IBX583577287E51C

Jumat, 06 Januari 2017

6 Cara Membuat Rumah Minimalis dengan Google SketchUp

Sumber : http://www.sketchup.com/products/sketchup-pro

Halo sahabat Manda, dalam artikel kali ini kita akan membahas seputar cara membuat rumah dijual di depok jenis minimalis dengan Google Sketchup. Sketchup merupakan aplikasi dari google yang khusus untuk membuat desain-desain bangunan, mulai dari gedung sekolah, gedung perusahaan, rumah, dll.


Aplikasi SketchUp ini sangat sederhana dan mudah untuk digunakan, meskipun tergolong mudah dalam memainkannya, soal kualitas bisa terjamin dan memuaskan loh, tapi semua itu tergantung ke kreativitasan kita dalam mendesain.


Langkah – langkah Membuat Rumah Minimalis Dengan SketchUp

Simaklah langkah-langkah cara membuat rumah minimalis dengan sketchup sebagai berikut :


  1. Buatlah desain dasar pada lahan yang sudah disediakan oleh aplikasi, desain disesuikan dengan selera kita, misalnya kita akan membuat desain dasar berbentuk persegi panjang. Untuk membuat desain dasar tersebut menggunakan icon rectangle.
  2. Kemudian buatkan garis –garis pemisah didalamnya, garis-garis tersebut membentuk kotak Kotak persegi yang bisa dijadikan sebagai ruangan yang akan gunakan nanti, seperti : kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dapur, garasi, taman, ruang makan, dll.
  3. Untuk menciptakan desain yang berbentuk 3D, silahkan pilih icon push atau gunakan pull pada desain gambar kotak dengan panah merah ke atas. Kemudian klik dan tahan  Lalu tarik ke atas. Kemudian pada kolom measurement akan berubah menjadi bentuk distance. Untuk ketinggiannya bisa diatur sesuai dengan selera anda. Jika ingin mengubah posisi pada desain dasar, bisa menggunakan tool atau icon orbit.


  4. Untuk membuat atap rumah, bisa mengklik icon berbetuk pencil gambar. Arahkan tool tersebut pada bagian tegah di garis depan, kemudian akan muncul titik berwarna biru dengan tulisan midpoint. Kemudian arahkan ke garis belakang. Garis tersebut akan membentuk garis tengah. Klik tool move kemudian tarik keatas hingga measurement berubah menjadi length sesuai dengan yang kita inginkan.
  5. Untuk mendesain pintu dan jendela, buat pola garis menggunakan line atau rectangle sesuai dengan keinginan. Agar tampilan pada jendela dan pintu lebih terkesan menarik bisa menggunakan icon offset.
  6. Dan yang terakhir adalah cara memberikan efek warna pada desain yang sudah dibuat, kembali pada menu bar, kemudian klik windows-material, akan muncul tampilan beberapa warna, selanjutnya silahkan memberikan warna sesuai dengan selera.
Itulah langkah-langkah atau cara membuat rumah minimalis dengan sketchup. Seru ya berkreasi dengan apilikasi SketchUp. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

1 komentar:

  1. Dulu aku sempet belajar autocat meskipun gagal, sekarang kayak nya lebih muda dengan banyak aplikasi

    BalasHapus