Menu Masakan Sehat Beriodium Bersama Royco NutriMenu


Halo sahabat Manda, bagaimana kabar di rumah ajanya? Semoga tetap dalam mood yang baik dan hati yang bahagia ya, karena keduanya adalah obat di masa pandemi ini yang bisa meningkatkan imunitas. Kalau Manda sendiri ditanya, hobinya selama pandemi jadi banyak banget supaya bisa tetap sibuk dan nyaman di rumah. Bukankah kita sendiri yang menemukan zona nyaman untuk tetap berkarya dari rumah? Hobi dimulai dari hal yang kita suka, dilakukan dengan riang gembira dan tidak merasa terbebani. Memasak adalah kewajiban sekaligus hobi Manda selama masa pandemi ini. Terbantu sekali dengan Royco berIodium yang membuat masakan #DapurManda tidak cuma simple, enak tetapi juga menyehatkan.

Nah, pada tanggal 25 Januari kemarin, kita memperingati Hari Gizi Nasional yang ke-61, haloooww bagaimana ilmu dan prakteknya tentang gizi di keluarga kita? Ya! Lagi-lagi ibu mempunyai pengaruh yang besar dalam hal pemenuhan gizi dalam keluarga. Kalau di Dapur Manda, karena yang menyiapkan masakan dan makanan sehari-hari adalah Manda, ya ilmu tentang gizi banyak Manda peroleh dari media sosial. Beruntung sekali menyimak webinar Royco kali ini yang menghadirkan banyak nara sumber yang memberikan banyak insight tentang gizi.



Virtual Launch Inovasi Royco dengan Garam Beriodium

Bertepatan dengan Hari Gizi Nasional, Royco meluncurkan inovasi terbarunya, Royco dengan Garam Beriodium. Produk ini menjawab kebutuhan para orang tua untuk menyajikan aneka hidangan lezat bernutrisi guna #BantuTumbuhSesuai perkembangan anak, sekaligus mencegah terjadinya hidden hunger atau kelaparan tersembunyi. Hari ini Royco juga berbagi tentang kelanjutan program “Royco NutriMenu” yang melibatkan kolaborasi dengan lebih banyak pihak untuk dampak yang lebih optimal. 


Hadir juga dalam webinar, Hernie Raharja selaku Director of Foods & Refreshment PT Unilever Indonesia Tbk. menerangkan bahwa sejak 2019, Unilever secara global memiliki komitmen untuk membantu masyarakat melakukan transisi menuju pola makan yang lebih sehat sembari mengurangi dampak lingkungan dari rantai makanan. 

Royco memiliki tujuan mulia atau purpose yaitu Gerakan Pangan untuk Masa Depan guna menginspirasi keluarga Indonesia dalam mengonsumsi hidangan yang baik untuk tubuh maupun untuk bumi; yaitu yang beragam, bergizi seimbang, serta berasal dari sumber yang berkelanjutan. Selain itu, Royco juga ingin membantu mengatasi berbagai masalah nutrisi, baik melalui inovasi produk maupun program edukasi yang dilakukan secara konsisten.


Konsep Gizi dari Isi Piringku dan Hidden Hunger

Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN selaku Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor menyampaikan bahwa negara kita masih memiliki beban hidden hunger yang besar.


Hidden hunger adalah kondisi yang timbul akibat kekurangan zat gizi mikro seperti iodium, zat besi, vitamin A dan zink ini telah menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang berkepanjangan.

Contohnya, Riset Kesehatan Dasar 2018 memperlihatkan 48,9 % ibu hamil menderita anemia, dan Riset Kesehatan Dasar 2013 melaporkan bahwa 14,9% anak usia sekolah berisiko kekurangan iodium. Masyarakat seringkali masih abai akan masalah ini, karena meskipun makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, penderitanya tidak merasa kelaparan karena asupan gizi makronya sudah terpenuhi.

Jika tidak segera mendapatkan perhatian, akan berdampak pada kualitas sumber daya manusia dalam jangka panjang – baik secara fisik maupun psikis.” Asupan zat gizi mikro dapat dipenuhi dengan memastikan sajian makanan beragam di rumah sejak dini Namun, langkah krusial ini masih belum dilakukan banyak orang tua.



