk membuat hunian menjadi makin nyaman. Seperti memperbaiki talang air, cat yang mengelupas, besi yang korosi, memasang interior atau wallpaper, mengganti warna gordyn, mengubah letak pernak-pernik. Kesemuanya itu termasuk bagian dari renovasi ruangan. Jangan lupa untuk membersihkan AC supaya ruangan tetap nyaman dengan suhu yang terjaga ya!

  • Fasilitas yang menyamankan penghuninya. Masih tentang renovasi, pemasangan alat-alat yang baru membuat penghuninya merasa nyaman, seperti : rumah baru ditempati tahun 2008, tahun 2009 memasang AC, tahun 2010 membarui mesin cuci, tahun 2011 memasang water heater, tahun 2012 memasang ubin ditempat yang lembab, tahun 2013 melakukan cat ulang di tahun yang sama dengan Manda keguguran. Tahun 2014 menambah gudang, tahun 2015 merombak dapur dan membuat kamar mandi, tahun 2016 melakukan cat ulang pagar, dan di tahun 2017 mengganti ubin dan pagar depan. Setiap tahun adalah perjalanan cerita bagi kami, menikmati tahun demi tahun seperti orang berjalan, kadang berlari, kadang melambat. Alhamdulillah fasilitas di rumah nyaman kami membuat kami merasa di hotel berbintang yang bisa bebas mengambil sesuatu dari kulkas, lalu memasaknya. 
Renovasi Ganti Ubin
  • Rumah itu punya nyawa, nyawa dari pemiliknya. Rumah adalah tempat berkumpul, tempat silaturahmi dan tempat yang dirindu untuk pulang. Rumah yang nyaman sesuai kriteria Manda dan Panda adalah jika rumah itu ketika dimasuki selalu ada yang mengucap salam. Rumah yang nyaman dengan penerangan yang baik. Rumah yang nyaman karena dinginnya bacaan Qur'an yang dibacakan setiap waktu. Rumah yang hangat oleh kasih sayang, Rumah yang ramai karena canda tawa dan kebahagiaan. Rumah dimana tamu tidak sungkan untuk mampir. Subhanalloh, rumah nyaman di atas adalah rumah nyaman kriteria kami. Mudah-mudahan selalu dipantaskan untuk menjaganya. Aaamiinn.
Baiti Jannati, rumahku adalah sorga bagiku.

Selamat menyamankan rumah dengan versi kita masing-masing yaaaa.  

10 komentar:

  1. Sebagai tempat pulang, rumah memang harus nyaman bagi pemiliknya ya mak. Dan setiap orang punya caranya sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak Win, dan rumah itu sesuai nyawa pemiliknya. Kalau di Jawa percaya bahwa rumah itu pulung. ^_^

      Hapus
  2. Udah pwrnah ngerasain myamannya rumah manda. Noted tip nya

    BalasHapus
  3. Pengen ke rumah Mandaa, dimasakin Mandaaa..

    BalasHapus
  4. Mandaaaa....rumah kami juga rumah tumbuh. Alhamdulillah sedikit demi sedikit dibikin lebih nyaman. Kapan kapan boleh lah yaaa main ke rumah manda cari inspirasi heheh

    BalasHapus
  5. sekarang setelah anak2 dewasa, akhirnya punya rumah yg nyaman dan rapih, gak penuh mainan anak2 lagi

    BalasHapus
  6. Dulu sebelum nikah, rumah yg kita tempati skr itu pemberian mertua, tapi krn orang yg menyewa sebelumnya ga resik, pas kita liat rada shock krn banyaaak bgt yg bakal hrs direnovasi :D. Tapi alhamdulillah ya, walo hrs nguras rekening, akhirnya itu rumah jd layak huni. Tp ada 1 yg kita yltelat taunya, krn ternyata dindingnya lemvab, jd ga bisa dipasangin wallpaper. Dlm wkt deket aku mau ngelapisi ama marmer aja utk dinding jadinya.. Krn mau dicat gimanapun, ttp aja lembab :(

    BalasHapus
  7. Aku senang kalau ada rumah yang rapi banget. Kalaupun berantakan ya dirapiin lagi. Asik nih mba Manda selalu berupaya lakukan renovasi kecil-kecilan ya

    BalasHapus
  8. Wah, Mba Manda mirip mamaku, beliau pun harus bisa lihat ke arah mana saja dari ruang keluarga, jadi pintu dan tembok diminimalisir, lemari dijadikan sekat pemisah.

    BalasHapus
  9. Aku pengen ke rumahmu mbaaa. Ntar masakin aku yach. *Kedip-kedip manjah*

    BalasHapus