IBX583577287E51C

Minggu, 20 November 2016

Cinta Sejati yang Tidak Berdefinisi

Cinta Sejati

Aku tak pernah pergi, selalu ada di hatimu
Kau tak pernah jauh, selalu ada di dalam hatiku.
**
Cinta kita melukiskan sejarah
menggelarkan cerita penuh suka cita.
Sehingga siapa pun insan Tuhan,
Pasti tahu cinta kita sejati

Seperti itulah kiranya lirik yang dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari sebagai OST film layar lebar Habibie-Ainun. Seandainya seluruh cerita cinta sejati dituliskan begitu indah di alam ini, pastinya kehidupan ini berjalan dengan damai berdampingan dan penuh berkasih sayang. Membayangkannya mungkin indah dan menyenangkan, tetapi apakah tidak bosan dan tidak berwarna ya?


Cinta sejati yang tak berdefinisi.

Apa sejatinya cinta?
Milik siapa cinta? 
Seperti apa wujudnya cinta?
Apakah cinta identik dengan bahagia?

Pertanyaan-pertanyaan di atas, sungguh bukanlah pertanyaan yang membutuhkan jawaban. Pun, seseorang yang sudah menikah selama lebih dari 50 tahun pun, tidak memiliki jawaban teoritis untuk pertanyaan sederhana di atas.

Lain halnya kalau kita bicara es krim.

Apa es krim? olahan susu yang dinikmati saat dingin.
Milik siapa es krim? milik yang membeli atau membuat.
Seperti apa wujudnya es krim? dingin, manis dan lumer kalau masuk ke mulut.
Apakah es krim identik dengan bahagia? Iya kalau sedang sehat dan cuaca panas.

Itulah bedanya cinta sejati dan es krim. Satunya tidak berwujud dan satunya berwujud. Karena tidak berwujud, cerita cinta sejati tidak memiliki definisi. Namun bukan berarti tanpa definisi, lalu cinta sejati tidak bisa dirawat atau dijaga. Justru karena dia tidak berwujud, maka usaha untuk menjaga pun selalu berubah setiap saat menyesuaiakan ruang hati tempat menyimpan cinta sejati. Bahkan, tak jarang orang menyebut bahwa cinta sejati bersemayam di dalam hati. Wah, mendadak romantis mengingat masa-masa yang sudah kami lewati berdua. Setiap masa berlalu, berganti dan itulah bahan belajar bagi kita.

Memahami rasa bahwa itu cinta.

Sebuah sore yang mendung, pukul 17.15 sore itu. Tiba-tiba hujan deras turun disertai angin. Detik-detik saat jam pulang kantor suami dan cinta sejati adalah sebuah doa tulus istri di rumah, mendoakan semoga hujan mereda dan suaminya pulang dengan selamat. 

Suatu siang yang cukup menyenangkan, jamuan makan siang yang dicicipi suami adalah makanan kesukaan istrinya. Terbersit dalam ingatan, betapa sang istri akan senang sekali kalau diajak di sini. Menyempatkan mengambil gambar dan mengirimkan ke wa menanyakan sudah makan siang belum dan sekaligus mengajak mencicipi masakan di tempat suami sekarang makan siang. Cinta sejati itu sesederhana itu.

Cerita cinta sejati bagi kami, kadang berwujud doa, semangat, motivasi, duduk bersama, mendengar, bercerita, bepergian, saling mengingatkan, saling berpelukan, dan bahkan saat menghadapi ujian di universitas kehidupan rumah tangga pun, cinta sejati akan berperan dalam mendekatkan pasangan yang memang memiliki chemistry cinta sejati. Lalu, apakah selamanya semuanya akan romatis, hangat dan menyenangkan? Ya tentu saja tidak, ada kalanya duka menyelimuti, menangis, marah, emosi, dan bumbu lain dalam rumah tangga yang melengkapkan warna-warni dari cinta sejati. Oleh karena kita tidak memiliki definisi untuk cinta sejati, makanya kita terus belajar untuk menemukan definisi yang pas untuk cinta sejati bersama pasangan kita. 

Semoga kita semua bisa merasakan bahagia bersama cinta sejatinya ya. Aamiinnn.

Tentunya, banyak sekali jenis cinta di dunia ini, pun ketika bicara cinta sejati tidak melulu dengan pasangan kita. Apapun jenis cinta yang kita rasakan di dalam hati, seharusnya dia membuat kita menjadi pribadi yang periang, optimis, bahagia dan semangat menjalani kehidupan ini. 

Karena cinta selalu datang membawa kebaikan bagi yang bisa merasakannya. (Manda, 2016)

9 komentar:

  1. begitulah cinta, justru sulit dijelaskan apalagi terdefinisi, tsaaahhh

    ijonk

    BalasHapus
  2. Kalo sudah ngomongin soal cinta sejati itu langsung meleleh rasanya

    BalasHapus
  3. Amiiinnn ... #Speechless saia :)

    BalasHapus
  4. Suka ngiri kalo liat mb manda (eh panggilannya gimana nih) kesana sini ditemenin terus sama suami
    Hiks...

    BalasHapus
  5. ahh cinta2an...
    bener banget cinta sejati tak hanya demgan pasangan saja, bisa sahabat, teman, kerabat..

    BalasHapus
  6. cinta ituuu..entah :D

    BalasHapus
  7. Paling enak lagi kalau makan es krimnya sama cinta sejati hahaha

    BalasHapus
  8. Cinta-Nya, sulit di dapat namun mudah terlepas

    BalasHapus
  9. Harusnya cinta mmg membawa kebahagiaan

    BalasHapus