Tips Ngemil Bijak : Antara Cinta dan Kasihan

Halo sahabat Manda, lama nggak berjumpa ya? Rasanya udah lama banget nggak cerita dan berbagi di sini, padahal baru kemarin ya kita berbagi cerita. Pengen berbagi cerita kehilangan beberapa waktu lalu, tapi belum kuat membuka kenangan, biarlah diabadikan dulu di IG story ya. Cerita detailnya nanti kalau kuat, hehehehe. Nah, kemarin itu sempat opname di kala pandemi, duh bisa dibayangkan ya rasanya. Beruntungnya ada cemilan pembangkit mood booster dari Mondelez, apa aja yuk kenalan di postinganku kali ini. Jangan-jangan cemilan kita sehati!


Naaahh, siapa yang kenal cemilan-cemilan di foto di atas? Pasti kenal semua yaaa....

#NgemilBijak a la Mondelez

Ikut dalam zoom meeting MondelezxIIDN dengan tema Tips dan Trik #NgemilBijak dalam keluarga, menarik banget ya temanya. Terlebih dengan narasumbernya mba Tara De Thouars seorang psikolog klinis, mba Alfa Kurnia sebagai ketua divisi blog IIDN dan mba Kharisma Fitriasari dari Mondelez Indonesia. 

Tren NGEMIL, dibandingkan dengan rata-rata global, orang Indonesia lebih banyak mengkonsumsi camilan daripada makanan berat tiap harinya. Bener banget! Pengalaman hidup di luar negeri, teman-teman kampusku makan siang cukup dengan 2 buah pisang Cavendish, dan aku membawa bekal nasi ayam dan sambel, hahahaha. Sorean mereka makan pastry, akunya udah sibuk ngemil roti tawar isi. Kebayang kan, nilai kalorinya. Oh iya, hal lain yang bikin ngakak sewaktu berteman dengan bule-bule adalah ketika mereka makan kentang sebagai menu utama, sedangkan kami berdua makan kentang itu sebagai cemilan. Kebayang kan, di sana kami ditanyai tentang kebiasaan makan kami yang bagi mereka berlebihan. wkwkwkwkwk.

Orang Indonesia bergantung pada camilan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, utamanya kebutuhan mental dan emosional.



 

Alasan orang Indonesia ngemil :

  1. Untuk meningkatkan mood.
  2. Untuk menemukan momen tenang ke diri sendiri atau me time
  3. Untuk mendapatkan rasa nyaman.
  4. Untuk memanjakan dan menghadiahi diri sendiri
  5. Untuk menenangkan diri atau menghindari kegelisahan
  6. Untuk merasa terhubung dengan kenangan atau dengan orang lain.
  7. Untuk membangkitkan memory akan suatu kota, saat nyemil camilan oleh-oleh.
  8. Untuk tetap merasa berenergi
  9. Untuk menjaga kebutuhan nutrisi tubuh



NGEMIL BIJAK COKLAT CADBURY ALA MANDA

Coklat dipercaya bisa manjadi OBAT BAHAGIA. Cokelat, khususnya cokelat hitam ternayta memiliki enzim dan zat-zat layaknya methyl-xanthine, phenylethylalanine, theobromine, hingga kafein yang diyakini pakar kesehatan bisa membuat pikiran kita menjadi lebih tenang, memperbaiki suasana hati, hingga mengatasi rasa lelah. Singkatnya, cokelat ternyata sangat ampuh untuk dijadikan obat anti depresi, WOW ya! Tak berlebihan bahwa ngemil coklat memang bisa bikin bahagia.



Memang, ada sebagian masyarakat yang menganggap konsumsi cokelat adalah salah satu penyebab utama dari kegemukan. Padahal, hal ini ternyata salah besar. Kegemukan lebih sering terjadi karena gaya hidup dan pola makan kita yang sangat tidak sehat dan seimbang. Dengan konsumsi cokelat yang wajar, kita justru akan bisa menjaga kesehatan psikologis kita yang tentu akan berimbas positif bagi kesehatan fisik. Enzim polifenol pada cokelat yang diyakini mampu memberikan efek tenang dan bahagia tentu akan membuat kita mampu mengatasi stress dan depresi akibat tuntutan kehidupan sehari-hari.

