IBX583577287E51C

Jumat, 27 Januari 2017

PCOS Bisa Menjadi Penyebab Kehamilan Kembar


Salah satu yang membuat bahagia sebagai seseorang yang divonis PCOS adalah kemungkinannya untuk bisa mendapatkan kehamilan kembar. Seperti diketahui, bahwa PCOS (PolyCystic Ovary Syndrome) atau sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi *terganggunya fungsi ovarium* pada wanita yang berada di usia subur. 



Bagi yang sudah banyak makan garam penjelasan dari banyak dokter dan membaca, PCOS bukanlah sesuatu yang berlebihan dikhawatirkan. Alhamdulillah, bulan Juni 2013 saya sempat mendapat keajaiban merasakan 9 minggu usia kehamilan. Tentunya, itu semua adalah jawaban dari doa Manda dan Panda, bahwa kesabaran dan keyakinan kita tidak akan sia-sia di hadapanNya. Pun, sekarang masih harus berikhtiar, sabar dan sekaligus pasrah untuk rencana indah yang sudah dituliskanNya.

Tentang Kehamilan Kembar, siapa sih yang tidak senang dengan double atau bahkan triple yang dianugerahkanNya kepada pasangan yang berhasil mempunyai buah hati yang kembar. Tentunya menyenangkan ketika sekali kehamilan mendapatkan dua anak sekaligus, hihihihi. Sekalian capek di golden age nya. Nah, menilik riwayat PCOS, sel telur yang dihasilkan banyak dan kecil-kecil. Ketika ada 2 sel telur yang bisa matang dan dibuahi oleh sperma, maka anak kembar pun tidak bisa ditolak untuk hadir melengkapi kebahagiaan di dalam rumah.

Lalu, seperti apa sebenarnya seorang pengidap PCOS berusaha untuk bisa mendapatkan keturunan?

Membawa blog www.ceritamanda.com ini sebenarnya banyak sekali tulisan saya tentang perjalanan program hamil sebagai seorang PCOS. Mulai dari ciri-ciri fisik yang dominan bekerja hormon laki-lakinya dan akhirnya bisa mematangkan sel telur dan lalu hamil pun, ada di ceritamanda ini. Mulai dari mengkonsumsi metformin,mengkonsumsi penyubur, mengkonsumsi pematang sel telur, mengkonsumsi obat hormon, sampai mengkonsumsi pil KB, hehehehe. Banyak usaha yang sudah dicoba untuk bersahabat sebagai PCOSers. Dan pada akhirnya, tidak ada yang tahu pasti mana dari sekian banyak usaha Manda yang di 2013 bisa menghamilkan saya sendiri, hihihihi.


Kata orang, banyak membaca tentunya membuat kita banyak tahu. Dan ketika kita banyak tahu, maka yang akan dipraktekkan jadi banyak dan bingung, hehehehe. Kalau Manda boleh merangkumkan untuk teman-teman PCOSku, hal masuk akal yang bisa kita lakukan untuk berusaha bisa normal menjadi seorang wanita, diantaranya :


  1. Menurunkan berat badan menuju ke ideal.
  2. Olahraga yang teratur, seperti : jogging, berenang, yoga atau pilates.
  3. Mengkonsumsi buah dan sayuran, dianjurkan merebus kacang hijau.
  4. Obat yang saya anjurkan untuk dikonsumsi adalah folavit (asam folat).
  5. Konsultasi ke dokter kandungan, untuk mengatur siklus menstruasi.
  6. Jangan stress ya. Ini penting untuk para PCOSers lebih santai menerima dan menjalani kehidupan kita sebagai PCOS. Yakinkan pada keluarga besar bahwa anak adalah hak prerogatif Alloh. Namun demikian, kalau ada saran yang masuk akal, silahkan dicoba, toh tidak ada salahnya mencoba kan?
Nah, menuju tahun ke-9 pernikahan kami, hal-hal di atas sudah menjadi reminder untuk Manda dan Panda, siapa yang ingat, maka saling mengingatkan. Goal kami di 2017 ini adalah hidup sehat dan semoga dengan pola hidup sehat yang sedang menjadi resolusi kami, in sha Alloh kemudahan untuk segera bisa memiliki buah hati akan terwujud. Aamiin.

Tetap semangat ya PCOS fighters!

7 komentar:

  1. Aamiin, semoga mbak ima dan suami segera goal mendapat buah hati, doain aku dan suamiku juga, wah boleh saling BW nih mbak, main ke blogku juga banyak cerita tentang program hamil juga 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiiinnn... sudah main mba Vita, semoga kita dimudahkan semuanya yaaa... semangaatttt mba Vita, rencanaNya selalu indah dan tiba-tiba.

      Hapus
  2. Semangat manda sayaaang.. semoga cepat terkabul yaa, langsung dikasih double yg sehat & lucu, Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiinnnn makasiiihh makyoooo, trus pinjem DIY nya kakak kriwils yaaaa... 😍 😍

      Hapus
  3. Infonya sangat bermanfaat, wajib dibaca neh yang lagi hamil

    BalasHapus
  4. aku baru tau info ini mbak
    aamiin, moga programnya berhasil dan dapat anak kembar mbak :D

    BalasHapus
  5. Semangat Allah ya'fik, insyaallah dimudahkan :)

    BalasHapus