IBX583577287E51C

Sabtu, 11 Februari 2017

Workshop Clutch Bag Berbahan Daluang Bersama Kriya Indonesia

Doodling and Making Daluang Clutch Bag with Kriya Indonesia Supported by Brother
Doodling and Making Daluang Clutch Bag with Kriya Indonesia Supported by Brother

Pesona Jogja Homestay pagi itu terlihat meriah dengan kehadiran emak-emak yang akan belajar bersama membuat Clutch Bag dalam acara Workshop Clutch Bag Daluang dengan pembicaranya Prof. Sakamoto, mba Astri Damayanti dari Kriya Indonesia, dan mak Tanti Amelia. Dalam workshop kali ini, peserta workshop akan mendapatkan materi Doodling dan membuat Clutch Bag dengan menempel Daluang. 

 
Pukul 9 acara dimulai, Prof. Sakamoto dengan dipandu oleh Mba Astri dari Kriya Indonesia memulai acara dan sejarah Daluang bisa disimak dengan #KriyaPesonaJogja melalui twitter. Senangnya, kami emak blogger Jogja bisa kopdaran di acara yang diadakan Kriya Indonesia ini.

Workshop Bersama Kriya Indonesia
Workshop Bersama Kriya Indonesia


Menurut Wikipedia, Daluang (atau d(e)luang) adalah lembaran tipis yang dibuat dari kulit kayu pohon deluang (Broussonetia papyrifera) yang dipakai untuk menuliskan sesuatu (seperti kertas).Kertas daluang telah dipakai untuk menulis naskah kuno kerajaan nusantara, menulis Al Quran di pesantren, dan bahan baku wayang. Peneliti Belanda, K Heyne dalam bukunya Tumbuhan Berguna Indonesia menyatakan bahwa kulit pohon daluang juga berguna sebagai pakaian. Fuya itu kain kulit kayu yang ada di Kalimantan. Dari kulit kayu pohon yang sama dapat dibuat juga pakaian kulit kayu yang dikenakan sejumlah kelompok etnik Polinesia yang disebut kain tapa. Selanjutnya, Daluang lalu dikenal juga sebagai beaten bark, fuya, dan tapa. 

Daluang disebut beaten bark karena dalam proses pembuatannya dengan memipihkan kulit kayu menjadi lembaran dengan batu ikei, dan saat proses tersebut tidak boleh berhenti sampai tahap akhir pembuatannya.

Daluang dikenal di Jawa dan banyak di negara lain, perkembangan Fuya atau Daluang ini tidak ada klaim. Saat ini, kita semua saling bekerja sama untuk mengembangkan Daluang ini. Proses pembuatan Daluang dari kulit kayu ini dibantu dengan alat yang disebut Batu Ikei. Uniknya, batu ikei yang dipakai untuk menghasilkan daluang itu seragam.

Pembuatan kain kulit kayu tidak dibubur, melainkan dengan ditempa dari pohon sae (sejenis mulberry). Karenanya, Daluang bisa awet dan bertahan hingga ribuan tahun, WOW! Lalu, bagaimana dengan harga selembar kain kulit kayu (Daluang) ini? Sebagai gambaran, 255 kulit kayu dipukul dengan batu ikei dalam 7 tahap yang tidak boleh berhenti, hanya untuk bisa menghasilkan kain kulit kayu kurang lebih 2 meter. WOW! lagi.

Selesai menjelaskan tentang asal usul Daluang dan kenapa kita harus kembali mengenal Daluang, acara selanjutnya adalah belajar Doodle dengan mba Tanti Amelia dan belajar membuat Clutch Bag bersama mba Astri Damayanti. Karena antusiasnya peserta pada Workshop Clutch Bag Daluang kali ini, maka kelas dibagi menjadi 2, sebagian doodling dan sebagian lagi menjahit. Kami, para peserta mendapatkan bahan yang bisa dibawa pulang lho. Senangnya!

Bahan Membuar Clutch Bag Daluang
Bahan Membuar Clutch Bag Daluang

Kali ini, Brother Indonesia mendukung acara workshop ini dan pihak dari Brother memberi pengantar tentang mesin jahit yang akan dipakai dalam workshop kali ini. Mesin jahit yang akan digunakan adalah Brother mesin jahit GS2700 yang mampu menghasilkan 27 jahitan dan ada lampunya.

Brother GS2700
Brother GS2700

Produk Brother adalah produk jepang yang awet banget. Beberapa hal yang perlu diketahui seseorang yang hendak memulai menjahit adalah mengetahui ukuran tension ketegangan benang sesuai ketebalan kainnya. Tebal pakai angka yang besar. Jahitan jelujur dan jarang-jarang pakai pilihan yang tengah. Dan yang kanan untuk mengatur kerapatan jahitan. 

Baiklah, mari kita simpan untuk nanti saat menjahit. Manda masuk ke kelompok dimana doodling terlebih dahulu bersama Neng Tanti Amelia. Wah menggunakan spidol atau pena atau bolpen warna dari Stabilo, kereeenn ya!

Mba Tanti dan karya Doodle-nya untuk Pesona Jogja Homestay


Setelah peserta kelompok Doodling siap, kita mulai belajar men-doodle. Bagi Manda, sering banget kepoin tentang doodling dari instagram dan media sosial. Senang melihat prosesnya dan hasil akhirnya. Memang mereka yang punya bakat dalam doodling ini sungguh orang yang kreatif. Manda yang tidak bisa menggambar, sebenarnya tidak percaya diri untuk melukis doodling. Tapi, tenang! Mba Tanti mengajari kita sebagai pemula dalam Doodling.


