IBX583577287E51C

Senin, 22 Januari 2018

Rekomendasi Liburan Pantai di Yogyakarta


Jogjakarta,  ada setangkup rindu yang harus dituntaskan ketika seseorang pernah ke Jogja dan merindukan kembali Jogja. Rindu yang harus dituntaskan, demikian beberapa traveller menyebut Jogja menjadi salah satu destinasi yang selalu membuat mereka ingin kembali. Bagi yang belum pernah ke Jogja, Manda pun tidak bosan mengingakan bahwa di Jogja bisa menjelajah ke banyak tempat wisata, makanya tidak cukup satu hari liburan ke Jogja.


Jogja, letaknya berada di Pulau Jawa, terpisah di peta dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jogja ya Jogja. Keistimewaan berlibur di kota Jogja karena kami memiliki wisata gunung (Gunung Merapi), wisata pantai (mulai Pantai Parangtritis, Pantai Krakal, sampai pantai Wediombo), wisata belanja (banyak pengrajin batik dan desa wisata), dan wisata sejarah (candi dan museum).

Bagaimana? Lengkap ya destinasi liburan ke Jogjakarta.

Banyak traveller yang merencanakan liburan ke Jogja jauh-jauh hari. Ya, Manda dan Panda pun juga demikian jika ingin bepergian. Merencanakan perjalanan liburan membuat liburan lebih maksimal, kita bisa mempersiapkan baju yang dibawa, kita juga bisa mempersiapkan tema liburan, atau sekedar hunting tempat makan yang enak jauh-jauh hari sebelum liburan.



Beberapa hal tentang persiapan liburan sudah banyak Manda tulis di sini. Tentunya beberapa adalah pengalaman sendiri yang diperbarui apabila menemukan hal baru yang perlu dibagi dengan pembaca blog Manda. Beberapa hal tentang persiapan liburan mengikuti update waktu saat Manda dan Panda liburan. Dulu belum ada fasilitas ojek online, sekarang sudah ada, maka tips liburan pun bisa berubah ketika ternyata tidak perlu menyewa mobil, melainkan cukup mengisi dompet online kita supaya siap kapan saja menggunakan mobil dari ojek online.

Demikian juga tentang persiapan tiket pesawat dan hotel yang di era teknologi macam sekarang sudah difasilitasi dengan baik. Selama Manda dan Panda bepergian, aplikasi android Traveloka bisa diunduh dengan mudah dari playstore dan memberikan kemudahan dalam perencanaan liburan atau perjalanan keluarga yang ingin dilakukan.

Bagi yang berada di luar kota Jogja, memilih kota Jogja sebagai destinasi liburan adalah hal yang tepat. Banyaknya destinasi di Jogjakarta yang menanti untuk dikunjungi membuat seseorang yang pergi ke Jogjakarta, tidak bisa hanya satu hari PP, hahaha. Butuh berhari-hari untuk bisa menikmati keseluruhan tentang Jogjakarta.



Liburan ke Jogja pun bisa dilakukan bertahap, diantaranya : 
  • Liburan ke gunung 
  • Liburan ke pantai 
  • Liburan ke candi 
  • Liburan ke museum di Jogja
  • Liburan ke desa wisata
  • Liburan belanja batik dan barang kerajinan di Jogja
  • Liburan khusus kuliner ke Jogja
  • Liburan nostalgia ke Jogja
Masih banyak jenis liburan yang bisa direncanakan sebagai alasan bisa ke Jogja. Sahabat Manda yang ada di luar Jogja, perjalanan ke Jogja bisa ditempuh dengan darat dan udara, pilih transportasi yang nyaman dari kota kalian ya. Berhubung Manda dan Panda keduanya suka pantai, Manda ceritakan bocoran tentang pantai di Jogjakarta yang bisa dinikmati dan membuat mupeng untuk segera didatangi ya. Selamat membaca ya!


