Simulasi Bisnis Coffee Shop Melalui Mortgage Calculator Money Games yang Asyik!



Halo sahabat Manda, coffee shop sekarang menjamur dimana-mana ya! Sebelum membangun bisnis coffee shop memang sebaiknya mencoba Mortgage Calculator Money Games yang salah satu pilihan games online-nya adalah Coffee Shop. Wah! Pastinya sahabat Manda penasaran dengan apa itu Mortgage Calculator Money Games dan hubungan dengan literasi keuangan sebelum nantinya membangun bisnis yang sebenarnya. 

Literasi keuangan adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan pengetahuan keuangan secara efektif dalam pengambilan keputusan keuangan sehari-hari. Ini melibatkan pemahaman terhadap konsep dasar keuangan, termasuk pengelolaan uang, perencanaan anggaran, investasi, utang, tabungan, pajak, asuransi, serta pemahaman tentang bagaimana keputusan keuangan memengaruhi kehidupan individu.

Nah, Mortgage Calculator Money Games menyederhanakan konsep belajar literasi keuangan menjadi sesuatu yang menyenangkan melalui permainan (online games). Online Games yang bisa ditemui di website Mortgage Calculator menyediakan banyak sekali pilihan permainan yang tentunya bisa dimainkan untuk anak-anak hingga dewasa. Masih ingat dengan permainan kertas monopoli? Nah di Mortgage Calculator Money Games ini, kita bisa memainkannya secara online dan pastinya menjadi lebih mudah untuk dimainkan dimana saja.



Website Mortgage Calculator Money Games tidak hanya menawarkan banyak permainan menarik sekaligus belajar literasi keuangan. Ragam permainan yang ada dibuat menyajikan online games yang menyenangkan, gratis, dan tanpa iklan. Selain itu permainannya penuh warna, ada suara musik dan banyak kategori pilihan, diantaranya : Business Simulation Games, Real Estate Games, Money Games, dan lainnya. Meskipun permainan di MortgageCalculator Money Games disesuaikan dengan usia anak-anak yang memang sukanya bermain, ternyata saya pun ketagihan memainkan Mortgage Calculator Money Games, hehehe.

Cara Mengajarkan Literasi Keuangan Sejak Dini


Literasi keuangan pada anak usia di bawah 10 tahun bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan edukatif. Berikut adalah beberapa cara untuk mengajarkan konsep keuangan kepada anak sejak dini:
  1. Menggunakan Metode Bermain dan Aktivitas Interaktif. Melalui permainan edukatif kita bisa mengajarkan tentang uang, investasi, dan pengelolaan keuangan. Seperti halnya simulasi toko atau cafe yang akan saya mainkan di MortgageCalculator Money Games : Coffee Shop. Di dalam permainannya, biarkan anak berperan sebagai penjual di tokonya. Bagaimana dia mengelola tokonya, sampai nanti menghitung  perhitungan sederhana berdagang. 
  2. Memberikan Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari. Seperti memberikan pengalaman nyata yang melibatkan anak dalam kegiatan berbelanja, membandingkan harga, dan memilih barang yang terjangkau. Mengatur keuangannya sendiri saat diberi uang jajan harian/mingguan. Mengajarinya menabung menjadi bagian pembelajaran dalam literasi keuangan.
  3. Bermain MortgageCalculator Money Games Bersama. Saat bermain games online di Mortgage Calculator Money Games : Coffee Shop, bahas dengan anak tentang hal apa saja yang dipelajari dan bagaimana kita belajar dari games simulasi tersebut dalam kaitannya dengan literasi keuangan berbisnis cafe. 
  4. Pengenalan Konsep Dasar Menghitung Uang. Usia anak saat bermain games online menentukan seberapa jauh kita terlibat dalam literasi keuangan sederhana. Biasakan untuk mengenalkan anak pada konsep nilai dan penggunaan uang. Seperti games simulasi coffee shop, di situ ada bagaimana membelanjakan modal, membuat resep minuman yang disukai, mengelola permintaan pelanggan, belajar menerima masukan untuk perbaikan coffee shopnya, dan lalu mengetahui laba/rugi bisnis yang dijalankan dua minggu sesuai games online yang ada di Mortgage Calculator Money Games : Coffee Shop.

