IBX583577287E51C

Kamis, 14 April 2016

Cara Menghapus Broken Link Pada Blogspot

Broken Link

Sebagai blogger, banyak hal ternyata yang harus kita pelajari. Ya, sekali lagi, ilmu itu semakin kita menganal banyak orang, maka semakin kecil kita dengan apa yang kita punyai. Selalu ada alasan untuk belajar, kalau bahasa bisnisnya update dan upgrade. Seperti itulah kiranya, kenapa kita tidak sempat sombong dan berbangga diri pada apa yang kita punya. Pun demikian sebagai blogger, kalau dulu belajar membuat header sendiri, dan lalu kini membuat cara membuat broken link, kok ingin di share kenapa? Karena pada saat menghapus broken link, saya sempat melakukan beberapa langkah sampai akhirnya ketemu, setidaknya langkah berikut yang manda pikir efisien, sehingga 4 jam cukup untuk menghapus 32 broken link.

Kenapa Broken Link?


Saat manda coba bersih-bersih broken link, manda klik beberapa yang bikin broken, dan muncullah beberapa kode sebagai berikut :
  1. kode 404
  2. kode 500
  3. kode bad host
  4. kode reset
Nah, kode-kode di atas pasti akan dibahas oleh mastah-mastah blogger yang paham kode-kode. Kalau buat manda, saya mengklik dimana letak error dari broken link yang dimaksud, dan berikut rangkuman manda kemungkinan terjadi broken link :
  1. Broken link karena postingan sudah tidak ada. Itu terjadi di alamat manda sendiri yang www.tamasyaku.com, bisa jadi karena postingan pindah alamat url atau sudah dihapus.
  2. Broken link pada link internal. Ini terjadi karena postingan yang dijadikan referensi internal link sudah broken di nomor 1. Internal link tersebut sisa di remove saja atau di link kan ke alamat yang benar. Eh ternyata, internal link error juga bisa terjadi saat kita meng-copy paste alamat internal link ketambahan "spasi" sehingga terbaca sebagai % di kode, akibatnya menjadi broken link di internal link yang kita hubungkan.
  3. Broken link pada link yang kadaluarsa. Hal ini terjadi pada postingan yang mengarah pada eksternal link, dan ternyata link tersebut sudah tidak ada. Biasanya terjadi pada link-link dimana kita bekerja sama dengan salah satu e-commerce.
  4. Broken link pada komentar. Pada saat menghapus broken link, manda menemukan buanyak link broken yang ditautkan dari komentar saat blogwalking, oleh sebuah akun yang selalu menggunakan iklan kesehatan saat berkomentar. Mari kita delete saja komentar yang mengandung broken link dalam jumlah yang banyak itu. 
Beberapa hal tentang broken link  di atas setidaknya menjadi alasan kenapa manda menghapus broken link hari ini. Dan berikut cara-cara menghapus broken link pada platform blogspot.

Cara Menghapus Broken Link Pada Platform Blogspot

1. Masuk ke http://www.brokenlinkcheck.com/


2. Masukkan alamat dan security code. Pilih repost distinct broken link only (dipilih apabila proses penghapusan sudah kita lakukan). Untuk awalnya, pilih saja repost all occurences of each dead link.

3. Setelah muncul broken link , klik SRC



4. Setelah klik SRC, muncullah kode yang tentunya tidak bisa di delete secara langsung. Di titik ini, saya bingung dan tidak mungkin melakukan pencarian letaknya dimana. Owh owh, ternyata ketika di scrool ke atas, muncullah alamat postingan dimana broken link tersebut berada. Yes!


5. Masuk ke pengaturan pos di blogspot, pilih bagian search dan isikan dengan alamat postingan yang dimaksud.  Lalu, temukan masalahnya berada. Kalau manda, letak masalah ada di internal link, maka edit dan hapus internal link yang broken. Selain internal link, masalahnya pada bagian komentar, link tautan dari pemberi komentar yang sudah broken. Nah bisa di delete dari komentar di postingan.




6. Ulangi langkah 3 sampai 5 berulang-ulang, sampai semuanya  berhasil kita bersihkan.

Selamat mencoba ya!