Pentingnya Iodium

Hadir dalam webinar Virtual Launch Royco beriodium, dr. Diana F. Suganda, Sp.GK, M.Kes seorang Dokter Spesialis Gizi Klinik berpendapat bahwa orang tua perlu memperkaya pengetahuan dan kreativitas dalam memenuhi nutrisi seluruh keluarga dengan menyertakan bahan-bahan bergizi di tiap masakan, termasuk garam beriodium.

Sayangnya, pengetahuan sebagian masyarakat mengenai manfaat dari iodium masih terbatas pada upaya pencegahan penyakit gondok. Padahal, dampak dari kekurangan iodium jauh lebih luas dan dapat terjadi pada semua usia. Kekurangan iodium dapat mengakibatkan perkembangan otak terganggu. Diperkirakan, 20 juta orang Indonesia menderita GAKI, yang mengakibatkan hilangnya IQ setara 140 juta point.

Inovasi Royco Kaldu dengan Iodium

Royco berinovasi melalui rangkaian produknya, terutama Royco Kaldu Ayam dan Sapi yang kini berkomitmen menggunakan garam beriodium. Dibuat dengan daging sapi dan ayam berkualitas yang direbus lama dan tanpa menggunakan bahan pengawet untuk semakin menyempurnakan kandungan nutrisi dari tiap hidangan rumah. 

Dengan harga yang tetap sama, kandungan iodium dalam Royco baru sangat baik untuk anak karena dapat membantu membentuk hormon pertumbuhan sehingga perkembangan kecerdasan, fisik dan mental mereka menjadi lebih optimal–tanpa mempengaruhi cita rasa masakan khas Royco. 


Program Royco NutriMenu

Tak hanya itu, tahun ini Royco melanjutkan program “Royco NutriMenu”, rangkaian edukasi yang dikembangkan sejak 2019 dengan mengacu pada konsep “Isi Piringku” yang sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan RI. 

Program “Royco NutriMenu” mengetengahkan panduan berisi menu lengkap yang lezat dan dapat digunakan setiap hari; menggunakan bahan makanan yang lebih bergizi, mudah didapat, praktis, terjangkau, dan bersumber dari bahan-bahan berkelanjutan berbasis nabati yang tergabung dalam “50 Pangan Masa Depan”. 

Hingga kini, program ini telah disebarluaskan ke 80.000 anggota keluarga, 180.000 remaja pondok pesantren, serta menginspirasi 2 juta keluarga Indonesia secara online. Tahun ini, program “Royco NutriMenu” akan dilanjutkan dengan menyasar lebih banyak masyarakat melalui digitalisasi program serta kerja sama dengan PKK, Ikatan Bidan Indonesia, Institut Pertanian Bogor dan berbagai NGO lokal maupun global, salah satunya Thyroid Federation International (TFI), dan didukung oleh Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Agama RI. 

Di acara webinar kali ini, hadir pula chef Noorman dan penyanyi Tantri kotak yang menyajikan menu sehat Royco secara live cooking. Tantri Syalindri, penyanyi dan ibu dari dua anak berkomentar bahwa sebagai seorang ibu, aku ingin selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga, termasuk saat menyiapkan menu hidangan sehari-hari. 

Royco telah memberikan begitu banyak inspirasi sehingga aku bisa memasak menggunakan berbagai variasi bahan nabati yang bergizi sambil ikut berkontribusi terhadap lingkungan. Apalagi kini Royco telah menggunakan garam beriodium, sangat membantu aku dalam memastikan anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara lebih optimal.


Semoga inovasi Royco dengan garam beriodium dan rangkaian program ‘Royco NutriMenu’ dapat semakin membuka wawasan orang tua dalam memanfaatkan beragam bahan makanan sehat yang tersedia di sekitar kita, serta menanamkan kebiasaan baik untuk memasak dan mengonsumsi makanan rumah yang variatif dan bernutrisi. Bersama-sama, kita lawan hidden hunger untuk masa depan yang lebih baik, Aamiinn.


Menu Tempe Garit dengan Royco beriodium



Resep Tempe Garit Royco

1. Pilih tempe yang sudah matang kedelainya.
2. Potong sesuai selera, jangan terlalu tipis.
3. Campurkan Royco berIodium dengan air, 1 sdt royco 2 sdm air, tidak usah banyak-banyak.
4. Garit tempe dengan ujung pisau.
5. Balurkan dan rendam kedua sisinya 10 menit.
6. Goreng dengan minyak panas, sampai terendam.
7. Tiriskan minyak.
8. Sajikan.


Selamat mencoba ya!

45 komentar

  1. Mantuul banget Royco ini, selalu menghadirkan inovasi yg bikin emak2 bahagiaa.
    Royco hadir dengan Garam Beriodium.
    Ini terobosan baguus banget, karena makanan tetap bahkan semakin lezat, juga sekaligus wujud nyata kepedulian Royco mengatasi salah satu masalah gizi di Indonesia yaitu Hidden Hunger yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba nurul, selalu terdepan soal membantu para moms di dapur ya Royco ini

      Hapus
  2. paling sedap deh emang sayur sop pakai bakso dimakan pas lagi anget-angetnya trus tambahin sambal goreng atau mentah, kasih kerupuk hmm so yummy

    BalasHapus
    Balasan
    1. trus sambelnya jangan lupa ya mba, nyaaamm ujan-ujan udah mager ajaaaa

      Hapus
  3. Jadi ingat mamahku setiap masak sayur sop daging atau ayam, pasti deh pakai Royco. Memang enak sih sejak doeloe udah turun temurun termasuk akyuh hehehe. Iya dong milih2 bumbu masakan kudu hati2 yang beriodium ya supaya badan kita tetap sehat dan terjaga asupannya dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nih. Banyak masyarakat kita yang nggak ada angin nggak ada hujan, tahu-tahu sakit. Ternyata karena penyakit hipertiroid atau hipotiroid. Padahal kalau dia mendapatkan yodium tiap hari, kan nggak akan sampai dapat penyakit tiroid tuh. Untung Royco tanggap sama isu ini yaa..

      Hapus
    2. jadi kebawa sampai seakarang ya mba nurul. Kalau masak pakai Royco juga.

      Hapus
  4. Wuiih tempe garit pake Royco, sedeep ki mesti. Sebagai fans berat tempe garit, kudu cobain nih. Nasinya hangat, ada oseng kangkung, pake tempe garit ini, ulalaa... heaven deh.

    Mantap nih langkah Royco untuk menyajikan bumbu pelezat yang mengandung iodium agar kebutuhan makro nutrien tubuh terpenuhi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuzz mbaaa goreng tempe garit, pakai sup dan bikin sambel, nyaaammmm

      Hapus
  5. Tempee Gariit paporit akooo, bisa dicemiil atopunn sama nasi anget aja udah ternikmaaaat.
    Tinggal dipenyek pake sambal hahaha, plus Rocyo beriodium makin sehat dan lezat ya Mandaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak, sederhana, murah dan sehat, sungguh solusi dapur di maasa pandemi ya teh..

      Hapus
  6. Wah mau cobain ah bikin tempe garit pake Royco baru yang beriodium ini, pasti gurih lezat ya. Ditambah sop, sambal kecap dan kerupuk, nikmat sekali!

    BalasHapus
    Balasan
    1. mb Liany tim sambel kecap yaa, aku tim sambel tomat hahahahaha

      Hapus
  7. Aku jadi kepengen bikin tempenya itu, karena mumpun ada stok tempe di kulkas. Sayurnya sudah pasti besok menumis dengan taburan Royco rasa kaldu sapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyaamm nyaammm kasih sambel jangan lupa ya mba..

      Hapus
  8. Kok kalau liat Manda masak itu ada jadi keliatan enak yaa... Di yutub aku juga kdg2 intip hehehe, itu pula tempe garit doang kayanya enak krenyes2 apalagi dicocol sambel buatan Manda... Penasaran juga deh sama Royco dgn garam beryodiumnya ini

    BalasHapus
  9. Ternyata fatal ya efeknya the hidden hunger ini Manda pada anak, untung ada produk beryodium juga nih dari Royco..jadi lebih lengkap nilai gizonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. fatal mba, ternyata hidden hunger bahaya juga kalau sampai ga terdeteksi..

