IBX583577287E51C

Minggu, 09 April 2017

#MemesonaItu Memahami Banyak Peran Sebagai Seorang Wanita


#MemesonaItu …

Berkesempatan untuk menuliskan tentang arti #Memesonaitu menjadi sesuatu yang istimewa untuk Manda, terlebih dalam perjalanannya menjadi seorang anak perempuan yang beranjak dewasa dan kini sudah memasuki usia kepala 3. Perempuan manapun tentu ingin tetap tampil memesona sebagai bentuk apresiasi diri terhadap sebuah citra diri yang melekat pada dirinya. Tak terkecuali Manda, melalui tulisan ini, Manda akan berbagi pandangan tentang arti #MemesonaItu.

Wanita, wani ditoto, yang artinya berani ditata dan berani diatur. Didalamnya terdapat makna-makna luhur, yaitu: taat aturan agama, patuh pada suami dan hukum, dan mampu berkomitmen. Tentunya masih banyak lagi makna yang lebih luas dari kata wanita. Seorang anak perempuan yang menjadi kesayangan dari ayahnya, ketika masanya sudah harus berumah tangga, akan berperan menjadi anak, istri dan ibu.


#Memesonaitu memahami peran seorang wanita di banyak hal di kehidupannya.

Banyak artikel yang mengakui bahwa perempuan memiliki kekuatan yang luar biasa. Salah satuya karena dianugerahi air mata oleh Tuhan. Dan memang terbukti, kekuatan seorang perempuan saat melahirkan yang mampu menahan rasa sakit, sungguh luar biasa.

Lalu, apa yang membuat Manda merasa memesona? Menjadi diri sendiri adalah sebuah kebahagiaan yang bisa menjelaskan arti #memesonaitu sendiri.

#Memesonaitu berperan menjadi anak perempuan bagi orang tua dan mertua.

Memilih menikah dengan Panda, artinya menikahi seluruh keluarga. Mengenal baik orang tua dan saudaranya. Menyadari bahwa keluarga lebih dari apapun di dunia ini. Mengenalnya lebih dari 10 tahun, membuat saya dan keluarga Panda begitu dekat. Alhamdulillah, berada di keluarga mertua tidak merasa asing, bahkan Manda lebih dekat ke keluarga Panda dibanding Panda sendiri. Hihihihi.

Tidak ada tips khusus untuk menjaga hubungan dengan keluarga mertua, yang Manda lakukan hanya berusaha menjadi diri sendiri dan melakukan segala sesuatu tanpa paksaan. Dan berkomitmen dengan Panda untuk berumah tangga adalah berkomitmen juga dengan seluruh keluarga besarnya.


Di keluarga Manda, Panda sudah seperti anak sendiri. Disamping papa tidak punya anak laki-laki, Panda juga tipe orang yang menghormati keluarga Manda sehingga mudah baginya untuk bisa diterima dan menerima orang lain.


Alhamdulillah, perjalanan pernikahan kami sudah 9 tahun dan selama ini, kami berdua berusaha adil kepada kedua orang tua kami. Maklumlah, kami berada di kota yang sama, sehingga 1x seminggu untuk berkunjung pun harus dibagi-bagi, ditambah hobi traveling kami berdua yang kadang tidak cocok dengan jadwal mama papa kalau mau mengajak. Ketika kami harus bepergian, yang menjadi alasan silaturahmi adalah oleh-oleh. Dan sudah menjadi hafalan, setiap  bepergian mampir di dua tempat untuk mengantarkannya.

Bahagia itu sederhana dan #memesonaitu sesuatu yang berawal dari bahagia bersama orang-orang yang kita sayangi.

#Memesonaitu berperan menjadi istri rumah tangga untuk Panda

Menjadi pasangan sejak pacaran sampai akhirnya berumah tangga, adalah hal seru menjadi fase lanjutan dari Manda sebagai seorang wanita. Menikah selama 9 tahun tentunya bukan lagi waktu yang sebentar menjadi pasangan. Bagi yang sudah lama mengenal Manda Panda, pasti mengetahui bahwa Panda Manda saling mengenal sejak kelas 5 SD dan lalu menjadi teman dekat sejak duduk di bangku SMA. Aaah, nostalgia SMA memang benar adanya.

Nostalgia SMA kita, Indah lucu banyak cerita, 
Masa-masa remaja ceria, Masa paling indah.

