Solitaire, Free Online Games Penyelamat Fokus Saat Bekerja Online



Halo sahabat Manda, apa kabarnya di tahun 2023? Semoga semakin fokus dengan apa yang sedang dijalani ya. Semoga lewat setangah tahun ini semakin jelas apa yang sedang dituju dan diusahakan di awal memulai. Aamiin YRA.

Siapa yang masih jadi work at home? Pasti mulai nyaman dengan kerja secara WFH ya? Atau jangan-jangan sudah terlanjur nyaman. Dimanapun dan apapun jenis pekerjaan yang teman-teman sedang jalani, pastikan dikerjakan dengan fun ya, karena fun itulah yang membuat semuanya berjalan baik-baik dan nyaman untuk semua.

7 Poin Mengelola Fokus Saat Bekerja 


Siapa di sini yang merasa sulit fokus saat bekerja? Mungkin karena usia yang bertambah sehingga fokus kita juga semakin berkurang, hahahaha. Tentunya usia yang semakin bertambah dan banyaknya hal yang memenuhi kepala kita memegang peranan dalam berkurangnya fokus kita. Beda dengan dulu zaman kita bersekolah, fokus kita hanya untuk pergi ke sekolah dan belajar, hal lain sudah diurus oleh orang tua kita.

  • Membuat To Do List


Biasanya orang sulit fokus jika terlalu banyak yang dikerjakan, oleh karenanya dengan membuat TDL (To Do List) kita bisa menentukan prioritas yang akan dikerjakan. Prioritas ini penting sekali dalam menentukan mana dulu yang dikerjakan dari seabreg hal yang ingin dikerjakan. Kadang, banyaknya rencana yang lewat di kepala membuat kita tidak fokus pada apa yang sedang dikerjakan. Rencana demi rencana yang belum dieksekusi malah menambah beban pikiran kita. Yuk! Mulai dengan menuliskan rencana yang akan dikerjakan ke dalam TDL, supaya fokus pada prioritas yang penting dan perlu untuk dikerjakan terlebih dahulu.


  • Kerjakan Sampai Tuntas

Hayoo siapa yang hobinya mengerjakan pekerjaan nggak sampai tuntas? Kalau ada, berarti kita sama. Apa cirinya orang yang kalau mengerjakan sesuatu tidak langsung sampai tuntas? Cirinya adalah membuka banyak jendela ketika bekerja. Jendela yang satu dengan yang lainnya tidak ada hubungannya dengan apa yang sedang dikerjakan. Nah, kalau itu yang terjadi, segera tutup jendela yang isinya tidak berhubungan dengan pekerjaan yang hendak diselesaikan.



  • Batasi Jam Kerja

Faktor usia dan banyaknya rencana yang tidak segera dieksekusi memang menjadi pemicu kita sulit fokus. Tapi hal lain yang tidak boleh abai mendapat perhatian adalah lelahnya otak berpikir karena tidak ada batasan jam bekerja. Kita yang terkadang memaksakan diri, sepulang kerja bukannya istirahat masih langsung bekerja, walau sekedar menyelesaikan pekerjaan tertunda di kantor yang masih dibawa pulang. Manajemen waktunya harus lebih baik dan membiasakan mengerjakan hal yang prioritas untuk dikerjakan. Memang tidak mudah! Dengan mengetahui beberapa hal yang membuat kita susah fokus, kita jadi bisa lebih mengenal diri kita.

  • Biasakan Tidak Menunda

Pekerjaan akan bertambah jika kita menunda satu pekerjaan. Poin ini relate dengan poin kerjakan sampai tuntas. Siapa yang menunda menyelesaikan pekerjaan, maka dia sedang menambah daftar panjang pekerjaan yang harus diselesaikan. Setuju?

  • Bermain Free Online Games


Siapa yang familiar dengan games di atas? Ya! Solitaire. Games yang tidak ada bosannya Manda mainkan untuk jeda waktu mengembalikan fokus saat bekerja online. Online free games ini menurut Manda adalah solusi masa kini bagi pekerja yang membutuhkan jeda waktu untuk mengembalikan fokus saat bekerja. Kenapa bisa demikian? Karena online free games ini tidak perlu di-download sehingga tidak memakan storage pada gadget yang sedang kita pakai untuk bekerja. 

Tonton juga : Tips Menang Bermain Solitaire



Manda bermain solitaire sudah sejak Manda duduk di bangku SMP dan mengenal komputer PC. Kala itu, games ini sudah populer dimasanya, tak heran saat inipun tetap everlasting dan bisa dimainkan sampai Manda sudah bekerja. Solitaire, games favorit sepanjang masa.

  • Punya Teman Diskusi

Selain bermain games online, cara lain untuk mengembalikan fokus adalah dengan memiliki teman diskusi. Hal ini berhubungan sekali dengan memaintain kebosanan dan menemukan jalan keluar jika menemukan kebuntuan dari pekerjaan yang harus diselesaikan tanpa menundanya. Teman diskusi bisa dengan melakukan chat secara online atau bersama mengerjakan pekerjaan di ruang yang sama.

  • Kerjakan Hal yang Disukai

Dari semua cara mengembalikan fokus saat bekerja, hal yang bisa kita fokus kerjakan adalah hal-hal yang kita lakukan dengan riang gembira dan hati yang senang. Orang akan melakukan hal yang disukainya dengan kerelaan dan tanpa paksaan. Disitulah sejatinya fokus menjadi hal yang akan mudah diraih oleh orang yang mengerjakan sesuai dengan apa yang disukai.

Semoga pengalaman Manda dalam mengembalikan fokus saat bekerja secara online bisa membantu teman-teman yang sedang mencari cara untuk mengembalikan fokus bekerja ya. Tetap semangat! Tidak ada pekerjaan yang selesai jika kita tidak segera kerjakan!

Tidak ada komentar