My Generation Film by Upi , Jembatan ke Generasi Millenial


"4 sahabat dihukum karena membuat video kritikan terhadap sekolah, guru dan orangtua. Dan sejak saat itu kehidupan mereka tidak sama lagi."

Jembatan Menuju ke Generasi Millenial

My Generation Film, A film by UPI yang bercerita tentang persahabatan 4 anak SMU, Zeke, Konji, Suki dan Orly. Di awali dengan gagalnya mereka pergi liburan karena video buatan mereka yang memprotes tentang sekolah, guru, dan orangtua yang menjadi viral di sekolah mereka. Dan mereka dihukum karenanya. Tapi mereka terlalu keren untuk mengutuki keadaan dan membuat orang-orang yang sudah menghukum mereka puas. Tapi ternyata liburan sekolah yang terkesan tidak istimewa, justru membawa mereka pada kejadian-kejadian dan petualangan yang memberi pelajaran sangat berarti dalam kehidupan mereka. Mereka belajar untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah. Mereka juga belajar untuk mencari jawaban-jawaban dari pertanyaan dan ketidak mengertian mereka seputar kehidupan yang mereka jalani.

You won't feel insecure because you have friends who love you for who you are. 

My Generation Film diperankan oleh pemain-pemain baru, yang masing-masing berperan sebagai :

  • Bryan Langelo sebagai Zeke.
  • Arya Vasco sebagai Konji.
  • Alexandra Kosasie sebagai Orly.
  • Lutesha sebagai Suki.


Suki, Perempuan paling cool diantara teman-temannya. Selayaknya anak muda pada umumnya Suki memiliki krisis kepercayaan diri yang berusaha ia sembunyikan. Tetapi krisis kepercayaan dirinya semakin besar seiring dengan sikap orangtuanya yang selalu berpikir negatif padanya.


Zeke, Pemuda rebellious tapi juga easy going dan sangat loyal pada sahabat-sahabatnya, ternyata memendam masalah yang sangat besar dan menyimpan luka yang dalam di hatinya. Zeke merasa kedua orangtuanya tidak mencintainya dan tidak menginginkan keberadaannya sebagai seorang anak, sejak kecelakaan yang menimpa adiknya. Untuk menyembuhkan luka yang dipendamnya, Zeke harus berani mengkonfrontasi orangtuanya, dan membuka pintu komunikasi yang selama ini terputus diantara mereka.



Konji, Pemuda polos dan naive, tengah mengalami dilema dengan masa pubertasnya. Ia merasa ditekan oleh aturan orangtuanya yang sangat kolot dan overprotective. Hingga ada satu peristiwa yang membuatnya shock, Hal itu membuat kepercayaanya pada orangtuanya hilang, dan konji balik mempertanyakan moralitas orangtuanya yang sangat kontradiktif dengan semua peraturan yang mereka tuntut terhadap Konji.


Orly, Perempuan yang kritis, pintar, dan berprinsip. Ia sedang dalam masa pemberontakan akan kesetaraan gender dan hal-hal lain yang “melabeli” kaum perempuan. Salah satunya tentang keperawanan. Orly berusaha mendobrak dan menghancurkan label-label negatif yang sering diberikan kepada perempuan. Diluar itu Orly bermasalah dengan Ibunya yang single parent, yang sedang berpacaran dengan pria yang jauh lebih muda. Bagi Orly gaya hidup sang Ibu tidak sesuai dengan umurnya.

Nah, penasaran dengan para pemainnya? Silahkan follow akun IG nya ya :

#Teamzeke / IG : @bryanlangelo
#Teamsuki / IG :  @Lutesha
#Teamkonji / IG : @aryavasco
#Teamorly / IG : @mbak.anda



Penasaran dengan trailernya :



Saya yang terlahir bukan dari generasi millenial yang begitu lahir sudah punya akun media sosial semacam Facebook dan Instagram, ditambah tiba-tiba sudah punya channel YouTube di hari kelahirannya. Karena saya bukan terlahir dari generasi mereka, maka saya pun sering menemui perbedaan cara pandang berpikir dan menyelesaikan masalah yang sedikit memaksa mereka untuk berada di era saya. 

Dengan menonton film My Generation, yang didalamnya kita bersama-sama mengetahui konflik anak millenial dan gaya berpikir mereka, diharapkan bisa menemukan titik temu yang menjembatani dua generasi. 

Film My Generation ini dari teaser scene yang diambil mungkin agak sedikit vulgar, dan sebenarnya di mall atau di luaran sana, kita pun bertemu dengan model generasi macam ini. Untuk memberi penjelasan yang membangun diskusi antara orang tua dan anak, memang akan lebih baik jika menonton film ini dengan bimbingan orang tua yang siap menjelaskan do dan dont pelajaran yang bisa diambil dari film tersebut.


Saksikan My Generation Film by Upi di bioskop kesayangan pada 9 November 2017 ya.

Tidak ada komentar