Deretan pantai di Jogja, banyak pilihan akan ke pantai mana saat berada di Jogja. Cerita Manda kali ini memberikan gambaran ke sahabat Manda, tentang pantai di Jogja yang bisa menjadi tujuan wisata. Setelah membacanya, semoga ada bayangan untuk menentukan destinasi ke pantai mana saat akan ke Jogja.
  1. Pantai selatan Jogja : pantai parangtritis, pantai depok dan pantai parangkusumo. Pantai di selatan Jogja ini merupakan pantai yang berpasir hitam. Pantai selatan ini berombak besar dan selain ke pantainya, ada tempat wisata lain yang bisa dikunjungi, seperti gumuk pasir, sandboarding, dan tempat makan ikan di pantai Depok.
  2. Pantai di Bantul, seperti : pantai samas, pantai sadeng, pantai kuwaru, pantai baru dan pantai cemara. Beberapa destinasi pantai yang baru di Jogja juga mulai bermunculan. Beberapa pantai yang ditanami pohon cemara laut yang merindangkan menjadi daya Tarik wisatawan lokal untuk berlibur ke pantai-pantai ini. Keseluruhan pantainya berpasir hitam dan tidak bisa dipakai untuk bermain air karena ombak dan jenis pantainya.
  3. Pantai Baron. Pantai ini merupakan pantai yang ada di Gunung Kidul, tapi Manda pisah dengan deretan pantai di Gunung Kidul yang lain karena pasir di pantai ini berwarna hitam, meskipun letaknya di Gunung Kidul. Ciri landscape Gunung Kidul adalah batu krakal yang membuat pasirnya berwarna putih. Pantai Baron ini juga unik, terdapat pertemuan air sungai bermata air tawar dengan air laut yang berasa asin. Di sini juga terdapat perahu nelayan dan banyak tempat untuk bersantap kuliner laut.
  4. Deretan pantai Gunung Kidul. Sudah popular di banyak tulisan, tentang pantai Krakal, pantai Kukup, pantai Drini, pantai Indrayanti, pantai Slili, pantai Somadeng, pantai Wediombo, pantai Ngobaran dan pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Kondisi Gunung Kidul yang terdiri dari bebatuan krakal membuat pasirnya berwarna putih. Mengunjungi pantai di Gunung Kidul tidak jauh beda dengan menikmati pantai di Bali, jika yang membuat terkenang akan Bali adalah pantai pasir putihnya. Rata-rata pantai di Jogja tidak bisa melihat sunset atau sunrise di atas pantai, karena pantai di Jogja berada di bagian selatan. Wisata pantai yang bisa dijumpai di sini selain pasir putihnya adalah snorkelling, jetsky, kuliner ikan dan bermalam di tepi pantai. Masih banyak cerita yang bisa disimak tentang pantai indah di Jogjakarta.

Sudah membaca ulasan tentang pantai yang ada di Jogjakarta melalui kacamata Manda di atas. Bagaimana? Sudah merencanakan liburan ke Jogja di tahun 2018? Tips dari Manda yang ingin berlibur ke Yogyakarta, bisa melalui Traveloka.
Traveloka memberikan layanan paket tiket pesawat dan hotel dalam satu paket. Hal tersebut memudahkan kita untuk menemukan harga terbaik saat liburan. Manda pun terbantu saat merencanakan tamasya Bersama Panda beberapa waktu lalu. Dengan memesan paket pesawat + hotel secara bersamaan, harganya pun lebih hemat dibanding memesan secara terpisah. Bagi kami, menghemat 20% dengan tanpa ribet memasukkan kode promo apapun adalah sebuah hadiah kecil jelang liburan.

Yeeaaaay! Selamat liburan di 2018!

5 komentar:

  1. Yogya memang ngangenin... Hehehe Thanks infonya Mbak Manda :)

    BalasHapus
  2. Aku tiap tahun ke Jogja, Mbak. Dan tetep pengen balik lagi. Pokoknya Jogja selalu memanggil. :)

    BalasHapus
  3. Bagaikan langit, di sore hari, berwarna biru sebiru air laut di pantai yogyakarta... Love the beach... :)

    BalasHapus
  4. Ngga cukup seminggu kalo mau jelajah yogya yaaa...banyak yang seruu buat dikunjungii..

    BalasHapus
  5. Kota yg selalu aku kangenin :) . Krn jogja ini paket komplit. Bukan cm pantai tp lain2nya juga ada.. Cm aku seneng dengan pantai di jogja, krn nth kenapa ga sepanas di bali :p

    BalasHapus