IBX583577287E51C

Rabu, 06 April 2016

Berkenalan dengan Internet, lalu Jatuh Hati

pengalaman berinternet
Pengalaman Berinteraksi dengan Internet

Banyak hal yang membuat saya, seorang wanita yang sudah berkeluarga, betah di dalam rumah dengan hampir semua aktivitas di luar rumah bisa di-handle dari dalam rumah. Mengenal sebuah teknologi, yang pada awal kehadirannya sewaktu saya SMA di tahun 1997, dikenal dengan panggilan internet. Masih ingat pertama kalinya bersinggungan dengan internet, kami harus pergi ke warnet (baca: warung internet). Pada waktu itu, lucu-lucunya masih punya email pertama di dinomail. Hihihihi. Seneng waktu itu bisa men-download musik dan internet menjadi cukup friendly dengan kehidupan remaja saya. Perkembangan internet sangat membantu bagi saya yang pada saat itu berstatus sebagai pelajar. Meskipun materi belajar belum sebanyak seperti sekarang, tapi mulai mengenal yahoo, google dan wikipedia sebagai RPUL yang elektronik. Seangkatan saya pasti kenal RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap), hehehehehe.

Internet yang hari demi hari semakin menunjukkan keampuhannya dalam menghipnotis ruang gerak dunia nyata untuk dibawa ke dunia maya. Beberapa perubahan yang bisa manda rasakan setelah kurang lebih 17 tahun ini mengikuti perkembangan internet, diantaranya :

  • Kemudahan akses berinternet yang lebih mudah, bisa darimana saja setelah ada android dan paket data yang difasilitasi dengan baik oleh banyak provider seluler.
  • Kecepatan internet yang jauh lebih baik dan lebih cepat, mulai generasi 2G (edge, H+), 3G sampai 4G.
  • Informasi yang cepat tersebar dari sumbernya melalui media sosial, diantaranya: facebook dan twitter.
  • Banyak pewirausaha yang memanfaatkan internet untuk kemudahan memasarkan barangnya, memudahkan menyapa pembeli, memudahkan transaksi perbankkan untuk pembayaran, dan kemudahan pengiriman dengan aplikasi pengiriman yang bisa di download.

Internet positif yang sangat memberi pengaruh yang positif terhadap bangsa ini, khususnya pada anak muda generasi penerus bangsa.

Bagaimana tidak? Informasi bisa diperoleh dengan gratis asalkan mempunyai android dengan paket data yang tersambung dengan internet. Generasi muda bisa memanfaatkan gadgetnya untuk memulai berwirausaha dengan memasarkan apa yang dihasilkan sesuai keahliannya dan dijual secara online. Generasi muda menjadi generasi yang bermental baja karena selain pelajaran di sekolah yang mengasah hardskill-nya, mereka juga terbiasa bertemu dengan orang di dunia maya dengan karakter dan sifat yang bermacam-macam dan mengasah kemampuan softskill-nya. Wah, jadi pingin terlahir menjadi anak muda jaman sekarang ni!



Kemudahan berselancar di dunia maya atau yang dikenal dengan surfing di internet, membuat banyak orang ketagihan dengan kemudahan dan fleksibilitas yang diperoleh. Oleh karenanya, provider telepon seluler pun berlomba memberikan kenyamanan kepada pelanggannya, dengan berbagai macam kemudahan dan paket hemat kuota yang ditawarkan. Salah satunya, indosat Ooredoo, yang menawarkan freedom combo double kuota bagi peselancar di dunia maya agar tidak terbebani oleh pulsa kuota internet. Dengan freedom combo double kuota diharapkan pengguna internet bisa terus berinteraksi dengan internet secara positif sehingga membawa perubahan bagi bangsa ini ke arah yang positif. #Freedom Combo #IM3 Ooredoo

Kembali pada pengalaman manda sebagai working @home manda yang sangat tergantung dengan keberadaan internet, baik itu wifi di rumah maupun paket internet di gadget saat tidak terjangkau wifi. Pasti sahabat manda ingin tahu ya, seperti apa pengalaman manda berinternet sampai-sampai menjadi internet holic dan internet addict.

Manda act as internet holic and intenet addict, because every answered could be found in internet.

Pengalaman manda berinternet hingga menjadi internet holic dan internet addict

Maps. Tidak dipungkiri, GPS yang tadinya menjadi barang langka, kini menjadi barang yang wajib dipunyai pengendara kendaraan. GPS menjadi barang yang hampir setiap orang yang mempunyai gadget bisa mengakses GPS. Berdasarkan aplikasi maps yang terhubung dengan koneksi internet di gadget, kita bisa menemukan lokasi kita berada di belahan dunia mana dari bumi. Lokasi keberadaan yang bisa mencarikan jalan ketika kita hendak kemana di belahan bumi ini.

