IBX583577287E51C

Senin, 15 April 2019

Zona Kebaikan Air dari Danone AQUA di Taman Pintar Yogyakarta


Pagi ini, langit cerah di kota Jogja, momblogger Jogja mendapat kesempatan hadir dalam peresmian Zona Kebaikan Air yang diluncurkan oleh Danone AQUA di lantai 2 Gedung Kotak Taman Pintar, Yogyakarta. Zona Kebaikan Air ini merupakan pembaruan dari Zona Air sebelumnya. Danone AQUA bekerja sama dengan wahana rekreasi edukasi Taman Pintar Jogja untuk bisa memberi edukasi kepada pengunjung Taman Pintar melalui Zona Kebaikan Airnya.


Siapa yang belum pernah ke Taman Pintar Jogja? Ayuk, disempetin ajak buah hatinya ke Taman Pintar Jogja ya. Banyak wahana edukasi yang bisa menambah pengetahuan buah hatinya dengan cara yang menyenangkan. Saya aja seneng dapat kesempatan berfoto di Aquarium Taman Pintar ini, lalu masuk dan bertemu dengan Dinosaurus yang mengajak kita bermain secara augmented reality.


Pada 8 April 2019, Zona Kebaikan Air yang baru saja diperbarui ini semakin interaktif dengan dilengkapi berbagai area edukasi, seperti : area edukasi PIJAR (Pilih, Jaga dan Rawat), area edukasi lapisan tanah, area edukasi sumber air, area gerakan AMIR (Ayo Minum Air) dan edukasi hidrasi , serta area edukasi #BijakBerplastik.

Berbagai area dalam Zona Kebaikan Air tersebut diharapkan dapat mengedukasi kepada anak-anak bukan hanya mengenai kebaikan air dan pentingnya pemenuhan hidrasi sehat, namun juga diharapkan mampu memberikan edukasi seputar pentingnya menjaga lingkungan dan mengelila sampah plastik secara bijak.


DANONE AQUA sebagai merek kelahiran Indoensia yang sudah lebih dari 46 tahun selalu berusaha memberikan kebaikan kepada masyarakat dengan memberikan kebaikan kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sehat sekaligus memelihara keberlangsungan alam. Hal ini sejalan dengan visi Danone, "One Planet One Health", dimana Danone AQUA percaya bahwa kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat.



Taman Pintar dengan berbagi zona yang ada di dalamnya terus melakukan pengembangan teknologi dan pembaruan dengan konsep yang menyenagkan dan mendidik agar tidak membosankan. DANONE AQUA memberikan pengetahuan kepada anak-anak dengan cara yang menarik dan menyenangkan tetang pentingnya air untuk kebaikan hidup dan mengajarkan sejak dini tanggung jawab untuk pengelolaan sampah plastik.

Di bagian akhir dari peresmian Zona Kebaikan Air di Taman Pintar Jogja, disajikan dua pertunjukan yang membanggakan dari adek-adek kita generasi muda yang talented.


Tarian AMIR Ayo Minum Air 



Area Edukasi di Zona Kebaikan Air



  • Area edukasi PIJAR (Pilih, Jaga dan Rawat)
Area edukasi PIJAR (Pilih, Jaga dan Rawat) memberikan pengetahuan bagaimana menjaga kualitas air dan kuantitas air.

Masuk ke area Edukasi Lapisan Tanah

  • Area edukasi lapisan tanah
Mengenal lapisan tanah, anak-anak diajak untuk menyusuri lapisan tanah, lalu lapisan kedap ait dan air tanah dalam. Didalamnya ada bentuk dan warna yang menyimbolkan Zona Kebaikan Air.



  • Area edukasi sumber air
Di area edukasi sumber air ini, anak diajak untuk bermain interaktif. Dengan menggeser buletan menuju labirin dan mencari jalan keluarnya. Seruuuu!

 

  • Area gerakan AMIR (Ayo Minum Air) 
Meriah sekali di area gerakan AMIR - Ayo Minum Air. Di sini ada lagu yang diputar dan tarian AMIR yang menarik untuk diikuti. Secara lagu yang mudah ditirukan anak-anak tentang edukasi minum air 6 gelas sehari. Di area ini juga ada edukasi pentingnya menjaga hidrasi dan fungsi mineral di dalam tubuh. 


