Boiler Biomassa Industri Pertama Berbahan Bakar Sekam Padi di Jawa Tengah


Pagi ini seneng banget dan sekaligus ternganga oleh energi terbarukan yang dirangkum dalam webinar sebagai bagian dari rangkaian Inagurasi Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi Pertama di Jawa Tengah. Bulan Juni, awal kemarau di Indonesia tetapi di kotaku malah justru januari (hujan sehari-hari). Pertanda apakah dengan perubahan iklim yang terjadi akhir-akhir ini?

Perubahan iklim merupakan isu dan tantangan yang kian mengemuka dan efeknya mulai kita rasakan. Seluruh pemangku kepentingan terkait perlu menggalakkan usaha memitigasi efek perubahan iklim dengan terus berinovasi dalam menggunakan Energi Baru Terbarukan dalam seluruh kegiatannya. Untuk itu, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia pembangunan ketel uap berbahan bakar biomassa (Boiler Biomassa) di kawasan pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardika, Prambanan, yang merupakan bagian dari Danone SN Indonesia. 

Danone bekerjasama dengan Berkeley Energy Commercial Industrial Solution (BECIS) membangun dan mengoperasionalkan Boiler Biomassa berbahan baku sekam padi, untuk mengurangi jejak karbon dari kegiatan produksi di Pabrik Prambanan hingga 32%. 



Hal ini dilakukan sebagai komitmen perusahaan memitigasi perubahan iklim dengan menyediakan produk bernutrisi untuk ibu, anak dan keluarga yang diproduksi secara ramah lingkungan. Boiler Biomassa ini merupakan boiler biomassa berbahan bakar sekam padi pertama di Jawa Tengah sehingga dapat mengurangi jejak karbon hingga 32% dan memanfaatkan energi terbarukannya untuk menciptakan sirkularitas produk pertanian sekaligus menyejahterahkan petani di sekitarnya.


Berkeley Energy Commercial Industrial Solution (BECIS)

Sebagai penyedia layanan solusi energi terbarukan, BECIS percaya bahwa dekarbonisasi, desentralisasi dan digitalisasi energi menjadi kunci bagi perusahaan-perusahaan untuk menjalankan operasionalnya secara berkelanjutan. Pada kesempatan ini, BECIS sangat antusias karena dapat mendukung Danone di Indonesia dalam mewujudkan visinya dalam pemanfaatan energi terbarukan melalui pembangunan dan operasional Boiler Biomassa ini. Adapun fasilitas ini juga telah didukung dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya atap yang menjadikannya pengoperasiannya sangat ramah lingkungan. Selain dampak ke lingkungan, melalui kerjasama ini, juga berhasil menciptakan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar melalui sumber bahan bakar yang diambil secara lokal, dan memberikan abu sekam yang dihasilkan, kembali kepada petani yang berguna sebagai pupuk organik.


Ekonomi Sirkular, Zero Waste dan Energi Terbarukan

Danone Specialized Nutrition Indonesia (SN Indonesia) berkomitmen untuk memitigasi perubahan iklim dengan menyediakan produk bernutrisi untuk ibu, anak dan keluarga yang diproduksi secara ramah lingkungan. 

Pemanfaatan energi terbarukan dari Boiler Biomass berkontribusi untuk menciptakan sirkularitas produk pertanian dan menyejahterahkan petani di sekitarnya. Bagian dari komitmen Danone untuk turut memitigasi perubahan iklim dengan ambisi penggunaan energi listrik terbarukan 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050 dan mendukung target Pemerintah meningkatkan bauran energi baru terbarukan hingga 23% pada tahun 2025 dan mencapai karbon netral pada tahun 2060. 

Selain dampak ke lingkungan, Boiler Biomassa ini juga menciptakan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar dengan mengambil bahan baku sekam padi dari penggilingan beras, dan memberikan abu sekam yang dihasilkan, kembali kepada petani yang berguna sebagai pupuk.

Abu sekam yang dihasilkan dari proses produksi Boiler Biomassa ini mengandung Silika yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas pertanian hingga 10 ton/Ha. Danone dan BECIS telah mendistribusikan abu sekam ini bagi kelompok tani dan mendampingi aplikasinya bersama pupuk ke lahan pertanian padi seluas 159 Ha. 

Apa yang bisa kita lakukan?

Sebagai ibu rumah tangga di lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar, rasanya kita juga bisa ikut bertanggung jawab pada lingkungan yang berdampak pada perubahan iklim, seperti dengan memilah dan memilih sampah rumah tangga. Melalui hal kecil yang bisa berdampak besar, sampah menjadi permasalahan rumah tangga yang butuh kesadaran untuk mengatasinya. 

Mulai dengan memilah sampah plastik sisa botol minuman dan mendaurulang sampah organik menjadi pupuk di lingkungan rumah kita. Kalau di RT tempat saya tinggal, mulai dengan membuat ecobrick untuk bisa dimanfaatkan sebagai kursi duduk di lapangan milik RT. Alhamdulillah, setiap rumah tangga berkewajiban menyetor botol plastik yang diisi dengan plastik kresek. Mudah-mudahan segera terwujud kursi dari bahan ecobrick di RTku. 

Senangnya bisa berkontribusi kecil untuk bumi kita, seperti halnya Danone yang selalu memperhatikan dampak lingkungan dalam setiap unit bisnisnya. Danone SN Indonesia berharap dengan dibangunnya Boiler Biomass ini, tujuan perusahaan sebagai penyedia produk bernutrisi, dan turut memitigasi perubahan iklim dengan penggunaan energi listrik terbarukan 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050 dapat tercapai. Yuk, kita aamiinkan.

Tidak ada komentar