Impian Menjejak Kaki di Papua, Indonesia



Dikirimin foto Puncak Jayapura oleh mba Yeni, sungguh seperti undangan untuk bisa menjejak kaki di tanah Papua. Siapa yang tidak ingin menjejak di Pulau paling jauh dari Yogyakarta ini? Pengalaman baru mengenal kekayaan ragam budaya dan adat istiadat yang membuat kaya Indonesiaku. Papua dan Jayapura, siapa yang tidak bisa membedakan keduanya? Menurut Wikipedia, Kota Jayapura adalah ibu kota provinsi Papua, Indonesia. Kota ini merupakan ibu kota provinsi yang terletak paling timur di Indonesia. Kota ini terletak di teluk Jayapura. Nah, sudah jelas ya hubungan Papua dengan Jayapura.



Papua, Bumi Cendrawasih Indoensia



Jayapura terlihat dari ketinggian. Sungguh sebuah anugerah yang tak ternilai, kita bangsa Indonesia memiliki tanah Papua yang memesona. Berada di ujung timur Indonesia, Papua memiliki beragam destinasi menarik untuk dikunjungi. Mulai dari pesona alam, budaya, dan sumber daya manusia yang ada di sana menjadi aset yang berharga. Tak heran jika Papua mendapat julukan Surga Kecil karena keindahannya yang tak terbatas. Pariwisata Papua dikenal eksotis dan masih alami dengan pemandangan pegunungan, hutan lebat, padang rumput, rawa-rawa serta pemandangan bawah laut yang menakjubkan dan sudah diakui dunia. Untuk menikmati keindahan Papua, Sorong, Merauke, Manokwari, Jayapura dijadikan pangkalan kota bagi wisatawan yang ingin menjelajah Bumi Cenderawasih.


Sebelum menjejak kaki di Papua, tentunya Manda mengumpulkan banyak informasi tentang Papua. Beruntung sekali ketemu dengan EcoNusa dan beberapa cerita tentang hutan di Papua. Senangnya! Bisa mengenal Papua lebih dekat sebelum menjejak ke tempat wisatanya.

Tempat Wisata di Papua


Jembatan Merah Holtekam

Teman sudah lama tinggal di Papua, mengirimkan foto jembatan merah holtekam yang menjadi salah satu icon untuk ber-swafoto di Papua. Tentunya bagi kita, berfoto di jembatan dengan view hijau di tanah Papua sungguh merupakan hal yang menarik untuk dikunjungi.

Foto courtessy mba Yeni

Puncak Jayapura

Siapa yang nggak pengin berfoto di Puncak Jayapura, dimana pemandangan kota Jayapura bisa dilihat dari ketinggian. Memang tempat yang menarik di suatu pulau akan bisa dinikmati jika kita membaca hal menarik apa yang dijumpai di tempat tersebut ya. Terlihat pemandangan yang dikirimkan oleh kawan yang kebetulan tinggal di Papua sungguh elok dan menawan ya! Bukit nan hijau di tanah Papua menjadi simbol wisata asri yang bisa dijumpai di Papua.


Pantai Base-G, Jayapura


Sebagai seorang pisces tak lazim kiranya jika tidak mengunjungi pantai yang ada di suatu kota yang dikunjungi. Pantai Base-G merupakan pantai yang terkenal di Jayapura. Pasir putih dan airnya yang biru dengan gradasi warna langit yang cantik membuat pantai ini sejenak mengobati rasa penasaran siapapun yang berkunjung ke bumi Cendrawasih ini.

Tarian Sajojo

Selain menikmati wisata alami di Papua itu Indonesia, hal lain yang ingin Manda lakukan adalah menari tari Sajojo. Pernah mendengar lagu Sajojo? Atau mungkin pernah menarikan tari Sajojo sewaktu masih duduk di bangku sekolah?

Nama Tari Sajojo diambil dari judul lagu yang mengiringinya yakni lagu Sajojo. Lagu Sajojo merupakan lagu daerah asal Papua yang menceritakan seorang gadis yang diidolakan dan dicintai di kampung halamannya.Tarian ini membuat siapapun yang menarikannya harus meloncat, bergerak ke depan, ke belakang, ke kiri maupun ke kanan dengan ritme dan gerakan yang tegas. Tarian ini bagus jika ditarikan secara bersama-sama karena akan memperlihatkan gerakan yang energik khas Tanah Papua.Dengan gerakan dan irama yang enak untuk ditarikan bersama-sama, tarian ini memperlihatkan semangat kebersamaan dan kerja sama rakyat Papua.

Seneng ya bisa menikmati banyak hal ketika kita menikmati ekowisata dengan berkunjung ke Papua. Semoga bisa sampai ke Papua untuk mengagumi alam ciptaanNya. Aamiin.

1 komentar

  1. Kalau aku dulu kudu bisa tari yospan Mandaa hihu wajib di sekolah...

    BalasHapus