IBX583577287E51C

Jumat, 18 Mei 2018

Tips Praktis Menyiapkan Sahur Ala Dapur Manda


Marhaban Ya Ramadhan.

Penantian satu bulan dalam satu tahun kalender masehi selalu saja menjadi rindu yang butuh untuk dituntaskan bagi seorang muslim. Ya, rindu Ramadhan. Beruntung sekali masih bertemu dengan bulan Ramadhan tahun ini. Menjadi seorang istri di dapur Manda adalah sesuatu yang menjadi kesyukuran untukku. Sebulan penuh yang terhitung 29/30 hari, para istri disibukkan dengan kegiatan rutin pagi buta untuk bergerak di dapur. Mungkin tidak semua istri ya, hanya yang tidak memiliki asisten seperti Manda yang harus bangun lebih pagi dan menguji kreativitas di dapur.

Menyiapkan menu praktis di bulan puasa membutuhkan keahlian dadakan untuk segera dikreasikan, menyiasati menu sahur dan menu berbuka puasa yang membuat makanan nikmat saat disantap. Tentunya, hampir 10 tahun menjadi istri yang artinya 10 kali teruji di dapur Manda untuk menyiapkan sahur dan buka puasa untuk keluarga kecil kami, terbersit membagikan tips praktis menyiapkan sahur bagi sahabat Manda. Intip yuk seperti apa tips praktis dari #DapurManda.

Tips Praktis Menyiapkan Sahur Ala Manda



  • Pahami makanan favorit keluarga.
Menyiapkan menu sahur sebenarnya bukan hal yang berat. Hal terberatnya justru memaksa anggota badan untuk makan pagi terlalu dini. Oleh karenanya, pengalaman Manda menyiapkan sahur yang enak adalah sahur dengan menu favorit keluarga. Kalau favoritnya menu kering, maka siapkan lauk menu kering yang siap dipanasi untuk makan sahur.
  • Sedia frozen food untuk berjaga jika kesiangan bangun saat sahur hampir usai.
Aktivitas seharian dengan perut yang kosong karena sedang berpuasa tentunya menguras energi yang lumayan. Tak jarang di malam hari, kita bisa tidur pulas dan menurut pengalaman Manda, pasti ada 1 atau 2 kali kita bangun sahur dalam kondisi yang mepet imsyak. Ya atau ya?

Oleh karenanya, tidak ada salahnya menyediakan makanan beku yang bisa sewaktu-waktu digoreng di freezer. Kalau dapur Manda, tidak pernah ketinggalan ada sosis, sayap dan nugget yang siap menjadi penolong saat terlambat bangun sahur.


  • Masak menu sahur bersamaan dengan menu berbuka.
Memasak untuk sahur di bulan puasa biasanya Manda lakukan bersamaan dengan menyiapkan menu berbuka puasa. Kalaupun tidak sempat, dilakukan malam hari sebelum tidur. Kenapa? Untuk menghindari salah memasukkan jika kita memasak masih sambil terkantuk-kantuk saat sahur, hehehe. Selain lebih praktis, memasak sahur di malam hari bisa membantu kita menurunkan makanan buka puasa yang ada di perut.
  • Membeli menu buka yang bisa sekalian untuk sahur.
Serajin-rajinnya tupai melompat Manda berkreasi di dapur Manda, selama 10 tahun ini selalu saja ada saat bosan dan nggak ada ide untuk berolah raga di dapur. Dalam seminggu, Panda meluangkan Sabtu dan Minggu untuk bisa menyantap menu makan di luar. Atau saat malas mencuci alat masak, maka dapur Manda bisa dipastikan off sementara, hahaha. Kalau 1 minggu ada 7 hari, dari yang sudah-sudah, maksimal Manda memasak adalah 3 hari. Lalu sisanya, beli di luar. ^_^

Kembali ke tips ya, menu berbuka yang dipilih sekalian untuk sahur bisa sate ayam, soto daging, sop buntut, ayam goreng, atau rendang. Keliatan banget ya, itu adalah menu-menu favorit dapur Manda yang membuat sahur nikmat.
  • Pilih menu sahur yang praktis jika tidak sempat menyiapkan di malam sebelumnya. 
Ada kalanya, kita bosan dengan frozen food yang ada di freezer. Ditambah lagi kita tidak sempat membeli atau memasak bersamaan dengan buka puasa. Lalu, solusinya apa?


