ROG Zephyrus dan TUF Gaming, AI Gaming Laptop 2024 dari ASUS

 

Halo sahabat Manda, berkesempatan menghadiri Blogger Gathering ASUS di hotel The Alana Palagan untuk berkesempatan menjajal langsung performa dari AI Gaming laptop dari ASUS, yaitu : TUF Gaming dan ROG Zephyrus. Wow! Bagaimana nggak semangat coba, laptop gaming dari ASUS sudah kondang menjadi laptop andalan para gamers. Udah ga sabar untuk membaca keunggulan dari AI Gaming Laptop ASUS Tahun 2024 ini ya! Let's go!

Apa saja AI Gaming Laptop yang akan diulas dalam artikel ini?

  1. ROG Zephyrus G14, AI Gaming Laptop 14-inci Paling Tipis, Ringan, dan Powerful di Dunia. Tampil dengan bobot hanya 1,5 Kg, ketebalan 1,59 cm, dibekali layar OLED berteknologi VRR, serta ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series dengan Ryzen™ AI.
  2. ROG Zephyrus G16, Pelopor Thin and Light AI Gaming Laptop dengan Layar 16-inci. Memiliki desain bodi dengan bobot hanya 1,85 Kg, ketebalan 1,49 cm, dibekali layar OLED berteknologi VRR, serta ditenagai prosesor Intel® Core™ Ultra Series dengan Intel® AI Boost
  3. TUF Gaming A15, Pionir AI Gaming Laptop Paling Terjangkau. Dibekali prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series dengan Ryzen AI, chip grafis dengan max TGP, MUX switch, dan memiliki durabilitas tinggi berstandar US Military Grade.


ROG Zephyrus G14, AI Gaming Laptop 14-inci Paling Tipis, Ringan, dan Powerful di Dunia

ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan AI gaming laptop 14-inci paling ringan dan tipis di dunia dengan bobot hanya 1,5 Kg dan ketebalan di angka 1,59 cm. AI gaming laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang telah dibekali NPU Ryzen™ AI untuk membantu mengakselerasi pemrosesan AI secara lebih optimal. Prosesor tersebut juga yang membuat ROG Zephyrus G14 (GA403) tampil sebagai AI gaming laptop.

ROG Zephyrus G14 (GA403) juga merupakan AI gaming laptop pertama di dunia yang menggunakan layar ROG Nebula Display dengan panel OLED. Bukan sembarang OLED, panel layar yang digunakan di ROG Zephyrus G14 (GA403) sudah dibekali dengan teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC sehingga memastikan pengalaman gaming terbaik tanpa tearing atau stuttering. Ini adalah kali pertamanya sebuah laptop gaming hadir dengan layar OLED berteknologi VRR.

Penggunaan CNC-machine chassis juga memungkinkan ROG Zephyrus G14 (GA403) memiliki ruang ekstra untuk keyboard serta sistem audio yang lebih baik. ROG Zephyrus G14 (GA403) hadir dengan desain edge-to-edge keyboard yang memiliki ukuran tombol lebih besar serta jarak antar tombol lebih rapat sehingga dapat meningkatkan kenyamanan penggunanya. Keyboard tersebut juga ditemani oleh touchpad yang ukurannya lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga memungkinkan navigasi dan kontrol yang lebih baik.

Berbicara mengenai sistem audio, ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan laptop gaming yang telah didukung oleh teknologi audio dari Dolby Atmos. Tidak hanya itu, keduanya juga dibekali speaker yang ukurannya 25% lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga dapat menghasilkan suara 40% lebih kencang. Speaker tersebut merupakan yang terbaik yang bisa ditemukan di laptop gaming thin and light seperti ROG Zephyrus G14 (GA403).

ROG Zephyrus G14 (GA403) juga kini tampil lebih modern dengan hadirnya fitur Slash Lighting, lampu LED indikator eksklusif yang berada di balik layar laptop gaming ini. Slash Lighting dapat dikustomasi untuk menampilkan pola tertentu lewat aplikasi Armoury Crate yang sudah terpasang di ROG Zephyrus G14 (GA403). Slash Lighting membuat AI gaming laptop ini tampil unik sekaligus lebih modern.

