IBX583577287E51C

Selasa, 18 Juli 2017

Semur SO GOOD Ayam Potong Lombok Ijo


Halo sahabat Manda, ketemu lagi di dapur Manda dalam kreasi masakan favorit Manda yang menjadi idola di dapur Manda. Kali ini, Manda akan berbagi resep rahasia yang membuat nafsu makan kembali, hihihi. Perpaduan antara rasa manis, asin, gurih, dan pedas dalam balutan kecap karamel dalam sebuah sajian masakan rumahan Semur So Good Ayam Potong Lombok Ijo ala Manda.

Memasak bagi Manda adalah cara mengekspresikan cinta kepada keluarga. Memasak juga me time untuk Manda. Memasak merupakan salah satu dari sekian banyak cara mengekspresikan bahagia untuk Manda. Tentunya setiap orang berbeda-beda dalam mengekspresikan rasa bahagia mengungkapkan cinta, ya kan? Menghasilkan masakan enak di dapur Manda merupakan salah satu cara romantis Manda menyampaikan pesan cinta kepada Panda.



Tak kenal, maka tak sayang. Keinginan memasak, kadang-kadang sering tidak tahu waktu. Oleh karenanya, perlu untuk menyimpan ayam potong segar di freezer untuk kemudahan Manda mengeksekusi masakan enak di dapur Manda jika tiba-tiba keinginan untuk memasak muncul. Kadang-kadang keinginan masak itu muncul dipengaruhi film yang baru saja ditonton. Misalnya, menonton Bon Appetite di TV Jepang, ulasan tentang masakan yang dibuat terkadang menginspirasi Manda untuk segera mengolah bahan yang bisa jadi tersaji malam itu juga. Ya, maklum lah, kami masih berdua dan sembari menemani Panda menyelesaikan kerjaan yang tertunda, Manda mengolah hidangan berbahan dasar ayam potong dari So Good ini.

Kali ini, resep Semur SO GOOD Ayam Potong Lombok Ijo akan segera Manda launch. taraaaaaa..


Bahan Semur So Good Ayam Potong Lombok Ijo ala Manda
  1. Ayam potong frozen So Good, didiamkan di suhu ruangan.
  2. Cuci bersih dan sisihkan.
  3. Lombok Ijo atau cabe hijau sesuai selera. 
  4. 1 buah bawang bombay.
  5. kecap manis.
  6. kecap asin.
  7. gula jawa.
  8. garam.
  9. air 150 cc.
  10. 1sdm minyak untuk menumis.
Cara memasak Semur Ayam Potong So Good Lombok Ijo



Setelah ayam potong So Good dikeluarkan dari freezer, biarkan di suhu ruangan dan lalu cuci bersih. Karena jumlah ayam potongnya banyak dalam 1 kemasan So Good Paha Dada 1 kg, ambil secukupnya dan segera masukkan sisanya ke dalam freezer lagi. Setelah di cuci bersih, Ayam Potong So Good  di marinade atau direndam dengan menggunakan campuran kecap asin dan kecap manis. 


Selera setiap dapur berbeda, kalau dapur Manda lebih cenderung menyukai masakan yang manis, sehingga perbandingan kecap manis dan kecap asin 3 : 1, artinya 3 sendok makan kecap manis dan 1 sendok makan kecap asin. 

Tips Memasak Ayam
Ayam yang dimarinade sebelum dimasak akan menghasilkan rasa yang lebih meresap ketika dimasak. Marinade ayam di dapur Manda tidak hanya untuk kecap manis - kecap asin saja, melainkan untuk bawang putih - garam atau bubuk kunyit - tumbar - garam. Marinade adalah merendam ayam potong So Good ke dalam bumbu dasar untuk menciptakan rasa yang lebih kuat merasuk ke dalam ayam.


Sembari menunggu proses marinade dari ayam potong So Good tersebut, kita mengiris bawang bombay dan cabe hijau. Potong tipis kotak untuk bawang bombay dan potong bulat untuk cabe hijaunya.


Siapkan minyak untuk menumis bawang bombay terlebih dahulu. Setelah tercium bau harum dan bawang bombay bagian pinggir sudah mulai kecoklatan, masukkan irisan lombok ijo yang diiris tipis bundar. Dan lalu campurkan sampai baunya harum dan agak pedas di hidung. 


Setelah cabe hijau layu dan bawang bombay mulai kecoklatan, masukkan ayam potong So Good yang sudah dimarinade dengan kecap manis dan kecap asin tadi.


Biarkan sejenak dan campurkan dengan menggunakan sothil, sehingga bawang bombay dan lombok ijo merata bersama ayam potong So Good yang sudah dimarinade.

Lalu tambahkan kurang lebih 150 cc air ke dalam tumisan ayam yang sudah dibumbui bawang bombay, lombok ijo, kecap manis dan kecap asin.



Tunggu beberapa saat sampai mendidih, dan lalu tambahkan gula jawa setengah keping dan 1/2 sendok teh garam. Untuk penambahan gula jawa dan garam, sebaiknya kuah dicicip terlebih dahulu, karena selera manis dan asin setiap dapur berbeda. 