Menu sahur praktis yang bisa menginspirasi sahabat Manda, diantaranya :
  1. Telur ceplok atau telur dadar.
  2. Nasi goreng kecap atau mentega. Bagi Manda Panda, menyantap sambal di saat sahur membuat mulut terasa tidak enak ketika puasa seharian, mungkin karena ada minyak yang masih tertinggal ya.
  3. Tahu telur dengan sambel kecap.
  4. Tahu dan tempe goreng dengan orak arik sayuran. 
  5. Masak ca sayuran dengan bakso dibumbu hanya saus teriyaki dan kecap manis.
  6. Corned beef yang dikukus lalu disantap bersama sambel kecap.

  • Konsumsi buah-buahan.
Selama bulan puasa, tips lain yang menyegarkan puasa menurut dapur Manda adalah kesegaran dari buah-buahan asli. Seperti : blewah, kelapa muda, kolang kaling, rumput laut, selasih, melon, semangka, pepaya, buah naga dan pisang. Kesemuanya adalah buah-buahan yang ramah di tenggorokan dan perut yang bisa menjadi alternatif pilihan buah saat bulan Ramadhan.

Demikian ya tips dari dapur Manda tentang menu praktis sahur. Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita diterima Alloh SWT.

========

Tulisan ini merupakan respons kelompok Raisa dalam rangka menanggapi post trigger #KEBloggingCollab dari kelompok Khofifah Indar yang ditulis oleh mak Heni Puspita. Tulisan lain tentang menu sahur bisa dibaca melalui link berikut :
  1. Menu Sahur Praktis : Sambal
  2. Menu Sahur Praktis : Omelet
  3. Menu Sahur Praktis : Beef Teriyaki
  4. Menu Sahur Praktis : Tahu Bumbu Bali

15 komentar:

  1. Aku juga kalau buat sahur sekarang masaknya barengan sama menu berbuka. Jadi nggak ribet masak tinggal dihangatin aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tooooss yaaaaa mba, lebih efisien energi pas sahurnya yaaa

      Hapus
  2. Cuma hari pertama puasa yang memasak buat sahur, selebihnya menu buka ya sekaligus menu sahur mbak :D
    Apalagi yang puasa cuma berdua hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha masih semangat hari pertama yaaaaa mamaIvone 😍😍😍

      Hapus
  3. Samma kita mak. Selama Ramadhan pasti nugget, sosis, dkk selalu hadir di kulkas ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toossssss kak Ery, itu penyelamat banget yaaaaaa

      Hapus
  4. Bnr mak, biar lbh praktis dn mnghemat wktu alangkah baik ny masak utk berbuka plus sahur. Mksih mak tips2 sugoi ny 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami2 mak Dira, saling bagi tips dari rumah ya kitaaaa...

      Hapus
  5. Sayur aseeem. Sueger banget ni manda. Untung bacanya habis sahur, kalo siang-siang bisa goyah nih iman. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha padahal ga ada post ttg sayur asemnya ya bumil, fotonya mengecoh yaa wkwkwkwk

      Hapus
  6. Menu buka untuk menu sahur emang paling pas mak. Ngga usah ribet masak lagi, tinggal ngangetin aja. Cuma ya kadang ada yg protes karena bosen

    BalasHapus
  7. Hadeeh, menunya marai pengen, eh aku belum pernah ngukus corned beef, enak juga ya? Biasanya paling tak goreng campur telur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh ini kudu dicobak. Bagian atasnya nanti lemak bening yg guriihh bgt. Jadi, bukan dikukus tapi direbus air separoh kalengnya. Kapan aku bikin tak tag yaaa.

      Hapus
  8. Mbak Mandaaaa, seru banget siiich :)

    Noted buat lain waktu setelah Ramadan juga bagus iniii.

    BalasHapus