IBX583577287E51C

Rabu, 30 Oktober 2019

Danone 100 Years, Danone Open Doors


Danone memperingati 100 tahun kiprah perusahaan sebagai pionir di industri makanan dan minuman sehat di dunia. Danone juga hadir di Indonesia melalui dua kategori bisnisnya yaitu Water dan Specialized Nutrition. 

Danone memiliki visi One Planet One Health yang meyakini bahwa kesehatan manusia dan kesehatan bumi saling terkait, dan setiap kali kita makan dan minum, kita ikut menentukan dunia yang ingin kita tinggali.

Dalam rangka merayakan 100 tahun kiprah perusahaan sebagai pelopor di industri makanan, minuman yang sehat dan nutrisi medis di dunia, Danone secara global menyelenggarakan inisiatif Danone Open Doors di 120 negara.


Di Indonesia, kegiatan ini diselenggarakan dengan mengajak para pemangku kepentingan mengenal lebih dekat tentang proses produksi Danone dan inovasi lingkungan dan sosial perusahaan dengan mengunjungi 9 pabrik Danone termasuk pabrik Sarihusada yang terletak di Desa Kemudo, Klaten, Jawa Tengah. Saya dan rekan-rekan akan melihat langsung bagaimana produk diproduksi dan dikembangkan serta bertemu dengan karyawan yang berdedikasi menghasilkan produk berkualitas tinggi kepada konsumen. 


Danone merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. Danone beroperasi di 130 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia. Di Indonesia, bisnis Danone terdiri atas dua kategori produk yang berfokus pada kesehatan masyarakat di setiap tahapan kehidupan yaitu, Danone Waters yang memproduksi Air Minum dalam Kemasan & Minuman non Karbonasi dengan produknya seperti AQUA, Mizone, VIT, VIT Levite dan Danone Specialized Nutrition dengan produknya seperti SGM Eksplor, SGM Bunda, Lactamil, Bebelac, Nutrilon Royal dan nutrisi medis. Grup Danone di Indonesia memiliki 23 pabrik dengan jumlah karyawan lebih dari 15.000 orang.


Danone Open Doors


Inisiatif Danone Open Doors adalah cara Danone untuk secara terbuka mengajak masyarakat melihat lebih dekat cara kami beroperasi secara bertanggung jawab, dimana kami menerapkan prinsip jaminan kualitas produk serta aspek kesehatan dan lingkungan yang berkelanjutan

Sarihusada adalah salah satu perusahaan bagian dari divisi bisnis Specialized Nutrition (SN) milik Danone di Indonesia yang portofolio bisnisnya terdiri dari nutrisi awal kehidupan (early life nutrition) dan nutrisi medis khusus (medical nutrition). Selain menjadi salah satu fasilitas produksi Danone SN terbesar di dunia, pabrik Sarihusada juga merupakan pabrik percontohan yang menerapkan berbagai insiatif sosial dan lingkungan yang berkelanjutan.

Danone Open Doors Berkunjung ke Pabrik Sarihusada

Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia, mengatakan bahwa Melalui ‘Open Doors’, para pemangku kepentingan dapat menyaksikan dedikasi orang-orang di balik layar yang memastikan produk-produk Danone memiliki standar tinggi dalam hal kualitas dan keamanan pangan. Standar yang tinggi juga diterapkan dalam cara kami beroperasi. Setiap hari kami terus berinovasi agar dapat berkontribusi positif secara nyata dalam menciptakan kesehatan dan lingkungan yang lebih baik.



Sebagai salah satu perusahaan bagian dari divisi bisnis Specialized Nutrition (SN) milik Danone di Indonesia, pabrik Sarihusada menerapkan standar tinggi internasional pada proses produksi dan juga menjaga kesejahteraan karyawan dan keluarganya.


Perjalanan kurang lebih 30 menit dari kota Jogja pagi hari ini, sesampainya di Pabrik Sarihusada kita dipersilakan menuju ke Shelter 1 yang berada di dalam lingkungan Pabrik Sarihusada yang adem. Hampir tidak percaya kalau ini pabrik, karena lingkungannya hijau dan asri, tetap sejuk dipanasnya cuaca saat itu. Tidak ada kebisingan dan tidak ada bau di sekitaran pabrik Sarihusada selama kami berkeliling dalam rangka Danone Open Doors Factory Visit.


Acara pertama adalah coffee break, lalu presentasi kiprah Danone 100 years. Hadir pula Bapak Delta Deritawan, Manufacturing Director Danone Specialized Nutrition Indonesia mengatakan, “Di pabrik ini kami memiliki misi 1000 Dreams, yang menunjukkan komitmen kami sebagai satu tim yang solid dan terpercaya dalam mengembangkan produk dengan kualitas tinggi serta menerapkan prinsip zero accident, zero defect dan zero waste.”




Bapak Delta Deritawan selaku manufacturing director Danone specialized nutrition Indonesia menyampaikan bahwa misinya 1000 Dreams, 1 team yang solid terpercaya dalam mengembangkan produk dengan kualitas tinggi serta menerapkan prinsip 0 accident, 0 defect dan 0 waste. 0 = zero.


Untuk memastikan jaminan kualitas produk, pabrik Sarihusada telah mendapatkan berbagai sertifikasi di bidang quality & food safety termasuk sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia, ISO 9001 dan ISO 17025 dari International Organization for Standardization serta FFSC 22000 dari the Foundation Food Safety System Certification.