...  
(penggalan lirik lagu : Nostalgia SMA)

Duh duh, malah nyanyi niii... ya, menyanyi itu membuat hati riang dan bahagia. Tak jarang menyanyikan bait lagu romantis bisa mengingatkan pada kenangan manis di masa lalu yang membuat pipi merona. Menjadi #memesonaitu menyanyikan bait-bait lagu kehidupan dengan riang dengan pasangan.




Sebagai istri rumah tangga, #memesonaitu jika bisa mendukung Panda dalam doa, menemani dan menyiapkan kebutuhannya.


Memasak adalah me time bagi Manda, tak jarang menyertakan #dapurmanda untuk hasil karya penuh cinta yang berhasil Manda buat untuk Panda. Saya bukan orang yang jago memasak, tapi cita rasa dan proses memasak yang penuh cinta membuat masakan yang Manda masak selalu pas di lidah Panda. Ehmm, sebenarnya nilai selalu itu pernah gagal 1-2 kali dari 50 masakan yang pernah Manda buat. Hihihi. Mungkin bagi istri rumah tangga yang tidak suka memasak, hal lain masih bisa dilakukan sebagai me time-nya istri rumah tangga. Dan melakukan hal-hal yang kita sukai membuat kita tampil memesona.





#Memesonaitu tahu hal yang membahagiakan di sekitarnya sehingga membuat orang lain pun merasakan kebahagiaan yang kita rasakan.

Melewatkan saat-saat bersama menjadi Manda dan Panda sangat berwarna. Melewati hobi wisata dan makan adalah hal yang terbiasa kita lakukan sejak kita bersama. Tak heran jika blog www.tamasyaku.com menjadi diary dunia maya kami berdua.


#Memesonaitu bisa berbagi banyak hal yg kita alami, baik pengalaman baik atau buruk, sehingga org bisa ikut merasakan senangnya tapi juga tidak perlu merasakan pengalaman buruknya. Oleh karenanya, traveling membuat Manda dan Panda merasa bisa berbagi untuk bisa menjadi memesona.

#Memesonaitu menjadi working at home sebagai bentuk aktualisasi diri.

Berbekal gelar M.Si. untuk menjadi tiket menikah, membuat Manda merasa menjadi anak perempuan yang beruntung memiliki orang tua yang membekali anak perempuannya dengan ilmu. Entah nantinya anak perempuan itu akan berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, harapannya, bekal ilmu yang diperoleh bisa menjadikannya istri dan ibu yang bisa mencerahkan dan bermanfaat untuk sekitarnya.


Perjalanan waktu memberikan hal yang tidak terduga dalam kehidupan karir Manda. Pilihan menjadi pendamping bagi Panda dan keputusan untuk tidak terlalu capek dan terbebani dengan rutinitas, membuat Manda akhirnya memilih menjadi working at home Manda.

Bersyukur memiliki suami yang mengijinkan istrinya untuk tetap berkembang dengan hal-hal yang menjadi kesukaannya. Buat Panda, selama itu positif dan nyaman untuk Manda, maka lampu hijau akan selalu menyala dan mengantongi restu suami untuk melakukan aktivitas yang dibayar. 

Bukankah bekerja adalah melakukan hobi yang dibayar?

#Memesonaitu tahu bagaimana melakukan pekerjaan yang menyenangkan dan menyamankan, serta tidak menyalahi kodrat sebagai istri dalam keluarganya.



Pilihan sebagai working at home sudah cukup bagi Manda untuk menghabiskan waktu luang selama Panda ke kantor. Membagi waktu sebagai anak, istri, blogger, mompreneur minimarket dan  leader untuk tim bisnis produk skincare membuat hari-hari Manda menjadi penuh warna. Memanfaatkan teknologi internet dan smartphone untuk bisa bekerja secara cerdas melalui gadget. 


Bersyukur memiliki teman-teman sevisi dan sepemahaman untuk berkembang bersama adalah kunci membangun kebersamaan dalam sebuah TEAM, Together Everyone can Achieve More.

#Memesonaitu berbagi banyak peran untuk sekitarnya tanpa harus menyalahi kodrat sebagai seorang wanita.

Wanita boleh memiliki segudang prestasi, namun tidak boleh melupakan asalnya, karena seorang Hawa tercipta dari tulang rusuk nabi Adam. Di luar aktivitas bersama orang tua dan mertua, aktivitas bersama Panda, dan jadwal di luar sebagai working at home Manda, Manda pun melakukan aktivitas yang seru bagian dari kepercayaan yang diberikan Panda. Seperti melakukan servis berkala pada kendaraan yang Manda pakai sehari-hari.


