IBX583577287E51C

Minggu, 10 September 2017

Tentang Pasar Modern, Ada Apa Saja?

kuliner gading serpong
Kuliner Gading Serpong

Pasar, sebuah tempat segala macam barang diperjualbelikan, tempat dimana transaksi jual beli dari orang yang punya barang dengan orang yang membutuhkan barang terjadi. Pasar tradisional yang dimodernkan juga sudah banyak di jaman sekarang. Anggapan pasar yang bau dan becek pun sudah menjadi masa lalu. 


Definisi pasar sebagai pusat jual beli pun semakin berkembang di saat ini. Bermacam pasar yang dikenal di masyarakat modern, diantaranya pasar modern. Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.

Apa saja yang dijual di Pasar Modern?

Kebutuhan manusia tidak lepas dari urusan pangan dan sandang. Kebutuhan manusia modern pun tidak lepas dari kedua hal pokok tersebut. Pangan dan sandang bisa dijumpai di pasar modern. Kehadiran pasar modern juga menjadi solusi mendapatkan barang dalam satu tempat.


  1. Bahan mentah. Tidak ubahnya dengan fungsi pasar pada umumnya, menjual barang-barang yang dibutuhkan oleh pelangganya. Bahan mentah juga tersedia di pasar modern. Bahan mentah yang dimaksud adalah bahan mentah untuk memasak. Kesegaran buah dan sayur di pasar modern ditanggung oleh pemasok yang datang hampir tiap hari untuk mengganti barang-barang buah dan sayur yang dijual di pasar modern. Kenapa setiap hari? Karena perputaran barang di pasar lebih cepat, sehingga tidak perlu menunggu berminggu-minggu bagi pemasok untuk mengganti kesegaran buah dan sayur yang dijual.
  2. Kuliner jajan pasar. Menariknya di pasar adalah pilihan makanan kecil yang terhampar beraneka ragam. Sebagai contoh kuliner gading serpong. Pasar modern yang berada di daerah Gading Serpong, yaitu pasar Sinpasa yang letaknya persis di sebelah mall Summarecon Serpong.Di pasar ini, dijual aneka kuliner yang membuat kita betah berlama-lama di dalam pasar.
  3. Banyak pilihan tempat belanja. Pilihan tempat belanja di kios-kios yang ada di pasar modern membuat pengunjungnya bebas menentukan memilih barang yang akan dibeli. Karena banyak kios yang menjajakan barang yang sama dengan harga yang berbeda, maka pengunjung pun bebas menentukan pilihan mau membeli barang apa di kios mana.
  4. Boleh menawar. Ciri yang paling kentara ketika kita berbelanja adalah melakukan bargaining (menawar). Kebiasaan emak-emak ketika melihat penjual di pasar adalah menawar harga. Tentunya, tidak semua emak-emak menyukai tawar-menawar, terlebih Manda yang tidak bisa menawar dan lebih enak bernegosiasi dengan penjual dengan kata sakti, "pasnya berapa?".
  5. Menemukan aneka barang yang unik. Tidak dipungkiri, seseorang masuk ke dalam pasar tidak membawa kantong plastik. Dijamin, keluar pasar pasti tangan kanan dan kiri akan banyak membawa gelantungan tas plastik membeli barang yang unik ditemui saat itu di pasar.
Demikianlah kurang lebihnya apa yang Manda jumpai ketika seseorang mengunjungi pasar modern. Yuk ke pasar supaya wawasan kita menjadi luas dan tempat belajar di universitas kehidupan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar