IBX583577287E51C

Kamis, 18 Agustus 2016

Bincang Santai dengan Mutia Nurul, Mutmuthea

Halo sahabat manda, menjadi blogger itu seru! Bagaimana tidak? Diary maya yang bisa mempertemukan kita dengan teman-teman baru dan memperluas silaturahmi. Bukankah silaturahmi memperpanjang usia? Yap benar! Kali ini manda kedatangan tamu, Mutia Nurul Rahmah, yang masih seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN SUSKA. Wah, bisa diintip ilmunya ni, sebagai seorang blogger dan penggiat komunitas. Yuk, simak bincang siang manda dengan mutmut, demikian panggilan sayang manda untuk pemilik blog http://www.mutmuthea.com/ 

Halo mba sayang, mutia atau mut mut *panggilan sayang, dari jogja. Mohon maaf mau ngrepoti jarinya ya. Pingin tahu langsung dari sumbernya ni untuk tulisan arisan link BP. Kalau diperkenankan, langsung mulai interview-nya yaaa..

Boleh tahu nggak, kapan mba mutmut mulai menulis di blog?

Sejak tahun 2009,saat baru masuk sma mba. Cuma buat mindahin diary buku ke digital. Jadi tulisan awal itu isinya ya "hahaahehehe", Curhat : aku sebal dan aku senang.

Blognya sejak awal mutmuthea itu ya?

Iya mba. Tadinya selain blogspot juga daftar WordPress, ama tumblr. Umur mereka juga sama ama yg blogspot. Tapi aku lebih suka blogspot karena mudah dimengerti

Nah bisa dicatat ya untuk blogger pemula, silahkan bisa menggunakan blogspot untuk memindahkan diarynya ke e-diary.

Sebenarnya, mutmuthea ini termasuk blog dengan niche apa? 

Campuraduk. Makanan iya,jalan-jalan iya,curhat iya,review apalagi. Kalo kata orang-orang, termasuk lifestyle blog. Ya uwess,klo ditanya blognya apa,jawabnya itu hihi 

Tosss mba mutmut, saya juga punya blog yang nichenya lifestyle.

Apakah blognya termasuk monetize blog? Kalau iya, apakah ada tips berpenghasilan dari blog?

Dulunya engga, nulis aja sekenanya, sesuka hati. Semua tulisan di blog review barang adalah apa yang dibeli, yang dibayar adalah murni dari dompet sendiri. Tapi ternyata dari blog bisa jadi sumber rezeki. Kalau ada yang nawarkan kerjasama baik barter atau diberi fee juga boleh. Tapi sejauh ini memang ngandelin dari review, belum ada pasang adsense.




Tipsnya : Berikan yang terbaik di setiap tulisan. Sebenarnya ini buat sebagian org bakalan pusing ya. Mbok ga dibayar,tpi tetep nulis dgn tulisan yg lengkap dan detail.  Tapi buat saya,karna saya senang ya gapapa. Masalah rezeki ya pasti udh ada yg ngatur. Tulisan ga dibayar aja saya tulis dgn hore, apalagi klo ada feedbacknya. Ya selagi blog saya bermanfaat buat org lain ya gak papa.

Jadi keinget pas baca tulisan temen2 utk mba mutmut, ternyatanya di usiamu yg belia, dirimu sudah dewasa dalam pemikiran dan tulisan, boleh tahu nggak proses pendewasaannya ditempa oleh apa?

Sebenarnya masih remaja kok pemikirannya.Kayak tulisan saya mengenai relationship goal. Kan saya masih ingin punya pacar unyu2 gituuu. Tapi ntahlaah.. Mungkin karna anak pertama, mesti bisa mikir yg dewasa...trus dari ortu juga kita sering diskusi, klo boleh dibilang, 30% tulisan yang informatif (bukan yg curcol) itu ide2nya dari ortu saya. Aslinya saya masih suka guling-guling juga kok, cuma ya ketutup dgn keadaan...haahahahahaha.