Kalau dulu, orang jawa bepergian ke bandung, bertanya dengan bahasa jawa tidak dipahami oleh urang bandung. Sekarang bertanya dengan maps yang didukung oleh internet, kita bisa menemukan sebuah lokasi tanpa kebingungan tidak bisa berbahasa daerah setempat. Walaupun tidak dipungkiri,dalam kenyataannya kita tetap membutuhkan manusia sekitar untuk menjadi GPS paling handal saat berkali-kali mengikuti petunjuk dari maps dan belum memperoleh hasil.

Pengalaman Belanja Online

Online Shopping. Seorang wanita dan dunianya, dunia wanita yang begitu dekat dengan kosmetik, pernak-pernik sepatu, aksesoris tas, dan segala yang dekat dengan perempuan. Canggih bener ya internet, mampu memanjakan seorang perempuan berlama-lama online dan mantengin IG instagram demi memilih barang yang eyecatching untuk dibeli. Kok dibilang eyecatching? Ya. Karena kadang-kadang wanita membeli sebuah barang karena dorongan mata melihat, bukan didorong oleh kebutuhan.

Percaya atau tidak, saat melihat sepatu dan sandal dan ditawari promo beli 3 bayar 2 alias beli 2 gratis 1, perempuan mana yang berpikir untuk melewatkan promo itu. Ketika kesempatan membeli terbuka lebar dan penampakan sepatu-sepatu itu begitu "lucuk". Yes, "lucuk", sebuah kata yang mendeskripsikan sebuah barang dimana perempuan itu sendiri tidak bisa menolak untuk tidak membelinya.

Pengalaman Bisnis Online

Online Business. Dunia maya, dunia internet, dunia yang menghubungkan yang jauh menjadi lebih dekat. Dunia yang membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin. Terbukalah sebuah peluang berbisnis online. Kemudahan untuk melakukan transaksi jual-beli dari internet. Memberikan kesempatan bagi mereka yang bisa melihat peluang dari internet untuk menghasilkan uang. Salah satunya dari bisnis online, yang dikerjakan melalui sebuah gadget dan didukung dengan perangkat online untuk memudahkan bisnisnya. Mulai dari bisnis pakaian, bisnis kosmetik, bisnis peralatan rumah tangga, sampai bisnis jasa yang ditawarkan banyak sekali dari sebuah website melalui internet. 

Pengalaman Webinar

Webinar Meeting. Untuk mendukung bisnis online yang semakin marak didukung oleh kecanggihan internet, banyak cara untuk mempelajari bisnis online. Salah satunya dengan mengikuti webinar. Sebuah cara belajar online seperti conference yang didukung oleh Internet. Webinar sendiri seperti sesi kuliah online yang bisa dimanfaatkan untuk sharing dokumen, mendengarkan suara dan berinteraksi dalam Q&A,  melihat video call pemateri, sampai menyimpan slide dan dokumen yang dibagikan saat webinar. Sungguh, kemajuan teknologi yang membuat ketagihan.
 
Information Update. Luapan arus informasi dari sebuah kecanggihan teknologi internet membuat pembacanya harus cerdas memilih dan memilah apa yang dibaca dan dipercaya kebenarannya. Kita tidak bisa menyuruh orang lain menyebarkan hal yang baik saja, karena manusia selalu memiliki nafsu dan tendensi pada apa yang mereka yakini benar. Sebagai netizen, kita memilih informasi yang disebar bebas di dunia maya dengan lebih bijak.

Tidak semua informasi berisi kebenaran,
Tidak semua informasi patut disebarkan,
Tidak semua informasi mengandung ilmu,
Tidak semua informasi dari sumber terpercaya,
Tidak semua informasi mempunyai tujuan yang baik,
Tidak semua informasi layak dicoba.

Dari sekian DOs dan DONTs kita terhadap informasi yang diterima, tentunya internet yang menjadi perantara informasi itu sampai ke kita menjadi hal positif yang perlu disyukuri di era sekarang.

Pengalaman Sebagai Seorang Blogger

Fun Blogging. Yeay, blogging. Dari tulisan manda sebelumnya, blogging is our way for sharing and caring. Kalau dulu menulis di buku diary, butuh berlembar-lembar kertas, akhirnya tersimpan berbuku-buku dan menghabiskan beratus bolpoint. Kini, kita cukup menuangkannya dalam blog sebagai virtual diary atau diary maya kita melalui kecanggihan internet. Blog yang dikelola dengan benar dan dimonetisasi akan memberikan penghasilan yang tidak pernah bisa dibayangkan sebelumnya.


