Modal Sehat Saat Mempersiapkan Ibadah Umroh


Alhamdulillah, akhir 2019 ini menjadi tahun penuh kesyukuran untuk Manda dan Panda. Tahun ini, doa 9 tahun yang lalu diijabah. Ya, tidak ada doa yang tidak dikabulkan. Demikian kiranya, Manda mempercayai caraNya mengabulkan doa yang kita panjatkan.

Merencanakan bertamasya ke negara dimana peradaban Islam pernah berjaya di Turki dan melanjutkan rangkaian ibadah umroh ke Madinah dan Mekkah. Bismillah, sehat sehat sehat.

Bulan Juli 2019, persiapan sudah mulai dilakukan, pembaruan paspor yang masa berlakunya harus minimal 6 bulan sebelum kadaluarsa. Lalu pengurusan visa oleh biro tour tempat Manda dan Panda mendaftarkan rencana perjalanan umroh. Selanjutnya dijadwalkan suntik vaksin miningitis dan manasik umroh. Rangkaian persiapan yang memakan waktu dan juga tenaga disela aktivitas sehari-hari yang masih harus dikerjakan. Tips menjaga kesehatan tubuh dari dalam dengan meminum herbadrink sari jahe. Ya, dapur Manda membuat aneka hidangan yang berbahan dasar minuman kesehatan herbadrink untuk menjaga tetap sehat mulai dari persiapan sampai jelang keberangkatan.



Meminum Herbadrink Sari Jahe saat badan sehat menambah daya tahan tubuh terhadap gejala masuk angin dan gejala flu. Membiasakan mengkonsumsi minuman sehat yang alami dengan Herbadrink Sari Jahe adalah bagian kami menjaga kesehatan di usia yang tidak muda lagi.


Beruntung mempersiapkan badan untuk perjalanan jauh dalam rangka ibadah umroh melewati Turki, Madinah dan Mekkah. Perbedaan suhu yang menantang badan membuat daya tahan tubuh lekas ngedrop. Mulai dari Indonesia yang beriklim panas lembab, menuju ke Turki yang sudah di penghujung musim gugur yang berangin. Alhamdulillah, sudah sedia booster sehat untuk bisa menjalani aktivitas ibadah selama perjalanan umroh.


Modal sehat diperlukan untuk bisa sampai ke Turki, setelah perjalanan udara selama 12 jam, melewatkan 3 kali makan di pesawat dengan menu yang dipaksa masuk karena ingin tetap sehat. Sampai di Istanbul, perjalanan dilanjutkan ke Bursa, dimana tempatnya berada di dataran tinggi dengan suhu yang lebih rendah dibanding di Istanbul. Alhamdulillah, badan bisa menyesuaikan diri dan tetap sehat di musim yang berganti dengan cepat.


Sarapan pagi yang menunya berbeda dari biasanya, krim sup, sepotong roti dan buah, membuat Manda bertahan untuk tetap sehat di cuaca yang dingin. Banyak alasan lalu terpikiirkan, kenapa  merencanakan bepergian jauh sewaktu masih muda. Menemukan kentang goreng dan tomat adalah kebahagiaan Manda selama berperjalanan di Turki.


Merindukan langit biru terobati di Turki, tepatnya di Uludag. Dataran tinggi yang ada di Turki, tempat untuk berselancar pada saat musim salju. Beruntung awal November 2019 ini belum ada salju yang turun di Uludag, sehingga tidak begitu dingin berada di sana. Masih bisa memandangn pepohonan hijau dan langit biru khas luar negeri yang tidak bisa sesering ini dilihat kalau di Indonesia. Langit di Indonesia kebanyakan cerah berawan, mungkin karena iklimnya tropis dan tingkat kelembaban yang tinggi, membuat langit tidak selalu berwarna biru cerah.


Melanjutkan perjalanan ke Madinah, ya kota Rasululloh Muhammad SAW. Masjid Nabawi dan air zamzam adalah penawar sehat selama perjalanan umroh kemarin. Berbotol-botol minum air zamzam gratis selama berada di Madinah dan Makkah, sungguh nikmat yang luar biasa. Alhamdulillah.


Salah satu rahasia Manda sehat selama perjalanan umroh (baca : tidak habis suara) adalah meminum air zamzam yang NOT COLD, label zamzam not cold disematkan di tangki-tangki zamzam untuk memudahkan kita mengenali mana yang tidak dingin. Selain mengkonsumsi air zamzam, untuk menjaga badan, Manda juga menyeduh herbadrink sari jahe yang mengandung jahe alami untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah masuk angin selama beraktivitas di Madinah dan Makkah.


Tidak ada komentar