  • Area edukasi #BijakBerplastik
Sampailah kita ke area edukasi #BijakBerplastik yang menjelaskan bagaimana kita dapat mengelola plastik secara bijak. DANONE Aqua sejak tahun 1993 mempromosikan inisiatif daur ulang pertama melalui program AQUA peduli dan sampai sekarang, Danone Aqua dapat mengumpulkan 12,000 ton plastik setiap tahunnya melalui 6 Recycling Business Unit di berbagai lokasi di Indonesia sambil menciptakan manfaat ekonomi bagi ratusan pemulung dan pendaur ulang.

Pada tahun 2018, DANONE AQUA telah menginisiasi gerakan #BijakBerplastik yang berfokus pada tiga aspek inti, yaitu : pendidikan, inovasi kemasan produkm dan pengembangan infrastruktur sampah. Kerjasama dengan Taman Pintar Yogyakarta ini merupakan salah satu upaya untuk memperkuat fokus Danone AQUA dalam pendidikan seputar pengelolaan sampah plastik secara bijak sejak usia dini.


Ayo kita jaga bumi kita! One Planet, One Health. Terima kasih Danone AQUA!

19 komentar:

  1. Apakah diajarin juga cara mengolah limbah plastik?

    BalasHapus
  2. mandaaaa~~~ lagunya amir terngiang ngiang gak dikepala manda? sumpah itu lagu catchy banget. jogetnya juga. kalo aku hafal apakah aku akan dapat hadiah dari aqua?? *kabur*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaaa terngiaaaaangg, hahahahaaahaa... keren yaaaaa!

      Hapus
  3. Seru sekali Manda. Aku sepakat kampanye minum air digalakkan dan kampanye sampah dan plastik juga digalakkan. Dua jempol

    BalasHapus
  4. Taman Pintar favorit anak2ku ga pernah bosen main di sini, seharian pulak 😁😁

    BalasHapus
  5. Ternyata Aqua juga peduli lingkungan dengan berinisiatif mendaur ulang plastik. Sampah plastik sekarang memang sudah sangat memprihatinkan bikin pencemaran lingkungan karena susah terurai. Perlu kesadaran diri sendiri buat mengurangi sampah plastik nih.

    BalasHapus
  6. Wah jadi pengen maen ke wahana ini deh biar pengetahuan soal air nambah

    BalasHapus
  7. Fasilitas Taman Pintar tambah lengkap sejak ada Zona Kebaikan Air. mana cocok buat edukasi sekalian, keren wes.

    BalasHapus
  8. Keren yaa programnya danone ini... Zona airnya juga cekeubb, anak2 pasti seneng nih kalau diajak ke sini. Mereka bisa maen sambil belajar..

    BalasHapus
  9. lengkap sekali ceritanya :) keren niy CSR nya Danone, bisa jadi salah satu referensi wisata edukasi juga buat anak-anak, good job Mba Mand tulisannya detaillllll

    BalasHapus
  10. Aku gemes sama tarian AMIR yang lucu, menghibur dan mengedukasi. Selain itu aku pun terngiang-ngiang tentang krupuk dan seblak ahahaha.. :))

    BalasHapus
  11. Wahana yang pas untuk mengedukasi anak, interaktif, simpel, dan menarik. Semoga kebiasaan sehat itu dibawa terus sampai mereka dewasa yaa. Tfs...

    BalasHapus
  12. Liburan abis Pemilu boleh nih ajak anak-anak ke Taman Pintar, ngelihat Zona Kebaikan Air khususnya. Anak-anak harus bener-bener tahu dan paham betapa air sangat bermanfaat buat kesehatannya serta tahu darimana asalnya air yang mereka konsumsi :)

    BalasHapus
  13. Waaaaaaaaaa cakep banget deh zona kebaikan air ini! Semoga bisa bikin pengunjung anak-anak maupun dewasa makin rajin minum air putih yaaak :D

    BalasHapus
  14. Cara cerdas mengajari anak minum air putih! Pengen segera ke sana lagi ajakin kakaknya ni

    BalasHapus
  15. Hihi, video tarian "Ayo Minum Air"nya lucu. Jadi terngiang-ngiang ini lagunya

    BalasHapus
  16. Wah keren ya Manda. Gerakan bijak berplastiknya berguna banget, anak2 sedini mungkin diajak untuk menjaga alam semesta.

    BalasHapus
  17. Programnya bagus euy. Seneng kalau perusahaan lebih peduli ke edukasi masyarakat. Semoga nantinya lebih maju dalam persoalan pencegahan sampah plastik.

    BalasHapus