      Hapus
  10. Kalau sudah pakai Kaldu Royco sudah gak perlu tambahan garam lagi ya. Ringkas banget bumbumnya dalam satu kemasan. Bikin kaldu juga mudah untuk masak apa saja. Ada garam beryodium juga di dalamnya. Anak-anak kita gak bakal kekurang iodium lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga anak2 Indonesia sehat2 dengan program Royco nutrimenu ya mba.

      Hapus
  11. wah hari ini aku juga masak tempe pakai royco, tapi ditepungin. favorit banget ini royco selalu ada di dapur untuk masak sehari2

    BalasHapus
  12. Tempe garit pun di-royco-in ya Manda. Aku salfok ama sup yang ada di foto paling atas. Mendadak laperrrr. Nasi mana nasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi kapan main ke Dapur Manda untuk nyruput Sop ?

      Hapus
  13. Sudah Hari Gizi Nasional yang ke-61 saja ya. Malu, pengetahuan tentang gizi masih segini-gini saja hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemana aja ya kak, selama 61 tahun kemarin...

      Hapus
  14. Takaran garam yang pas memang sangat diperlukan oleh tubuh yaa..
    Kandungannya bisa memenuhi kebutuhan gizi tubuh.
    Pakai Royco, uda kepercayaan banget siih...hehhe, apalagi aku yang gak bisa masak gini..
    Hiiks~

    Nyontek youtubenya kak Manda dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebentar ya Lendy, resepnya masih edit, hahahaha

      Hapus
  15. Royco skrg beryodium ya, Mba. Saya baru tau. Berarti sama saja dengan garam beryodium biasa ya.. bedanya dirasa aja. Royco lebin mantab

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, Royco sudah ada kaldu ayam/sapinya mba..

      Hapus
  16. Sayur sop bakso dimakan sama tempe garit itu perpaduan yang cocok bangeet. Apalagi ditambah sambal tomat, pastinya makin mantap, ya Manda...

    BalasHapus
  17. Aku juga dirumah pake Royco dong Mandaaa.. Setia bener aku sama Royco dari lama.. hihi. Makin tenang deh pas tau ada kandungan garam beriodium dalam Royco <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah berarti udah stok di rumah ya Royconya mba..

      Hapus
  18. Inovasi Royco dengan iodium ini ngebantu loh bagi yang diet garam. Jadi cukup satu bumbu udah dapet kandungan garam ya. Aku udah beli dan pakai juga untuk masakan ku

    BalasHapus
  19. Besok masak tempe garit pakai royco ah... Kemari pas belanja bulanan aku udah nyetok royco ayam dan sapi yang sudah beriodium ini Manda. Mudah2an anakku jangan sampai deh mengalami hidden hunger

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain mak Wid, udah nggak usah kupas dan uleg bawang ya, udah tinggal crut crut royco

      Hapus
  20. Bahaya banget ya hidden hunger itu... Untung udah ada royco dengan iodium yang membantu mencukupi mikronutrien tubuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kaaan, selama ini yang kita tahu kurang gizi, ternyata ada yang lebih ngeri ya, hidden hunger.

      Hapus
  21. dengan adanya royco dengan garam briodium kita ga perlu khawatir lagi dengan kekurangan iodium ya mandaa. terus ga perlu nambahin garam lagi karena sudah include di royco

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bangett bu dokter, jadi iodium nya sudah tercukupi yaaa

      Hapus
  22. Duh jadi lapar belum sarapan lihat tempe garit. Aku belum coba Royco yang ada iodium karena di rumah ibu yang biasa selalu pakai Royco. Enak nih klo ikutan ngolah tempe ini hehe

    BalasHapus
  23. belum pernah nyoba ini enak kayaknya sudah ada garamnya jadi sekali masak saja ya mak tinggal nambah gula dikirttt

    BalasHapus