Berkat prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series, ROG Zephyrus G14 (GA403) tidak hanya tampil dengan performa yang lebih superior dibandingkan pendahulunya, tetapi juga lebih optimal serta efisien dalam hal pemrosesan AI.

Prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang menjadi komponen inti ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan seri prosesor paling terbaru yang dibangun menggunakan arsitektur ZEN 4 untuk CPU-nya dan RDNA™ 3 untuk GPU terintegrasinya. Yang paling membedakan prosesor ini dengan seri sebelumnya adalah terdapatnya NPU berbasis XDNA™ yang mampu menghadirkan performa pemrosesan AI hingga 40% lebih tinggi. Tanpa NPU tersebut, ROG Zephyrus G14 (GA403) tidak bisa dikategorikan sebagai AI gaming laptop.

ROG Zephyrus G14 (GA403) juga dijamin selalu dapat menghadirkan performa yang konsisten berkat sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya. Sistem pendingin tersebut membuat ROG Zephyrus G14 (GA403) dapat selalu beroperasi dengan optimal di berbagai aktivitas bahkan dengan suara kipas yang lebih senyap dibandingkan laptop gaming pada umumnya.

Penggunaan layar OLED memastikan tingkat reproduksi warna yang lebih tinggi dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 serta delta-E < 1. Tidak hanya itu, layar OLED di ROG Zephyrus G14 (GA403) memiliki rasio kontras yang sangat tinggi, mengantongi sejumlah sertifikasi standar industri, mendukung teknologi HDR, dan yang paling penting adalah memiliki response time 0.2 ms yang jauh lebih cepat dibandingkan layar laptop gaming pada umumnya.


Harga dan Spesifikasi ROG Zephyrus G14



 

ROG Zephyrus G16, Pelopor Thin and Light AI Gaming Laptop dengan Layar 16-inci

ROG Zephyrus G16 (GU605), laptop 16-inci paling tipis, ringan, dan powerful di dunia. ROG Zephyrus G16 (GU605) hadir sebagai pelopor thin and light AI gaming laptop, yaitu tidak ada laptop gaming dengan layar 16-inci di dunia yang memiliki desain setipis dan seringan ROG Zephyrus G16 (GU605).

ROG Zephyrus G16 (GU605) adalah AI gaming laptop 16-inci yang sangat ringan dan ramping, memiliki bobot hanya 1,85 Kg dan ketebalan sekitar 1,49 cm. AI gaming laptop ini dijalankan oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang dilengkapi dengan NPU Intel® AI Boost, yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan AI. Kehadiran NPU tersebut membuat ROG Zephyrus G16 (GU605) hadir sebagai AI gaming laptop yang sesungguhnya.

ROG Zephyrus G16 (GU605) merupakan AI gaming laptop yang mengusung layar ROG Nebula Display dengan panel OLED. Bukan sekadar OLED biasa tetapi telah dilengkapi dengan teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC, yang memungkinkan pengalaman bermain game yang mulus tanpa gangguan tearing atau stuttering. 

ROG Zephyrus G14 (GA403) dan ROG Zephyrus G16 (GU605) merupakan laptop gaming pertama di dunia yang menggunakan layar OLED berteknologi VRR.

ROG Zephyrus G16 (GU605) merupakan AI gaming laptop yang ditenagai Windows 11, sistem operasi terbaik untuk gaming dan content creation. Dapatkan gratis berlangganan XBOX PC Game Pass selama tiga bulan untuk setiap pembelian ROG Zephyrus G16 (GU605). Nikmati ratusan judul game AAA terbaik seperti Starfield, Forza Horizon, hingga Microsoft Flight Simulator hanya di XBOX PC Game Pass.

Penggunaan CNC-machine chassis juga memungkinkan ROG Zephyrus G16 (GU605) memiliki ruang ekstra untuk keyboard serta sistem audio yang lebih baik. ROG Zephyrus G16 (GU605) hadir dengan desain edge-to-edge keyboard yang memiliki ukuran tombol lebih besar serta jarak antar tombol lebih rapat sehingga dapat meningkatkan kenyamanan penggunanya. Keyboard tersebut juga ditemani oleh touchpad yang ukurannya jauh lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga memungkinkan navigasi dan kontrol yang lebih baik.

