IBX583577287E51C

Selasa, 12 April 2016

Mengenal Momblogger dari Aceh, Cutdekayi



 

Halo sahabat manda, kali ini kita memanfaatkan teknologi internet untuk bisa berkomunikasi dengan sahabat blogger di Aceh. Jauh ya! Untung sudah jamannya online, jadi apa-apa bisa difasilitasi dari sebuah kotak yang disebut gadget. Nah dari alat komunikasi yang sekotak itu, saya dan cut dek ayi demikian dia ingin disapa, terhubung melalui What’s App. Sekali lagi, setiap bentuk komunikasi berbasis online selalu tergantung pada sinyal internet. Nah, sesi interview ini mengalami berkali-kali kendala teknis lho behind the scenenya. hihihi. Tapi Alhamdulillah lancaaarrr sampai tuntas tulisan ini ditayangkan. Sengaja tulisan ini ditulis seperti narasumber menjawab, agar tidak terjadi salah paham dalam memahami jawabannya. Simak yuk, interview manda dengan cutdekayi.


Salam kenal ya cutdekayi alias mba ayi, saya ima di jogja. Boleh tahu nggak, kenapa manggilnya cut? 
Hai manda, salam kenal. Akhirnya saya dijapri blogger kece nih. Hihihi. Cut itu nama mba. Biasanya itu keturunan. Nama bapaknya Teuku, jadi anaknya pakai Cut. Nah, kalo kasus saya @cutdekayi itu maksudnya Cut Adek Ayi alias Dek Ayi gitu manda.. Saya dipanggil cutdek kalo di rumah, padahal saya seorang kakak dari dua adik cowok, hehehe.

Ooohhh... jadi mba cutdek ayi malah aneh ya? enak cutdek ayi gitu kah?
Enaknya manggil Ayi aja ya mba.. Kalo cutdekayi tar kepanjangan .

Cutdekayi, boleh tahu kapan mulai ngeblog, dan apakah blog yg skrg adalah blog pertama kalinya?
Ayi mulai ngeblog tahun 2009 manda, sejak masuk SMA. Waktu itu blognya masih abal-abal. Nulis juga puisi, sesuka hati. Ga tau apa yang mau dikejar. Asal nulis aja gitu. Nah, blog yang dulu-dulu ga keurus dan lupa paswordnya. Akhirnya bikin lagi tahun 2013 akhir, dan bertahan sampai berganti TLD di Maret lalu Alhamdulillah.

Cutdek ayi sendiri, mendedikasikan blognya dengan niche apa dan apa harapan ke depannya dari blognya sekarang?
Ayi kalo nulis tuh nulis aja gitu mba. Masih tulisan tentang kejadian sehari-hari. Bahkan jadinya curhat ya? Hehehe. Tapi itu cerita dulu. Setelah menikah, asik aja nulis kisah ayi sama suami. Trus pas lahir Kizain, makin asik berbagi kisah sehari-hari. Jadi belum tau niche khususnya ke mana. Kalo dilihat dari tulisan selama ini ttg apa, kayanya family deh mba.

Ai juga tau blog itu punya niche sejak gabung di komunitas blogger, alhamdulillah tau banyak hal. Jadi tau kalo kita punya branding tersendiri, mau dikenal sebagai apa dan siapa. Mau fokus di mana. Masa iya masih gado-gado tulisannya.  Mungkin nanti kalo anak udah gede dan udah ada niche yang diminati, bisa bikin blog lain. Ga di www.cutdekayi.com yang fokus ke family, manda. InsyaAllah udah ada arah tujuannya.


Kayaknya cutdekayi belum pernah komentar di blog www.tamasyaku.com dan www.ceritamanda.com ya? 
Pernah mbaaa.. Ada bbrp kali aku komen tapi ga pakai cutdekayi deh kayanya namaku, pake akun G+.

oiyaaaaaaa... adaaa komennyaaaa.. sri luhur itu yaaaa... maafkeeeunnn yaaa.. hahahhahahahaa

Menurut cutdek ayi, seberapa penting seorang blogger BW? *padahal aku termasuk yang susah waktu untuk BW hihihihihi
Menurut ayi pribadi, BW itu penting bagi yang merasa penting. Dan menjadi tidak penting bagi yang merasa tidak penting. Jadi kalo ga BW juga ga masalah, kalo BW ya alhamdulillah kan nambah ilmu, nambah teman juga dan si empunya blog jadi seneng kalo ada yg komentarin. Intinya dia ga merasa sia-sia udah nulis. (Kok terkesan baper) hihi ya pokoknya posisikan diri aja seneng ga kita kalo di BW-in sama orang. Kalo seneng ya Bw orang juga dong sekali-sekali.

