Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah

Halo sahabat Manda, banyak angka cantik di Februari 2020 ini sehingga tergelitik untuk membuat cerita flashback persiapan pernikahan #MandaPanda yang tahun ini memasuki tahun ke 12. Yeaay, alhamdulillah. Menikah itu perlu perencanaan, walau hanya butuh 30 menit untuk menyelesaikan akad nikah, tetapi waktu menikahnya setelah ijab qobul dipakai seumur hidup sampai maut memisahkan. Buat yang masih bingung apa dulu yang dipersiapkan setelah bertemu belahan jiwa dan memutuskan untuk lanjut ke jenjang pernikahan, ini yang harus disiapkan.



Persiapan Bagi Calon Pasangan Pengantin Sebelum Menikah



  • Pasangan Pengantin. Menikah itu bertemu dengan lawan jenis yang kata chicken soup seperti Men are from Mars and Women are from Venus. Ketemu di usia yang matang dengan pemikiran yang masing-masing sudah bukan lagi gelas kosong. Bertemu, jatuh cinta, menikah, tidak hanya tentang cinta ketika nanti berumah tangga. Harus terjalin komunikasi yang baik, menerima masa lalunya dan memulai membangun biduk pernikahan dengan doa dan harapan baik di masa depan. Komunikasi dan komitmen pernikahan adalah koentji sebuah hubungan langgeng saat nanti menikah. Sepengalaman Manda, mengenal saja tidak cukup, tetapi juga mengetahui kebiasaan, sikap, marahnya, hal yang disuka/tidak suka, cerita masa lalunya, dan tentunya saling menerima apa adanya masing-masing.
  • Mengenal baik circle terkecil keluarga terdekat. Menikah adalah masuk ke keluarga orang lain, yang tidak cuma aku dan suamiku, melainkan ada orang tuanya, saudara kandungnya dan juga kerabat terdekatnya. Menjadi orang baik di tempat  yang baru is a must. Namun juga jangan sampai kebaikan kita dianggap sesuatu yang bisa dimanfaatkan. Baik tapi bersahaja. Kalau sepengalaman Manda dan Panda, kita mempunyai circle-circle mulai dari yang terdekat dan terus melebar, sehingga tidak semua mendapat prioritas perhatian yang bisa-bisa menjadi noktah merah perkawinan. Masih inget film "Noktah Merah" kan?
  • Rumah yang akan ditinggali. Menceritakan sepengalaman awal Manda Panda berumah tangga, baca dulu, rumah nyaman ala Manda. Setelah prosesi lamaran, yang selanjutnya adalah menyiapkan tempat tinggal. Manda Panda sepakat tidak tinggal di rumahku dan rumahnya. Karena menikah berarti sudah berani mandiri dengan konsekuensi pernikahan yang kita ambil sebagai orang dewasa. Dan terpisah dari mama papa membuat kita tahu apa yang harus kita kerjakan mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali.
  • Furniture. Mengisi rumah dengan furniture yang sesuai budget tapi mewakili selera kita berdua.Menikmati rumah sebagai baiti jannati bahasanya home sweet home. Memilih furniture yang tidak membuat penuh rumah juga menjadi hal yang disepakati berdua. Memilih wallpaper juga tidak selalu seperti maunya Manda, jadi lebih ke kesepakatan berdua saat memilih isi rumah.

  • Alat Dapur. Nah bagian ini yang Manda suka, karena Manda percaya "Pesan Cinta dari Dapur Manda" menjadi inspirasi dapur untuk Manda saat awal menikah. Buat sahabat Manda, mau tahu alat-alat dapur yang Manda rekomendasikan, cek ke sini ya, Alat Masak yang Harus Dipunyai Pengantin Baru.
Semoga hal-hal di atas bisa membantu menjawab pertanyaan teman-teman yang mau menikah ya. Menikah itu menyenangkan! Selamat menempuh hidup baru untuk yang sudah berani menjadi istri ya. Selamat berbahagia.

Tidak ada komentar