Cara Panda menjaga Manda adalah dengan memberikan kepercayaan untuk Manda melakukan hal-hal yang mampu Manda kerjakan. Walaupun sepele seperti mengganti gas dan membalik galon, kedua hal tersebut tidak pernah Panda ijinkan untuk Manda melakukannya di rumah.

#Memesonaitu menjadi makhluk sosial di sekitar tempat tinggal kita dan berbaur dengan masyarat sekitar.

Menjadi seorang istri dan memilih tinggal jauh dari orang tua dan mertua adalah hal yang memang sudah menjadi konsekuensi kami berdua sejak memutuskan untuk menikah. Membaur dengan masyarakat, mau tidak mau harus berbagi peran sebagai makhluk sosial di sekitar rumah tinggal kita.


Tetangga adalah keluarga terdekat kita, tak heran jika berada di saat genting, yang memberikan bantuan pertama kali adalah tetangga. Kegiatan bersama dengan tetangga satu RT menjadi rutinitas Manda sebagai bagian dari masyarakat, seperti : PKK RT, PKK RW, kajian Khoirunnisa’, kegiatan sosial di RT dan turut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh RT dan RW.


Hari-hari yang Manda lewati sampai hari ini penuh warna seperti pelangi. Terkadang sehabis panas terik, turun hujan rintik dan suatu waktu ada angin kencang bertiup. Kadang hujan lebat disertai petir yang lalu mereda dan digantikan pelangi dan senja yang indah. Semburat mentari berwarna keemasan saat pagi memulai hari dan ditutup warna jingga saat senja mengantarkan matahari pulang ke peraduannya.

Demikian hidup yang dialami Manda, berganti dan berwarna-warni hingga menemukan arti dari #memesonaitu membagi banyak peran dalam kehidupan. Selagi masih diberi waktu untuk berbuat banyak kebaikan, akan Manda manfaatkan untuk berbagi kebaikan dan kebahagiaan untuk orang-orang tersayang dan dekat dengan hari-hari Manda.


#Memesonaitu bisa bahagia dengan menjadi diri sendiri.

Tuliskan ceritamu yang menceritakan arti Memesona Itu versi sahabat Manda, hadiah kamera mirrorless yang bikin mupeng pun sudah disiapkan. Segera meluncur ke http://www.pancarkanpesonamu.com/memesonaitu/ untuk ikutan ya!

#MemesonaItu

49 komentar:

  1. Jika kita bisa memahami diri sendiri, kita akan merasa bahagia ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mba santi, tapi menjadi jujur ke diri sendiri ternyata butuh dilatih dan dibiasakan ya.. ^_^

      Hapus
  2. manda panda is da best!

    BalasHapus
    Balasan
    1. You too makdila, kami jg masih terus belajar ni.. *_*

      Hapus
  3. Yaa ampun salut aku, Madan dan panda udah kenal sejak 5SD. Huhuhuhu, pastinya seru deh kalo dibikin bukunya. Semoga berkah yaa pernikahannya Manda dan Panda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiinn Ipeh, semoga didekatkan utkmu juga ya sayangku.. Bahagia selalu ya Ipeh ^_^

      Hapus
  4. Dirimu memang memesona :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba Ida, kita semua istimewa dengan versi masing2 ya.. ^_^

      Hapus
  5. Paket kumpliiiittt...lengkap nasi telor istimewaaah kalau panda sama Manda maaahhh...
    Sukses ya blogcontestnya Manda, BW juga doong *statusmengandungrayuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Martabak spesial pake telor ya Aya, jadi laper nii ^_^ Aya juga mengagumkan, sukses selalu ya bunda..

      Hapus
  6. Kangen Sop bola bola Manda, pesonamu emang luar biasa nyonyah Elton
    #ketjup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayukkk siniiii, girls day out lagi ke cempedak yuk ^_^

      Hapus
  7. Manda itu menurutku pribadi yg memesona, pandai membawa diri dan humble. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba ika, nice to see you, sama dengan mb Ika juga, memesona, ramah dan hangat. Kapan kita berjumpa lagi ya? ^_^

      Hapus
  8. Komplit banget penjabaran arti #memesona versi mb Manda. Gud luck ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba Yervi, ayuk ikutan juga ..