Nah biasanya ai BW ke blog teman-teman, kaya teman arisan link misalnya. Kalo yang ngeshare di medsos, ai pilih-pilih judul juga manda. Ga semuanya di BW. Ai orangnya gampang terpengaruh gaya tulisan, jadi harus hati-hati juga Kalo biasanya ada postingan yg di share di akun medsos, biasanya ga semua ai BW, lihat judulnya, karena kalo diikutin BW, kapan nulisnya?  Hohoho

Yup yup setuju, kalau buat saya, yang penting kunjung balik komentar ke temen-temen yang komentar di rumah maya manda. hihihihi. Nah sekarang tentang buah hatinya, bagaimana cutdek ayi berbagi waktu antara aktivitas mom dan blogger? Kalau boleh tahu, apa saja aktivitas mba ayi selain momblogger?
Kalo soal berbagi waktu, alhamdulillah udah lumayan bisa nih. Ini aja lagi bahas japri manda, Kizainnya pas udah bobok hihihi. Biasanya kalo untuk nulis, ai ga punya jadwal khusus, manda. Begitu Kizain bobo, ya ayi nulis. Atau kalo lagi suami di rumah, minta tolong liatin sebentar Kizainnya. Itu kalo ide lagi lancar jaya. Dan ai ngeblog juga pakai waktu alias timer. Ga berlama-lama dan ga cepet-cepet juga di depan laptop.

Misalnya Kizain lagi tidur nih sekarang, ayi nulis jam 11 usahain selesai jam 12(karena kalo bobo siang durasi Kizainnya cepet bangun). Kalo ga selesainya ngedraft dulu. Tapi kebiasaan kalo ngedraft, mau dilanjutin keburu datang ide baru. Jadi usahain nulis sampai selesai. Kalo pun ada yg mau ditambah atau edit mengedit, nanti dulu setelah suami baca selagi dia sempet (setiap nulis, selalu dibaca suami buat kasih masukan). Selain momblogger, ai juga social media admin dan seorang mahasiswi tingkat akhir, mandaa hiks.. Mohon doanya yaa semoga segera kelar aamiin..

Menurut mba ayi, blogger itu seperti apa? Dan apa harapan cutdekayi terhadap blognya?

Blogger itu adalah penulis. Semakin banyak ia menulis, semakin berkembang tulisannya. Mau nulis fiksi atau nonfiksi mau nulis review yang dibayar atau tidak dibayar, blogger tetaplah penulis, yang bebas diakses siapa saja tulisannya. Dan semoga setiap blogger itu selalu berbagi hal yang bermanfaat. Karena bisa diakses siapapun yang punya koneksi internet, ya kan? 

Harapan ayi untuk blog ayi adalah semoga kedepannya semakin banyak yg kunjungi, dibaca. Bukan sekedar tulisan yg curhat2 aja tp hrs ada yang dibawa pulang setelah dibaca. Alias memberi manfaat.
Semakin berkembang juga kosakata ai dalam menulis. Bisa bikin konten SEO juga pelan2 insyaAllah..

Jadi nggak pengin monetize blog ya? alias berpenghasilan dari blognya?

Pengen manda, tapi kan selaku TLDnya masih sebulan dan segalanya masih butuh perjuangan, jadi monetize blog masih harapan yang kesekian dan bukan tujuan utama. Bertambah visitor aja rasanya alhamdulillah.
Suami juga bilang kalo ngeblog jangan karena orang, karena bisa dapat uang. Kalo monetize yang jadi tujuan trus ga dapet-dapet, jadinya mandet nulis dan berkarya karena orang. Bukan karena keinginan pribadi untuk berbagi kebaikan.

Beneerrrrr,, setujuu sama suamiii....Kalau ngeblognya dikonsisteni, pasti akan panen... *duh kebawa ni jargon bisnis hahahahahahahaha
Tambahan, ga menutup kemungkinan juga untuk dimonetize kan, jadi balik lagi memberi manfaat, kalo memang review blog itu bermanfaat buat orang, dibaca jd tambah tau ya kenapa engga? Hihihi
#promosi #email ke hello@cutdekayi.com ya #agency mana agency

Senengnya arisan blog adalah saya ada alasan ni mengenal banyak blogger dan selalu punya cerita yg khas dan memotivasi untuk saya sendiri, yang kemudian saya tulis di blog saya.. Nah, kalau kita suatu waktu diijinkan ketemu, seperti apa mba ayi mendeskripsikan tentang mba ayi?

Aamiiin ya Allah, semoga bisa jumpa dalam dunia nyata sama manda... Deskripsi sifat atau fisik manda? Kalo sifat..ya seperti yang manda nilai dari ayi selama ini.. Rame, ceria, konyol, banyak ngomong alias ribut, suka berteman, yang khasnya gabisa bilang huruf R!!!!! Hahaha ayi ya ayi manda. Ga ada yang beda kalo pas manda jumpa dengan via wa. Mungkin bedanya nanti kalo asli kedengeran suaranya wkwk.. Eh maksudnya seperti yang manda lihat selama ini baik di grup kita atau japri seperti ini.

Oo yayayayya.,,, cutdekayi menurut manda ramah, baik hati, penyayang, agamis, dan apa lagi yaa.. oiyaaa cantiiikkk,, lemah lembut.. dan sabaarr yaa pastinyaaa?