Beberapa teknik doodlig yang dikenalkan oleh mba Tanti, diantaranya : Mandala doodle dan Zentangle. Doodle itu imajinasi, memainkan alam bawah sadar dan sebagai cara mengurai benang kusut di kepala. Manfaatnya doodling adalah untuk mengekspresikan emosi ke dalam doodle. Selain itu, zentangle yang ada dalam salah satu teknik doodling bisa baik untuk anak-anak dalam mengajarkan melath kedisiplinan. Dan bagi kita yang sudah tidak kanak-kanak lagi, Zentangle bisa bikin kita terus berpikir secara berpola sehingga bisa lebih relaks. 

Oleh karenanya, kini, doodling ini bisa menjadi stress healing.
 
Peserta Doodling Bersama Mba Tanti Amelia di Pesona Jogja Homestay
Peserta Doodling Bersama Mba Tanti Amelia di Pesona Jogja Homestay

Yeaaaaay! Bangga! Akhirnya bisa doodling



Penasaran dengan sesi berikutnya, menjahit Doodling Daluang untuk bisa menjadi Clutch Bag. Aw aw aw, penasaraaaaan! Cluenya untuk BISA adalah YAKIN!

Tahapan Membuat Daluang Clutch Bag
Tahapan Membuat Daluang Clutch Bag

Mba Astri dari Kriya Indonesia mengajari satu per satu peserta workshop kali ini dengan telaten dan sabar. Bisa dibayangkan kan ya, Manda pegang mesin jahit memang pernah, tapi untuk membuat Clutch Bag ini benar-benar baru pertama kalinya. 

Speechless Bisa Bikin Clutch Bag Sendiri
Speechless Bisa Bikin Clutch Bag Sendiri

Proses yang dilewati dalam pembuatan Clutch Bag dengan Doodling Daluang ini membuat Clutch Bag ini begitu istimewa untuk saya. Maka, berproseslah agar bisa menghargai dan menikmati hasil dari berprosesnya. (Manda, 2017)



Terima kasih Kriya Indonesia, Brother Indonesia dan Pesona Jogja Homestay untuk acara workshop Clutch Bag Daluang yang bermanfaat dan berharap sering-sering diadakan ya. 




Pesona Jogja Homestay
Gang Pandu No. 484, Tahunan, Umbulharjo
Yogyakarta 55167

(0274) 2872723

22 komentar:

  1. Waaah seru banget.
    Meskipun berhalangan hadir, seneng bisa dapat ilmu dari Manda. Makasiiih sudah berbagi.
    Sepertinya saya butuh kursus privat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha kursus privat tapi blm jago mau ngajarinnya. Kl mau sama2 nyoba bikin lagi, ayukkk.

      Hapus
  2. Keren mbak bisa bikin clutch... Betewe jadi pengen belajar doodle yang menggambar pKe alam bawa sadar kayaknya bakal bisa menghilangkan stres...

    Oia brother kirain cuman merk mesin ketik doang...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa mba Vety, aku sendiri pas jadi juga gak percaya, eh ternyata bisa bikin clutch. Seruuuu!

      Hapus
  3. clutchnya cakep banget, mba. Asyik smoga ada kegiatan seperti ini di Jakarta aku bisa ikutan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiin mba Lida, semoga Brother dan kriya Indonesia membaca ini yaaa, lalu ada di Jakarta juga. Like FPnya Kriya indonesia aja dulu mba, biar gak terlewat infonya.

      Hapus
  4. makasih mba manda, ada tips bikin clutch nya. cari bahan ach buat praktek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Viaaa, kl nemu bahan2nya kabari yaaaa, aku jg mau bikin lagi, tapi gak tau nama bahan2nya.

      Hapus
  5. Hasilnya cantik...dijual juga laku tuh, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha masih blm rapih mas, kasian yg beli nanti, hihi. Makasih yaa sudah mampir.

      Hapus
  6. setujui.. bagus dompetnya mbak.. semoga di Surabaya juga ada..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaaa mba zi, jadi ketagihan mau bikin lagi. Semoga sampai Surabaya yaaaa.

      Hapus
  7. Bisa jadi peluang usaha nih Manda. Terima kasih sudah berbagi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bisaaaa bangeeettt ya mba Irfa, sama2.

      Hapus
  8. Kalo udah dijalani ternyata engga sesulit yang kita sangka yo mbak? Bismillah, aku juga mau ikutan ah, kalo ada workshop Brother di Sby :)
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  9. Cantik juga clutch-nyaaaah.. Doodling aku pingin juga ituu..

    BalasHapus
  10. Aku ketagihan mandaaa, tapi bagian bikin saputangan aja :))

    BalasHapus
  11. nungguin di SUrabaya semoga ada hahaha pengen banget bisa buat clutch...

    BalasHapus
  12. wah jd kesenian ini suah ada sejak jaman dahulu yaaaa TFS ceritanya mbaaakk

    BalasHapus
  13. Thankyouuu Mandaaaaa... Really a great learner!

    BalasHapus
  14. keren mbak, gitu dimaksimalkan untuk jualan bisa juga tuh :)

    BalasHapus
  15. Clutchnya kece, pengen bisa buat juga tapi harus pake mesin jahit ya

    BalasHapus