Bermain Asyik Games Coffee Shop di Mortgage Calculator Money Games

Permainan kedai kopi atau coffee shop ini seolah-olah kita adalah pemilik kedai kopinya. Di awal bermain, kita akan diberikan modal awal untuk membeli bahan dan meracik resep minuman kopi yang nantinya akan dijual di kedai kopi kita selama 14 hari atau 2 minggu.


Permainan online Mortgage Calculator Money Games : Coffee Shop ini mengasyikkan! Di awal belanja bahan, kita diberikan pengetahuan sederhana melalui tutorialnya, tentang : cups, coffee, milk dan sugar. Tentunya, bahasa Inggris yang digunakan dalam permainan ini merupakan bahasa Inggris yang mudah dipahami oleh anak-anak. Senangnya bisa sekalian belajar bahasa Inggris juga kan.

Setelah membeli bahan, selanjutnya adalah meracik resep kopi yang akan kita jual di hari pertama. Perhitungan keuangan sederhana seperti harga cups, harga kopi, harga susu dan harga gula sudah ada saat kita membeli bahan pokok untuk kedai kopi kita. Selanjutnya, kita memberi pemahaman tentang HPP kepada anak dengan menyebutnya sebagai berapa harga kopi kita akan dijual?


Hari pertama dijalankan, dengan racikan resep minuman kopi seperti di atas, kita ternyata mendapat report penjualan : all your milk has spoiled, yang artinya kedai kopi kehabisan susu. Ternyata begitu kita cek stok bahan, tidak cuma susu yang habis, melainkan kopi dan gula juga menipis. Wah! Bahan diskusi yang asyik bersama anak nih!


Dari sini kita belajar untuk mencoba lagi penjualan kedai kopi di hari kedua. MortgageCalculator Money Games ini sangat asyik dilakukan karena interaktif. Pelanggan bisa memberikan masukan dan kita bisa mengetahui apa yang sebenarnya diminta pelanggan terhadap kedai kopi kita.




Yeaayy! Di hari ketiga, kedai kopi kita menunjukkan peningkatan angka penjualan. Dengan mengubah resep minuman sesuai yang dimau pelanggan dan mengubah harga sesuai dengan jam buka kedai kopi, akhirnya kita mulai bisa tersenyum walau hanya memainkan kedai kopi di Mortgage Calculator Money Games.







Lakukan perubahan ingredient dari resep minuman sesuai dengan permintaan pelanggan di Mortgage calculator Money Games : Coffee Shop.



Dengan sistem coba-coba beli bahan yang ternyata banyak bahan yang tersisa dan rusak, serta resep minuman yang disarankan oleh Mortgage Calculator Money Games : try to stay in black tomorrow! Hari ke-8 ini mengalami kerugian 21,70 dollar. hiks hiks, walau hanya permainan tetap saja rasanya sedih ya!



Yeaaayy! keajaiban terjadi di hari ke-9. Catatan yang diberikan dari Mortgage Calculator Money Games : Coffee Shop : "Wow! Strong showing today!".




Dan memang, seperti itulah membentuk mental sebagai seorang pengusaha. Melalui Mortgage Calculator Money Games : Coffee Shop ini kita bisa membangun diskusi dan menanamkan nilai-nilai kepada anak kita supaya bermental baja sebagai pengusaha. Usaha dan ketekunan dalam meracik kopi, membeli bahan, menyesuaikan harga dan mendengarkan kemauan pelanggan, akhirnya di hari ke-10 kedai kopi kita mendapat penilaian : People like you. Customers say your coffee is priced just right. Good on ya!


Hari ke-10, berawal dari modal 30 dollar, kini kondisi keuangan kedai kopi kita di angka 70,55 dollar.





Dan di akhir permainan yang artinya kita sudah menjalankan bisnis kedai kopi selama 14 hari menggunakan Mortgage Calculator Money Games : Coffee Shop ini,  kita bisa mengetahui modal akhir kita sebesar 95 dollar. Yeaaayy! Kita berhasil!


Bagaimana? Menyenangkan sekali ya bermain dan belajar bisnis dan keuangan bersama Mortgage Calculator Money Games. Silakan bermain games ini dengan klik ke sini ya.

2 komentar

  1. Anonim01:26

    Mba, aku ketagihan nyobain gamesnya. Baru tau euy! Keinget games games masa kecilku dulu nih.

    BalasHapus
  2. gamesnya asik..bikin penasaran. hehe..makasih uda berbagi, Mbak Ima!

    BalasHapus