Pentingnya Mengukur Kemampuan dengan Mortgage Calculator UK Sebelum Memiliki Rumah


Alhamdulillah untuk tahun 2023 yang semakin baik dalam beberapa sektor setelah pandemi Covid 19 berhasil meluluhlantakkan banyak aspek di kehidupan kita, dan tak luput dari peran pandemi yang mampu membuat banyak perubahan pada kehidupan kita. Salah satunya adalah budaya WFH (Work From Home) dan lebih memperhatikan kesehatan.

Kalau ditanya, rindu bekerja dari rumah lagi tidak?

Saat pandemi kemarin, banyak hal baru yang kita pelajari tentang persiapan dana darurat dan investasi. Salah satu sektor yang terdampak adalah sektor properti. Bicara tentang investasi jangka panjang, selama ini kita dipinjami oksigen secara gratis dan menginjakkan kaki di bumiNya dengan cuma-cuma ya. Sudahkah bersyukur atas apa yang ditakdirkan menjadi milik kita hari ini? Atau masih sibuk menghitung milik orang lain sampai lupa bersyukur atas nikmat sehat dan oksigen yang terhampar gratis dari Sang Pemilik Semesta? Semoga kita senantiasa menjadi hamba yang bersyukur dalam menjalani setiap takdir ceritaNya ya. Aamiin.

Bicara tentang sektor properti, tidak jauh pembahasannya adalah tentang RUMAH, sebuah investasi jangka panjang yang saat ini menjadi suatu topik perbincangan yang hangat untuk kami-kami diusia cantik 40 tahun awal. Alhamdulillah, aset berupa rumah memang bukanlah barang murah yang bisa direncanakan dalam hitungan bulan, jika kita masuk dalam kategori rakyat jelita jelata. Beruntung lagi jika orang tua kita sudah memiliki tanah yang siap bangun atau rumah yang siap direnovasi untuk bisa menjadi ruamh tinggal kita. Tapi, tetap saja renovasi maupun pembangunan rumah membutuhkan biaya yang besar dan butuh perencanaan.



Merencanakan Kepemilikan Rumah dengan Mortgage Calculator

Saat ini, ada banyak cara untuk bisa memiliki rumah, salah satunya dengan mengajukan kredit kepemilikan rumah, tapi kalau kebutuhan memiliki rumah tidaklah urgent memang menabung atau berinventasi menjadi pilihan yang tak kalah menarik.

Melanjutkan diskusi tentang perencanaan memiliki rumah tinggal, sudah tahukah tentang MortgageCalculator.UK . Apa itu Mortgagecalcultator.UK ? Mortgage Calculator.UK  merupakan kalkulator perhitungan KPR yang bisa menghitung simulasi cicilan per bulan berdasarkan harga real estate/rumah/properti yang ingin kita beli. MortgageCalculator.UK diperuntukan untuk membantu pemilik atau calon pemilik perumahan menentukan berapa jumlah kemampuan orang pada umumnya.

Apa saja Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterjangkauan Kepemilikan Rumah ?


1. Pendapatan Rumah Tangga

Pendapatan rumah tangga adalah faktor utama dalam menentukan keterjangkauan kepemilikan rumah. Ini mencakup pendapatan bersih setelah potongan pajak dan pemotongan lainnya. Berhubungan dengan pendapatan rumah tangga, pastinya setiap rumah tangga mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda. Ada yang hanya kepala rumah tangga saja yang bekerja, dan ada pula yang keduanya bekerja sehingga pendapatan rumah tangga diperhitungkan dari gaji suami dan istri. 

2. Utang dan Kewajiban Finansial

Jumlah utang dan kewajiban finansial lainnya, seperti pinjaman pribadi, kartu kredit, dan cicilan lainnya, akan mempengaruhi berapa banyak uang yang dapat dialokasikan untuk pembayaran hipotek. Berbicara soal tabungan dan investasi memang persoalan yang sensi, apalagi terkait dengan kredit. Untuk bisa memiliki rumah, memang harus mengetatkan pengeluaran tertier sehingga pendapatan bulanan kita bisa dialokasikan untuk kepemilikan rumah.

3. Suku Bunga Hipotek

Suku bunga hipotek akan mempengaruhi jumlah angsuran bulanan. Suku bunga yang lebih tinggi akan menghasilkan angsuran bulanan yang lebih tinggi.

4. Jangka Waktu Pinjaman

Jangka waktu pinjaman juga mempengaruhi keterjangkauan. Pinjaman dengan jangka waktu lebih lama akan memiliki angsuran bulanan yang lebih rendah, tetapi total bunga yang harus dibayar akan lebih tinggi.

5. Uang Muka

Uang muka adalah jumlah uang yang dibayarkan di muka saat membeli rumah. Uang muka yang lebih tinggi akan mengurangi jumlah pinjaman dan angsuran bulanan. Disinilah penitngnya peran memiliki uang yang cukup untuk dijadikan uang muka. Ketika kita dimampukan untuk menabung, maka separuh jalan kepemilikan rumah sudah semakin dekat dijangkau. Uang yang ditabung bisa dijadikan uang muka yang bisa mengurangi hitungan jumlah pinjaman dan angsuran bulanannya.

Seperti apa perhitungannya jika kita menggunakan MortgageCalculator.UK ?



Dari keduanya tampak bahwa uang muka yang dibayarkan lebih besar akan mengurangi total yang harus dibayarkan setiap bulannya.

6. Biaya Asuransi dan Pajak Rumah:

Biaya asuransi dan pajak properti juga harus dipertimbangkan dalam estimasi keterjangkauan. Ini dapat bervariasi berdasarkan lokasi dan nilai properti.

Kurang lebihnya kita semua tahu, bahwa memiliki rumah membutuhkan perencanaan jangka panjang yang matang. Memiliki rumah bukan saja menjadi tanggung jawab suami, melainkan juga ada andil istri didalamnya. Rumah tangga dibangun dari dua orang yang bertemu secara sadar diusia dewasa. Tidak saling menuntut untuk bisa memiliki ini-itu banyak sekali, melainkan melangitkan doa dan berusaha bersama untuk bisa mewujudkan impian-impian besar dalam rumah tangga.


1 komentar

  1. Beneer. Jangan sampah salah perhitungan ya mba.. karena KPR rumah itu biasanya lama, jadi perhitungan budget dan kemampuan financial kita hrs mantep dulu. Apalagi kalo pake rate floating, yg mana bunganya naik kalo BI rate naik.harus diperhitungin juga.

    BalasHapus