28 komentar:

  1. Wah iya, soalnya abis pindahan kemaren suka ada link nyempil yg ga avail lagi. Nice share mba Ima :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba ipeh, saya juga ternyata, baru sadar selama ini copas internal link ada spasinya. hihihihi.

      Hapus
  2. Huwaa...sedih...banyak banget. Kebayang pusingnya

    BalasHapus
  3. wah pencerahan baru bagi saya
    TFS, salam sehat dan semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. sami sami dan salam dari jogja.

      Hapus
  4. Klo nggak dihapus efeknya apa mbak? Aku masih gaptek, blm pernah nyoba ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menghapus broken link ada di 7 tips buku mak carra dalam meningkatkan DA mak.. CMIIW

      Hapus
  5. Huwaa...sedih...banyak banget. Kebayang pusingnya

    BalasHapus
  6. Waaaa...kudu dicoba iniiihh
    Sebelumnya emang suka pusyiiing
    Tapi butuh waktu dan suasana yang tenang hihihi

    BalasHapus
  7. Yuhuuuu... waktunya bersih-bersih niiih.... :)

    BalasHapus
  8. Dikit banget manda cuma 34 doank yang broken. Hihi

    Aki ribuan. Jadi bikin males :'(

    BalasHapus
  9. aihh .. bersih-bersih dulu mumpung longgar. thx infonya

    BalasHapus
  10. Aku juga pake broken link check ini. Awalnya memang bingung ini postingan yang mana, eh ternyata ada di atas nya.. Karena banyak broken nya, jadi aku kerjakan setiap minggu aja.. Sekarang tinggal dikit. Tadinya puluhaaaannn

    BalasHapus
  11. broken link itu kayak broken heart, harus dibersihin agar kita bisa move on. Biar semua peringkat blog kita bisa move on :D

    BalasHapus
  12. Mbaaakkkk, aku ada 1000an!!!!
    Piye iki? Banyakan sih yang ADA di popular post. Trus dia mengarahkan aku ke kotak komen pula. Yang mana yang broken :((

    BalasHapus
  13. Aku udah berhasil bersih-bersih sampai 0, caranya hampir sama, hanya saja aku ga klik src, tapi klik URL, trus langsung edit di post bersangkutan, lumayan tenang sekarang. Mudah-mudahan bisa naikin DA dan alexa, hahaha. Ngarep

    BalasHapus
  14. berapa lapis???
    ribuaaaan..buanyak.... huhuuuuuuu...
    senangnya yang udah bersih..2

    BalasHapus
  15. langsung beraksi ahh

    BalasHapus
  16. Saya mah udah lelah duluan, brokenlink nyampe 76 itu musti didelete satu-satu. Butuh waktu nyante :D

    BalasHapus
  17. Saya mah udah lelah duluan, brokenlink nyampe 76 itu musti didelete satu-satu. Butuh waktu nyante :D

    BalasHapus
  18. Nah, saya juga sempat bingung saat lihat layar yang penuh dg background warna merah muda itu. Duh, yang mana yg kudu dihapus, ternyata scroll ke atas dan temukan. :)

    TFS, Mba.

    BalasHapus
  19. byuhhh, briken link aku seratusan Mbak,
    Artinya aku kudu satu ditambah satu...1 demi 1 ya ngehapusnya.

    *elap keringat duluan neh

    BalasHapus
  20. Makasih artikelnya manda.

    BalasHapus
  21. Mba.. makasih ya atas sharringnya.. Tapi aku masih mentok lagi nih pas pada tutorial yg terakhir..hiksss

    BalasHapus
  22. Pakai yang "Report all occurences..." ada 1817 broken links.
    Pentungan... mana... pentungan... :).

    BalasHapus
  23. Makasih Mbak Primaaa, bermanfaat banget buat pengguna blogspot kayak aku. Makanya aku heran, DA/Alexa kok turun melulu padahal aku rajin posting huhu

    BalasHapus
  24. Terima kasih mbak Manda! Alhamdulillah banget ketemu sama tutorialnya ini jadi memudahkan untuk menghapus broken link. Semoga berdampak pada DA dan PA yaaak. Aamiin...

    BalasHapus