IBX583577287E51C

Rabu, 16 November 2016

Tujuh Tips Menjaga Keromantisan Post Wedding

Sahabat Sejatiku



Menikah adalah jalan panjang yang harus disusuri oleh kita yang memutuskan dan berkomitmen untuk hidup bersama memegang janji suci di hadapan Tuhan. (Manda, 2016)

Membuat postingan tentang cerita cinta sejati, dan tentunya bisa berjilid-jilid kalau menuliskan cerita kita yang tentunya bukan kebetulan dipertemukan olehNya. Foto di atas diambil beberapa pekan lalu saat liburan di Mangrove, Kuta Bali. Dan kebetulan, jalan panjang yang kita lalui menyimbolkan bahwa pernikahan adalah proses yang panjang seperti melewati jalan itu. 


Tidak ada yang tahu di depan sana ada apa. Yang kita tahu adalah hari ini, oleh karenanya jangan menggantungkan semuanya kepada pasangan kita. Karena kita dan pasangan kita adalah makhlukNya. Syukur alhamdulillah kita diberi umur yang panjang dan jodoh yang panjang dengan pasangan kita, dan itulah salah satu dari sekian definisi cinta sejati menurut kebanyakan orang. Padahal menurut kami, cinta sejati tidak pernah ada definisinya.

Melihat postingan di www.ceritamanda.com ini, tentunya penasaran seperti apa Panda dan Manda sehari-hari. Kalau yang bermukim di sekitar kami, pasti tahu sedikit banyak tentang kami. Teman, sahabat, dan keluarga dekat pun dengan mudah memantau kami dari social media milik Manda. Apa yang dilihat di media sosial tidak jauh beda dengan keseharian kami berdua, pola pikir, tingkah laku dan hobi yang memang sama antara dunia nyata dan dunia maya. Bedanya hanya postingan berdaster yang tidak ada ya, hehehehe.

Karena, Bahagia Itu Sederhana

Ya, inilah kami, Panda dan Manda, dua orang manusia yang diberi chesmistry untuk saling berjodoh sejak kelas 2 SMA di tahun 1998. Di postingan kali ini, mau berbagi tentang tips menjaga keromantisan post wedding. Waaahh topiknya agak berat yaaa, sebentar saya tanya sama Panda juga ya untuk bahan referensi, hihihi.

Tips Menjaga Keromantisan Post Wedding

Tips Satu, Kenali Hobi Pasangan.

Melakukan hobi bersama adalah hal yang paling mudah untuk menjaga hubungan pernikahan bagi pasangan yang tidak lagi di masa honeymoon. Hobi itu bisa jalan pagi, kuliner, dan pergi ke pantai.



Tips Dua, Jangan Memaksa.

Untuk pasangan yang sudah menikah lebih dari 5 tahun, pasti sudah mengenal satu dengan yang lainnya. Tahu apa yang menjadi kesukaannya dan ketidaksukaannya. Mengenal watak, tabiat, perilaku, dan hal-hal yang tidak disukai adalah salah satu yang membuat nyaman hidup berumah tangga. Seperti apa ya misalnya? Tidak suka dibangunkan pagi ketika hari libur, tidak suka dipaksa rapat atau kumpulan, tidak suka membuka pintu sendiri, tidak suka teh yang terlalu manis, tidak suka difoto saat banyak orang, tidak suka bertamu kelamaan, tidak suka basa basi dan tidak suka kalau istrinya terlalu cerewet dan berkepanjangan akan sesuatu yang sepele.

Nah, hal-hal remeh temeh harus menjadi list kita yang dijaga benar, sehingga hubungan tetap adem ayem. Tapiiiiii, harus ada keterbukaan antara suami dan istri. Memang sudah berkomitmen untuk berkomunikasi dengan terbuka, sehingga hal terkecil apapun bisa diketahui oleh pasangan.

Tips Tiga, Membangun Komunikasi yang Tanpa Gengsi dan Basa Basi

Nah, di tips ketiga ini adalah syarat mutlak tips kedua bisa dilakukan. Karena di beberapa pasangan, terkadang tidak pernah dikomunikasikan hal yang dianggapnya sepele. Misalnya, tidak suka dipaksa berangkat rapat saat badan capek. Kalau Manda atau Panda, memang wajib mengingatkan pentingnya bersosialisasi, tetapi ketika salah satu memberi alasan yang tepat, ya memang harus diterima dan jangan memaksa. Misalnya lagi, tentang membuka pintu, ketika kebiasaan Manda membuka pintu untuk Panda, dan lalu suatu saat tidak membukakan karena sesuatu hal dan Panda protes, saat itulah signal kuat Manda harus beraksi. Masuk ke dalam listing kalau Panda senang kalau istrinya membukakan pintu tidak hanya saat pulang kerja saja. Ah, hidup berumah tangga itu tidak ada rumus komunikasinya. Lalu komunikasi yang seperti apa biar terbuka?