SAFETY FIRST : Budaya WISE (Work in Safety Environment) 

Selain menjamin kualitas dan keamanan pangan, Danone juga menekankan faktor keamanan (safety) dalam operasional produksi. Beberapa inisiatif yang dilakukan antara lain adalah penerapan budaya WISE (Work in Safety Environment) kepada karyawan dan seluruh pihak ketiga yang terlibat dalam bisnis perusahaan. 


“Atas komitmen safety kami, selain mendapatkan apresiasi dan sertifikasi baik dari pemerintah maupun auditor eksternal dari dalam dan luar negeri, kami bangga bahwa pabrik kami telah beroperasi selama lebih dari 2500 hari atau hampir delapan tahun tanpa kecelakaan”, jelas Bapak Delta Deritawan, Manufacturing Director Danone Specialized Nutrition Indonesia


KESAN HIJAU DI PABRIK SARIHUSADA

Pabrik Sarihusada juga memberikan perhatian yang besar terhadap aspek lingkungan. Di atas lahan hijau dengan area seluas 150.000 m2 ini berbagai inisiatif dilakukan antara lain seperti pengelolaan limbah melalui metode reuse effluent dimana hasilnya digunakan untuk menyirami area taman hijau pabrik. Inisiatif ini telah dilakukan sejak tahun 2009 dan sudah melalui kajian lingkungan. 


Selain itu inisiatif penggunaan Compressed Natural Gas sebagai bahan bakar boiler telah berhasil mereduksi CO2 sebesar 10,12 ton/tahun.Atas bebagai upaya tersebut, Pabrik Sarihusada Klaten telah mendapatkan penghargaan PROPER dengan kategori Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Keanekaragaman Hayati.



FACTORY VISIT 

Siang hari ini, kami blogger Jogja ditemani oleh Pak Syarif Karnadi berkeliling pabrik Sarihusada, diantaranya : Poliklinik & lactation room, food waste management, Laboratorium QFS.



Untuk menunjang kenyamanan dan kesehatan karyawan semasa bekerja, Danone juga menyediakan klinik kesehatan, ruang menyusui, fasilitas olahraga dan program edukasi gizi kepada karyawan dan keluarga. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, karyawan juga aktif dalam berbagai kegiatan sukarela yang rutin dilakukan untuk masyarakat melalui program Danone Volunteering Month. 


“Kami juga mendorong karyawan untuk menerapkan prinsip zero waste to landfil dengan mereduksi penggunaan barang yang tidak ramah lingkungan dan mengajak karyawan untuk tidak melakukan food waste saat bersantap bersama di kantin”, tambah Delta.

Pada bagian akhir dari factory visit kali ini, kita diajak melihat proses produksi dan menuju ke pusat Riset Inovasi Nutrisi SGM yang ada di pabrik Sarihusada Prambanan. 




PROSES PRODUKSI DAN PENELITIAN STANDAR TINGGI

Keahlian dan dedikasi 15.000 karyawan Danone di Indonesia termasuk di lini produksi merupakan elemen penting kami dalam mewujudkan visi One Planet, One Health. Kegiatan Danone Open Doors dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan pemangku kepentingan kepada kami sebagai perusahaan yang turut memberikan kontribusi positif baik di bidang kesehatan maupun lingkungan. Berkunjung ke Pabrik Sarihusada membuat saya secara pribadi belajar banyak dan semakin yakin terhadap produk yang dihasilkan oleh Danone. 


9 komentar:

  1. Pabriknya keceee banget! Bangga yaaa karena pabrik ini mengusung value yg luar biasa. Kalo ga kliru, ni pabrik dkt Candi Prambanan yaaa

    BalasHapus
  2. wahh emang top deh Danone ini.. Zero waste bukan cuma kampanye di medsos semata ya.. di pabrik juga diterapkan. Eh iki pabrik Sarihusadanya tempat mamaku PKL pas SMK dl loh

    BalasHapus
  3. Keren abis Danone nih. Kesenpatan melihat lebih dekat ke pabrik dan proses produksi kayak gini sungguh kesempatan yang sangat berharga

    BalasHapus
  4. Pasti pada betah ya yang kerja di Danone, semuanya terfasilitasi dengan baik termasuk program edukasi gizi.

    BalasHapus
  5. Kengen kuliah Kimia Industri.
    Dulu pas kunjungan Industri, kami juga meninjau pabrik dan dari segala aspek. Sampai penetapan ISO.
    Hihii...
    Sekarang baca tulisan kak Manda jadi ingat lagi.

    BalasHapus
  6. Bersih ya mba pabriknya ,, makanya Produk sari husada itu unggulan apalagi bnyak bngt edukasi yg menarik buat pegawainya duhh betah bnget mudah2an bisa kesana juga

    BalasHapus
  7. Danone memang hebat banget. Aku pernah ke desa panggung harjo yg rupanya jd pemasok minyak jelantah buat mesin besar di Danone. Kereenn

    BalasHapus
  8. Banyak hal positif dari Danone/Sari Husada, ya Manda. Senang membacanya.
    Prestasi banget.

    BalasHapus
  9. Manda jadi bernostalgia nih ya. Kita kok kayak pantes banget deh jadi karyawan sarihusada. Udah menjiwai wkwwkkw

    BalasHapus