IBX583577287E51C

Rabu, 03 April 2019

5 Penyebab Brokenlink pada Blogspot



Hiyaaaaa! Ibarat lagi terima rapor dan melihat penurunan angka.

Temen-temen yang menuliskan banyak pengalaman dan tips tentang banyak hal di dalam sebuah blog, beberapa minggu terakhir mulai oprek dengan angka DA/PA yang ibaratnya lagi terima rapor dan mendapati nilainya turun, hahaha.

Dari banyak grup WA yang membahas permasalahan ini, mulai ada teori : brokenlink yang menyebabkan penurunan DA/PA dari blog yang kita kelola. Sepanjang Manda bersih-bersih tentang brokenlink di artikel sebelumnya :

Baca juga : Cara Menghapus Brokenlink

Sembari menghapus komentar bagus dari pengunjung blog Manda, Manda akan tuliskan yang terdeteksi brokenlink oleh https://www.brokenlinkcheck.com/


Processed 3000 web pages, found 295 broken links

  1. Komentar dengan Profil blog yang masih menggunakan G+ sehingga terdeteksi brokenlink sejak 1 April karena G+ dihapus oleh Google. Biasanya terdeteksi dengan alamat seperti ini : https://www.blogger.com/profile/07163667127993895990 atau logo yang muncul di kolom komen adalah logo blogger (tulisan e)
  2. Titipan link dari sebuah brand, ternyata brokenlink. Ketika kita fokus ke komentar, ternyata sumber brokenlink bisa dari dalam artikel kita. Begitu Manda cek (dengan mendekatkan cursor  mouse ke alamat link) terdeteksi brokenlink dari link yang diberikan brand sesuatu. Hiks! Mulai sekarang kudu menyampaikan ke pihak yang akan bekerja sama, eksternal link akan dihapus sekian bulan sesuai kerjasama yang disepakati.
  3. Komentar dengan alamat blog yang sudah tidak diperpanjang lagi. huhuhuhuhu. Sedih banget kalau ternyata kenal sama temen-temen sendiri dan komentarnya memang tulus dan sayang banget dihapus. Oleh karenanya, maafkan ya ketika komentarnya tiba-tiba ilang dari postingan, brokenlink detected.
  4. Link yang kita buat sendiri di blog kita dan ternyata artikelnya kita hapus atau kita perbarui dengan mengubah link urlnya. Duuhhhh, ternyata kebodohan sendiri bisa membuat repot diri sendiri ya. hahahaha. Mentertawakan diri sendiri adalah cara kita memaafkan kesalahan yang diperbuat diri kita. Jangan terulang lagi ya, Manda! 
  5. Komentar dengan "name + url" tapi ngetik url sendiri salah. Semisal namanya ranuli.com jadi ranili.com. Haduuhhhhh jadi brokenlink deh di blog orang lain. >_<

Contoh komentar yang bikin paling banyak brokenlink :

Pengobatan Kanker Pankreas (link hidup mereka broken) 11:39
"terimakasih tipsnya: (komennya pun minimalis dan basa-basi)
Reply | Delete (report as spam atau delete langsung forever)

Inti dari brokenlink adalah alamat url yang ditautkan di blog atau komentar kita sudah tidak bisa diakses lagi, oleh karenanya menjadi brokenlink di blog kita.



Online Broken Link Checker:   Response codes

Our system detects & reports the following link problems / HTTP response codes:


404Page Not Found : the page / resource doesn't exist on the server
400Bad Request : host server cannot understand the URL on your page
bad hostInvalid host name : server with that name doesn't exist or is unreachable
bad urlMalformed URL (e.g. a missing bracket, extra slashes, wrong protocol etc)
bad codeInvalid HTTP response code : server response violates HTTP spec
emptyHost server returns "empty" responses with no content and no response code
timeoutTimeout : HTTP requests constantly timed out during the link check
resetHost server drops connections. It is either misconfigured or is too busy.



















Menghapus brokenlink ini melelahkan, Jendral! Dengan mengetahui penyebab artikel atau komentar atau URL dianggap brokenlink, kita bisa sama-sama intropeksi diri untuk menghindari supaya tidak meninggalkan brokenlink di tempat lain juga.

Buat temen-temen blogger yang pakai blgospot, PLEASE HELP me ya! Ubah settingan profile ke blogger ya. Thank you banget ya. 


Jika komentar atau artikel blog saya membuat brokenlink di blog sahabat Manda, mohon dimaafkan lahir batin ya. Peluk semua sahabat Manda yang selalu di hati.

4 komentar:

  1. tes komen ah. . tetep syemangadd

    BalasHapus
  2. Wow banyak juga ya mba. Aku dah lama ga cek brokenlink. Biasanya nyampe ratusan link karena bloggernya dah ga aktif. Huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, di blog satunya juga lumayan. Sebenernya kalau semua nonaktifkan G+, aman kayaknya..

      Hapus
  3. Mantab ini tutorialnya,
    beberapa blogku pakai blogspot dan yang lainnya pake WP yang ada pluginnya buat detect dan fix brokenlink secara masal.

    klo pake blogspot kayaknya boleh juga pakai cara yang diatas.

    BalasHapus