IBX583577287E51C

Selasa, 06 September 2016

Ndoro Donker, Rumah Teh di Karanganyar

teh hijau
Ndoro Donker

Ndoro donker, apa yang terbayang tentang ndoro donker sebelum membaca postingan ini? Sejenak mengingatkan kita tentang sebuah masa lalu, sebutan Ndoro yang biasanya disematkan untuk bangsawan Jawa. Ndoro itu dalam bahasa Indonesianya artinya majikan. Dan Ndoro Donker ini bukanlah sebuah nama, melainkan Pak Donker atau Mister Donker kalau di saat ini. Ah, malah kepanjangan ni bahas pak Donkernya, hihihi. Ndoro Donker adalah sebuah tempat makan di daerah Karanganyar, tempat yang sejuk dengan pemandangan kebun teh dan hawa yang dingin. Ndoro donker ini berkonsep rumah jaman Belanda, sehingga para pengunjungnya serasa menikmati teh di rumah.

kebun teh
Kebun Teh

Ndoro Donker, apa yang menarik di sini? Seperti terlihat di foto di atas,hijaunya hamparan kebun teh begitu menyegarkan mata. Dikenal dengan nama rumah Teh Ndoro Dongker, ruamh teh yang dulunya merupakan rumah kepala kebun teh milik perkebunan Belanda. Rumah yang khas model bangunan belanda ini dulunya adalah rumah dinas yang terletak di kawasan kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar. 

Namanya juga ruamh teh, pastinya sajian utamanya adalah teh. Berbagai jenis teh pun bisa dinikmati di sini. Senangnya bisa memilih banyak jenis teh di sini, jadi ingat tentang khasiat teh hijau yang pingin manda coba di sini. Bayangkan menikmati teh dengan hamparan kebun teh terbentang sejauh mata memandang dengan lukisan alam gunung yang biru dan sesekali angin dingin bertiup menyapa kulit wajah. Duh, sebuah keadaan yang bikin refresh dan ingin ke Ndoro Donker hanya untuk membeli suasana. 

KEBUN TEH KEMUNING
Cemilan di Ndoro Donker

Tentunya berfoto-foto di rumah teh Ndoro Donker tidaklah cukup untuk menghabiskan waktu di sini. Hawa sejuk yang menuju ke dingin membuat kita haus, hihihihi. Ya jelas dong ya pesen minum kitanya, hehehehe. Terus terang karena hawa dingin dan musim nostalgia evergreen yang membuat suasana menjadi serasa di rumah dan lapar melanda. Mau nyemil atau makan siang juga enak di sini. Ketika mengajak kedua orang tua ke sini, mereka merasakan tempat refreshing yang menyamankan dan bisa berlama-lama di sini. 


Melakukan perjalanan ke Ndoro Donker dari Yogyakarta bukanlah perjalanan yang jauh. Perjalanan ke arah Solo dan menuju ke Karanganyar. Setelah menyruput teh di Ndoro Donker bisa melanjutkan perjalanan menikmati puncak ala Jawa Tengah, di kebun teh Kemuning. Subhanalloh indah bangettttt, bukit teletubbies pun tak lupa menemani perjalanan ini. Mengajak serta kedua orang tua dan mertua adalah bahagia kami dan akan selalu seperti ini tidak berubah sepanjang waktu. Banyak tempat di Karanganyar yang memikatku, seperti kebun teh dan candi cetho. Nuansa Bali yang terasa di Jawa Tengah.

Ah, Karanganyar, kamu cantik sekali! Merasakan Puincak dan Bali di satu kawasan. Terus jaga alamimu ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar