IBX583577287E51C

Sabtu, 11 Juni 2016

Perut Tetap Buncit Karena Pekerjaan Rumah Bukan Olahraga

Pilates dan Perut Buncit

Merasa menjadi ibu rumah tangga dengan seabrek pekerjaan rumahnya, sudah merasa berolahraga rutin? Jika itu olahraga, kenapa masih banyak ibu rumah tangga yang mencari tips mengecilkan perut buncit?


Ternyata oh ternyata, dokter saya PCOS tidak setuju bahwa pekerjaan kita di rumah sebagai ibu rumah tangga atau working @home manda dikategorikan sebagai olahraga. Padahal, pekerjaan rumah tangga itu pakai jalan dan berkeringat. Berbincang agak lama pada sesi konsultasi ini, manda mengambil kesimpulan bahwa olahraga itu setidaknya mencakup dua hal berikut :
  1. Dilakukan dengan gerakan yang beritme. Coba perhatikan jika kita sedang berolahraga, pasti ada hitungan 2x8 atau 1x8. Selain gerakannya beritme juga dilakukan kontinyu. Misal kita gerakkan kepala ke kanan ke kiri, ke depan ke belakang, ke samping kanan, ke samping kiri dan putar. Gerakan yang beritme dan kontinu. Setidaknya, masuk akal bahwa saya sedang menyapu rumah gak bisa berulang-ulang, lah nanti nggak selesai-selesai kalau maju mundur syantik *berasa syahrini.
  2. Dilakukan secara terus menerus. Dokter saya mengatakan bahwa olahraga itu minimal dilakukan tanpa berhenti selama 30 menit. Trus saya komentar bahwa orang masak dan mencucui piring setelahnya bisa 30 menit dan berkeringat. Lalu dokter saya mengatakan, apakah memasak itu ngiris terus? atau mencuci piring itu tangannya nyuci terus? Gerakan jalan kaki pagi atau sore selama 30 menit yang dilakukan tanpa berhenti itu sudah olahraga.

Pada kesimpulannya, tetap diperlukan olahraga seperti aerobik, zumba, yoga pilates untuk bisa menurunkan berat badan. Tentunya informasi ini tidak berlaku pada saya yang PCOS dan butuh menurunkan berat badan, melainkan para ibu rumah tangga yang menginginkan perutnya tidak buncit. 

Tentunya bukan saja soal penampilan, ketika seseorang ingin menghilangkan lipatan lemak di daerah perut yang menbuatnya tampak buncit. Tetapi juga alasan kesehatan yang terkait dengan perut buncit, terutama pada laki-laki. Manda sendiri sudah memulai berpilates, tetapi untuk membangkitkan semangat lagi itu susah ya. hihihihi. Alasan kalau dicari pasti ada, niat kalau diperjuangkan akan menjadi action, ya kan?

Pilates adalah suatu metode olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Hubert Pilates yang berasal dari Jerman pada awal abad ke-20. Metode ini difokuskan untuk kelenturan serta fleksibilitas seluruh bagian tubuh. Olahraga ini dapat memperbaiki postur tubuh yang kurang sempurna dan juga dapat memperbaiki masalah-masalah yang berhubungan dengan kelainan tulang belakang. Pilates dipercaya mampu meratakan perut dan menghilangkan perut buncit. Dan bahkan, pilates ini dipercaya bisa menjaga berat badan jika dilakukan secara ruitn.

3 komentar:

  1. Mari mulai 30 menit serial hari, wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  2. ha, ha, begitu ya, padahal aku pernah baca di detik health, melakukan pekerjaan rumah tangga juga olahraga

    BalasHapus
  3. kalo olahraga tak mampu mengecilkan perut, coba puasa rutin senin kamis mbak :)

    BalasHapus