TIPS NGEMIL BIJAK

Sudah ngemil apa hari ini? Jangan jawab, udah ngemilikin aku ya. hahahahaha. Gimana work from homenya atau school from home nya? Seberapa banyak intip isi tudung saji, buka kulkas atau mondar-mandir ke dapur?

Yups! PENGEN atau BUTUH ?




Kembali lagi ke kebutuhan asupan tubuh ya. Beberapa waktu lalu, IIDN atau Ibu-ibu Doyan Nulis bersama Mondelez menyelenggarakan zoom yang isinya bagus banget seputar CEMILAN. Seperti yang sudah Manda tulis di caption instagram tentang bocoran tips #NgemilBijak. Ingat beberapa hal yang temen-temen perlu tahu saat NGEMIL BIJAK adalah bertanya pada diri sendiri. Apa saja pertanyaannya ke diri sendiri saat akan ngemil?

  1. Kenali isyarat tubuh. Perlu atau ingin? Perlu berarti lapar, ingin berarti tidak lapar.
  2. Asupan Nutrisi. Nyemil diijinkan di antara waktu makan pagi dan makan siang  atau makan siang menuju makan malam.
  3. Pilih cemilan sesuai porsinya. Misalnya, belvita sebagai cookies pengganti sarapan, dicemil bersama segelas susu. Atau coklat Cadburry di jelang sore untuk moodbooster. Porsinya kalau Manda, beli yg kecil-kecil, sehingga tidak merasa bersalah ketika menghabiskannya.
  4. Maksimalkan sinyal indera penciuman untuk memuaskan keinginan nyemil di saat tidak lapar. Ada lengkapnya nanti di blog ya.

Nah, untuk berhasil #NgemilBijak, jangan kasihan terhadap tubuh ketika harus bilang stop nyemil. Cintai tubuh dan keluarga dengan memperhatikan jumlah asupan cemilan, porsi dan waktu nyemilnya ya.

Sekarang, Manda akan membahas tentang materi zoom kemarin tentang #NgemilBijak ya. Ngemil Bijak adalah ngemil yang pas untuk tubuh dan tidak ada lagi rasa bersalah. 

Yuk, praktekin NGEMIL BIJAK pada saat merasa ingin ngemil, kenali isyarat tubuh dan ajukan pertanyaan berikut ke tubuh ya :

  1. Kenapa saya ingin ngemil? Coba untuk mengenali isyarat tubuh ketika ingin ngemil.
  2. Camilan apa yang saya inginkan? Perhatikan porsi camilan dan nikmati dengan perlahan.
  3. Bagaimana saya menikmatinya? Maksimalkan semua indera dan kenali kapan harus berhenti.
Hal yang penting diperhatikan adalah peran orang tua yang menurunkan bakat ngemil kepada anak-anaknya. Sedari sekarang membiasakan untuk ngemil bijak di dalam keluarga, supaya generasi berikutnya meneladani hal baik dari Ngemil Bijak.

Apa yang paling dirindu dari pulang kampung? Ya! Rindu masakan rumah, atau yang biasa terjadi di masyarakat kita adalah rindu masakan ibu. Nah dari sini kita tahu bahwa ibu mempunyai peran dalam membentuk kebiasaan makan di rumah. Apa saja peran ibu ?
  1. Ibu sebagai role model
  2. Ibu dengan beban dan tanggung jawabnya
  3. Tuntutan lingkungan



MENCINTAI VS MENGASIHI

Antara cinta dan kasihan, pernah ngalami masa-masa saat remaja? Masa cinta monyet di saat sekolah? Itulah cara mendefinisikan antara cinta atau kasihan. Kalau cinta, kita bisa deg-degan kalau si jantung hati sedang lewat di depan kita, atau sedang melihatnya basket. Eaaaa. Kalau kasihan, ada kakak kelas baik banget ke kita, tiap apa-apa mau bantuin dan care banget, mau nolak nggak enak tapi suka juga enggak. Akhirnya, ya cuma kasihan aja.

