IBX583577287E51C

Selasa, 07 Maret 2017

Tips Aman Bermain Skateboard Untuk yang Masih Awam


Saat ini, cabang olahraga yang dimainkan sudah sangat beragam. Bahkan beberapa olahraga dengan cara ekstrim juga banyak dilakukan. Salah satu jenis olahraga yang kerap dimainkan dan juga dikompetisikan adalah permainan skateboard. Bermain papan skate ini memang sangat menyenangkan karena bisa memacu adrenalin selama permainan. Berbagai jenis trik juga bisa dilakukan dengan meluncur dari tempat tinggi, bermain di medan yang ekstrim hingga melakukan trik di pegangan tangga.


Meski begitu, tak sedikit para pemain yang bahkan sudah profesional pun bisa mengalami cedera, apalagi para pemain pemula. Tentunya untuk bermain skate ini diperlukan kesiapan dari segi fisik dan juga mental sehingga siap dalam menghadapi semua tantangan, termasuk jatuh dan cedera.

Namun cedera tersebut bisa diminimalisir dengan permainan yang aman. Tak hanya untuk pemula, permainan skate yang aman juga harus dilakukan oleh siapa saja, bahkan profesional sekalipun. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk bermain skate dengan aman.

1. Lengkapi perlengkapan permainan

Sebelum memainkan permainan ini, tentunya Anda perlu memiliki kelengkapan untuk permainannya. Yang utama adalah memiliki satu set skateboard dengan kualitas yang mumpuni sehingga permainan bisa lancar dan nyaman. Anda bisa membeli papan skate dengan kualitas bagus dengan harga sekitar 800 ribuan sampai jutaan rupiah sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, jangan lupa untuk memakai sepatu skate yang cocok yaitu sepatu dengan alas yang besar dan rata sehingga pijakan bisa lebih baik. 

Dengan memberikan pijakan yang baik, maka resiko terjadinya cedera juga bisa lebih diminimalisir. Jangan lupa miliki helm pengaman dan jika memungkinkan, pakai juga pelindung lengan dan kaki.

2. Keseimbangan dan sikap saat bermain

Setelah memiliki semua kelengkapan permainan ini, Anda juga perlu mempelajari bagaimana cara mendapatkan keseimbangan dan sikap permainan yang baik agar permainan bisa dilakukan dengan lancar. Untuk pertama kalinya, Anda bisa memulai dengan belajar nyaman ketika memijak papan skate. Cobalah di lapangan berumput dengan masing-masing kaki ada di belakang deck papan skate. Cobalah melompat sedikit dan rasakan keseimbangannya dan pola gerak dari papan skate. Ada dua sikap yang perlu diketahui yaitu sikap untuk kaki kanan maju atau Goofy, dan sikap untuk kaki kiri maju atau Reguler. Tentukan posisi ternyaman Anda sehingga keseimbangan bisa didapatkan.

3. Mendorong, belok, dan rem

Pelajaran selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah untuk menjalankan papan skate. Memang perlu diakui jika memainkannya tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Pertama letakkan satu kaki ke belakang dan mulai mendorong. Dorong dengan pelan dan rasakan titik keseimbangannya. Jika sudah cukup bisa, lanjutkan dengan dorong lebih kuat lalu belajar berbelok dengan cara tekuk lutut dan coba geser berat badan ke kanan untuk belok kiri dan sebaliknya. Meski tidak semudah kedengarannya, namun Anda memang perlu mencobanya sesering mungkin. Untuk pengereman Anda bisa mempergunakan kaki dengan menyeret tungkak dengan setengah kaki pada papan.

Seperti biasanya teori selalu lebih mudah dibanding praktik. Namun dengan adanya teori, setidaknya Anda bisa mengerti cara awalnya. Berlatih lah setiap hari dengan rutin. Setelah Anda bisa mengetahui sikap dasar permainan skateboard, selanjutnya Anda bisa melanjutkan untuk belajar trik yang lebih ekstrim dalam permainan ini. Jadi, jangan menyerah dan terus berlatih.

8 komentar:

  1. Dulu waktu kecil pernah belajar main skateboard tapi sekarang dah lupa...:-D

    BalasHapus
  2. Sama sekali belum pernah latihan skateboard, karena menjaga keseimbangan ketika berselancar dengan skateboard tampaknya susah :D

    BalasHapus
  3. Waaa nggak nyangka Manda skateboard :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhahahahaha bagi2 tips maklus, biar bisa ikut belajar skateboard, hihihi

      Hapus
  4. anak saya suka bermain skateboard

    BalasHapus
  5. Lihat orang yg lihai main skateboard itu keren yaaaaa, tapi mau nyoba kok takut jatuh Manda.

    BalasHapus
  6. Aku suka heran kalo liat pemain skate yg pro gitu. Sbnrnya sepatunya diikat k papannya ga sih? Kok kalo mereka melayang gitu papannya g jatuh? Tp aku ga berani cobain skate wkwkwkwk...

    BalasHapus