IBX583577287E51C

Selasa, 25 Juli 2017

Waspada! Hal-Hal Sepele Ini Selalu Bikin Anda Gagal Menabung


Menabung sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Sejak kecil, Anda pasti sudah mulai diajarkan cara menabung yang hemat dan efektif. Namun sayangnya, kebiasaan baik ini tidak selalu terbawa hingga dewasa. Sehingga akhirnya Anda menjadi pribadi yang boros dan tak pandai menyimpang uang.


Ternyata hal yang menyebabkan Anda sulit menabung bukanlah hal-hal rumit. Justru beberapa hal sepele ini membuat keinginan menabung selalu gagal diwujudkan:

Perubahan Gaya Hidup
Bukan peningkatan kebutuhan hidup yang membuat Anda gagal menabung, melainkan perubahan gaya hidup. Ketika penghasilan Anda belum sebesar saat ini, Anda pasti berusaha hidup hemat dengan gaya hidup sederhana. Hal ini kemudian semakin berubah seiring dengan peningkatan pendapatan. Hingga akhirnya Anda memiliki gaya hidup mewah yang membuat pengeluaran Anda makin boros.

Selalu Menunda
“Nanti saja menabungnya. Bulan ini saya harus membeli ini dan itu.”
Bila teruss-terusan menunda proses menabung, lama-kelamaan Anda akan semakin malas dan akhirnya malah tidak jadi menabung. Usahakan untuk segera menabung dari sekarang, meskipun Anda memulainya dengan nominal yang tidak terlalu besar. Niat menabung yang segera dilaksanakan akan menjadi awal yang baik bagi gaya hidup hemat.

Merasa Tidak Punya Kepentingan Lain
Sering kali orang menabung karena ada sesuatu yang ingin dicapai, misalnya ingin membeli suatu barang yang disukai, membeli kendaraan baru, atau ingin mengajukan KPR. Jangan jadikan kepentingan tersebut sebagai patokan untuk menabung. Sebab Anda harus selalu menabung walaupun sedang tidak punya keinginan atau kepentingan tertentu. Jika di kemudian hari Anda mengalami kejadian tak terduga, tentu tabungan tersebut akan jadi penyelamat Anda.

Tidak Punya Rencana Jangka Panjang
Walaupun tak punya rencana dalam waktu dekat, setidaknya Anda mesti punya rencana jangka panjang supaya lebih bersemangat menabung. Pastikan kalau Anda punya rencana memiliki rumah pribadi, melakukan renovasi rumah, berlibur ke luar negeri, atau sejumlah rencana lainnya. Rencana jangka panjang adalah salah satu motivasi terbaik untuk menabung.


Kalau sekarang Anda memiliki tabungan, Anda juga bisa menggunakan tabungan tersebut untuk berinvestasi. Sistem investasi aman di Mekar.id adalah salah satu solusi terbaik bagi dana yang Anda miliki. Kalau dulu investment identik dengan sesuatu yang rumit, sekarang tentu anggapan tersebut sudah ketinggalan zaman.             

Karena Mekar.id menyiapkan proses investasi yang mudah dengan jangka waktu perencanaan yang jelas. Mari mengakses website Mekar.id untuk mencari tahu informasi lengkap seputar investasi yang akan Anda jalankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar