IBX583577287E51C

Minggu, 14 Juli 2019

Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 Sukses Digelar di Yogyakarta


LKS SMK 2019 Sukses Digelar di Yogyakarta. Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2019 yang ke-27 diselenggarakan di Yogyakarta. Ya! Lagi-lagi, Yogyakarta sangat bangga bisa menjadi tuan rumah LKS (Lompa Kompetensi Siswa) SMK 2019. Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional 2019 yang digelar di Yogyakarta pada 7-13 Juli resmi dibuka pada hari Senin 8 Juli 2019 yang dibuka langsung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Hamengkubawana X. 



Tahun 2019 ini, Direktorat Pembinaan SMK (Dit. PSMK), Ditjen Dikdasmen, Kemdikbud menyelenggarakan LKS pada tanggal7-13 Juli 2019 yang meliputi 32 jenis bidang lomba tingkat nasional. Kegiatan pendukung untuk memberi nilai tambah dalam LKS antara lain : Pameran Produk Inovasi Siswa SMK, Job Matching, Sertifikasi Kompetensi, Workshop, Pameran Industri, Gerakan Literasi Sekolah (GLS), One School One Province (OSOP), dan Wisata Edukasi. 

Mengangkat tema :
Kompeten Menyongsong Industri 4.0 




Bidang Lomba yang digelar dalam LKS 2019, antara lain : 
  1. Electronics
  2. Electrical Instalations
  3. Mechatronics 
  4. Autobody Repair 
  5.  Cabinet making
  6. Joinery
  7. Plumbing and Heating
  8. Motorcycle Repair and Maintenance 
  9. CNC Milling
  10. CNC Turning
  11. Welding
  12. Plastic Die Engineering
  13. Bricklaying
  14. Wall and Floor Tilling
  15. Landscape and Gardening
  16. Tractor Engine Assembly
  17. Fashion Technology
  18. Mobile Robotic
  19. Marketing (online) 
  20. Metrology 
  21.  Web Technologies
  22. IT Software Solution for Business
  23. Mechanical Engineering CAD
  24. IT Network Systems Administration 
  25.  Automobile Technology
  26. Prototype Modeling 
  27. Industrial Control
  28. Graphic Design 
  29. Technology Hairdressing 
  30. Beauty Therapy 
  31. Restaurant Service 
  32. Patisserie and Confectionery 


Kebetulan Manda berkesempatan hadir di JEC - Jogja Expo Center untuk melihat semangat siswa SMK dalam mengikuti ajang LKS SMK 2019 ini. Dan ternyata benar, lalu lintas menuju ke JEC penuh sesak sedari pagi. Dan terlihat banyak pengunjung yang ikut meramaikan ajang LKS SMK 2019 ini. Utusan dari sekolah yang ditunjuk dalam beberapa kegiatan yang terlibat dalam LKS SMK 2019 ini.










Sedangkan kegiatan pendukung lain dalam LKS 2019, meliputi :  





WORKSHOP (09 – 11 JULI 2019) 

Workshop Kebekerjaan ini di laksanakan dengan tujuan mengenalkan anak anak muda Indonesia yang berproses dan bersaing menghadapi era ekonomi digital, mengenalkan pasar digital kepada kepala dan guru SMK dalam rangka menjalankan Revolusi Industri 4.0, Memberikan peluang kepada siswa SMK untuk memasarkan produknya sebagai potensi lokal melalui pasar digital, Memberikan peluang kerja sama antara SMK dengan pasar digital.



JOB MATCHING (09 – 11 JULI 2019) 

Job Matching ini dilaksanakan dengan tujuan mempertemukan tamatan SMK dengan dunia usaha dan dunia industri yang memerlukan tenaga kerja tingkat menengah, memberi peluang saling berinteraksi antara tamatan SMK untuk menawarkan kompetensi yang dimiliki kepada dunia usaha dan dunia industri yang memerlukan tenaga kerja, meningkatkan wawasan tamatan SMK tentang peluang kerja di dunia usaha dan dunia industri, dan meningkatkan keterserapan lulusan SMK di dunia kerja. 

GERAKAN LITERASI SEKOLAH (09 – 11 JULI 2019) 

Dalam pelaksanaan Lomba LKS SMK Tingkat Nasional XXVII Tahun 2019 juga disediakan pojok literasi yang menjadi wahana Sosialisasi Gerakan Literasi Sekolah. Pada pojok literasi tersebut disediakan informasi tentang Gerakan Literasi Sekolah sekaligus tempat memamerkan karya siswa dari SMK yang telah mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah di SMK, antara lain berupa: Pembuatan pojok baca, culinary literacy, buku karya siswa SMK dan lainnya.

PAMERAN (09 – 11 JULI 2019) 
  1. Pameran Produk Inovatif Karya Siswa SMK dari 34 Provinsi
  2. Pameran Produk Unggulan Daerah Istimewa Yogyakarta 
  3. Pameran Industri 







Keseruannya bisa dilihat di video ini :


FASHION SHOW (09 – 11 JULI 2019) 

Fashion Show ini di laksanakan dengan tema “ Indonesia Pusat Busana Muslim Dunia” bertujuan untuk memperkenalkan Busana Muslim Indonesia yang menjadi Pusat Busana muslim dunia kepada pengunjung di LKS SMK Tahun 2019, baik dari peserta ataupun guru di di wilayah D.I. Yogyakarta.




Foto-foto yang menampilkan keseruan Fashion Show karya anak SMK sebagai berikut :












Untuk LKS SMK 2019 ini, karena banyak peserta siswa SMK yang ikut lomba, areal lomba terpaksa disebar yaitu di JEC, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan SMK Negeri 6 untuk lomba bidang patisserie dan confectionary.



Malam Penutupan LKS SMK 2019 


Malam Sabtu, tanggal 12 Juli 2019 adalah acara penutupan Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 yang ke 27 di Jogjakarta, selaku tuan rumah. Ballroom Sleman City Hall dipenuhi oleh siswa SMK yang antusias mengikuti jalannya acara penutupan Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019. Upacara penutupan Lomba Kompetensi Siswa SMK se-Indonesia resmi diadakan di Sleman City Hall.

Telah berakhir sudah perjuangan para siswa berprestasi tingkat SMK Nasional, tinggal menunggu pengumuman juara dan prestasi yang diraih. Sebelum acara dimulai kami dihibur dengan penampilan dari siswa-siswa SMK di Jogja diantaranya dari SMK 2 Kasihan bantul. 


Hiburan lain adalah tarian Nyi Ahmad Dahlan. Tarian Nyai Ahmad Dahlan yang mempesona, membuat para penonton terenyuh dan menambah semangat memperjuangkan masa depan Indonesia. Meski tak mengenyam pendidikan formal, tidak menyurutkan semangat Nyi Ahmad Dahlan untuk belajar dan menjadi pengajar bagi kaum perempuan di Yogyakarta saat itu. 



Para peserta terlihat menarik karena ada yang menarik di penutupan LKS SMK ke-27 tahun 2019 ini. Seluruh peserta memakai batik khas daerah masing masing. Dalam penutupan Lomba Kompetensi Siswa SMK, Tuan rumah Yogyakarta menjadi juara 2 kategori modelling prototype. Yeaayy! Selamar ya!

27 komentar:

  1. Thanks for sharing, sukses terus...

    BalasHapus
  2. Di jaman globalisasi global jaman now emang harus ada kompetensi, apalagi era industri ini.. Dulu jaman ngajar SMK aku pun mengharuskan murid2ku pas lulus punya sertifikat kompetensi keahlian, agar ketika lulus mudah mendapatkan pekerjaan.. Ketika lulus kuliah profesi juga aku harus punya sertifikat kompetensi, yang diperpanjang setiap 5 tahun sekali.. Karena pensiun dini baru 2x perpanjang selama 10 tahun, udah waktunya diperpanjang lagi nih..

    BalasHapus
  3. Seru nih kalau kompetensi SMK, adik-adik SMK yang keahliannya macam-macam

    Aku pasti paling betah di grup tata boga hehheee...siapa tahu mereka butuh pencicip kue

    BalasHapus
  4. Mantaps deh kota yang dikenal sebagai kota pelajar juga adakan kegiatan kayak gini ya maklum kompetensi itu kedepan sangat dibutuhkan

    BalasHapus
  5. bidang lombanya akeh jugak ya.. keren lah ini eventnya.. kita jadi tahu berbagai hasil karya dan inovasi anak2 SMK

    BalasHapus
  6. Keren lombanya buat anak SMK. Yeah anak SMK juga patut diperhitungkan ya zaman skrng.Job matching ini apa semacam bursa kerja gtu? Jd undang perusahaan buat lirik2 anak SMK mana yang sekiranya bisa nih dihire gtu? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut mengapresiasi kegiatan kyk gini. Zaman skrng yang namanya SMK udah gak bisa dipandang sebelah mata lagi yaaa krn lulusannya jg berprestasi

      Hapus
  7. Lombanya banyak banget yaa, kak Manda.
    Dan kerennya, ulasan kak Manda lengkap banget.
    Aku nonton yutubnya kak Manda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka banget sama kemampuan yang di dukung penuh oleh Pemerintah.
      Semoga menghadirkan inovasi baru yang mendunia.