ROG Zephyrus G16 (GU605) merupakan laptop gaming yang telah didukung oleh teknologi audio dari Dolby Atmos. Tidak hanya itu, keduanya juga dibekali speaker yang ukurannya 25% lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga dapat menghasilkan suara 40% lebih kencang. Bisa dikatakan sistem audio di ROG Zephyrus G16 *GU605) kali ini adalah yang terbaik di antara laptop gaming 16-inci lainnya.

ROG Zephyrus G16 (GU605) juga kini tampil lebih modern dengan hadirnya fitur Slash Lighting, lampu LED indikator eksklusif yang berada di balik layar laptop gaming ini. Slash Lighting dapat dikustomasi untuk menampilkan pola tertentu lewat aplikasi Armoury Crate yang sudah terpasang di ROG Zephyrus G16 (GU605). Slash Lighting membuat AI gaming laptop ini tampil unik sekaligus lebih modern.

ROG Zephyrus G16 (GU605) bukan sekadar laptop gaming, tetapi merupakan AI gaming laptop. ROG Zephyrus G16 (GU605) adalah salah satu laptop gaming pertama di Indonesia yang ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang telah dibekali oleh Ryzen AI, fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI. Prosesor tersebut adalah komponen yang membuat ROG Zephyrus G16 (GU605) dikategorikan sebagai AI gaming laptop. Berkat prosesor Intel® Core™ Ultra Series, ROG Zephyrus G16 (GU605) tidak hanya tampil dengan performa yang lebih superior dibandingkan pendahulunya, tetapi juga lebih optimal serta efisien dalam hal pemrosesan AI.

ROG Zephyrus G16 (GU605) juga dijamin selalu dapat menghadirkan performa yang konsisten berkat sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya. Bahkan di varian yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 4080, ASUS menyematkan sistem pendingin berbasis vapor chamber agar pendinginannya menjadi lebih optimal. Sistem pendingin tersebut membuat ROG Zephyrus G16 (GU605) dapat selalu beroperasi dengan optimal di berbagai aktivitas bahkan dengan suara kipas yang lebih senyap dibandingkan laptop gaming pada umumnya.

Salah satu keunggulan utama ROG Zephyrus G16 (GU605) ada pada layarnya yang menggunakan ROG Nebula Display. Berbeda dengan laptop ROG lainnya, layar ROG Zephyrus G16 (GU605) telah menggunakan panel OLED yang sudah dibekali teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC. Bersama dengan saudaranya yaitu ROG Zephyrus G14 (GA403), ROG Zephyrus G16 (GU605) merupakan AI gaming laptop pertama di dunia yang mengadopsi layar OLED dengan VRR sehingga memastikan pengalaman gaming tanpa tearing ataupun stuttering.


Harga dan Spesifikasi ROG Zephyrus G16



TUF Gaming A15, Pionir AI Gaming Laptop Paling Terjangkau




TUF Gaming A15 (FA507U) merupakan salah satu laptop gaming pertama di Indonesia yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang telah dibekali oleh Ryzen AI, fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI. Prosesor tersebut adalah komponen yang membuat TUF Gaming A15 (FA507U) dikategorikan sebagai AI-powered gaming laptop. Berkat prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series, TUF Gaming A15 (FA507U) tidak hanya tampil dengan performa yang lebih superior dibandingkan pendahulunya, tetapi juga lebih optimal serta efisien dalam hal pemrosesan AI.

Prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang menjadi pusat performa TUF Gaming A15 (FA507U) merupakan seri prosesor paling terbaru yang dibangun menggunakan arsitektur ZEN 4 untuk CPU-nya dan RDNA™ 3 untuk GPU terintegrasinya. Yang paling membedakan prosesor ini dengan seri sebelumnya adalah terdapatnya NPU berbasis XDNA™ yang mampu menghadirkan performa pemrosesan AI hingga 40% lebih tinggi. Dengan demikian, TUF Gaming A15 (FA507U) bukan hanya sekadar tampil sebagai laptop gaming biasa, tetapi merupakan AI gaming laptop yang sesungguhnya.