      Hapus
  9. Wah komplitnya. Wanita yang cantik lahir batin ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. In sha Alloh masih terus belajar mba Leyla, semoga kita dipantaskan selalu ya menjadi shaliha utk keluarga kita, aamiinn

      Hapus
  10. #memesona itu, bila bisa menginspirasi. Seperti Manda ini..kiss.kiss. Hug..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hugssss buat kita berdua ya makDib, memesona menjadi mompreneur soon to be yaa. Aamiinn

      Hapus
  11. Yup #memesonaitu ya jadi diri sendiri.. Manda man menginspirasi, awet muda pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ya kakak witri, sama2 memesona *_* awet mudanya krn dirawat pakai yg sama denganmu juga yaaa..

      Hapus
  12. Pingin ketemu dirimu suatu hari nanti! Semoga bisa ya.. hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun kakak Molly, semoga diperjalanan waktu masih sempat foto bareng ya kita. Aaamiinnn.

      Hapus
  13. Manda mah pasti lah selalu memesona :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peluk peluk momtraveler *_* samalah, dirimu juga kece dan memesona mba Muna ^_^ selalu bahagia ya utk kita. Aamiinn

      Hapus
  14. Lengkap kap kapn pesonanya manda😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Indri, udah ikutan juga memesona ala ummah medina ^_^

      Hapus
  15. Memesona yang terpancar dari diri yang ramah 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memesona menjadi diri sendiri ya mba, semoga suatu saat bisa jumpa ya kita ^_^

      Hapus
  16. Mandaaaaa, warbiyasaaak, dirimu emang super duper memesona, inspiratif, Te o pe bangeeett!
    Semoga juaraaaa ya Mandaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiinn, mba Nurul, sama2 warbiyasaknya juga dirimu. Kapan bisa staycation memesona bareng ya kita?

      Hapus
  17. tak terasa selesai sudah saya membacanya, hihihi, lalu sayapun merasa tidak ada apa-apana. Manda luar biasa, emak hebat euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba Eni, kalau sudah menulis ttg keseharian suka kalap ni, kepanjangan ya.. Hihihi. Samalah kita, namanya jg perempuan kan, remeh temehnya banyak kl mau diingat2 ^_^

      Hapus
  18. Aduh..duh..duh..duh..lengkap banget ulasan memesonanya...sangat inspiratif mbak....thanks fo sharingnya.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami2 mba, ayuk bikin juga memesona versimu yaaa.. Salam kenal ^_^

      Hapus
  19. Waah..memesona sekali dirimu manda..pantesan panda klepek2 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha makAri, yg bikin klepek2 blm dicritakan malahan, hahaha. MamaTayoTifa jg memesona, ayuk ikutan jg menuliskan versimu..

      Hapus
  20. Wiiiihh... Lengkap.. makasih sharingnya Mbak.. foto makanannya bikin ngiler.. πŸ˜‰

    BalasHapus
  21. Wahhh jadi ngerti kisah Manda Panda udah kenal lama ya ternyata. Menjalani semuanya bersama. Memeaona versimu lengkap banget mba Manda

    BalasHapus
  22. Selalu suka dengan semangat dan positifnya manda, beneran deh selalu mencoba meniru kalian berdua manda dan panda, peluuk mandaa..

    BalasHapus
  23. Buatku manda memesona karena aura nya selalu hepi, positif, dan ceria. Jadi ketularan positifnya Manda. Teruskan ya mandaaa. Sehat selalu utk manda dan panda yaa.

    BalasHapus
  24. Kudu banyak belajar dg proses hubngan 10 tahun pacaran itu, Manda.
    moga di postingan lain bisa bahas gimana bisa bertahan lama dlm hubungan yaa manda...
    #Banggajadidirisendiri :D
    Salut sama MAndaa...

    BalasHapus
  25. Enak ya kalau ortu dan mertua satu kota gtu bisa sering2 ketemu dan silaturahim.
    Gud luck lombanya Mbak Manda :D

    BalasHapus
  26. Aku suka sama kutipan: #Memesonaitu bisa berbagi banyak hal yg kita alami, baik pengalaman baik atau buruk, sehingga org bisa ikut merasakan senangnya tapi juga tidak perlu merasakan pengalaman buruknya. Oleh karenanya, traveling membuat Manda dan Panda merasa bisa berbagi untuk bisa menjadi memesona.

    Uh... tetaplah memesona ya mbak :)

    BalasHapus
  27. wahh..kalian menjuluki diri kalian manda dan panda... so sweet banget

    BalasHapus
  28. seneng saya baca nya bu ... seperti membaca cerita pendek yang mirip novel

    banyak kata kata yang menginspirasi dan memotivasi

    terlebih dengan hashtag nya ... #memesona

    BalasHapus