Back to Ngemil Bijak ya!

Mencintai VS mengasihi, untuk membedakannya yuk dicoba jawab pertanyaan-pertanyaan berikut, kira-kira banyak Y atau T nya ya?
  1. Saya akan tetap memakan makanan favorit saya meskipun saya tahu akan menyesal setelahnya. (Y/T)
  2. Saya mengutamakan mendapatkan apa yang saya mau bukan apa yang terbaik untuk saya. (Y/T)
  3. Saya merasa marah dan kesal jika saya harus mengatur pola makan. (Y/T)
MENCINTAI
  • Melakukan hal yang memiliki dampak positif ke tubuh.
  • Melakukan hal yang akan menambah rasa sayang, perasaan positif dan cinta kepada diri sendiri.
  • Tidak melihat pada efek jangka pendek tetapi jangka panjangnya juga.
  • Melakukan hal yang tidak menimbulkan penyesalan setelahnya.
MENGASIHI
  • Membiarkan diri melakukan sesuatunya.
  • Mencari pembenaran dari perilaku yang tidak baik atau sebenarnya tidak diinginkan.
  • Memikirkan jangka pendek bukan jangka panjang.
  • Muncul perasaan penyesalan atau bersalah setelahnya.
5 Langkah Ngemil Sehat 

Di zoom meeting kali ini, kita juga praktekkan sebuah cara yang bisa dipakai untuk terapi ngemil sehat, diantaranya :
  1. Cek sinyal tubuh
  2. Relaksasi, turunkan emosi naikkan logika.
  3. Mindful eating & snacking
  4. Tunggu sebentar, kurang lebih 15-20 menit
  5. Bersyukur
Cara Mindful eating & snacking diterapkan dalam Ngemil Bijak dengan melibatkan peserta yang hadir. Seperti apa Mindful eating & snacking, berikut langkahnya :
  1. Lihat makanan dengan seksama, perhatikan bentuknya, penataannya, warnanya, teksturnya. Nikmati bentuk dan keindahan makanan yang hendak dicemil.
  2. Cium dan nikmat bau yang keluar dari makanan. Rasakan sensasi aroma yang muncul dari makanan.
  3. Sentuh, raba, remas tekstur dari makanan.
  4. Rasakan makanan yang masuk ke dalam mulut dengan menggunakan seluruh permukaan lidah. Nikmati dan perhatikan berbagai rasa yang muncul.
  5. Dengarkan bunyi yang muncul ketika kita mengunyah makanan. Fokus pada sensasi bunyi dan bukan pada suara komentar di sekeliling kita.


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Ngemil Bijak yang diadakan oleh Ibu-Ibu Doyan Nulis. Untuk info lengkapnya bisa di sini


#MondelezIndonesia #IIDN #WorkFromHome #MondelezXIIDN #HealthyLifestyle

39 komentar

  1. Detail bener alasan di balik mengapa ngemil pun harus bijak.
    Harus berimbang, asupan kalori dan kebutuhan tubuh ya.

    Semangat sehat Manda.

    BalasHapus
  2. Akupun sama anak2 ngemil sih. Gpp asal ga banyak2 dan buat ganjel2 pas makanan belom ready. Hahaha

    BalasHapus
  3. Kubayangkan, jika ibu doyan ngemil maka anak pun demikian ya Manda. Memang harus belajar ngemil bijak nih

    BalasHapus
  4. Aku dan anakku kerap bosan makan nasi. Maka kami memang tergolong ngemilers berat. Hahaha!

    BalasHapus
  5. Kalau dipikir, kok bisa ya ngemil itu "antara cinta dan kasihan" baik dalam diri sendiri maupun ke anak .... ternyata dalam talkshow Ngemil Bijak ini dibahas lengkap.