Komunikasi terbuka dalam rumah tangga adalah komunikasi yang tanpa gengsi dan tanpa basa-basi. Karena sejatinya yang membuat adanya barrier dalam rumah tangga adalah ketika ada gengsi dan basa-basi di antara keduanya. (Manda, 2016)

Panda Galak kan ?


Tips Empat, Ributlah dan Lalu Berpelukan

Siapa bilang kalau rumah tangga yang harmonis dan mesra itu yang tanpa ribut? Ah, kalau Manda mah tidak setuju pendapat yang seperti itu. Justru ketika semuanya seiya sekata setiap saat, tanda salah satu dari kita tidak kreatif. Masak sih, bisa semuanya sejalan? hihihihi.

Ribut itu bumbunya pernikahan. Ribut, berantem, marahan adalah bumbu yang menyegarkan cinta kita. Kalau bahasannya cinta sejati, ya berarti marahan itu adalah salah satu cara menguji cinta sejati. E cieeehh.

Tumbenan lho ada foto yang pribadi dikeluarkan untuk postingan ini. Itulah gambaran kita berdua kalau lagi bersitegang dengan pendapat dan pikiran masing-masing. Keren ya! Kayak cowok sama cowok, hahahahaha.

Dan Lalu Tersenyumlah

Jangan lupa untuk menyelesaikan perdebatan dengan pelukan ya!

Tips Lima, Kirimkan Pesan Cinta Melalui Dapur


Tidak semua pasangan menyukai masakan istrinya, ya mungkin karena sang istri tidak pernah memasak. Tapi tidak ada salahnya mencoba berkreasi di dapur dan menyajikannya untuk pasangan kita. Manda dan Panda, keduanya hobi di dapur. Kalau Manda ya karena memang senang menghasilkan masakan yang sesuai taste kami. Kalau Panda, yang ngakunya chef, memang senang mengacak-acak dapur dan punya ide-ide yang nantinya ujung-ujungnya Manda juga yang menyelesaikan. hahahahaha. Begitulah kami, masih berdua dan selalu heboh dengan hal-hal yang biasa dikerjakan berdua.

Tips Enam, Buat Kesepakatan dan Berkomitmen


Waduuhhh agak berat ni, kesepakatan dan komitmen. hihihihi. Bukannya Manda Panda tidak ada definisi tentang cinta sejati, tapi kenapa ada kesepakatan? Ya, kesepakatan dan komitmen ini tidak usah diartikan seperti undang-undang atau peraturan apa gitu. Cukup diartikan sebagai kesepakatan apabila tips empat agak menyangkut urusan keluarga besar dan menyangkut hal-hal yang agak besar. Karena menikah itu bertemunya dua orang yang sudah di usia matang, maka kita bisa memaksakan seseorang itu menjadi orang lain di sisi kita. Menikah itu menerima orang lain untuk bisa hidup bersama dengan kita. Untuk hal-hal yang berbeda, perlu ada kesepakatan dan komitmen agar perbedaan tersebut bisa diterima sebagai perbedaaan kita yang harus dihormati keduanya.

Tips Tujuh, Tidak Usah Janji yang Muluk-Muluk Tapi Buktikan!

Yang Manda suka dari Panda adalah tidak suka ngegombal dan berjanji yang tidak bisa ditepati. Panda bukan tipe yang obral janji bakal menjaga hubungan kita selamanya, karena dia tahu bahwa rencanaNya pasti yang terbaik untuk kami. Dari jaman kita pacaran, kalau Manda menanyakan sampai kapan Panda sayang Manda, selalu dijawab, 

Hari ini bangun masih melihat Manda, Sebelum tidur masih bisa melihat Manda, dan demikianlah cinta Panda ke Manda yang terus berulang setiap harinya.

*speechless* Terkadang tak jarang, saat Panda sudah tertidur, Manda berterima kasih untuk setiap peluhnya dan kerja kerasnya yang selalu berusaha membuat keluarga kita bahagia dan untuk setiap potongan impian kita yang sedang ingin diwujudkannya. Semoga berkah selalu ya Pandaku, Alloh menyertaimu selalu. Aamiinn.

Ya, demikian sampai matahari pulang ke peraduannya, kita masih saling bisa menyayangi dan mengasihi. Lalu menyambut kembali mentari esok pagi dengan harapan baru dan cinta yang terus bertumbuh. In sha Alloh.