Selain prosesor yang sangat andal, TUF Gaming A15 (FA507U) juga dibekali GPU modern yang dapat mengakselerasi performa grafis dan AI lebih jauh lagi. Hadir dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4070, TUF Gaming A15 (FA507U) tidak hanya dipastikan mampu menjalankan semua game AAA modern terbaru, tetapi juga sangat cocok untuk kebutuhan eksperimen AI seperti menjalankan aplikasi content generation secara offline atau bahkan melakukan training AI.

TUF Gaming A15 (FA507U) juga dibekali sistem pendingin canggih dengan dua kipas yang mampu menangani berbagai beban kerja, mulai dari gaming, content creation, hingga ekperimen AI. ASUS juga membekali TUF Gaming A15 (FA507U) dengan MUX Switch untuk memaksimalkan performa GPU dan memberikan fleksibilitas lebih kepada para pengguna AI gaming laptop ini.

TUF Gaming A15 (FA507U) merupakan laptop yang dirancang tidak hanya memberikan performa gaming terbaik, tetapi juga durabilitas terdepan. TUF Gaming A15 (FA507U) merupakan salah satu dari sedikit laptop gaming di dunia yang mengantongi sertifikasi los uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). Sertifikasi tersebut membuktikan bahwa TUF Gaming A15 (FA507U) memiliki desain bodi yang lebih tanggguh dibandingkan dengan kompetitornya sehingga penggunanya dapat lebih tenang saat membawa AI gaming laptop ini bepergian.

ASUS juga menyediakan perlindungan berupa garansi internasional untuk service dan sparepart selama dua tahun. Sepanjang masa garansi, pengguna dapat melakukan perbaikan dan penggantian sparepart secara cuma-cuma selama kerusakannya bukan diakibatkan oleh kelalaian pengguna. Untuk kerusakan akibat kelalaian pengguna, ASUS menyediakan perlindungan bernama ASUS Perfect Warranty di tahun pertama.

TUF Gaming A15 (FA507U) dirancang sebagai laptop untuk mereka yang membutuhkan AI gaming laptop berperforma tinggi. TUF Gaming A15 (FA507U) sendiri hadir dengan prosesor AMD Ryzen™ 9 8945H yang memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread dengan clock speed hingga 5.2GHz. AI gaming laptop ini juga dibekali dengan memori DDR5 5600 berkapasitas 16GB, serta penyimpananan PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1TB. Sebagai catatan, memori dan penyimpanan di AI gaming laptop ini masih bisa di-upgrade sehingga memberikan ruang kepada para penggunanya untuk meningkatkan performa.

Harga dan Spesifikasi TUF Gaming F16/A15





TUF Gaming A15 (FA507U) hadir dalam dua varian, yaitu yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 4060 dan RTX 4070. Dikombinasikan dengan prosesor, memori, dan penyimpanannya, sudah dipastikan bahwa TUF Gaming A15 (FA507U) hadir sebagai AI gaming laptop yang powerful sekaligus tangguh untuk semua. Dengan konfigurasi tersebut, TUF Gaming A15 (FA507U) dibanderol dengan harga mulai dari Rp23.999.000.

Bagi gamers dengan dana lebih terbatas, ASUS juga menghadirkan TUF Gaming A15 (FA506N) yang hadir khusus sebagai budget gaming laptop. TUF Gaming A15 (FA506N) ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 5 7535HS yang menggunakan konfigurasi 6 core dan 12 thread dengan clock speed hingga 4.55GHz, serta pilihan GPU antara NVIDIA GeForce RTX 2050 dan RTX 3050. Untuk harganya, TUF Gaming A15 (FA506N) dibanderol dengan harga mulai dari Rp12.049.000.

Selamat memilih mana yang menjadi laptop gamingmu tahun ini ya!



Tidak ada komentar