Kalau boleh tahu, sebagai mahasiswi komunikasi tentunya blogger atau apapun jenis kegiatan menulis adalah salah satu kegiatan yg mendukung berkomunikasi ya. Menurut pendapat mba mutmut, komunikasi di dunia.maya skrg menunjukkan gejala yang bagaimana? Seperti.terlihat di TL FB saling nyinyir, saling fitnah, saling provokasi, share tanpa filter, dll.

Saya sih ngelihatnya pengen hitz yaa. Apalagi klo yg suka twitwar itu,rasanya pengen menang sendiri,merasa paling benar pendapatnya. Memang sih sosial media itu kalo dri mottonya kaskus, Freedom of speech. Tapi paling ga hp udh pintar, laptop udh kece,masa usernya engga.


Saling nyinyir bikin pikiran ga sehat,lelah hati,terbawa ke dunia nyata. saya udah lihat contoh nyatanya.


Nah dari blog monetize yg kemudian isi blognya menghalalkan segala cara demi PV, apakah ada pentingnya membuat disclosure? Menurut org komunikasi, apa penting nya disclosure dalam blog?

Huhuhu berat pertanyaan, jujur kalo dari perkuliahan ini belum terlalu banyak dibahas mba. Tapi saya coba jawab dri pengalaman ajalah ya.. Hehehe. 

Jadi,kan Blogger ini punya wadah blog sebagai media tulisannya. Mengenai disclosure ini biar jelas yang punya blog ini penjelasan mengenai aturan2 yang ada di blognya. Pasti ada yg nanya,itu kenapa sih isinya review produk, ya disclosure menjelaskan bahwa tulisan hasil kerjasama. Terus kalau mau copas, yg copas mesti izin,biar sama-sama enak. Saling pahamlah!

Dari th 2009, apakah terpikirkan bahwa blogger akan ngehitz seperti sekarang?

Enggaaa, makanya perubahan blog itu baru dilakukan 2012, setelah tahu klo kita bisa menghasilkan karya sesuai hobi itu bisa byk mendatangkan rezeki,baik teman, juga uang.

Apakah blogwalking itu penting?

Penting sih mba. Minimal jalin silaturahmi. Seterusnya nanti bisa nambah inspirasi dari blog-blog yg kita kunjungi. Akrab ama Blogger lain sampai dunia nyata bs jadi hal menarik ternyata. Saya pernah ikut liga blogger, tapi jrang bw yang bener-bener bw. Saya ga sadar ternyata saya ketemu salah satu peserta itu di dunia nyata. Dan saya ga ngeh dong

Nah terakhir ni, jelang pungkasan makan siang, Apa pesan mbamut untuk semua blogger nusantara?

Wahaaii Blogger2 sekalian. Jangan saling sikut-sikutan buat jadi hitz yaak. Karna kalau kita sama-sama bergerak bareng, Blogger Indonesia pasti keren banget!

Nah, demikian ya bincang siang penuh makan bersama mba mutmut, seorang lifestyle blogger asal Pekanbaru. Bagi yang mau kepoin lebih lanjut tentang mba mutmut bisa search : Mutia Nurul Rahmah.

6 komentar:

  1. makasih ulasannya mbaa.. btw aku suka gambar editannya,ga terfikir bakalan ada editan seperti ini ihihihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mba mutmut.. Sukses selalu dan menginspirasi yaaaa..

      Hapus
    2. Sama sama mba mutmut.. Sukses selalu dan menginspirasi yaaaa..

      Hapus
  2. Wah, kok kita bahasnya sama ya mbak jangan saling sikut menyikut sesama blogger *eh


    Tetap menginspirasi ya mbak Mutia ^^

    BalasHapus
  3. Mutia dewasa banget kalo ngomogin nge-blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal mah apalah-apalah hahahah

      Hapus