Beautiful Sunset


Kita menikah bukanlah suatu kebetulan, dan karena bukan suatu kebetulan, maka pertahankanlah! Karena mempertahankan pernikahan adalah konsekuensi janji suci kita di hadapan Tuhan. (Manda, 2016)

Terima kasih waktu dan kesempatan, begitu indah rencanaNya membingkai cerita cinta sejati di antara kita. Semoga sakinah mawaddah warohmah membersamai, panjang jodohnya dan bahagia menyertai kita. Aamiinn.

30 komentar:

  1. Karena perjalanan besar itu disusun dari langkah kecil-kecil..begitu juga kenangan indah yg kita lalui bersama menyusun kebahagiaan kita dimasa depan..selalu bahagia melihat senyumanmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Panda, this time will never end.

      Hapus
  2. saling belajar memahami terus menerus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepanjang hayat perjodohan ya mba tira, setujuuu.

      Hapus
  3. Barakallahu lakum, semoga keberkahan selalu melingkupi kalian berdua. Suka bgt liat postingan Manda d sosmed. Senang mengenalmu, walau baru lwt dunia maya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinn in sha Alloh mba titin, doa terbaik yg sama untukmu sekeluarga ya mba.

      Hapus
  4. urusan buka membuka pintu juga jadi peerku niih, ak mikirnya yailaaah kan kuncinya udah disamping pintu tapi si mas tetep aja ribut dodok jam 2 pagi. Ternyata yg dia cari bukan 'sang pembuka pintu' tapi teman ngobrol, kalau udah kadung bangun kan bisa sekalian dicurhati pikir dia, hahaaah suami oh suami :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaaaa kadang yg sepele gituuuu bisa diingat seumur perjodohan lho makyo hahahahaha

      Hapus
  5. Jangan maksa dan saling menerima memang mudah diucapkan sullit dilakukan hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba makanya berusaha lebih baik setiap hari, dari yg terdekat ya ke pasangan kita. Bersyukur masih berdua jadi bisa intens komunikasinya.

      Hapus
  6. Ngakunya chef tapi ujung2nya yg nyelesaiin manda..kok sama yaaaa hahaha,suamiku juga gitu xixixi
    Baarokallohulakuma....^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toossss berarti mbaaaaa, asiikk ada temannyaaaaa

      Hapus
  7. ahh so sweet, semoga langgeng selalu yaa..
    intinya harus ada rasa "saling" dalam berumah tangga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiinnn mba nchie, semoga untukmu jg dan keluarga ya mba. Beneerr, saling yg tak berkesudahan.

      Hapus
  8. Eciee..yg komen pertama bojo dewe oi. Xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mergone iki hasil jajak pendapat Manda Panda, jadi sopo reti dia keberatan tayang bisa diedit, hahahahaha. Jebule mung kabotan sik foto pencitraan Manda pas Panda mbesengut, hihihihi *tep wae dipajang wkwkwkwkwk

      Hapus
  9. Cie yang tersandung dengn "Sepanjang Hidup" yang melankolis hehehe

    BalasHapus
  10. Iya, aku salut sama manda dn panda. Selalu rajin foto berdua hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak ngerjain PR aja sih von, rajin wkwkwkwkwk

      Hapus
  11. Panda dan Manda selalu mesraaah moga langgeng n bahagia selalu yaaa 😘😘

    BalasHapus
  12. Aaakk suka banget liatnya. Inspirasi buat aku bgt Manda. Smga nanti bisa membangun komitmen yg baik dg jodohku yg masih diupetin hihihi

    BalasHapus
  13. duh liat foto mba sama suami romantis deh :D boleh nih dicatet tipsnya ;)

    BalasHapus
  14. Panda and Manda bales2an komen super romantic... Usia pernikahan kita hampir sama manda 5 th dan terimakasih remind me tentang arti menjaga keromantisan

    BalasHapus
  15. jangan menggantungkan semuanya kepada pasangan kita--setuju bangett, kalau menggantungkan, banyak kecewanya
    nice share XD

    BalasHapus
  16. Nah bener tuh jangan janji muluk2

    BalasHapus
  17. Aaaak kalian memang pasangan favoritku. Peluk manda, panda ga usah :))

    BalasHapus
  18. Tipsnya boleh nie yar tetap romantis :D

    BalasHapus
  19. foto-fotonya bikin ngiri aja mba hehe sayangnya saya masih jomblo T_T

    BalasHapus
  20. Ahhh Manda dan Panda.

    BalasHapus