Tips memberi gula dan garam
Saat memberi gula dan garam, baik itu gula pasir maupun gula jawa, pastikan minum air teh jika ada atau setidaknya lidah dalam keadaan tidak sedang mengunyah makanan yang mempunyai tingkat kemanisan atau keasinan yang ekstrim. Karena lidah akan kebas dan tidak bisa merasakan masakan yang dimasak dengan netral. 
Sebelum menambahkan gula ataupun garam, ada baiknya mencicipi terlebih dahulu kuah yang dihasilkan dari bahan makanan yang dimasak, sehingga bisa membayangkan butuh berapa gula dan garamnya. 
Tambahkan gula dan garam dengan takaran yang paling kecil, misal sejumput kecil dari jari. Lalu cicip lagi sebagai tes rasa masakan. Lalu tambahkan gula, pun sama dengan takaran yang paling sedikit. Bagi pemula di dapur, tes rasa sering dilakukan untuk membuat masakan yang sesuai dengan lidah seluruh keluarga. 


Setelah menambahkan gula dan garam, tunggu masakan Semur Ayam Potong So Good Lombok Ijo sampai kecap terkaramelisasi dengan sempurna. Semur Lombok Ijo ini perpaduan rasa manis, asin dan pedas dalam balutan kecap yang dimasak sampai kuahnya menjadi karamel.



Bagaimana? Sudah menggugah selera untuk segera mengambil nasi putih hangatnya? Semur ayam potong So Good lombok ijo pun sudah siap tersaji dari dapur Manda. Resep favorit ini diikutsertakan dalam 

Lomba Kreasi Masak Ramadhan &

Idul Fitri ala SO GOOD



Buat sahabat Manda yang juga punya tips memasak atau resep favorit keluarga berbahan So Good Ayam Potong @sogoodid ikutan Lomba Kreasi Masak #BPNxSOGOOD sampai 23 Juli 2017 nanti.



Resep Semur Ayam Potong So Good Lombok Ijo ini menjadi resep andalan Manda saat#RamadhanSoGoodAyamPotong di Dapur Manda.

Langkah membuatnya ada di video ini ya :


27 komentar:

  1. Daging ayamnya lembuut dan enak..pas banget dimasak semur ayam lombok ijo..maknyuuss

    BalasHapus
  2. Waaah...ada inspirasi resep lagi, nih. Kayaknya enaak ya! Pingin nyobain resepnya, ah. Btw, ayam potong so good emang enak, ya Manda 😍

    BalasHapus
  3. Manda, saya kayanya bisa nambah dua piring deh kalo disodorin ayam bumbu kecap ini :D

    BalasHapus
  4. Lebih kuat merasuk... waw
    Cabe hijau itu menggoda selera ya

    BalasHapus
  5. Wah.nasi...mana nasi mandaaa..enaak ini..pasti gurih dan legit, keliatan dari tampilannya.

    BalasHapus
  6. Mandaaa,pagi2 dah bikin ngeces. Kapan2 bikin ah..^^

    BalasHapus
  7. bumbunya gak ribet nih.. asyikkk.. gak harus ngulek ngulek segala

    BalasHapus
  8. Mandaa aku kalo masak so good ya wis dimasak biasa aja #menolakribet #emakmales xixixi jadi pengen ke rumahmu biar dimasakmin cemacem 😉😉

    BalasHapus
  9. Ayam So Good bikin orang yang bisa masak kayak saya jadi pengen masak, hehehe.

    BalasHapus
  10. Nyesel saya kemari, jadi kepengen. Hahahaha. Good luck, mbak ;)

    BalasHapus
  11. Sama nasi hangat enak nih Manda..

    BalasHapus
  12. wadawwww sudah menggugah maaak~

    BalasHapus
  13. Mandaa, istri idaman bangeet, masak apa apa bisa :D itu keliatan enak banget :)

    BalasHapus
  14. aku suka bgt apa2 yg dimasak pake lombok ijo yg banyak ahahah

    BalasHapus
  15. BUSETTT! Canggih bener dunia per-sogood-an ternyata ada ayam frozennya *kuper abis aku, aaaa maafkan

    BalasHapus
  16. Aku baru tau lho So Good ngeluarin ayam frozen gini. Boleh juga nih buat stock dirumah. Tinggal pake klo lagi butuh
    Btw makasi resepnya ya Manda, simpel, praktis dan tampak lezat

    Ehm, aku kenal wajannya euy
    Sama dengan punyaku hehehe

    BalasHapus
  17. biasanya bikin ayam semur nggak pake lombok ijo..
    nambah referensi resep baru nih saya jadinya..next time harus coba pake resep ini..soalnya si mas suamik doyan sama lombok

    BalasHapus
  18. Ehm, ayam semurnya nampak lezat , ternyata perlu direndam.dulu ya Manda, aq biasanya lha tak masak, cobain resepnya Manda ah.

    BalasHapus
  19. Wah boleh dicoba nih resepnya, makasih mbak

    BalasHapus
  20. Aku tu sukaaa banget lombok ijo, jarang beli cabe merah, karena lebih lezat, nggak cuma pedes thok.

    BalasHapus
  21. Waaah, mau tuh, Manda.. *brb nyamber lalapan sebakul* :P

    BalasHapus
  22. aneka macam produk so good.. semua layak untuk dicoba..

    BalasHapus
  23. Enak banget, jadi tambah resep ayam kuning. Biasanya aku bikin semur ga pernah pake Lombok ijo

    BalasHapus
  24. Enak banget ayam disemur :D
    Aku suka kecapnya dibanyakin jd manis banget gtu, tapi dimakan sama sambel hehe

    BalasHapus
  25. Aku sering banget beli So Good. Ternyata bisa dikreasikan ya, Manda. Nyontek resep nya yaaa.

    BalasHapus
  26. Enak nih kayaknya. Pedas manis gitu, ya :)

    BalasHapus

  27. Right away I am going away to do my breakfast, later than having my breakfast coming again to read additional news. gmail log in

    BalasHapus