IBX583577287E51C

Jumat, 15 April 2016

Karena Internet Adalah Kebutuhan dan Gaya Hidup



 

Era internet saat  sangat mempermudah kehidupan masyarakat, dengan jaringan internet kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat dari hampir seluruh pelosok dunia.  Kita mundurkan waktu sejenak, tidak lama sebelum era internet dikenal luas di dunia kita. Tahun 90-an awal, membayangkan berkomunikasi dengan orang lain bahkan lintas negara melalui komputer adalah suatu yang tak terbayangkan bagi saya. Bahkan, ketika ayah saya tugas ke luar negeri, kami berkomunikasi melalui surat atau kartu pos. Dan beberapa kakak angkatan ada yang menunggu kiriman uang melalui wesel.

Satu-satunya saluran televisi adalah TVRI, yang memberikan informasi dan hiburan, dan yang menjadi andalan bagi keluarga saya dan mungkin lingkungan tempat tinggal saya untuk mendapatkan berita adalah surat kabar. Surat kabar menjadi satu-satunya sumber  berita pada waktu itu, pada surat kabar kita bisa menemukan berita terbaru, berita olah raga, berita politik bahkan iklan jual beli rumah. Kalau di pedesaan biasanya surat kabar dapat ditemukan tertempel di dekat rumah pak dukuh atau dimasjid. Seiring meluasnya internet pada pertengahan 90-an, maka penyampaian informasi berubah bentuk, sekarang apa-apa menjadi lebih mudah di berita indonesia.

Ingat saat pertama kali berinteraksi dengan internet, saya memanfaatkannya hanya untuk membuat akun email saja. Namun kini, perkembangan teknologi internet semakin cepat, semua informasi dapat ditemukan melalui internet. Mulai dari hal yang kita perlukan sampai ke informasi yang tidak kita perlukan, bahkan ada juga informasi yang sebenarnya tidak baik untuk kita. Sehingga beberapa kalangan menyuarakan perlunya pembatasan informasi dari internet. Menurut saya, pembatasan tersebut lebih cocok jika dikembalikan ke diri masing-masing sebagai pengguna internet positif yang bijak.

Peran internet dalam keseharian saya, diantaranya :
  • Email,  komunikasi yang terdokumentasi antar individu dalam kantor atau lintas kantor bahkan luar institusi sangat terbantu dengan adanya email. 
  • Sebagai sumber berita, panda bekerja di pasar modal sehingga mengharuskannya untuk “stay update” dengan berita yang terjadi di pasar modal baik dalam negeri. 
  • Sistem Transaksi, perdagangan di pasar modal saat ini juga semakin berkembang dengan semakin banyaknya orang yang Online. Maka berkembang transaksi pasar modal secara online. Investor bisa melakukan transaksi melalui gadget bahkan mendapatkan update Sindonews dari gadget mereka.

Selain ketiga hal di atas, peran internet mengimbangi “Work Hard, Play Hard”, diantaranya :

  • Social Media, dengan internet social media seperti FB, WA, Line dan sebagainya dapat mendekatkan orang-orang terdekat kita. 
  • Games, sekarang banyak pilihan game yang tidak harus kita beli bahkan tersedia gratis di internet. Dulu saya harus membeli mesin game untuk dapat bermain game. 
  •  Music dan Film, seperti cerita saya diatas satu- satunya hiburan dulu adalah TVRI, namun sekarang kita ketik music atau film yang ingin kita nikmati langsung tersaji didepan kita.
  • Terakhir tapi yang paling penting bersantai dengan membaca berita. Jika jaman dahulu membaca berita di koran sambil minum teh, sekarang menyeruput secangkir teh dengan membaca berita indonesia melalui tablet atau laptop.

Berita apa yang menjadi favorite saya saat bersantai, yang jelas bukan berita tentang politik. Saya lebih senang membaca berita mengenai olah raga, auto tekno dan lifestyle (gaya hidup). Membaca berita indonesia terbaru bukan hanya untuk bersantai, namun juga membuat saya tetap ter-update untuk bahan bersosialisasi dengan kerabat dan teman saya. Nah itulah mengapa perkembangan internet saat ini sangat berguna bagi saya dan beberapa masyarakat yang menggunakan dengan tepat. Tidak semua hal dari internet itu negatif, semua kembali kepada individu masing-masing.

3 komentar:

  1. Setuju mak, nggak semua dari internet itu buruk kok, dari kita aja ya mau saringnya gimana.Adanya internet juga jadi lancar komunikasi

    BalasHapus
  2. Untuk anak, internet dikenalkan sama mereka pas umur berapa ya mbak idealnya? hmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ponakan saya mungkin 3 th bisa nanyak, ini apah? Ya saya jawab, internet. Yuk liat dinosaurus atau thomas pake internet, dan amaze. He knew! Yg penting dalam pengawasan krn kadang2 terselip iklan dewasa at least udah di setting utk tayangan anak2 juga.. Semoga menjawab ya

      Hapus