    BalasHapus
  6. Orang Indonesia itu emang kalau nyemil sama makan berat itu sama 😂😂😂
    Aku pun pernah dalam masa-masa itu tapi sekarang sih pengennya bisa nyemil secara bijak

    BalasHapus
  7. Wah kesukaan aku nih nyemal nyemil, sambil nonton drama atau lagi refresh asik banget. Tapi memang mesti bijak ya untuk tidak berlebihan
    Tapi lumayan juga untu Moodbooster

    BalasHapus
  8. Tetap jaga kesehatan tubuh ya mbak Ima, deadline jangan diuber haha.. Soalnya kan udah ada sahabat ngemil asik yang bikin SemangatCiee

    BalasHapus
  9. Ngemil harus bijak ya biar asupan yg masuk ke tubuh bisa diatur. Dengan produk Mondelez, ngemil jadi bijak, ga takut gemuk

    BalasHapus
  10. Sebentar, Mandaaa. Aku mau ngitung dulu berapa kali bolak-balik buka tudung saji dan kulkas? Ealah, kok lupa. Apa saking seringnya ya, Manda? Hahaha ...

    Kebiasaan burukku, ngemil yang susah berhenti. Kalau masih ada isinya, hayuk aja terus. Bener-bener nggak bijak. Makanya, kemarin takjub banget waktu tahu ada tips Ngemil Bijak dari Mondelez dan IIDN. Prakteknya pelan-pelan aja, takut kaget, hihihi ...

    BalasHapus
  11. Cadbury....cokelat kesukaan aku.
    Anehnya, kita sekeluarga punya varian kesukaan masing-masing. Padahal masih sama-sama Cadbury looo..

    Ngemil harus dinikmati dengan hadir utuh yaa, kak Manda..
    Agar lebih banyak tubuh ini bersyukur atas kenikmatan yang dilimpahkan...

    BalasHapus
  12. Camilan... barang wajib yang harus ada di rumah.
    Padahal udah masak nasi plus sayur dan lauk pauk, tapi tetap aja gatel pengen ngemil.

    Mindful eating & snacking, ini berat juga ya hehehe...

    BalasHapus
  13. Dengan menerapkan ngemil bijak, kita bakal banyak mendapatkan banyak manfaat yaa. Ngemil gak jadi aktivitas yang membahayakan dan merugikan tubuh lagi :)

    BalasHapus
  14. Aku sedang ingin sekali ngerem hasrat ngemil yg beberapa bulan terakhir ini gak terkendali nih mbak :( BB naik teruuuss. Bukan karena takut gendut, lebih ke mikir kesehatan.

    Makasih sharingnya tentang cara ngemil bijak yaaa, mbak. Ngemil pun harus mindfulness yaaa.

    BalasHapus
  15. Kalau membatasi anak atau suami ngemil tu emak2 tega, yg susah tu menahan hawa nafsu utk ngemil sendiri haha.
    Tp berasa lho kalau pas pandemi gini kalau los2an ngemilnya, engap banget perut, makanya kudu ngemil dgn bijak yaa

    BalasHapus
  16. Setuju. Ngemil itu harus dengan bijak. Kadang kalau udah ketemu cemilan favorit jadi pengen ngemil terus.

    BalasHapus
  17. Ngemil bijak lagi viral ya. Banyak yang mengulas neh. Kudu dipraktekin emnag, karena selama ini ngemil ya ngemil aja tanpa menggunakan ilmu ngemil bijak. Sekarang sudah tahu jadi kudu bijak. Makasih mbak sharingnya.

    BalasHapus
  18. memang tipis ya mba batasan cinta dan kasihan, dengan dampak yang lumayan panjang. Yan gpenting semua itu tidak berlebihaaan

    BalasHapus
  19. aku nggak bisa ngemil bijak manda, tapi aku self proclaimed orang bijak doyan ngemil. udahlah kabur dulu, tau manda pasti emosi baca komenku hehehe ampun manda, besok aku numpang ngemil lagi ya dirumah manda~

    BalasHapus
  20. Whhhahhh cokelat cadbury favoritku dan oreo yang kadang kuancurin lalu kumasukin freezer seenak itu.Gpp ngemil yang pentingkan jangan berlebihan hehehhehe

    BalasHapus
  21. nahhh andemik ini kami sekeluarga jaadi lebih doyan makan, makanan berat & cemilan ^_^ harus dikendalikan nih biar bisa ngemil bijak kaya manda, agar timbangan gak nganan terus hihu