      Hapus
  8. Keren, selain ajang kompetisi, juga sebagai ajang ekspresi dan unjuk gigi anak-anak SMK, sehingga status "Murid SMK" tidak diremehkan.

    BalasHapus
  9. Keren ini Mba.bisa jadi ajang buat siswa menunjukkan bakatnya dan potensinya. Btw apa mobil esemka juga dipamerkan, hahaha

    BalasHapus
  10. Wah kebayang seru nya kaya gimana.. liat foto nya aka udh rame banget. Gimana klo merasakan langsung kesana ya.. mantep acara nya deh.

    BalasHapus
  11. ini keren banget sih, waktu itu sempat lihat adik2 berkompetisi, masing2 punya keahliannya sendiri, aku sampai takjub :)

    BalasHapus
  12. Lombanya keren banget, jadi pengin balik SMA lagi deh utk ikutin acara serupa

    BalasHapus
  13. Ikut seneng dan bangga jg klo liat kompetisi pendidikan gini. Semuanya berprestasi dan kreatif .

    BalasHapus
  14. Menang atau kalah, pengalaman bersaing secara kompetitif untuk berkreasi di sini jadi bekal buat mereka nantinya

    BalasHapus
  15. seru banget ini loma-lombanya banyak sekali ya beb , aku penasaran sm yang modelling ih bajunya itu bagus bagus amat beeeeb

    BalasHapus
  16. Aku senang lihat pamerannya, bener2 kece2 barangnya, semoga tambah maju, semangat berkarya terus!

    BalasHapus
  17. Banyak juga ya jenis lomba nya. Ini memang menjadi ajang yang bagus bagi adik-adik SMK yang berprestasi untuk showing their skill. Proud of them yang benar-benar totalitas membuatnya. Aku support hal positive seperti ini

    BalasHapus
  18. Dulu SMK dipandang sebelah mata yaa. Kalau sekarang wuuiih keren banget dan mereka justru lebih siap terjun ke dunia kerja atau bahkan bisa buka lahan pekerjaan sendiri yaa. Salut sama hasil karya adik2 SMK ini. Semoga mereka2 ini nanti sukses dan bisa jadi pebisnis. Aamiin.

    BalasHapus
  19. Belum bisa move on ya dari keseruan lomba kompetensi siswa SMK ini. Kagum dengan kecerdasan dan kreatifnya anak-anak SMK. Tahun depan, sepertinya nggak di Yogya lagi ya, hihihihi

    BalasHapus
  20. Keren ya event ini. Bisa nyaring pelajar-pelajar SMK yang kreatif. Sebagai salah satu daya tarik juga nih buat adik-adik SMP biar bisa masuk SMK. Sebab di SMK juga mereka bisa punya masa depan bagus. Dan bisa kuliah juga buat yang masih ingin belajar.

    BalasHapus
  21. Kegiatan literasi media yang diberikan ini juga penting banget. Anak anak harus sejak dini diajarkan ya mba

    BalasHapus
  22. wah lombanya vokasional banget, bener2 ngasah kinerja siswa buat megang mesin ya

    BalasHapus
  23. Kece banget semarang event yg d adakan untuk mengembangkan skill anak2 yaaa. Kegiatan ini akan membekas d ingatan mereka dan terus mengasah skill dan kompetensi jg

    BalasHapus
  24. Anak SMK sekarang pun sudah makin bersaing ya kualitasnya. Penting banget nih kompetensi semacam ini agar lulusan SMK menguasai satu bidang yang benar-benar menjadi keahliannya.

    BalasHapus
  25. Bwrbagai usaha sudah diusahakan utk membantu agar daya saing alummi SMK ini bisa meningkat dan layak di perhitungkan

    Emang bener2 keren karya mereka ya...

    BalasHapus