Waduuuuuhhh.. Sesungguhnya aku belum seperti itu.. Aku masih belajar jadi anak yang baik dan menggemaskan manda sayaang. Dari semuanya yg paling benar itu hanya apa adanya.. Dah gitu baperan, perfeksionis hahahahahahaha. Btw itu kan manda yg nilai ya, alhamdulillah deh.  Seneng  (emang senenglah)



Pertanyaan yg agak serius ni, hihihii.. Sekarang kan banyak ni blogger dengan identitas yg bermacam-macam. Bahkan saling melempar opini, baik itu tentang job review, goodie bag, sampai blogwalking. Menurut cutdekayi, pinginnya cutdekayi punya identitas sebagai blogger yang kayak apa?

Oh maksudnya ada blogger yang disebut goodie bag karena selalu bawa goodie bag kalo dr acara-kah? Begitu? Aku belom mengetahui segitu banyak lika likunyaaa hahaha. Mau dikenal sebagai blogger yang santun aja manda. Hihihi. Sebenernya aku bingung. Karena identitasku selama ini itu ya cutdekayi, blogger yang suka nulis tentang keluarga, wakakaka.

Apa pesan cutdekayi kepada para blogger di seluruh nusantara dan dunia?

Ai akui ai masih anak kemarin sore, belum bisa sehebat dan sebagus dan sekeren dan seTERKENAL-nya para mas dan mba yang sudah jauuuuuh lebih dulu berkecimpung.  Sebelum memutuskan untuk masuk dunia blogger, ayi adalah pengguna google. Apa-apa nyari gugle. Mau lahiran nyari gugle. Mau nikah nyari gugle. Hihihi. Tetap sharing pengalaman ya mas, mba. Tapi jangan sikut-sikutan. Kalopun ada kode etik blogger (adakah?) bisa dishare dan diingatkan melalui japri. Kalopun mau nulis, jangan tendensius. Kasihan kami jadinya yang anak baru mau ikut figur siapa #eh.

Soal menulis gaya apa itu memang pilihan. Dan kami pun bisa memilih siapa yang kami baca dan siapa figuritas kami. Kami bisa membawa nama blog kami, tapi yakinlah, akan terlunta-lunta tanpa bimbingan apalagi teguran yang membangun dari mas dan mba semua. Kami butuh kebersamaan. Keep inspiring dan teruslah menulis yang bermanfaat!!! Salam kenal untuk semua blogger indonesia yang hebat-hebat.
Saling menyemangati, yaaa... Mari kita bersatu di dunia blogger!!!

Nah, demikian interview manda dengan momblogger dari Aceh, Cutdekayi yang memiliki nama asli Sri Luhur Syastari. Makasih waktunyaa yaaaa mba ayii. Berkah ngeblog kita yaaaaaaa, terus silaturahminya yaaaaa. Mohon maaf kalau ada salah-salah kata yaaaa.

Happy blogging!

11 komentar:

  1. Sku setuju banget sama Mba Ayi.. BW itu penting banget utk menjalin silaturahmi dan networking tentunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memperluas networking ya mba rita, jadi kenal di dunia maya yg seperti di dunia nyata. ya kan? salam dari jogja..

      Hapus
  2. Duh aku jarang bw..fakir kuota soalnya..salut deh sm mba ayi

    BalasHapus
  3. Kalau saya pengen dikenal sebagai blogger.....apa yaa...hehehehe...blogger santun, bener juga Mba Ayi

    BalasHapus
  4. Saya suka BW juga kalau lagi macet gak punya ide nulis hahaha. Btw saya jg bbrp kali pernah main di blog Cutdekayi kyknya :D

    BalasHapus
  5. Aku udah beberapa kali dolan di rumah maya cut dek ayi, kesannya dia adek yang lembuh, penyayang, dan baiiik banget :D

    BalasHapus
  6. makasih Ayi, diingatkan untuk menjadi bloggger yg santun :)

    BalasHapus
  7. Cut dek ayi ini tipe yang rajin bw, dan aktif ya

    BalasHapus
  8. Pertanyaan interviewnya keren mba. Jadi bisa mengenal sosok mba Ayi lebih dalam walau belum pernah bertatap muka. Suka juga dengan jawaban mba Ayi yang ingin jadi blogger yang santun. Terkadang kita lupa untuk bersikap santun di dunia maya sehingga nggak merugikan orang lain.

    BalasHapus
  9. Hai manda. Aku padamu! Hahaha terimakasih manda udah nemenin aku hari itu dan bersabar menghadapi sinyal Aceh-Jogja yang ga stabil. Hihihi. Akhirnya tayang juga deh tulisannya. Semoga kita terus bisa berbagi manfaat ya manda, ga sekedar nulis aja tapi ada feedback baik juga. *kiss dari aceh*

    BalasHapus
  10. Mandaaa...kumplit banget ulasannya. Superb!

    BalasHapus