Sudahkah Anda berbagi melalui tulisan hari ini?

funblogging
Fun Blogging 10

Masih dalam kaitannya dengan acara Fun Blogging 10 yang bersyukur banget, Yogyakarta masih masuk ke dalam roadshow tour tiga dara kece, mba Haya Alya Zaki, mba Shinta Ries dan mba Ani Berta. Ilmu tentang bagaimana kita fun menjadi seorang blogger. Selain content is the king dan anjuran menulis tentang hal-hal untuk membantu orang lain menemukan solusi, bukan hanya karena job review atau bersponsor. Menjadi blogger juga perlu banyak belajar tentang tata cara penulisan, tata bahasa dan tanda baca (EYD), selain juga harus tahu tentang alat-alat untuk mengoptimasi blog kita dan melihat kinerja blog kita secara analytic dan SEO. Nah, seiring kita bertumbuh dan mempraktekkan ilmu-ilmu per-blogginga-an, blog mulai dimonetisasi untuk menghasilkan pendapatan dari ngeblog. #BerkahNgeblog. Namun bukan berarti, berkah ngeblog selalu diartikan sebagai uang, bisa juga berupa silaturahmi, mencicipi produk, memperluas relasi dan menjalin koneksi, memperoleh ilmu dan info terbaru tentang hal baru dan launching produk baru.

Yuk, kita ngeblog dengan damai dan menjadi bagian kita berbagi kepada sekitar!

Senyum Manis, Biar Blognya Laris

Online Banking, Ticketing dan Booking Online. Internet memberi kemudahan transaksi 24 jam, dimanapun dan kapanpun. Hal ini berlaku juga untuk perbankkan, dikenal dengan internet banking dan mobile banking. Internet banking yang difasilitasi oleh sebuah token, memudahkan layanan transfer dan pembayaran secara online, seperti :  bayar listrik, bayar telepon dan interner, bayar asuransi, sedekah, dan melakukan pembayaran multipayment. Sungguh, memudahkan dan mengurangi kebergantungan kita pada aktivitas yang hanya bisa dikerjakan pada jam kerja.

Pengalaman Beli Tiket Online

Gojek and Gofood. Internet menjadi jembatan solusi bagi masalah yang sebelumnya unsolvable, seperti: bagaimana mengirim kado ke alamat dimana kita nggak ada transport untuk mengantar, bagaimana memesan makanan disaat rumah makannya tidak menyediakan delivery order dan bagaimana pulang ke rumah jika yg menjemput kebetulan tidak bisa menjemput

Pengalaman Gofood

Social media and Entertainment. Sosial media yang didalamnya termasuk aplikasi BB (Blackberry) dan WA (What's App) yang berhasil menjadi sarana silaturahmi dan berbagi motivasi antar sesama teman alumni dan keluarga. Sosial media juga mampu menjadi sarana berbagi info, berbagi ilmu, berbagi kabar, berbagi status positif, berbagi memotivasi dan menjadi smart wife, smart person, smart mom to be from internet adalah hal yang mudah di era internet jaman sekarang. Entertainment dari internet yang saat ini menjadi mudah diperoleh dari youtube. Kemudahan mendapatkan tutorial, mendapatkan gambar bergerak, mendapatkan lagu yang disukai dan mendapatkan movie yang bisa ditonton kapan saja.

Bersyukur bisa berkesempatan hidup dan merasakan kemudahan internet sebagai solusi yang nyandu!

funblogging 10
Serunya  Fun Blogging 10 di Yogyakarta

12 komentar:

  1. Waa...saya baru tau ada webbinar cisco. Penasaran jadinya.

    Terima kasih yaa sharenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak ipeh.. semoga bermanfaat ya...

      Hapus
  2. Wah lengkap. Benar2 candu memang internet

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesama yang nyandu internet, hihihihi

      Hapus
  3. Akupun internet addict mandaaa

    BalasHapus
  4. Aku juga salah satu pengguna internet mania, Mbak.
    Wuaah, kalo udah blog walking aku sampe ngasih extra time dari jadwal buka inet. Suka sih baca-baca postingannya. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, makasih ya sudah BW, BW balik ya mba..

      Hapus
  5. Wah. Lengkap banget reportasenya Manda. Pengalamannya komplit banget. Kalau aku webinarnya pakai Wiziq, terus ada kuliah online juga di coursera.org, tapi udah jarang ikut lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ah wiziq, keren juga yaaaa

      Hapus
  6. Wah lengkap banget, tapi aku juga jatuh cinta sama intenet. Tanpa internet gak lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyandu juga ya barbie.. hihihihihi

      Hapus