    BalasHapus
  22. Cemilanmu banyak amat Manda. Bagiin aku sini hahahha. Semuanya enak yang dicemilin. Aku juga suka stok di rumahm jadi harus ngemil bijak ya nggak boleh berlebihan

    BalasHapus
  23. Dulu, aku tu sering bgt ngemil buat menyalurkan emosi...
    Tapi sejak tahu caranya ngemil bijak, aku ngemil sesuai kebutuhan tubuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi zaman pandemi kyk skrng, esmosi suka gak kekontrol larinya ke makanan. Tp emang setelah itu ada rasa bersalah krn "menyakiti" tubuh. Semoga tubuh mengampuni :(

      Hapus
  24. Mandaa cemilan kita sama, aku suka coklat cadburry 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan coklat Cadburry, sama ngemil Belvita. Andalan banget tuh nge-Belvita ditemani secangkir eh segelas kopi di pagi hari :)

      Hapus
  25. Kalau soal ngemil. kadang khilaf deh mba pengennya makan ngemil melulu. Hahaha. Tapi makasih udah mengingatkan bagaimanapun harus bijak yaa

    BalasHapus
  26. selama ini cuman lihat di feed tentang ngemil bijak ini belom paham maksudnya apa, ok setelah mca artikel mba Manda jadi paham yang dimaksud dengan ngemil bijak ini apa, ternyata sampai sedetail itu ya tentang urusna ngemil, penting buat saya yang agak susah mau nyemil2 niy

    BalasHapus
  27. Ternyata ada tips ngemil bijak ya, biasanya ngemil itu kan ala kadarnya ya manda... Bisa nih diaplikasikan di habitual ngemil sehari-hari
    Ngemil ala nisya biasanya makaan buah pagi jam 10 - 11 an, atau di jam 16 - 17.

    BalasHapus
  28. Ngemil juga harus bijak ya mbak agar nutrisi tetap terjaga dan tidak menimbun lemak jadinya. Makasih tipsnya mbak.

    BalasHapus
  29. Saya juga suka ngemil... Ngemil memang bisa bikin bahagia ya, asal ngemilnya dengan bijak...

    BalasHapus
  30. kayaknya ngga ada yang ngga doyan ngemil ya Manda. Kalau aku mencoba ngemil buah segar, tanpa karbo, tanpa gula, tanpa pengawet hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah...kak Indah bisa ditiru niih...tips ngemil sehatnya.
      Buah segar yang menyehatkan karena tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan.

      Hapus
  31. Ngemil memang bikin hati bahagia ya. Bikin lupa segalanya. Bahkan masalah. Tapi ya gitu, saking bikin bahagia, kita jadi lupa batasan. Akhirnya malah jadi merugikan kita. Kudu dipraktekin nih tipsnya.

    BalasHapus
  32. Bener ya Pemilihan snack waktu Dan komposisi Juga jadi pertimbangan buat ngemil y harus bijak demi kesehatan

    BalasHapus
  33. Wow sekomprehensif itu ya ulasan tentang ngemil bijak...
    Klo cemailan yg dr alam/alami masuk kategori ini ga ya?

    BalasHapus
  34. Ngemil tuh asalkan terkendali, enggak kalap, banyak positifnya kok. Asalkan enggak makan setoples kue gitu ya hehehe..

    Btw, orang luar negeri mah makannya lebih parah dibanding kita, Manda. Iya sih kita apa2 nasi. Tapi orang sana dinnernya parah, menu komplit mulai dari karbo sama daging merah. Kelas berat banget kan itu. Justru orang Indonesia kalau malam udah stop makan. :)

    BalasHapus
  35. Mbaaaa sakit apa kok di rumah sakit?
    Iya emang nyenengin ngemil itu ❤❤❤aku swneng anak2 senenggg

    BalasHapus
  36. Wah kalau coklat Cadburry jangan ditanya lagi ya mba, kesukaan suami. Hampir tiap hari dia makan itu buat meningkatkan mood. Btw lekas sembuh ya Mandaaaaa

    BalasHapus