Yuk Intip Peran Besar Financial Planner dalam Urusan Keuangan!

sumber : freepik


Target apapun yang Anda miliki dalam kehidupan ini, akan bisa tercapai lebih mudah ketika Anda memiliki rencana dan strategi yang terukur. Serupa dengan hal tersebut, faktor finansial juga memerlukan perencanaan yang matang agar tujuan Anda dalam bidang ini bisa tercapai. Di sini, peran seorang financial planner akan sangat besar.

Financial planner, secara harfiah didefinisikan sebagai seorang atau pihak yang memiliki kapabilitas dalam menyusun perencanaan keuangan yang terukur, untuk mencapai tujuan finansial yang diinginkan. Lebih lanjut, seorang financial planner juga bisa membantu Anda melaksanakan fungsi monitoring, sehingga menjaga Anda tetap on track dan tidak menyalahi rencana yang sudah disusun.

Untuk perannya sendiri, secara mendetail akan bisa dipahami dalam poin-poin singkat di bawah ini.

Memberikan Analisa Karakter dan Tujuan Anda



Setiap orang memiliki karakternya masing-masing dalam mengelola keuangan. Kehadiran financial planner akan membantu Anda untuk memahami karakter finansial seperti apa yang Anda miliki. Dengan pemahaman ini, pola belanja bisa lebih dikelola sehingga pengeluaran terkontrol.

Selain itu, karakter keuangan yang Anda miliki juga dapat membantu memetakan cara-cara mencapai target dan tujuan yang Anda miliki. Peran pertama ini cukup krusial karena akan jadi dasar perencanaan dan pemetaan hal-hal penting dalam urusan finansial yang Anda miliki.

Analisa ini akan disampaikan untuk di cek silang, sehingga tidak ada salah persepsi antara Anda dan orang yang Anda percaya ini.


Membantu Anda Mengevaluasi Kondisi Keuangan


financial planner

Sumber : freepik.com 




Untuk mendapatkan perencanaan yang mendetail, runtut, dan jitu guna mencapai tujuan, maka perlu dipahami benar kondisi keuangan yang saat ini dimiliki. Evaluasi ini akan dilakukan oleh financial planner Anda sebagai langkah kedua setelah melakukan analisa karakter.

Evaluasi sendiri akan mencakup pemetaan pendapatan, pengeluaran, kepemilikan aset, jumlah total cicilan, tabungan yang dimiliki, dan semua hal yang berhubungan dengan kondisi keuangan Anda. Dari sana biasanya dapat diketahui kira-kira di pos mana yang berjalan kurang efisien, dan terjadi pemborosan.

Ingat, hal ini sifatnya adalah melihat data yang ada, jadi jangan sampai Anda tersinggung atas analisa dan evaluasi yang diberikan.


Penyusunan Financial Plan



Dengan dasar analisa dan evaluasi kondisi keuangan yang dimiliki sekarang, financial planner yang Anda gunakan jasanya ini akan menyusun satu rencana keuangan lengkap dan terperinci. Mulai dari pemetaan semua poin terkait keuangan saat ini, langkah yang harus dilakukan guna mencapai target, dan target-target yang ingin dicapai.

Target ini akan tergantung dengan kebutuhan Anda. Ada target jangka pendek, jangka menengah, serta jangka panjang. Tentu nanti bentuknya juga akan berbeda karena semakin lama jangka waktunya, semakin panjang pula objektif yang harus dituliskan.

Setelah selesai, perencanaan ini akan disajikan pada Anda untuk dilakukan review. Jika sekiranya Anda sudah sepakat, maka planner akan melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Eksekusi Rencana Keuangan yang Sudah Disepakati


financial planner
Sumber : freepik.com 



Meski nama profesi atau bidangnya planner, namun orang kepercayaan Anda ini juga turut berperan dalam membantu eksekusi rencana keuangan yang sudah dibuat sebelumnya. Mulai dari langkah pertama, kedua, ketiga, terus hingga ke goal yang sudah ditetapkan.

Sembari melaksanakan rencana yang sudah diberikan, nantinya planner keuangan tersebut juga akan memberikan berbagai catatan atas eksekusi dan capaian yang dilakukan. Ini berguna pada akhir periode, untuk melihat seberapa konsisten rencana tersebut ditepati.

Anda juga bisa mengajukan permintaan untuk membantu beberapa urusan terkait keuangan, baik pribadi atau perusahaan sesuai kebutuhan. Anda bisa bisa langsung berkonsultasi dengan financial planner Anda untuk hal ini.

Pengawasan dan Evaluasi Tahap Akhir


Secara langsung seorang financial planner juga akan menjalankan fungsi pengawasan atas jalannya rencana yang sudah disepakati. Misalkan ada proses yang dinilai melanggar ketentuan, maka Anda akan diingatkan akan hal tersebut.

Bukan berarti mengatur, namun untuk memastikan semua berjalan sesuai dengan rencana, atau semirip mungkin dengan rencana, agar tujuan yang ditentukan bisa tercapai. Jadi jangan mudah tersinggung ketika planner Anda melakukan teguran atau pemberitahuan atas hal yang kurang sesuai dengan perencanaan ya!

Selanjutnya pada setiap periode waktu yang ditentukan, akan diadakan evaluasi periodikal. Misalkan, setelah tiga bulan perencanaan berjalan, apa saja yang sudah berjalan baik, apa saja yang masih tidak mencapai target, dan bagaimana cara ‘menambal’ hal tersebut.

Cukup banyak juga ya peran dari perencana keuangan ini? Secara langsung, ketika Anda menggunakan jasa mereka, maka Anda sudah mempercayakan urusan finansial yang dimiliki pada pihak ini. Tenang, untuk menjamin kredibilitas, terdapat sertifikasi resmi untuk orang-orang yang diperbolehkan membuka jasa ini.


Sedikit informasi mengenai financial planner di atas semoga bisa jadi bacaan yang menarik dan berguna. Secara langsung Anda akan memiliki kepala tambahan dalam memikirkan urusan keuangan, hingga ke pengelolaannya. Tentu saja artikel menarik seperti ini bisa ditemukan lebih banyak pada blog Jokul by DOKU, yang menyediakan layanan pengelolaan transaksi secara online. Kunjungi laman resminya sekarang, dan dapatkan informasi berguna lainnya!

Tidak ada komentar