Cara Praktis Membuat Rab Membangun Rumah Minimalis


Sebagian orang mungkin pernah mengalami kejadian yang tidak terduga dalam proses pembangunan rumah, seperti biaya yang terlalu besar menyimpang dari target yang direncanakan, merasakan kerugian karena tidak sesuai dengan perhitungan awal, dll. Karena beberapa hal yang tidak sesuai rencana, maka proses pembangunan rumah pun terpaksa harus dihentikan. Nah, hal ini bisa disebabkan karena tidak adanya RAB (rencana anggaran biaya) sebelumnya. Untuk itu sebelum kita melakukan proses pembangunan kita terlebih dahulu merancang Rencana Anggaran Biaya atau disingkat RAB. RAB yang dibuat haruslah menyesuaikan dengan kondisi keuangan kita. Berikut beberapa cara membuat RAB yang akan dipakai membuat rumah dijual di Jakarta dengan tipe minimalis, simak ulasannya sebagai berikut : 

Cara Membuat Rab Pembangunan Rumah Minimalis
 



  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendesain rumah minimalis sesuai dengan yang diinginkan. 
  2. Kemudian buat rencana anggaran pembangunan rumah minimalis, sesuaikan dengan desain rumah minimalis anda dan yang paling penting sesuaikan dengan kondisi kantong kita.
  3. Mendata bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan dalam membangun rumah minimalis tersebut. Selain mendata bahan-bahan, kita juga harus mendata para pekerja, hitung berapa pekerja yang akan membantu dalam proses pembangunan rumah anda. kemudian berapa honor yang akan diberikan kepada para tukang.


  4. Jika berencana menggunakan jasa arsitek atau kontraktor, maka kita harus mengetahui berapa harga borongan bangun rumah atau biaya bangun rumah per meternya. hal ini bertujuan untuk mengontrol keuangan.
  5. Kita juga harus membuat targetan atau batasan maksimal biaya pengeluaran. Sehingga kita bisa mengetahui apakah biaya yang dikeluarkan itu kurang dari batas maksimal atau malah keluar dari batas maksimal.
  6. Jika semua RAB telah dibuat, biaya sudah ada, dan semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, maka selanjutnya memulai proses pembangunan rumah minimalis yang kita inginkan.
Bagaimana? Tidak begitu sulitkan membuat RAB (rancangan anggaran biaya) dalam sebuah proyek pembangunan rumah dengan konsep minimalis? Kita pun bisa mempraktekkannya secara langsung sebelum proses pembangunan dikerjakan.Demikian artikel seputar RAB membangun rumah minimalis yang bisa Manda share kepada sahabat Manda. Semoga informasi di atas bisa memberikan gambaran atau referensi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Tidak ada komentar